LOGIN SIM PKB 2020 (LOGIN SIMPKB 2020)

LOGIN SIM PKB 2020 

Sebelum membahas Login SIM PKB 2020. Berikut ini sedikit penjelasan tentang Pengertian SIM PKB dan pengertian PKB. SIM PKB (simpkb) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Sistem Informasi Manajemen terpadu pada Sistem Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Adapun yang dimaksud PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya.

Sebagaimana diketahui SIM PKB saat ini dapat digunakan untuk Login Pretest dan Posttest PKB, Pretest PPG,  cek SKTP dan Cek Hasil Pretes PPG). Saat ini sim pkb (simpkb) wajib diikuti oleh seluruh guru, karena sejak tahun 2017 Ditjen  GTK  mengembangkan  Program  Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan  yang  merupakan  kelanjutan  dari  Program  Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang pelaksanaan terintegrasi dalam SIM PKB

===============================================




===============================================

Melalui SIM PKB (simpkb), baik itu guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah harus  harus masuk dalam pemberdayaan  komunitas  GTK,  yang terdiri dari Gugus/ Kelompok  Kerja  Guru  (KKG)/Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran, (MGMP)/ Musyawarah  Guru  Bimbingan  Konseling  (MGBK)/ Kelompok  Kerja, Kepala  Sekolah  (KKKS)/Kelompok  Kerja  Pengawas  Sekolah  (KKPS).


Bapak/Ibu Guru Sedang Login SIM PKB untuk melaksanakan DKLAT PKB



LOGIN SIM PKB. SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa guru pada perubahan yang diinginkan, yaitu pengembangan profesinya. Muara akhir yang diharapkan sebenarnya berkaitan dengan keberhasilan siswa. Guru-guru yang melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) akan membawa pembelajarannya untuk menjadikan siswa-siswanya dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya. 

Pengembangan keprofesian berkelanjutan harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya juga sekaligus berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pendidikan;  (2) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan. Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu: a) pengembangan diri; b) publikasi ilmiah; dan c) karya inovatif.

Bapak/Ibu Guru Melakukan LOGIN SIM PKB untuk mengikuti Pretest dan posttest PKB dan PPG
Kegiatan Diklat Guru Pembelajaran (GPO) saat ini merupakan salah satu jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru yang masuk dalam komponen Pengembangan Diri.  Oleh karena itu, mulai tahun 2017, GPO berubah menjadi SIMPKB, dengan sendirinya lama GPO berubah menjadi laman SIMPKB. Untuk dapat mengakses laman tersebut Anda harus melakukan LOGIN SIMPKB (SIM PKB). Dan sejak tahun 2019-2020, SIM PKB berubah menjadi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). 

Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Kegiatan pengembangan diri ini dimaksudkan agar guru mampu mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Mengapa guru harus mengetahui CARA LOGIN SIM PKB (Login SIMPKB) serta dapat mengakses dan memanfaatkan laman SIMPKB (SIM PKB). Karena SIMPKB menyediakan laman pengembangan diri bagi guru untuk mengikuti diklat fungsional. Pengembangan diri bagi guru merupakan upaya-upaya  yang dilakukan oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan profesionalismenya. Dengan demikian ia akan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia diharapkan akhirnya akan dapat melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan,  termasuk pula dalam melaksanakan tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.


Untuk Mengakses Contoh Laman ini Bapak/Ibu harus Login SIM PKB untuk Cek Info GTK 


Bapak dan ibu, Login SIM PKB (login simpkb) di tahun 2020, bisa digunakan untuk Cek daftar peserta PPG 2020, Cek Peserta diklat PKP 2020 dan Cek Info GTK tahun 2020. Lallu bagaimana Cara Login SIM PKB ? Cara Login SIM PKB (Login simpkb) untuk Cek Peserta PPG, Cek peserta diklat dan Cek Info GTK 2020 silahkan klik tautan yang terdapat pada link di bawah ini, kemudian Bapak/Ibu guru masukan email yakni nomor peserta UKG yang bapak/Ibu miliki, kemudian masukan password yang dimiliki (password yang diberikan oleh dinas pendidikan atau melalui ketua MGMP masing-masing) atau juga menggunakan password yang sudah bapak ibu miliki apabila password tersebut sudah bapak/ibu ganti. 


Berikut ini Login SIM PKB (DISINI)

Apabila Login SIM PKB (login simpkb) 2020 yang bapak ibu lakukan gagal karena lupa password Bapak/Ibu dapat melakukan reset password dengan mengakses tombol lupa password dengan syarat alamat email dalam profil GTK Bapak/Ibu sudah diisi dengan alamat email yang masih aktif. Sistem nanti akan mengirim akses reset password atau password baru melalui email tersebut. 

INFO GTK SEMESTER 1 PADA SIMPKB
Bapak/Ibu guru yang terhormat jika layanan Info GTK atau Cek SKTP Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020 sudah dapat diakses. Bapak dan ibu bisa cek SKTP atau Cek Info GTK melalui Login SIM PKB (login simpkb).  Setelah berhasil Login SIM PKB 2020, bapak ibu akan mendapatkan fiture akses ke Info GTK atau Cek SKTP yakni Layanan info GTK 2020. Cek Info GTK 2020 melalui Login SIM PKB (login simpkb) ini  sangat penting untuk menghindari adanya kesalahan data sebagaimana dinyatakan dalam laman tersebut bahwa Infomasi yang ditampilkan berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikannya dilakukan di Sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data.


Sekedar mengingatkan untuk Penerbitan SKTP selain harus mengecek jam linear melalui Login SIM PKB. Mulai tahun 2020, Guru atau para OPS  tidak boleh dianggap remeh terkait pengisian Daftar Hadir Guru Secara Online (DHGTK). 

Untuk Cara Pengisian Absensi GTK Online (Disini)

Bagi Bapak ibu/guru yang akan melakukan Info GTK atau Cek SKTP Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 silahkan lakukan login SIM PKB (login simpkb) melalui akun masing-masing.

INFO GTK ATAU CEK SKTP PADA LAMAN SIM PKB - PKP


Link Login SIM PKB (Disini)

Sebagai tambahan  selain melalui Login SIM PKB tahun 2020 untuk akses info gtk 2020 ini  sudah bisa diakses melalui Aplikasi berbasis Android. Untuk melakukan cek info GTK 2020 melalui aplikasi info gtk melalui Android bapak/ibu tinggal menginstal aplikasi info gtk yang dapat di download melalui play store atau bagi anda yang saat sedang membaca posting saya menggunakan hp android silahkan langsung akses laman https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vanhoten.infogtk.


Berikut ini tampilan laman Aplikasi Androind Cek Info GTK 2020 yang resmi dari Dirjen GTK.

Aplikasi Androind Cek Info GTK Dirjen GTK.


Pada tampilan aplikasi  Cek Info GTK 2020 melalui aplikasi android Info GTK, bapak dapat ibu akan mendapat informasi terkait verifikasi data, data guru, status kelulusan, data tunjangan guru dan berbagi informasi lain yang berkaitan dengan Surat Keterangan Pencairan Tunjangan Profesi Guru (SKTP). 

Hati-hati banyak Aplikasi Android Cek Info GTK yang palsu, sekali lagi Aplikasi Androind Cek Info GTK 2020 atau Cek SKTP yang resmi hanya di laman https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vanhoten.infogtk

Demikian penjalasan saya sementara terkait Login SIM PKB (login simpkb) 2020 untuk pengecekan daftar peserta PPG 2020, peserta  diklat PKP 2019 dan Login SIM PKB untuk cek Info GTK atau Cek SKTP Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Selamat mencoba, bagi yang akan melaksanakan diklat, selamat melaksanakan diklat PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). 





= Baca Juga =



25 comments:

  1. Terima kasih ditunggu kunjungan balik di https://idolasekolah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak infonya sangat membantu para guru. Jadinya saya ingin berguru sama bapak. Salam http://goegoeroe.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah memberikan Informasi tentang CARA LOGIN SIM PKB alhamdulillah saya masuk daftar peserta pretest PPG

    ReplyDelete
  4. Terima kasih pak telah memposting tentang SIM PKB. Oh, ya saya juga sudah mencoba membuat blog berdasarkan hasil pelatihan dengan Bapak. Kalau ada waktu tolong kunjungi di laman https://soalusbnsd.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat dengan mmbaca artikel ini saya jadi tahu,..
    Idjin shre pak, terus berkarya dan berkarya semoga ilmunya bermanfaat ... Barakallah

    ReplyDelete
  6. Kalau lupa password bagaimana pak? Sudah masukkan email. Malah dibilang email tidak ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta Reset password ke Admin Kabupaten atau melalui Ketua MGMP / KKG

      Delete
    2. pak blognya dijual ngga? saya beli 100jt

      Delete
  7. Sangat bermanfaat terima kasih pak info nya

    ReplyDelete
  8. Aslmakm Pak,Bgaimna untuk masuk sim pkb sya sudah 4 thn menjadi honorer sekolah SD tapi blum ada no ukgnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajukan nuptk dulu pak...kalo sudah ada nuptk insya alloh kita terdaftar di diknas ptk...coba dekati operator sekolah

      Delete
  9. Bagi guru baru honorer bagaimana caranya mendapatkan nomor ukg?

    ReplyDelete
  10. Mohon bantuannya. Saya kepala sekolah dan saya punya guru guru yang belum punya nomor UKG. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya pertama2 guru2 tsb harus sudh terdftr pada dapodik sekolah, kemudian login ke sim PKB sperti di atas lalu klik Registrasi akun kemudian klik cari no ukg, lalu isi nama guru, propinsi,kota/kabupaten lalu klik cari GTK tinggal lihat nama guru dibawahnya, lalu tinggal di aktifasi aja.

      Delete
  11. Mohon bantuannya,, saya kepala sekolah dan guru tidak mengikuti tes ukg tahun 2018 karena terlambat waktu pendaftaran.

    ReplyDelete
  12. Mohon bantuannya juga,, saya kepala sekolah dan guru tidak mengikuti ukg 2018, karena terlambat pendaftaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikut periode berikutnya. Sering-seringlah update informasi. Bisa jadi Pretes PPG Tahun 2019, dilaksanakan di akhir tahun 2018. Terima kasih.

      Delete
  13. Terimakasih atas infonya. Bagaimana hasil pretes PPG? Saya terdaftar protes tgl 12 Mei 2018 dan telah mengikutinya. Apakah belum ada pengumuman hasilnya?

    ReplyDelete
  14. Mohon bantuan,sy punya nama di data calon PKB tdk ada pada hal sy sdah pernah ikut ujian UKG.

    ReplyDelete
  15. maaf sebenarnya apa syarat bisa mendapat no UKG. apakah masa kerja sebagai guru berpengaruh

    ReplyDelete
  16. mohon bantuan saya lupa Username dan password SIMPKB

    ReplyDelete
  17. Bagaimana merubah nama yang salah pada sim pkb?

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter