TES POTENSI AKADEMIK UHAMKA (SOAL TES MASUK UHAMKA)

TES POTENSI AKADEMIK UHAMKA (SOAL TES MASUK UHAMKA)

Soal Tes Masuk UHAMKA (Soal USM UHAMKA). Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA merupakan salah satu perguruan Tinggi Swasta yang cukup tinggi peminatnya. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (selanjutnya disebut UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berkedudukan di Jakarta. Sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah, UHAMKA adalah perguruan tinggi berakidah Islam yang bersumber pada Al Quran dan As-Sunah serta berasaskan Pancasila dan UUD 1945 yang melaksanakan tugas caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu menyelenggarakan pembinaan ketakwaan dan keimanan kepada Allah Swt. pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat menurut tuntunan Islam.

UHAMKA adalah perubahan bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta dengan nama awal Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). PTPG ini diresmikan pada tanggal 25 Rabiul Awal 1377 H/18 November 1957 M, dengan para pendiri di antaranya adalah Arso Sosroatmodjo (Ketua) dan HS Prodjokusumo (Sekretaris). Sejalan dengan kebijakan pemerintah, pada tahun 1958 PTPG berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menginduk kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Pada tahun itu juga, FKIP dipercaya oleh Jawatan Pendidikan Agama, Kementerian Agama, untuk mendidik pegawainya agar menjadi guru PGA yang bermutu. Pada tahun 1965, FKIP UMJ berdiri sendiri dengan nama IKIP Muhammadiyah Jakarta (IKIP-MJ) dan pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1990 mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola Program Diploma Proyek Pendidikan Tenaga Kependidikan. Selanjutnya tahun 1990 hingga tahun 1997 IKIP-MJ mendapat kepercayaan untuk mengelola Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Program D2 PGSD kemudian berlanjut hingga tahun 2007, bahkan pada tahun 2007 UHAMKA diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan Program PGSD S1 Reguler maupun Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), selain itu UHAMKA juga diberikan kepercayaan untuk melaksanakan Program Sertifikasi Guru dan Pendidikan Profesi Guru, kepercayaan ini sangat mengesankan dan membesarkan hati karena hanya diberikan kepada sedikit perguruan tinggi swasta di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Para pengelola IKIP-MJ melihat bahwa IKIP Muhammadiyah Jakarta perlu ditingkatkan terus peranannya untuk turut serta menyediakan SDM yang berkualitas, baik di bidang kependidikan maupun non-kependidikan, Upaya yang ditempuh adalah mengkonversi IKIP Muhammadiyah Jakarta menjadi Universitas. Untuk itu dibentuk Tim Konversi Universitas, yang diketuai oleh Prof. Drs. H. Sudarno Sinduwiryo, M.Ed. Setelah melalui berbagai proses, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen DIKTI Depdikbud memutuskan dan menetapkan perubahan bentuk IKIP-MJ menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 138/DIKTI/Kep/1997, tanggal 30 Mei 1997.

Ada tiga jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UHAMKA, yakni melalui Jalur Tes, Jalur Tanpa Tes dan Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Untuk Calon mahasiswa baru yang mengikuti penerimaaan mahasiswa melalui Jalur tes, perlu diketahui bahwa Materi Ujian Tes Masuk UHAMKA terdiri dari Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Ujian atau seleksi masuk UHAMKA Jalur tes dilaksanakan dengan model Computer Based Test, sehingga naskah soal tidak ada naskah tulis/cetak. Bagi Adik-adik yang akan mengikuti seleksi masuk UHAMKA silahkan pelajari berbagai model tes potensi akademik yang bisa diambil dari buku, dari try out UHAMKA, dari soal-soal Ujian Masuk Perguruan Tingi lainnya termasuk soal-soal SBMPTN khusus untuk materi TPA. Materi Uji TPA hampir sama dengan materi Uji TKPA pada naskah Ujian SBMPTN.


Latihan Soal Seleksi Mahasiswa Baru UHAMKA


Untuk adik-adik yang membutuhkan Soal Tes Masuk UHAMKA (Soal USM UHAMKA) atau Soal Latihan Tes Potensi Akademik UHAMKA, berikut ini admin bagikan contoh soal Tes Akademik dan Contoh Soal Bahasa Inggi yang digunakan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Pembahasan (disini)
Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris (disini)
Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris (disini)

Demikian info tentang Soal Tes Masuk UHAMKA,  Soal Latihan Tes Potensi Akademik UHAMKA, Soal Latihan Baha Inggris UHAMKA, Soal Seleksi Mahasiswa Baru UHAMKA semoga bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses.





= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter