CARA LOGIN SIM TENDIK DAN PETUNJUK PENGISIAN SIM TENDIK

Bagaiman Cara Login Simtendik (Sim Tendik) dan Bagaimana Cara Pengisian Simtendik (Sim Tendik). Aplikasi Simtendik (Sim Tendik) Dikdasmen adalah aplikasi yang berfungsi untuk menjaring Data Pokok Tenaga Kependidikan Pengawas. Aplikasi ini bertujuan untuk mendapatkan data pengawas yang valid pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Selain itu, aplikasi ini juga merupakan salah satu sub sistem pendukung DAPODIK yang sebelumnya telah menjaring data pokok sekolah, ptk, peserta didik, rombongan belajar dan pembelajaran, namun belum menjaring data pengawas. Maka aplikasi ini adalah jawaban dari kebutuhan data pengawas.


UPDATE! Cara Baru Login Cek dan Cetak SKTP Pengawas Sekolah melalui Simtendik (Sim Tendik) silahkan ------BACA DISINI-----

Sistem Informasi Manajemen Tenaga Kependidikan Kemdikbud Simtendik (Sim Tendik) merupakan sistem informasi manajemen tenaga kependidikan yang bertujuan memuat seluruh data tenaga kependidikan di Indonesia yang akan digunakan sebagai dasar penerbitan SK Tunjangan Profesi  untuk  Pengawas.  Sistem  Informasi  Manajemen  Tenaga  Kependidikan Kemdikbud  dapat  diakses  melalui  alamat  URL  https://sim.tendik.kemdikbud.go.id/

Selain itu, Sistem  Informasi  Manajemen  Tenaga  Kependidikan  Simtendik (Sim Tendik) Kemdikbud merupakan sistem  informasi  manajemen  yang  berfungsi  untuk  menjaring  Data  Pokok  Tenaga Kependidikan Pengawas. Sistem ini bertujuan untuk mendapatkan data pengawas yang valid  pada  jenjang  pendidikan  dasar  dan  menengah.  Selain  itu,  aplikasi  ini  juga merupakan  salah  satu  sub  sistem  pendukung  DAPODIK  yang  sebelumnya  telah menjaring data pokok sekolah, ptk, peserta didik, rombongan belajar dan pembelajaran, namun belum menjaring data pengawas. Maka sistem ini adalah jawaban dari kebutuhan data pengawas.SIM TENDIK adalah Sistem Informasi Tenaga Kependidikan Yang Mengakomodasi Data Pengawas, Kepala Sekolah, Tenaga Perpustakaan. SIM TENDIK akan digunakan sebagai dasar penerbitan SK Tunjangan Profesi untuk Pengawas.

Lalu bagaimana Petunjuk Pengisian SIM TENDIK.  Berikut ini Petunjuk singkat Pengisian SIM TENDIK

Buka Aplikasi SIM Tendik di alamat: https://sim.tendik.kemdikbud.go.id/



Masukkan username dan password. Username SIM TENDIK dan password SIM TENDIK bisa didapatkan di operator SIM TENDIK Kabupeten/Kota. Kemudian tekan tombol MASUK

Akan muncul halaman Beranda SIM TENDIK

Petunjuk singkat Pengisian SIM TENDIK (2)


Pengisian Biodata Pengawas
Biodata Pengawas sangatlah perlu diisikan karenainiakan dijadikan dasar kebijakan – kebijakan mengenai diri Pengawas yang bersangkutan.

Untuk pengisian Detail Pengawas, klik di menu Daftar Pengawas

Petunjuk singkat Pengisian SIMTENDIK (3)


Pilih nama pengawas, atau kesulitan dalam mencari nama pengawas, bisa diketikkan pada kotak Cari Pengawas

Setelah ditemukan nama pengawas, klik di baris Nama pengawas, jangan pas di nama Pengawas, karena akan membuka Kotak Penugasan Pengawas. Kemudian tekan Tombol Ubah warna ungu.

Kotak Ubah muncul, kemudian isikan sesuai data yang benar.Kotak Ubah muncul seperti  gambar di bawah ini.

Petunjuk singkat Pengisian SIMTENDIK (4)


Ketentuan pengisian :
Nama         : tidak boleh ada gelar. Apabila ada gelar, maka gelar harus dihapus
Nama Ibu kandung      : tidak boleh ada gelar apapun, termasuk yang sudah meninggal           (alm./almh tidak boleh ada)
Isikan Riwayat Jabatan mulai dari sebelum menjadi pengawas, sampai dengan pengawas.
Isikan tab – tab yang lain yang sejajar dengan Riwayat Jabatan, diantaranya ada Riwayat Kepangkatan, Riwayat Pendidikan Format, Diklat, Anak, dan lain sebagainya sampai tab paling kanan.

Setelah data rinci Pengawas telah terisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya adalah Penugasan. Tekan tombol Penugasan warna Biru.


Kotak dialog PenugasanPengawasuntukTahunAjaran 2016/2017

Juknis Pengisian SIM TENDIK (5)


Masukkan Nomor Surat Tugas, Tanggal Surat Tugas, TMT Tugas, Pilih Penempatan Lembaga, Jenjang Kepengawasan. Untuk Keaktifan Pengawas, pilih Juli sampai dengan Maret.
Apabila Pengawas tersebut telah pension atau mutasi ke jabatan selain pengawas, meninggal dunia, mengundurkan diri, pada kotak Di isi Saat Sudah Berhenti Menjabat, isikan alas an dan tanggal berhenti menjabatnya.
KemudianTekan tombol Simpan

Setelah Penugasan selesai diisi, sekarang waktunya untuk memasukkan sekolah / guru binaan.Tekan tombol Kepengawasan

Apabila penugasan belum diisi, maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini

Juknis Pengisian SIM TENDIK (6)


Lakukan pengisian pada tombol Penugasan terlebih dahulu.

Setelah penugasan dilakukan, dan tombol Kepengawasan ditekan akan muncul halaman seperti dibawah ini

Juknis Pengisian SIMTENDIK (7)


Keterangan gambar :
Kolom sebelah kiri adalah guru yang dibina/ dibimbing/ dilatih
Kolom sebelahkanan adalah guru yang akan menjadi sasaran binaan pengawas atau kolom pengambilan data guru atau sekolah binaan.
Untuk memasukkan daftar sekolah/guru binaan klik pada kolom sebelah kanan, kota Kata Kunci.

Pilihan dapat dipilih : Nama Sekolah, Nama Guru, NPSN, NUPTK. Untuk pencarian guru binaan mapel lebih cepat menggunakan filter NUPTK. Masukkan nama guru, di kotak Kata Kunci.

Setelah ditemukan nama guru yang dicari. Pilih salah satu nama guru tersebut kemudian drag and drop (pilih, tekan, dangeser).

Setelah di tekan, tahan, geser (drag and drop), nama guru tersebut menjadi guru binaan pengawas yang bersangkutan.

Catatan      : data yang ditemukan hanya sesuai dengan jenjang pengawas. Misal Pengawas SD tidak bisa mencari guru jenjang SMP, begitu sebaliknya.

Apabila sudah selesai input sekolah atau guru binaan, teka ntombol silang di sebelah kanan atas.

Untuk pengecekan pengawas tersebut berapasekolah/ guru binaan yang telah masuk, dapat dilihat pada menu Beban Kerja Pengawas, seperti ditunjukkan gambar di bawah ini :

Juknis Pengisian SIMTENDIK (8)


Cari nama pengawas sekolah yang bersangkutan di kotak Cari Nama Pengawas

Disebelah kanan ada jumlah guru binaan, jumlah sekolah binaan dan status apakah valid atau belum. Apabila belum valid, akan ditunjukkan dengan tanda seru warna merah. Apabila sudah valid akan ditunjukkan dengan tanda centang hijau.

Status belum memenuhi

Juknis Pengisian SIMTENDIK (9)


Status sudah memenuhi

Juknis Pengisian SIMTENDIK (10)


Manajemen SK
Manajemen SK adalah berisi kumpulan nama – nama pengawas adalah SK Beban Tugas Pengawas yang ditetapkanoleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing

Sesuai dengan SK Beban Tugas Pengawas yang telah diterima oleh masing – masing pengawas, masukkan Nama – nama pengawas kedalam SK yang telah dibuat di aplikasi. Klik Petakan SK Member



Klik nama – nama yang muncul dan yang sesuai dengan isi dari SK Konsideran dari Dinas Pendidikan. Drag and drop (pilih, tahan, geser) dari kolom kanan dibawa ke kolom kiri. Kemudian apabila sudah selesai tekan tombol silang sebelah kanan atas.



Bapak Ibu Pengawas atau Operator Kabupaten yang ingin memiliki Pedoman atau Panduan (Juknis) Penggunaan Sim Tendik (Simtendik), silahkan login Ke Akun Simtendik (Sim Tendik) masing-masing di sana ada laman unduh Pedoman atau Panduan (Juknis) Penggunaan Sim Tendik (Simtendik).


UPDATE! Cara Baru Login Cek dan Cetak SKTP Pengawas Sekolah melalui Simtendik (Sim Tendik) silahkan ------BACA DISINI-----

Demikian informasi tentang Cara Login Simtendik (Sim Tendik) dan Cara atau Petunjuk (Pedoman) Pengisian Simtendik. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


cara login sim tendik, cara masuk sim tendik dikdasmen, sim tendik pengawas, , cara masuk sim tendik dikdasmen, sim tendik 2017, data tendik kemdikbud pengawas


= Baca Juga =



20 comments:

  1. Yang mengisi SIM Tendik apa semua Pengawas DIKDAS dan DIKMEN pak ?
    Karena di daerah masih simpang siur, dan banyak permintaan input data akhir-akhir ini. Terutama bagi teman-teman Pengawas Dikmen pasca ditarik ke provinsi, nasibnya semakin belum jelas ... Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Mengapa data pengawas saya instansi tempat bekerja masih di sekolah induk, sehingga sk tunjangan sertifikasi saya tidak terbit sedangkan di sekolah induk sudah di keluarkan tolong solusinya

    ReplyDelete
  3. Siapa sebenarnya yang mengisi sim tendon. Pengawas nya atau operator kabupaten?

    ReplyDelete
  4. Operator Kabupaten, pengawas bisa login untuk cek data dan perbaikan data

    ReplyDelete
  5. Bagai mana sartifikasi guru pindak jadi pengawas kok bisa sartifikasi nya hilang,bagai mana agar hal ini tidak tetjadi.

    ReplyDelete
  6. Iya saya juga awal nya guru mutasi ke kab lain, trus di angkat jadi pengawaw malahan simtendik tidak terima,sartifikasi hilang,apa lah yg harus di permudah,sartifikat cawas ada dari th 2003,kata nya tidah syah.

    ReplyDelete
  7. Berapa orang pengawas SD yang bisa menerima TPG, bila membina sebanyak 8 SD dan guru berjumlah 68 orang, membina daerah khusus.

    ReplyDelete
  8. Berapa orang pengawas SD yang bisa menerima TPG, bila membina sebanyak 8 SD dan guru berjumlah 68 orang, membina daerah khusus.

    ReplyDelete
  9. saya pengawas PAI yang diangkat Disdik bagaimana cara masuk ke simtendik

    ReplyDelete
  10. bagaimana jika pasword dan user namanya tidak cocok?? terima kasih

    ReplyDelete
  11. Bagaimana memperbaiki data pengawas pada simtendik 2020 karena sudah sempat terkiririm oleh operator? bagaimana untuk menarik ulang data pengawas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diedit oleh Operator, kemudian sikronisasi ulang

      Delete
  12. Sya pengawas baru di angkat 31 des 2020. Sdh lulus seleksi subtansi bln nop 2019 tapi blm diklat info dari lp2ks karena situasi wabah corona makax kita blm diklat. Mohon solusix. Tmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di simtendik sya blm bisa terbaca mohon solusi

      Delete
  13. Usul nama sekolah yg tak terdaftar di tendik bagaimana tadz

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Bisa, silahkan minta username dan passwordnya ke Operator Dinas

      Delete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter