PENGERTIAN LITERASI

Pengertian literasi
Pengertian literasi

Pengertian literasi secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.


Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan  menerapkan  ilmu  yang didapatkannya  di  bangku  sekolah. Literasi  juga  terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi  pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai  'keberaksaraan'  dan  selanjutnya  dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal.

Terkait pengeritian Literasi, National Institut for Literacy menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi (pengertian literasi) adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Education Development Center (EDC) juga turut mengeluarkan pengertian dari literasi, yaitu kemampuan individu untuk menggunakan potensi serta skill yang dimilikinya, jadi bukan hanya kemampuan baca tulis saja. Lebih lanjut lagi, UNESCO juga menjelaskan bahwa pengertian literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks dimana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya. Menurut UNESCO, pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman. Kemudian, di dalam kamus online Merriam – Webster, dijelaskan bahwa literasi adalah kemampuan atau kualitas melek aksara dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

Pada abad pertengahan, sebutan literatus ditujukan kepada orang yang dapat membaca, menulis dan bercakap-cakap dalam bahasa Latin. Sejarawan Itali Carlo M. Cipolla istilah “semi-iliterate” untuk mereka yang dapat membaca tetapi tidak dapat menulis. Dengan kata lain, pengertian literasi hanya berkaitan dengan keaksaraan atau bahasa. Dalam perkembangan waktu, pengertian literasi berkembang menjadi konsep fungsional. Pada tahun 1960-an istilah literasi dikaitkan dengan berbagai fungsi dan keterampilan hidup individu. Konsep Literasi merupakan seperangkat kemampuan mengolah, menganalisa dan memahami informasi dari bahan bacaan. Literasi bukan tentang membaca dan menulis saja, melainkan dapat mencakup bidang lain, seperti ekonomi, matematika, sains, sosial, lingkungan, keuangan, bahkan moral (moral literacy). Saat ini, penggunaan istilah Literasi mulai digunakan dalam arti yang lebih luas, namun tetap merujuk kepada kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis. Beberapa istilah yang ada seperti Literasi Informasi, literasi komputer, literasi sains dan lain sebagainya.

Pemahaman literasi pada akhirnya tidak hanya merambah pada masalah baca tulis saja. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI,  yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan  sehari-hari),  kompetensi  (bagaimana peserta  didik menyikapi tantangan  yang kompleks),  dan  karakter  (bagaimana peserta  didik menyikapi  perubahan  lingkungan  mereka).

a) Literasi Dasar
Ada 6 literasi dasar penting yang diidentifikasi dan perlu dikuasai anak-anak, yaitu:
1. Literacy (keterampilan berbahasa)
2. Numeracy
3. Scientific literacy
4. ICT literacy
5. Financial literacy
6. Cultural and civic literacy

b) Kompetensi
Ada 4 keterampilan yang dinilai krusial untuk membantu anak-anak menyelesaikan masalah yang kompleks, yaitu:
7. Critical thinking/problem-solving
8. Kreativitas
9. Komunikasi
10. Kolaborasi

c) Kualitas karakter
Ada kualitas karakter dan penyikapan yang tepat terhadap perubahan lingkungan dibangun melalui pengembangan keterampilan-keterampilan berikut ini:
11. Keingintahuan
12. Inisiatif
13. Persistence/grit
14. Adaptability
15. Leadership
16. Social and cultural awareness

Selain  itu,  ada  juga  tiga  literasi  lainnya  yang  perlu  dikuasai oleh  peserta didik,  yakni literasi kesehatan, keselamatan (jalan, mitigasi bencana), dan kriminal (bagi siswa SD disebut ―sekolah aman‖)  (Wiedarti,  Mei  2016). Literasi gesture  pun  perlu  dipelajari  untuk  mendukung keterpahaman makna teks dan konteks dalam masyarakat multikultural dan konteks khusus para difabel. Semua ini merambah pada pemahaman multiliterasi. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan  karakter  (PPK)  di  Indonesia mengacu  pada  lima  nilai  utama,  yakni  (1)  religius,  (2) nasionalis, (3) mandiri,(4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016).

Menurut Cope  dan  Kalantzis  (2000),  pedagogi multiliterasi yang dikembangkan  oleh  New London  Group  merupakan  pandangan  yang melihat  semakin  berkembangnya  dimensi  literasi yang  multibahasa  dan multimodal.    Dengan  demikian,  sekolah  dan  masyarakat  perlu mengembangkan  praktik  dan keterampilan  menggunakan beragam  cara untuk  menyatakan  dan memahami  ide-ide  dan  informasi  dengan menggunakan  bentuk-bentuk  teks  konvensional maupun bentuk-bentuk teks inovatif, simbol, dan multimedia (Abidin, 2015). Beragam teks yang digunakan dalam  satu  konteks  ini  disebut  teks  multimodal  (multimodal  text).  Adapun pembelajaran  yang  bersifat  multiliterasi--menggunakan  strategi  literasi dalam  pembelajaran dengan memadukan keterampilan abad ke-21 (keterampilan berpikir tingkat tinggi)--diharapkan dapat menjadi bekal kecakapan hidup  sepanjang hayat.

Hal ini sesuai dengan apa yang tersaji dalam peta jalan gerakan literasi nasional (GLN). Dalam buku  tersebut,    makna  dan  cakupan  literasi meliputi: :(a)  literasi  sebagai  rangkaian  kecakapan membaca,  menulis, berbicara,  kecakapan  berhitung,  dan  kecakapan  dalam  mengakses  dan menggunakan informasi; (b) literasi sebagai praktik sosial  yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; (c) literasi sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari, (d)  literasi  sebagai  teks  yang  bervariasi  menurut  subjek,  genre,  dan tingkat kompleksitas bahasa.


Prinsip pengembangan literasi Sekolah. Menurut Beers (2009), Prinsip pengembangan literasi Sekolah harus menekankan hal berikut ini :
• Program Literasi Yang Baik Bersifat Berimbang.
Sekolah yang menerapkan prinsip ini maka akan menyadari bahwa siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lain maka dari itu, diperlukan berbagai strategi membaca dan variasi teks.
• Diskusi dan Strategi Bahasa Lisan Sangat Penting
Dalam prinsip literasi ini, siswa dituntut untuk dapat berdiskusi mengenai suatu informasi tertentu dan dalam diskusi membuka kemungkinan perbedaan pendapat dan diharapkan dapat mengungkapkan perasaan dan pendapatnya untuk melatih kemampuan berfikir lebih kritis.
• Program Literasi Berlangsung di Semua Kurikulum
Program literasi di tunjukan oleh seluruh siswa jadi tidak bergantung pada kurikulum dan membiasakan kegiatan literasi adalah kewajiban guru semua mata pelajaran.
• Keberagaman Perlu dirayakan di Kelas dan di Sekolah
Para siswa disediakan buku-buku yang bertemakan kekayaan budaya negara indonesia agar lebih mengenal budaya yang ada dan ikut melestarikannya.


Berdasarkan uraian tersebut, istilah literasi merupakan sesuatu yang terus berkembang atau terus berproses,  yang  pada  intinya  adalah  pemahaman terhadap  teks  dan  konteksnya  sebab  manusia berurusan  dengan  teks sejak  dilahirkan,  masa  kehidupan,  hingga  kematian,  Keterpahaman terhadap  beragam  teks  akan  membantu  keterpahaman  kehidupan  dan berbagai  aspeknya  karena teks itu representasi dari kehidupan individu dan masyarakat dalam budaya masing-masing.




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter