===========================================

DAFTAR PERAIH MEDALI OSN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sunday, July 8, 2018

OSN Jenjang SD SMP SMA Tingkat Nasional Tahun 2018 telah berakhir. Provinsi DKI Jakarta kembali meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat. Sebanyak 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu diraih oleh provinsi yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada gelaran tahunan bergengsi di bidang sains itu.


Sementara untuk juara kedua OSN 2018 diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan perolehan 13 medali emas, 18 medali perak, dan 26 medali perunggu. Provinsi Banten berada di peringkat ketiga dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018. Mendikbud berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Mendikbud saat memberikan sambutan dalam acara Penutupan Olimpiade Sains Nasional 2018 di Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (6/7/2018).

OSN ke-17 kali ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Mendikbud mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, lapangan terbang, dan lainnya. Infrastruktur itu tak akan ada manfaatnya jika tidak disiapkan dengan sungguh-sungguh sumber daya manusia yang mengoperasikan infrastruktur tersebut.

“Kita butuh menyiapkan teknokrat-teknokrat yang akan mengisi teknostruktur dan kita butuh orang-orang yang menguasai teknologi itu sekaligus kreatif,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Pemerintah sangat mengapresiasi daya dan upaya yang maksimal kepada pemerintah daerah Sumatra Barat yang telah mendukung penyelenggaraan OSN tahun ini sehingga berjalan baik dan lancar. “Begitu senangnya kami menjadi tuan rumah pada tahun ini,” kata Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, pada kesempatan yang sama.

Berikut ini Rekapitulasi Daftar Peraih Medali OSN Tingkat Nasional Tahun 2018 jenjang SD SMP SMA.



Berikut Daftar Juara (Pemenang) OSN 2018 jenjang SMA (Daftar Juara / Pemenang OSN SMA Tahun 2018)












Beberapa fakta menarik dari OSN2018 tingkat SMA / MA

·          Kota terbanyak memperoleh medali pada OSN2018 tingkat SMA / MA ialah Kota Tangerang Selatan, dengan 24 Medali. 23 di antaranya hanya berasal dari 3 sekolah: MAN Insan Cendekia Serpong, SMAN 2 Kota Tangsel, dan SMA Kharisma Bangsa.    Hasil tersebut akhirnya ikut memberi andil besar dalam menempatkan Banten sebagai juara 3 perolehan medali tahun ini OSN2018

·     Perolehan Medali OSN 2018 tingkat SMA/MA terbanyak diraih oleh sekolah-sekolah negeri, baik SMAN ataupun MAN.

·          MAN Negeri dengan perolehan medali terbanyak pada OSN 2018 tingkat SMA / MA ialah MAN 2 Kota Malang dengan 10 Medali (berada di peringkat 1), diikuti MAN Insan Cendikia Gorontalo dengan 10 Medali (berada diperingkat 6) dan MAN Insan Cendika Serpong dengan 8 Medali (berada diperingkat 5).

·          SMA Negeri dengan perolehan medali terbanyak pada OSN2018 tingkat SMA / MA ialah SMAN 2 Tangerang Selatan dengan 9 Medali (berada diperingkat 2), diikuti SMAN 8 Jakarta dengan 8 Medali (bearada diperingkat 7).

·          Sekolah swasta peraih Medali OSN terbanyak pada OSN2018 tk SMA/MA ialah SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, 6 medali dan SMAK Petra 2 Surabaya 6 medali.

·          Fakta lain yang menarik dari ajang OSN2018 tingkat SMA/MA, ialah dari 272 medali yang dibagikan, sebanyak 200 medali diraih oleh siswa dari sekolah di pulau Jawa (73,5%). Dengan rincian Banten 32, DKI 48, Jabar 36, Jateng 34, DIY 14, Jatim 36.


Demikian info tentang Rekapitulasi Daftar Peraih Medali OSN Tingkat Nasional Tahun 2018 jenjang SD SMP SMA yang diselenggarakan di Padang, semoga bermanfaat. Terima kasih.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 8:07:00 PM

4 comments:

  1. mantap pak www.tomatalikuang.com

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat infonya ....sebagai bahan perbandingan dan motivasi untuk meningkatkan mutu di masing-masing propinsi.

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

Followers

------------------------------------------


------------------------------------------

CB