LATIHAN SOAL TES SKD - SKB - TKB SELEKSI CPNS GURU MATA PELAJARAN (GURU SMP SMA SMK)

 SOAL TES SKB - TKB SELEKSI CPNS GURU MATA PELAJARAN (GURU SMP SMA SMK) TAHUN 2018

Contoh Soal SKD Tes CPNS untuk Guru hampir sama dengan formasi lainnya meliputi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yakni Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi: Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika,  dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. TIU (Tes Intelejensi Umum) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri: Analisa verbal, Tes sinonim, Tes antonim, Tes padanan hubungan kata, Tes pengelompokan kata, Analisa numerik, Tes aritmatik, Tes seri angka, tes seri huruf, Tes logika angka, Tes angka dalam cerita, Analisa berpikir logis dan analitis, Tes logika umum, Tes Analisa pernyataan, Tes kesimpulan silogisme, Tes logika cerita. TKP (Tes Karakteristik Pribadi) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, materi soal TKP meliputi: Integritas diri, Semangat berprestasi, Orientasi pada pelayanan, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri, Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, Orientasi kepada orang lain, Kreativitas dan inovasi.


Berikut ini Link download Contoh latihan soal SKD CPNS Guru, yang dapat dijadikan sarana latihan  untuk menambah wawasan. Harap diperhatikan karena pembahasan masih ada yang kurang sesuai.
Contoh  CAT CPNS (disini)
Contoh  TKD TIU (disini)
Contoh  TKD TKP (disini)
Contoh  TKD TWK (disini)
Soal TWK, TIU dan TKP (4) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (5) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (6)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (7) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (8) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (9) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (10) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (11) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (12) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (13) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (14) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (15)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (16) ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (17)  ---DISINI---
Soal TWK, TIU dan TKP (18) ---DISINI---


Latihan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB - TKB) Guru Mata Pelajaran (Guru SMP SMA SMK) Tahun 2018. Tes Seleksi Kompetensi Bidang merupakan suatu tes yang dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Biasanya Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ini sangat beragam dan disesuaikan dengan bidang atau jurusan masing-masing, jadi setiap peserta ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes SKB yang sama.

Jenis-Jenis Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sebagaimana diketahui bahwa TKB merupakan tes tersendiri dan spesifik (khusus), maka tes ini juga memiliki ragam/jenis yang sangat bervariasi, seperti SKB  Bidang Pendidikan (Seperti  Soal Tes SKB - TKB Guru Mata Pelajaran seperti Guru SMP SMA SMK, Soal Tes SKB - TKB Guru kelas seperti Guru SD dan TK), SKB Bidang Kesehatan (Misalnya SKB untuk Perawat, SKB untuk Bidang, dll), SKB Agama, SKB Hukum dan masih banyak lagi.

Apakah ada pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk guru mata pelajaran (Guru SMP SMA SMK)? Berdasarkan informasi yang admin terima bagi pelamar umum guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik pada sebagian PEMDA menyatakan tidak perlu SKB. Namun bagi Calon peserta seleksi CPNS guru yang belum memiliki sertifikat pendidik wajib mengikuti mengikuti SKB - TKB Guru mata Pelajaran untuk jenjang SLTA (SMA MA SMK Sederajat) atau SKB - TKB Guru Kelas Untuk jenjang TK dan SD)

Jadi Jika peserta Seleksi CPNS guru SMA SMA SMK yang belum memiliki sertifikat profesi harus mengikui SKB TKB Guru.  Maka berdasarkan prediksi  Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB – TKB) Guru Mata Pelajaran tidak akan jauh dari soal Uji Kompetensi Guru (UKG). Soal-soal SKB Guru mata pelajaran tentu tidak akan lepas dari 4 jenis kompetensi guru yang dipersyaratkan yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Jadi jang lupa Anda mempelajari Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran Tahun 2018 baik guru SMP SMA SMK atau sederjat

Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karena komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan seorang guru dalam mendisain program pembelajaran.

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada.

Kompetensi Kepribadian Kompetensi sosial berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Berikut ini Contoh Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran (Guru SMP SMA SMK  atau Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru Mata Pelajaran




Link Download Contoh Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru Mata Pelajaran ---disini---- 


Baca Juga !


Latihan SKB Guru IPA SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (Disini)
Latihan SKB Guru Matematika SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)
Latihan SKB Guru Bahasa Indonesia SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)
Latihan SKB Guru Bahasa Inggris SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)
Latihan SKB Guru IPS SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (disini)
Latihan SKB Guru PPKn SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (disini)
Latihan SKB Guru SENI BUDAYA SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (disini)

Latihan SKB Guru PENJAS - ORKES SMP / MTS Bidang Kompetensi Profesional (disini)
Latihan SKB Guru Bahasa Inggris SMA / SMK Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)
Latihan SKB Guru Bahasa Indonesia SMA / SMK Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)
Latihan SKB Guru Matematika SMA / SMK Bidang Kompetensi Profesional (DISINI)


Demikian informasi tentang Contoh Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru Mata Pelajaran (Guru SMP SMA SMK) atau Contoh Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru mata pelajaran. Terima kasih, semoga dapat membantu.




= Baca Juga =



31 comments:

  1. Jadi soal yang muncul saat SKB tidak materi soal yg berhubungan dgn proram studi yg kita ambil ya min? Misalnya saya lulusan pendidikan bhs inggris. Nah jadi soal yang akan muncul saat seleksi kompetensi bidang tidak berhubungan dgn grammar, stucture, dll. Mohon pencerahannya min... Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai bidang mapelnya. dan di tambah pula dengan ke admisitrasian, misalnya pengetahuan mengenai RPP dan penilaian Kurikulum 2013.

      Delete
  2. Rotasi layar (perbesar ) terus klik bagian kanan atas soal ( ad tanda panah). Maka akn mnju opsi download

    ReplyDelete
  3. Rotasi layar (perbesar ) terus klik bagian kanan atas soal ( ad tanda panah). Maka akn mnju opsi download

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak bs minta tolong kirimkan ke email sy??? Terimakasih.

      Delete
  4. Min, apakah mteri tes skb disesuaikn dgn loksi krja. Mis: lkasi krjad s smp mteri smp jg?

    ReplyDelete
  5. Kalo saya guru PAI berarti soal SKB materinya apa cara pembelajaran nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi (kompetensi profesional) dan cara pembelajaran (kompetensi pedagogik)

      Delete
    2. Materi PAI-nya disesuaikan dengan Jenjang yang dilamar, silahkan baca KI dan KD satuan pendidikan yang anda lamar

      Delete
    3. Wah nemu temen yg lg cari bahan buat SKB PAI jg saya,,,, :)

      Delete
  6. Kl dah lu2s tes untuk ikut ppg,,tgl ngu ppg untk dpt sertifikasi guru,,,p sudah bsa d agp tdk kut skb min,,,hehehe,,,ngarep.com

    ReplyDelete
  7. Kalo guru matematika tingkat smp berati soal skb nya materinya apa sj ya dan apakah sesuai dengan tingkat sekolah.

    ReplyDelete
  8. Kalau jabatan analis keuangan pusat dan daerah (AKPD) kira2 apa ya materi SKB nya?sesuai jobdisk yg di permenpan ato sesuai prodi yang dipersyaratkan.Kebetulan saya produk akuntansi.Apakah kira2 ada tentang akuntansi umum atau hanya akuntansi sektor publik?
    Makasih sekiranya berkenan menjawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai PERMENPAN, pak. Lihat penjelasan di laman twiiter bkn

      Delete
  9. Tidak bs didownload. Ada yg tau caranya?krn sy coba cara yg di atas itu tidak bs juga. Apabila sudah ada yg berhasil mendownload bisakah sy minta tolong kirimkan ke email saya??terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum tolong yg sdh bisa mendownload, kirim ke alamat email saya, semoga menjadi ladang pahala kelak di akhirat, jazakumullah khoiron

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum tolong yg sdh bisa mendownload, kirim ke alamat email saya, semoga menjadi ladang pahala kelak di akhirat, jazakumullah khoiron

    ReplyDelete
  12. Kalau bidang nya pendidikan matematika dan instansi yang saya ambil adalah SMP, materi SKB nya seputar materi untuk mengajar taraf SMP / SMA atau level materi S1?

    Soalnya tidak semua mata kuliah S1 dipakai untuk mengajar di SMP / SMA.

    ReplyDelete
  13. Download nya dimiringkan terus klik ikon dipojok atas

    ReplyDelete
  14. Terimakasi..
    Ini lumayan membantu untuk sekedar latihan.. 🙏

    ReplyDelete
  15. Min, bgaimana cara donload soal " trsbut.

    ReplyDelete
  16. Kalau untuk jurusan akuntansi kit ambil test bidang tenaga teknis lainnya, ada gak contoh soal dan pembahasannya, mohon pencerahan

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter