===========================================

PENDAFTARAN CALON PESERTA PPGJ TAHUN 2018 MULAI 19 FEBRUARI – 5 MARET 2018

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Jumat, 16 Februari 2018

Kembali dibuka Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 Mulai 19 Februari sampai dengan 5 Maret 2018. Berdasarkan Surat Dirjen GTK Nomor   : 4184/B4/GT/2018 Tanggal  : 15 Februari 2018 disampikan bahwa dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (PPGJ), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan membuka pandaftaran calon peserta PPG dalam jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018-2022.
Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 untuk pelaksanaan PPG dalam Jabatan tahun 2018-2022


Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta PPG Tahun 2018 untuk pelaksanaan PPGJ atau PPG dalam Jabatan tahun 2018-2022 berdasarkan Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Nomor   : 4184/B4/GT/2018 Tanggal  : 15 Februari 2018

A. Persyaratan Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 untuk pelaksanaan tahun 2018-2022
1. Persyaratan akademik
Calon peserta PPG Dalam Jabatan harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online. Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat.
Standar  minimal  nilai  hasil  seleksi  kemampuan  akademik  calon  peserta  ditetapkan  oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk tahun 2018 ditetapkan batas lulus pretest adalah 50 untuk program studi kejuruan dan 60 untuk program studi non kejuruan.  

2. Persyaratan administrasi
Calon peserta wajib memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut.
a.  Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
b. Terdaftar  pada Dapodik Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan per  tanggal  31  Juli 2017.
c.  Memiliki NUPTK (dapat dipenuhi setelah lulus pretest).
d. Memiliki  kualifikasi  akademik  sarjana  (S-1)  atau  diploma  empat  (D-IV)  dari  perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV.
e.  Berkualifikasi akademik S-1/D-IV yang sesuai dengan program studi pada PPG yang akan diikuti.
f.  Masih  aktif  mengajar dibuktikan  dengan  memiliki  SK  pembagian  tugas  mengajar  dari kepala sekolah 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
g.  Berstatus guru PNS, guru Bukan PNS di sekolah negeri, dan guru tetap yayasan (GTY). Guru bukan PNS di sekolah negeri dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Kepala Daerah atau Kepala Dinas Pendidikan 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
h. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2018.
i.  Sehat jasmani dan rohani. 
j.  Bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza).
k.  Berkelakuan baik.
Persyaratan guru bukan PNS di sekolah negeri seperti disebutkan pada huruf g di atas, hanya berlaku  untuk pendaftaran  dan pelaksanaan  PPG  Dalam  Jabatan,  tidak  berlaku  untuk persyaratan pembayaran tunjangan profesi pendidik. Biaya pelaksanaan PPG Dalam Jabatan bagi guru  bukan  PNS  di  sekolah  negeri menjadi  tanggungjawab Pemerintah Daerah  atau Satuan Pendidikan, kecuali guru yang mengajar di daerah khusus (3T).

B. Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 untuk pelaksanaan PPG dalam Jabatan tahun 2018-2022
1. Aplikasi  pendaftaran  calon  peserta  PPG  Dalam  Jabatan  dapat  dibuka  melalui alamat http://simpkb.id.
2. Guru membuka  situs  tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai  calon  Peserta  PPG Dalam  Jabatan  dengan  menggunakan  akun  individu  masing-masing.  Guru mengunggah (upload)  hasil pindai  (scan) ijazah asli  S-1/D-IV. Bagi  guru  yang terkendala  dengan  akses internet, pendaftaran dapat dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.
3. Guru menetapkan program studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program studi PPG adalah  linier  dengan program  studi/jurusan  pada ijazah S-1/D-IV  yang  dimiliki. Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.
4. Guru mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.
5. LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian atau linieritas antara program studi PPG yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
a.  “Diterima” jika program studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
b. “Ditolak” jika program studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan  adanya  perbaikan.  Contoh:  Guru  dengan  kualifikasi  akademik  Sarjana Hukum tidak linier dengan program studi PPG yang ada.
c.  “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan  adanya  perbaikan.  Contoh:  Guru  dengan  kualifikasi  akademik  Sarjana Bahasa  Inggris  memilih  program  studi  PPG  Guru  Kelas  SD.  Jika  Guru  tersebut  ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi Bahasa Inggris.
6. Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai peserta pretest PPG Dalam Jabatan. 
7. Waktu  dan  tempat pelaksanaan pretest  akan  diinformasikan  setelah proses  penempatan (plotting) peserta pretest ke TUK selesai.

C. Jadwal Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 untuk pelaksanaan PPG dalam Jabatan tahun 2018-2022

1. Pendaftaran calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru tanggal 17 Februari – 2 Maret 2018
2. Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi PPG dengan ijazah S-1/D-IV oleh LPMP tanggal 19 Februari – 5 Maret 2018
3.  Penetapan TUK oleh LPMP  tanggal 19 – 21 Februari 2018
4. Penempatan (Plotting) TUK calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh LPMP tanggal 6 – 10 Maret 2018
5. Cetak kartu calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru tanggal 12 - 14 Maret 2018
6. Pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan  di TUK oleh Ditjen GTK  tanggal 20 - 31 Maret 2018

Direktur  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  akan  mengadakan  kegiatan  Sosialisasi  dan Koordinasi Proses Pendaftaran Calon Peserta  PPG Dalam Jabatan  pada minggu ke-4 Februari 2018.

Berikut ini Daftar Linieritas Kualifikasi S-1/D-IV dengan Program Studi PPG Dalam Jabatan. Adapun yang dimaksud Linier yang dimaksudkan di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1/D-IV dengan program studi PPG Dalam Jabatan. 




Link Pendaftaran http://simpkb.id
(Ingat mulai 17 Februari 2018)

Download Pengumuman Resmi (disini)

Demikian informasi terkait Pendaftaran Calon Peserta PPGJ Tahun 2018 untuk pelaksanaan PPGJ atau PPG dalam Jabatan tahun 2018-2022, semoga bermanfaat.





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 23.35.00

88 komentar:

  1. Terima kasih pak infonya sangat membantu para guru. Jadinya saya ingin berguru sama bapak. Salam http://goegoeroe.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Pak punya kisi2 untuk pre test PPG 2017

    BalasHapus
  3. Mksh infonya... Tolong di sharing lh kisi-kisi soal utn pretest 2017 Mata Pelajaran PKn Smk... Mksh

    BalasHapus
  4. Ass. Pak, untuk pengumuman hasil pretest PPG 2018 kapan akan diumunkan. Kami jadi pengen tahu hasil pretes PPG ini, karena pada saat pelaksanaan kami tidak dapat melihat hasil secara langsung. Lalu mengapa juga mengapa juga hasil pretest PPG ini tidak dapat dilihat secara langsung, berbeda dengan pelaksanaan UKG yang hasilnya dapat dilihat secara langsung.

    BalasHapus
  5. Ass... pak, pak hasil pretes PPG 2018 kapan diummumkan, apa biaya PPG di tanggung oleh peserta atau pemerintah?

    BalasHapus
  6. kapan diumumkan hasilnya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasinya pengumuman hasil pretest PPG 2017 2018 akan disampiakan melalui SIM PKB masing-masing. Belum ada kabar mengenai tanggal pengumuman hasil pretest PPG ini, Insya Allah akan saya update apabila sudah ada info pasti

      Hapus
    2. gmn untuk sertifikasi guru bahasa inggris sma pak..ada info terupdate...thanks

      Hapus
    3. mengacu pada permendikbud 37 tahun 2017, sertifikasi guru dalam jabatan menggunakan pola PPG dalam jabatan. Mekanisme seperti yang sudah berjalan yakni UPDATE data dapodik, Ikut pendafataran melalui SIM PKB, ikuti pretest PPG, lihat pengumuman atau hasil pretest PPG, jika lulus pretest ikuti pelaksanaan PPG, kemudian ikuti UTN

      Hapus
    4. Pak, mau nanya. Ini kan saya sudah lulus pretest ppg dan disuruh melengkapi berkas dan yang menjadi kendala saya adalah saya tidak memiliki NUPTK. Apakah ada keringanan bagi saya?
      Terima kasih

      Hapus
  7. Kpn pengumuman pretes.ko blm.

    BalasHapus
  8. Untuk guru, kepala sekolah dan pengawas yang mengikuti diklat PKB

    BalasHapus
  9. diakun SIM PKB belum ada infonya .. kira-kira kapan ya

    BalasHapus
  10. assalammualaikum pak hasil pretest ppg sudah ada kan ya?

    BalasHapus
  11. di APP.SIMPKB.ID belum muncul hsail pre-test, tapi di Sergur.ID sudah bisa dicek, apakah datanya update ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sama dg komen yg sy maksud kah?alamatnya?

      Hapus
  12. http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php?pg=pretes

    Sempat dpt info ini
    Sy juga sempat buka..katanya lolos.
    Tp skrg sy buka lagi ada perbaikan katanya

    BalasHapus
  13. Kenapa link hasil pre tes ppgj nya tidak bisa dibuka?

    BalasHapus
  14. Perbaikan terus. Kapan bisa dicek?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pak. Mudah-mudahan senin bisa di cek. Hari kamis yg lalu masih bisa cek, sejak jumat sampai dengan sekarang situsnya masih dalam perbaikan

      Hapus
  15. Iya server maintenance terus mohon info kan ke saya, buat teman2 yg sudah bisa lihat situsnya. Trims

    BalasHapus
  16. sedang dalam proses evaluasi..

    BalasHapus
  17. cara cek untuk yang belum punya NUPTK bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Nomor Peserta Tes. Tapi sekarang situsnya juga dalam pengembengan (infonya sedang dalam proses evaluasi)

      Hapus
    2. kmren saya cek punya istri saya.. lulus.pre tes. tgl 12 januari. tapi kmudian dibuka lagi.. malah server dalam perbaikan.. nah sekarang malah saya cek lagi .. malah ada tulissn dalam tahap evaluasi... trus yg mana yg benar pak..

      Hapus
    3. kmren saya cek punya istri saya.. lulus.pre tes. tgl 12 januari. tapi kmudian dibuka lagi.. malah server dalam perbaikan.. nah sekarang malah saya cek lagi .. malah ada tulissn dalam tahap evaluasi... trus yg mana yg benar pak..

      Hapus
  18. apa nantinya setelah bisa diakses lagi akan berubah hasilnya?soalnya jumat kemarin saya dinyatakan lulus,takutnya hasilnya akan berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. laman http://ap2sg.sertifikasiguru.id/ merupakan laman resmi Sertifikasi Guru (duplikasi dari laman http://kemdiknas.swin.net.id) jika pengelolanya profesional mestinya tidak berubah. entahlah .................

      Hapus
    2. Iya buk. Takotnya ada perubahan tentang peserta yang lulus.
      Oia bpk/ibu pengaduan soal pre test ini kmana ya ??? Misal@ email panitia, wa atao dll...

      Hapus
  19. Smpi saat ini situs ya jg blm bisa dibuka,kira2 kpn ya pak kami bisa melihat hsl pretest ppg?smpi skrg msh ada tulisan dalam tahap evaluasi...

    BalasHapus
  20. Maaf pak, skrg laman pengumuman sdh bisa dibuka tp cuma pengumuman doang, ga ada kolom tempat memasukan nuptk, gimana tuh pak? Mksh sblmnya

    BalasHapus
  21. Terima kasih infonya, baru mau nge cek, tapi situsnya masih evaluasi. Gimana ini ya?

    BalasHapus
  22. mau tanya apakah harus memiliki NUPTK,Padahal waktu pretest tak diharuskan memiliki nuptk.,mks sebelumnya

    BalasHapus
  23. stus sdh bisa dibuka.. kolom untuk masukin nuptk ada tapi pas di enter kok gak ad muncul hasil pretestnya... tapi keluar tulisan SIP... rokok?

    BalasHapus
  24. bagaimana guru yg belum punya NUPTK tetapi lulus pre tes? bisakah ikut PPG ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pelaksanaan PPG yang belum punya NUPTK juga bisa (tentunya tidak melampirkan NUPTK)

      Hapus
  25. Saya lulus, tapi blm punya nuptk.gmn ya solusinya.

    BalasHapus
  26. sedikit penasaran saja, kenapa namanya pretest? jika memang itu digunakan sebagai acuan untuk proses penyaringan alangkah lebih baik namanya seleksi PPG 2018 atau lainnya krn sebagian orang akan berfikir jika ini hanya sekedar alat untuk mengukur saja tidak dijadikan acuan seleksi. mohon maaf atas ketidaktahuan saja:)

    BalasHapus
  27. aneh sekali dan membingungkan, teman saya sudah dinyatakan lulus pre test ppg beberapa hari lalu, tapi kenapa dalam tahapan selanjutnya persyaratan peserta ppg di surat edaran dinas diatas harus memiliki NUPTK padahal teman saya belum punya nuptk. padahal syarat untuk mengikuti pretest ppg dulu cukup memiliki no peserta ukg /sim pkb tanpa butuh NUPTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pelaksanaan PPG yang belum punya NUPTK juga bisa (tentunya tidak melampirkan NUPTK)

      Hapus
  28. bagaimana kalau tidak lulus tes UKG november kemarin 2017 oak, ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ada pretest lagi, Paling tidak akhir tahun 2018 untuk menentukan Calon Peserta PPG (PPGJ) Tahun 2019

      Hapus
  29. persyaratan dilengkapi saja dulu tru di serahkan ke DIKNAS,klo blm pny NUPTK pake saja no.peserta seperti pd waktu PRETEST dulu.
    klo tdk salah dulu juga pernah ada guru yg tdk mpnya NUPTK tp bs ikut PPG dan stlh lulus mndapatkan NUPTK,tp lama bru bs sertifikasi.
    jd lenkapi dulu saja berkas2nya,tmn sy jg lulus pretest tp tdk mmpunyai NUPTK.coba sj dulu...oke....

    BalasHapus
  30. sebenarnya standar nilai pretest ppg itu berapa? kok banyak yang tidak lulus padahal sudah sangat serius dalam menjawab soal

    BalasHapus
  31. berapa standar nilai pretes ppg?

    BalasHapus
  32. Kenapa nilai pretest tidak ditampilkan...khawatir jd ladang kecurangan

    BalasHapus
  33. Kenapa nilai pretest tidak ditampilkan...khawatir jadi ladang kecurangan

    BalasHapus
  34. Banyak yang tidak lulus padahal sudah sangat serius dalam menjawab soal, rekan2 disekolah saya satupun tidak ada yang lulus. sebenarnya standar nilai pretest PPGJ 2018 berapa?

    BalasHapus
  35. Saya masukkn nomer peserta sya dgn benar, hasilny keluar : "nomer perseta....tidak ditemukn dalam daftar perserta pretest"..., apa artinya saya tdk lulus pak?

    BalasHapus
  36. ass..wr.wb..yth bpak..kami calon peserta ppg 2018 yang telah mengikuti pretest dan telah dinyatakan "LULUS"..PADA salah satu persyaratan kami menemui kesulitan yaitu guru honor disekolah negeri harus memilik sk dari kepala daerah..sedanagkan kmi memiliki sk dr kepsek..yang kmi tanyakan,,apakah dgan kekurangan ini kmi tetap bisa mengikuti program ppg 2018..kalaupun tidak bisa berarti hasil pretest kmi akan sia2 saja..krn disisi lain kawan2 seperjuangan banyak sekali yang menginginkan hasil kelulusan tsb..atas permasalahan kami ini mhon kepada bpak untuk memberikan jalan keluar dan solusinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul Guru honorer sekolah negeri harus memiliki sk dari Pemda. Persyaratan ini memang sampai hari ini belum bisa ditawar

      Hapus
  37. Apa sih bedanya dengan yg sudah lulus yg pertama pak? Padahal yg lulus pretest yg kmrin juga blum mulai PPGJ nya? Trims

    BalasHapus
  38. Saya coba mendaftar berdsarkan tatacara di atas. Tp di akun pribadi simpkb saya tidak ad undangannya pa. Masih ttp seputar info pelaksanaan pretes yg 2017. Trmksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek minggu depan, waktunya masih panjang.

      Hapus
    2. pak mau tanya ppgj yang tahun 2017 yang tidak lulus di tahun 2018 kok tidak mendapat undandan tes ulang ppgj ya.makasih infonya

      Hapus
  39. Yang pernah ikut tahun 2017 Apa bisa ikut lagi di 2018, soalnya kemarin sya Ada kesalahan can kerjakan 7 soal

    BalasHapus
  40. Pak gimana untuk yg sudah pernah mengikuti pretes ppg tapi tidak lulus. Di simpkb keterangannya todak terundang karena sudah mengikuti pretest ppgj tahun 2017. Apakah berarti kami tidak bisa ikut lagi? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan nanti ada kebijakan untuk ikut lagi. Silahkan usulkan ke dinas kab/kota agar yang tidak lulus tes dapat ikut lagi

      Hapus
    2. Apakah yg hanya punya SK Kepsek d sekolah negeri bisa ikut seleksi PPGJ ????

      Hapus
  41. Pak untuk yang sudah pernah ikut pretest ppg tapi belum lulus di simpkb kok keteranganya tidak terundang karena sudah mengikuti pretest ppg tahun 2017. Apakah berarti kami tidak bisa ikut lagi pak?

    BalasHapus
  42. pak maaf.. kenapa yang tidak lulus pretest PPG 2017 tidak di undang lagi dalam PPGJ 2018..?
    mohon jawabannya..
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada penjelasan, kita nantikan penjelasan pada saat Sosialisasi dan Sinkronisasi yang rencanakan akan dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Februari. Mudah-mudhan ada undangan lagi

      Hapus
  43. siang pak, maaf mau tanya untuk kami yang sdh pre tes dan tidak lulus, apakah ada kesempatan ikut lagi atau bagaimana kebijakan selanjutnya. trima kasih

    BalasHapus
  44. Pak maaf... apakah tes PPG ini hanya untuk yang belum sertifikasi atau yabg sertifikasi juga harua mengikuti???
    terimaksih sebelum nya, mohon dibantu

    BalasHapus
  45. Apakah guru honorer sekolah negeri yg tdk punya SK Bupati/gubernur boleh mendaftar Free test PPGJ 2018 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika muncul fitur undangan dalam SIM PKB, silahkan daftar

      Hapus
  46. Ass. Pak saya guru honor di sekolah negeri punya SK kepala dinas pendidikan. Pretest 2017, alhamdulillah saya lulus, tp tdk bisa krna persyaratan SK harus ditandatangani kepala daerah. PPG skrg bisa SK kepala dinas, tapi saya ga diundang lg. Jadi gimana pak solusi untuk kami, adakah kebijakan baru? Mksh sblmnya pak

    BalasHapus
  47. Ass. Pak saya guru honor di sekolah negeri punya SK kepala dinas pendidikan. Pretest 2017, alhamdulillah saya lulus, tp tdk bisa krna persyaratan SK harus ditandatangani kepala daerah. PPG skrg bisa SK kepala dinas, tapi saya ga diundang lg. Jadi gimana pak solusi untuk kami, adakah kebijakan baru? Mksh sblmnya pak

    BalasHapus
  48. assalamualaikum pak.. untuk persyaratannya melampirkan scan Ijazah, kalau ijazahnya belum keluar baru surat keterangan lulus, apa bisa ikut PPG pak ?

    BalasHapus
  49. Saya lulus pretest, tapi kenapa ya tidak diundang PPG?
    Mohon penjelasannya pak.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus ibu baiknya mengajukan saran melalui laman pengaduan kemendikbud di http://ult.kemdikbud.go.id/

      Hapus
  50. Pak mau menanyakn, saya lolos pretest 2017 tp ketika pemberkasan di dinas saya dinyatakan tdk lolos, jika saya ingin mengikuti ppgj tahap berikutnya apakah hrus pretest lagi? Karena saya cek di sim pkb saya tdk terundang lg yg ppg 2018

    BalasHapus
  51. Saya berminat PPG dalam jabatan ini, sayan mengajar di SMP tetapi setelah mencari perguruan tinggi yang ada pendidikan profesi bahasa indonesianya kok tidak ada. ada yang punya solusi ?

    BalasHapus
  52. Tahap ke dua pendaftaran ppg kira2 ap masih ada di tahun 2018.??
    Mohon informasi

    BalasHapus
  53. Wah mantap infonya om. Saya coba juga

    BalasHapus
  54. Pak, Mohon infonya pak, penempatan pretest untuk 20-31 maret dimana pak?
    Saya belum dapat info untuk penempatanya,
    Sy guru IPA (Biologi) dari jakarta pusat (sawah besar),
    Kalau bisa mohon di infokan dong pak ke skolah masing masing, yang ada cuman di SiM PKB hanya jadwal doang dan penempatanya saya tidak tahu,, . Mohon infonya dong Pak,.
    Makasih..

    BalasHapus
  55. maaf Pak saya mau tanya untuk PPG 2018 saya sudah daftar tapi ada kata ditolak karena ijazah. tapi ijazah saya sudah linier dengan program PPG Guru kelas . bagaimana apa saya masih bisa mendaftar lagi atau harus bagaimana selanjutnya. terima kasih pak

    BalasHapus
  56. Klw guru sudah sertifikasi apa boleh daftar ppg 2018..dan bila terdaftar dan tidak mengikuti pretest apa ada efeknya buat sertifikasi yg ada?

    BalasHapus
  57. Mohon tanya pak, saya kok tidak bisa mengisi kolom tahun/tanggal lulus di validasi data akademik ya? Cuma ada angka 0000-00-00 tidak bisa diedit. Terimakasih pak..

    BalasHapus
  58. D1 non-pendidikan/syariah namun memiliki Akta linernya kemana ya...?

    BalasHapus
  59. D1 non-pendidikan/syariah namun memiliki Akta linernya kemana ya...?

    BalasHapus

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

Pengikut

------------------------------------------


------------------------------------------

CB