Berita
Pedoman
Pembelajaran2
PEDOMAN (PETUNJUK) PENYUSUNAN RPP SEBAGAI BAHAN REFLEKSI PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
PEDOMAN (PETUNJUK) PENYUSUNAN RPP |
Memasuki In 1 Pelaksanaan
Kurikulum 2013, admin membagi ulang Pedoman Penyusunan RPP Bahan Refleksi
Pendampingan Kurikulum 2013 yang telah disusun oleh Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Pertama 2017 Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
RPP dikembangkan secara rinci mengacu
pada KI-KD, silabus dan
bahan ajar. RPP
terdiri atas komponen
KI, KD, indikator, tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran,
metode, media, sumber belajar,
langkah-langkah
pembelajaran, dan penilaian
hasil pembelajaran. Masing-masing
komponen saling berhubungan secara
logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh. Sebagian besar
komponen silabus dapat langsung digunakan
dalam pengisian komponen-komponen RPP.
========================================
========================================
Menurut Admin secara
prinsip, apapun bentuk RPP yang dibuat oleh guru selama mengacu pada KI-KD,
silabus dan bahan ajar serta serta mencerminkan pembelajaran yang berbasis
saintifik dan dapat dipahami serta dimplemtasikan oleh guru itu sendiri pada
prinsipnya tidak salah.
Namun karena sudah ada pedoman
penyusunan RPP yang telah diterbitkan
jika mampu sudah sewajarnya guru membuat RPP sesuai Juknis atau petunjuk guna
keseragaman dan kesamaan persepsi. Berikut ini adalah petunjuk
penyusunan RPP untuk setiap
komponen sesuai dengan
format RPP berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2016.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ((RPP)
Sekolah :
… (Isilah dengan nama sekolah)
Mata Pelajaran :
... (Isilah dengan nama mata pelajaran)
Kelas/Semester : … (Isilah dengan jenjang kelas dan
semester)
Materi Pokok :
... (Isilah dengan pokok bahasan)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI
dari Permendikbud No.24 Tahun 2016 Tentang
Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar Pelajaran
pada Kurikulum 2013.
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak
di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Tuliskan
Kompetensi Dasar sesuai
dengan yang tertera
Permendikbud No.24 Tahun 2016
Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
2. Rumuskan
2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian
kompetensi untuk setiap KD.
3. Indikator
pencapaian kompetensi berupa:
(a) perilaku (tercermin dalam
kata kerja) yang dapat diukur
dan/atau diobservasi untuk
kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4;
dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD
pada KI-1 dan KI-2.
4. Pola
atau rumus menuliskan
indikator adalah “kata
kerja (menjelaskan, membedakan,
menganalisis, dan sebagainya) + kata benda (pengetahuan atau isi, atau materi
pembelajaran)”. Contoh: Membedakan makhluk
hidup dan mahkluk tidak hidup;
menganalisis fenomena perpindahan penduduk dari desa ke kota;
mengevaluasi (menilai)
interaksi sosial warga
masyarakat di daerah tertentu”, dan sebagainya.
5. Kendati
indikator merupakan jabaran
dari KD, guru dapat
merumuskan indikator dengan kata
kerja (proses kognitif atau
kecakapan berpikir) yang lebih
kompleks daripada KD.
Misalnya KD 3
menggunakan kata kerja “memahami”,
maka guru dapat merumuskan indikatornya dengan
kata kerja antara lain
“menjelaskan, membedakan, memberi
contoh, mengklasifikasikan, membuat ikhtisar, menuliskan dengan
kata-kata sendiri”.
6. Di samping berisi kata kerja yang
mencerminkan “perilaku”, Indikator KD juga berisi kata benda yakni pengetahuan,
atau materi, atau isi pembelajaran.
Contoh, “siswa dapat
membedakan ciri-ciri makhluk
hidup dan tidak hidup”.
Dalam Standar Kompetensi
Lulusan (SKL), pengetahuan pembelajaran ini
dibedakan menjadi pengetahuan
faktual, konseptual, procedural,
dan metakognitif.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Sama seperti indikator,
tujuan pembelajaran dirumuskan
berdasarkan KD, dengan menggunakan
kata kerja operasional
yang dapat diamati
dan diukur, yang mencakup sikap,
pengetahuan, danketerampilan.
2. Pola
atau rumusan tujuan pun
pada pokoknya sama
dengan indikator (kata kerja
+ kata benda).
Lengkapnya sering disebut
dengan rumus ABCD.
A adalah audience atau
peserta didik, B
adalah behaviour atau
perilaku (kata kerja), C
adalah Condition atau
keadaan yang harus
dipenuhi, dan D adalah degree atau batas minimal tingkat
keberhasilan.
3. Biasanya
C (conditioning) diletakkan
di awal rumusan
tujuan, diikuti dengan unsur-unsur lain
yakni Audience, Behaviour, dan
Degree. Contoh rumusan tujuan pembelajaran
“Setelah menyelesaikan serangkaian
kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat
menjelaskan konsep fotosintesis
dengan menggunakan bahasanya sendiri”
4. Dalam
hal indikator pencapaian
kompetensi sangat spesifik
dan tidak dapat diuraikan lagi,
rumusan tujuan pada
pokoknya sama dengan
rumusan indikator.
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk
tiap-tiap pertemuan.
CONTOH:
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst…
Fokus
penguatan karakter:
(Tulis satu,
dua, atau tiga
nilai sikap utama
yang hendak secara
terencana ditanamkan/ditumbuhkan
melalui pembelajaran yang
direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap
utama yang dimaksud adalah nilai-nilai
sikap sebagaimana terkandung dalam
kompetensi inti sikap
spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan
satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang
dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya
dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode
pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai
sikap dituliskan dalam kata
benda).
Contoh: kejujuran,
kekedulian
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau
butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan,
dan remedial.
2. Butir-butir
materi yang dimaksud
harus relevan dengan
indikator pencapaian
kompetensi yang dapat
berupa pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, atau metakognitif sesuai tuntutan KD.
CONTOH (Bahasa Inggris)
1. Materi pembelajaran reguler
Tulis tema/sub-tema/jenis teks
dan/atau butir-butir materi
sebagaimana dicakup oleh KD.
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat
terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
e. Kosakata terkait dengan tema ... (contoh
daftar kata terlampir)
f. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian
singkat terlampir)
2. Materi pembelajaran pengayaan
Tulis sejumlah
butir materi (kompetensi)
pengayaan/ perluasan/ pendalaman dari yang dicakup oleh materi
pembelajaran reguler.
a. Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
b. Kosa kata terkait dengan tema ... (contoh
daftar kata terlampir)
c. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian
singkat terlampir)
3. Materi pembelajaran remedial
Tulis sejumlah
butir materi reguler yang
diperkirakan sulit dikuasai
oleh sebagian/seluruh peserta didik.
a. Grammar: ...
b. Kosakata terkait dengan tema ...
E.
Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran
yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah
pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik
mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.
NB Catatan Admin: Jika
mengacu pada Permendikbud No 22 tahun 2016 tidak ada komponen Model
Pembelajaran dalam RPP. Jadi jika ada guru yang tidak mencantumkan model
pembelajaran saya rasa tidak jadi masalah. Untuk K13 yang terpenting arahnya
pada pembelajaran berbasis saintifik.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode
Saintifik.
F.
Media dan Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi
semua media pembelajaran
(video/film, rekaman audio,
model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video klip/film: Judul.
Tahun. Produser. (Tersedia
di situs internet
lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman
audio: Judul. Tahun.
Produser. (Tersedia di situs
internet lengkap dengan tanggal
pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis
spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G.
Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua
sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet,
lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH
1. Buku
siswa: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul buku.
Kota penerbitan: Penerbit
(halaman)
2. Buku
referensi: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul
buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah:
Penulis artikel. Tahun
terbit. Judul artikel.
Nama majalah, Volume,
Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi
(tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul
artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi
lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber:
Nama narasumber yang
dimaksud beserta bidang
keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis
kegiatan pembelajaran untuk
setiap pertemuan yang
mencakup kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan
pembelajaran pada KEGIATAN
PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis
dalam rumusan kegiatan
yang dilakukan oleh guru
yang DAPAT dilengkapi dengan
rumusan kegiatan peserta
didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI
ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik
YANG DAPAT dilengkapi
dilengkapi dengan rumusan
kegiatan guru – dalam kalimat
terpisah.
4. Langkah-langkah dan
aktivitas pembelajaran pada
KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip
belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis
jumlah JP untuk
setiap pertemuan dan
alokasi waktu untuk
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
CONTOH
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar
yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu
….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu …
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh
metode pembelajaran dengan METODE SAINTIFIK:
·
Mengamati
Misal: Peserta
didik mengamati gunung
Merapi yang meletus
yang disajikan melalui tayangan
video dan mencatat
apa saja yang
belum diketahui terkait dengan fenomena
meletusnya gunung Merapi
(IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan
tanaman dan mencatat
apa saja yang
belum diketahui terkait dengan
pertumbuhan dan perkembangan
tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang
diamati oleh peserta
didik dapat berupa
fenomena sebagaimana adanya di alam
(pada situasi alami)
dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks,
grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
·
Menanya
Misal: Peserta
didik merumuskan pertanyaan
tentang hal-hal yang
belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS),
pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Pertanyaan
1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan
2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan
3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan
4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan
5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan
6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan
7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan
8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan
…
·
Mengumpulkan
informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk
pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal IPS:
Peserta didik mewawancarai
ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk
mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode
berapa tahunan), korban letusan terdahsyat,
dan tanda-tanda gunung
Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik
menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan
peserta didik.
Nb Catatan Admin:
Jadi jika Bapak/Ibu guru
kesulitan merinci langkah lima 5 M, biasa saja digabung antara M yang satu
dengan M yang lainnya. Misalnya dalam contoh diatas menggabungan antara Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba, menalar/ mengasosiasi dan mengomunikasikan.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
·
Guru memfasilitasi peserta didik membuat
butir-butir simpulan mengenai ….
·
Guru
bersama-sama peserta didik
melakukan identifikasi kelebihan
dan kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengamati
…, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab
pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan
cara ….
·
Guru
guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan
hasil pembelajaran dengan cara ….
·
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang
dikerjakan sebagai PR yaitu ….
·
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan .
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan
penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
(LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
·
Mengumpulkan
informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk
pertanyaan 4 dan 5)
·
Mengumpulkan
informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk
pertanyaan
Dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
·
Guru
memfasilitasi peserta didik
(a) membuat butir-butir simpulan
mengenai ….
·
Guru
bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan
dan kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengumpulkan
informasi dengan cara …,
menjawab pertanyaan dengan
informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban
dengan cara ….
·
Guru memberiumpan balik peserta didik dalam
proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
·
Guru melakukan melakukan penilaian dengan
teknik ….
·
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang
dikerjakan sebagai PR yaitu ….
·
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan
penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
(pembelajaran dengan pendekatan saintifik):
·
Mengumpulkan
informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk
pertanyaan 7 dan 8)
·
Mencipta
Misal:
Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan
gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat
pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
·
Guru bersama-sama peserta didik membuat
butir-butir simpulan terkait ….
·
Guru
bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi
dengan cara …,
menjawab pertanyaan dengan
informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara …; serta mencipta
…
·
Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
·
Guru memberitahukan pembelajaran remedi,
yaitu …
·
Guru memberitahukan pembelajaran program
pengayaan, yaitu …
·
Guru
memberitahukan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis
satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
b. Sikap sosial
Tulis
satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
c.
Pengetahuan
Tulis
satu atau lebih teknik penilaian pengetahuan dan tuangkan dalam tabel.
d.
Keterampilan
Tulis
satu atau lebih teknik penilaian Keterampilan dan tuangkan dalam tabel.
Contoh Format tabel
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
2. Pembelajaran Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta
didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai
hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, peserta
didik yang sudah
mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain
dalam bentuk
tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan
lebih tinggi, meringkas
buku-buku referensi dan
mewawancarai narasumber
Referensi: Panduan
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Pertama 2017
No comments
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem