===========================================

DIRJEN GTK: PERIODESASI JABATAN KEPALA SEKOLAH TIDAK DIBERLAKUKAN LAGI

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Wednesday, June 7, 2017

PERIODESASI JABATAN KEPALA SEKOLAH TIDAK DIBERLAKUKAN
Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan tidak ada lagi pembatasan periodisasi jabatan Kepala Sekolah (Kepsek). "Tidak ada lagi batasan periodisasi jabatan kepsek," kata Sumarna pada Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah SMA/SMK Sederajat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Makassar, Selasa.

Menurut Sumarna, jabatan kepsek adalah kelompok elit manajerial di dunia pendidikan dan seharusnya tidak dibatasi oleh periode. "Kepsek ini adalah manajer sekolah, jadi tidak boleh dibatasi periode, tetapi setelah misalnya sukses menangani satu sekolah, ia bisa dipindahkan ke sekolah lain yang lebih membutuhkan," jelasnya.

Jabatan kepsek, kata dia, kini juga tidak lagi dibebani jam mengajar, kecuali pada sekolah-sekolah di daerah terpencil yang kekurangan tenaga pengajar. "Kepsek berperan sebagai manajer, menjalankan fungsi supervisi, dan mengembangkan kompetensi kewirausahaan sehingga kepsek tidak lagi diberi tambahan jam mengajar," jelasnya.

Ia juga mengapresiasi besarnya perhatian Provinsi Sulsel terhadap peningkatan kompetensi guru dan kepsek. "Sulsel adalah satu-satunya provinsi yang fokus meningkatkan kompetensi guru dan kepsek," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan pendidikan dan pelatihan ini diikuti oleh 450 peserta dari total 521 kepsek tingkat SMA/SMK di Sulsel. "Yang tidak ikut ada yang karena sudah mengikuti diklat kompetensi sebelumnya, sementara sekitar 10 kepsek sudah memasuki masa purna bakti," jelasnya. 

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang hadir sebagai pembicara dalam pembukaan diklat ini mengatakan diklat ini merupakan bagian dari antisipasi untuk meningkatkan kemampuan kepsek. "Ini bagian dari upaya meningkatkan kemampuan kepsek dan memenuhi kebutuhan dunia kependidikan," pungkasnya. 


Sumber: makassar.antaranews.com/berita/83158/dirjen-tidak-ada-lagi-periodisasi-jabatan-kepsek


BACA JUGA INFO: KEPALA SEKOLAH TIDAK LAGI DIBEBANI JAM MENGAJAR TETAPI TETAP DAPAT TUNJANGAN PROFESI (DISINI)

Demikian info tentang tidak ada lagi pembatasan periodisasi jabatan Kepala Sekolah (Kepsek), semoga menjadi kebijakan. 

======================================




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 7:02:00 PM

4 comments:

  1. Kepala Sekolah adalah tugas tambahan selain guru. Kalau Kepsek tidak diharuskan mengajar, maka TIDAK PERLU lagi kepsek dari Guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada PP terbaru yang mengatur jabatan kepala sekolah. Insya Allah jika Peraturan telah resmi dipublikasikan akan saya infokan juga

      Delete
  2. Anehnya yag ada di lapangan, di kabupatenku: justru setelah keluar PP 19 tahun 2017 yang sebelumnya tidak ada periodisasi sesuai Permendiknas 28 tahun 2010, mulai 1 Januari 2018 12 kepala SMP sudah dinyatakan kembali ke guru dan sebentar lagi 62 kepala SD akan menyusul, padahal stok calon KS SD sangat minim karena guru enggan/kehanbisan PNS untuk maju jadi KS dan sebentar lagi ada UASBN. Wallohu a'lam bish showab apa yang akan terjadi

    ReplyDelete
  3. Tolong P. Aina Mulya aturan baru yang merujuk PP 19 tahun 2017 kalau sdh ada sgr diposting. Trm ksh

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

Followers

------------------------------------------


------------------------------------------

CB