PEDOMAN REKRUTMEN PESERTA PROGRAM SERTIFIKASI KEAHLIAN GANDA GURU SMA/SMK ANGKATAN 2 TAHUN 2017

PROGRAM SERTIFIKASI KEAHLIAN GANDA TAHAP II UNTUK GURU SMA SMK TAHUN 2017

Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda) merupakan program prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan guru produktif di SMK. Guru adaptif, normatif, dan produktif di SMA dan SMK yang kelebihan guru diberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan kompetensi keahlian baru melalui pendidikan dan pelatihan di PPPPTK dan LPPPTK KPTK terkait sesuai bidang tugasnya

Program keahlian ganda tahap II, akan dibuka mulai tanggal 2-30 September 2017. Sistem Pendaftaran untuk Program Keahlian Ganda Tahap II, dilakukan melalui http://simpkb.id.

Pendaftaran guru untuk mengikuti program Keahlian Ganda melalui layanan SIM PKB, dimulai dari dasbor akun Kepala Sekolah yang menyediakan modul pengajuan. Modul tersebut tersedia bagi Kepala Sekolah yang telah tergabung dalam komunitas MKKS SMA atau SMK sesuai jenjang satuan pendidikan tempat bertugas, serta telah ditetapkan pula nama sekolah yang menjadi lokasi tugasnya.

Saat ini prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) sudah menerbitkan Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian Ganda Tahap II (2) Untuk Guru SMA SMK Angkatan 2 Tahun 2017 serta Panduan Singkat Registrasi Program Keahlian Ganda Angkatan 2 Tahun 2017. Pedoman rekrutmen ini disusun sebagai acuan bagi Ditjen GTK, Unit Pelaksana Teknis (UPT), Dinas Pendidikan Provinsi dan sekolah. Pedoman ini juga disiapkan untuk memberikan informasi kepada individu yang ditugaskan membantu terlaksananya program ini, mencakup proses rekrutmen peserta. Semua instansi dan individu yang terlibat dalam Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda) ini diharapkan mampu melaksanakan tugas dan perannya dengan baik sebagaimana tertuang dalam pedoman ini. Kami sangat berharap dan menghargai partisipasi semua pihak terkait dalam upaya peningkatan kualitas guru SMK di Indonesia yang akan bermuara pada peningkatan kualitas proses pembelajaran di dalam kelas

Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian Ganda Tahap II (2) Untuk Guru SMA SMK Angkatan 2 Tahun 2017



Berdasarkan Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian Ganda Tahap II (2) Untuk Guru SMA SMK Angkatan 2 Tahun 2017, Sasaran Peserta Program Sertifikasi Keahlian Dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMA/SMK tahun 2017 adalah  Guru yang mengikuti program Keahlian Ganda diutamakan yang mempunyai minat terhadap salah satu kompetensi pada program keahlian tertentu, pada kelompok kemaritiman, pertanian, pariwisata, dan industri kreatif, serta teknologi dan rekayasa dengan kondisi sebagai berikut:
1. Guru mengampu mata pelajaran adaptif di SMK yang tidak tercantum dalam kurikulum 2013, yaitu guru mata pelajaran IPA, IPS, Kewirausahaan, dan KKPI;
2. Guru mengampu mata pelajaran normatif di SMK yang berlebih yaituguru Matematika, PPKn, Penjas, dan Seni Budaya;
3. Guru SMA yang berlebih yaitu PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Antropologi, dan TIK.
4. Guru produktif SMK lebih yang berlebih (yang kekurangan jam mengajar) sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.
5. Guru produktif SMK yang paket/program keahlian yang diampunya tidak diselenggarakan lagi di sekolahnya.

Adapun Persyaratan Peserta berdasarkan Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian Dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) Angkatan 2
1. Memiliki NUPTK
2. Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1/D-4
3. Memiliki sertifikat pendidik
4. Guru tetap (PNS/Guru Tetap Yayasan), guru bukan PNS disekolah negeri harus memiliki SK Gubernur
5. Mengajar mata pelajaran :
a. linier dengan latar belakang pendidikan; atau
b. mengajar mapel sesuai dengan sertifikat pendidik; atau
c. mengajar mapel yang tidak linier dengan latar belakang pendidikan minimal 5 tahun
6. Usia maksimal 45 atau 50 tahun sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian (lihat poin  J. Latar Belakang Pendidikan Peserta).
7. Berbadan sehat: dibuktikan dengan surat keterangan dokter
8. Memiliki KIS/BPJS/Askes/asuransi kesehatan lainnya
9. Sanggup dan bersedia tidak mengikuti kegiatan lain selama menjadi peserta Program Keahlian Ganda
10. Bersedia menandatangani Pakta Integritas baik peserta dan pendamping
11. Tidak buta warna (untuk kompetensi keahlian tertentu)

Adapun Panduan Singkat Registrasi Program Keahlian Ganda Angkatan II Tahun 2017 dan Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) Angkatan 2 Tahun 2017, Pengajuan Peserta Oleh Kepala Sekolah. Pada dasbor akun Kepala Sekolah tersedia modul pengajuan. Modul tersebut tersedia bagi Kepala Sekolah yang telah tergabung dalam komunitas MKKS SMA atau SMK sesuai jenjang satuan pendidikan tempat bertugas, serta telah ditetapkan pula nama sekolah yang menjadi lokasi tugasnya. Langkah-langkah pengajuan program keahlian ganda oleh kepala sekolah melalui SIM PKB dapat dijelaskan sebagai berikut:

Panduan Singkat Registrasi Program Keahlian Ganda Angkatan II Tahun 2017


1. Kepala Sekolah melakukan login ke layanan SIM PKB (http://simpkb.id) dengan username(nomor peserta UKG) dan password masing-masing.
2. Pilih modul Prog. Keahlian Ganda yang terletak pada beranda SIM PKB
3. Untuk mulai mendaftarkan guru, pilih tombol Daftarkan Calon Peserta Baru
4. Pada laman Pendaftaran Calon Peserta Baru, pilih guru dari daftar kandidat yang telah disediakan. Untuk mengetahui lebih detil profil guru yang akan dipilih, pilih pada nama guru yang dimaksud dalam daftar yang tersedia.
5. Gunakan tombol 4untuk mengajukan guru sesuai pilihan, atau gunakan tombol 8 untuk mengajukan semua guru dalam daftar yang tersedia.
6. Pilih tombol LANJUT untuk menyelesaikan pemilihan calon peserta.
7. Pilih mata pelajaran yang akan diikuti berikut guru pendamping untuk setiap guru ayng diajukan.
8. Mapel yang tersedia untuk dipilih, sesuai daftar mata pelajaran yang menjadi sasaran program. Sedangkan daftar guru pendamping, didasarkan pada mata pelajaran yang sedang diajukan.
9. Pilih tombol LANJUT untuk menyelesaikan pengajuan mata pelajaran dan guru pendamping.
10. Periksa data guru, mata pelajaran, dan pendamping yang diajukan pada laman konfirmasi. Pilih tombol SIMPAN.
11. CETAK PAKTA INTEGRITAS PESERTA, untuk ditandatangani guru dan pendamping yang diajukan. Berkas ini nantinya dipindai dan diunggah pada tahap unggah dokumen. Pilih tombol TUTUP untuk menutup laman pengajuan.
12. Pada dasbor, akan dimunculkan riwayat pengajuan peserta yang memuat status masingmasing hingga saat ini. Untuk menyelesaikan pengajuan, dilakukan UNGGAH DOKUMEN untuk kebutuhan verifikasi data sesuai persyaratan program.
13. Pilih tombol LANJUT hingga ditunjukkan laman untuk mengunggah dokumen verifikasi sesuai yang tercantum. Pastikan file yang diunggah memiliki kapasitas diatas 100KB untuk memudahkan keterbacaan dokumen.
14. File yang sudah berhasil diunggah, akan muncul dalam bentuk tombol. Gunakan tombol X untuk membatalkan dan mengunggah dokumen yang baru.
15. Bila ada dokumen pendukung lain yang ditambahkan, dapat diunggah pada laman Unggah Dokumen Pendukung. Pilih tombol LANJUT hingga muncul laman konfirmasi data hasil unggahan.
16. Pada riwayat pengajuan, pilih tombol KIRIM AJUAN untuk menyampaikan pengajuan peserta tersebut ke Admin Dinas Propinsi untuk verifikasi persyaratan peserta Keahlian Ganda.
17. Bukti pengajuan dapat dicetak Kepala Sekolah melalui tombol CETAK TANDA BUKTI pada laman berikutnya.
18. Kepala Sekolah dapat memonitor capaian status pengajuan guru calon peserta baru pada riwayat pengajuan yang tersedia. Pengajuan peserta telah selesai dan terverifikasi jika semua indikator status ajuan telah hijau semua


Selengkapnya silahkan download Pedoman Rekrutmen Peserta Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) Angkatan 2 Tahun 2017 serta Panduan Singkat Registrasi Program Keahlian Ganda Angkatan 2 Tahun 2017 (DISINI)

===================================================






= Baca Juga =



27 comments:

  1. Terima kasih Pak atas infonya. Saya sebenarnya sangat mencintai sebagai guru PPKn, tetapi karena di SMK jumlah jam sngat terbatas saya akan mencoba mengikuti program alih fungsi guru SMA SMK menjadi guru SMK produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pada saat mengikuti guru alih fungsi, sy tidak melanjutkan program tersebut apakah ada sangsi dari pemerintah?

      Delete
    2. pada saat mengikuri guru alih saya berhenti, apakah ada sangsi dari pemerintah?

      Delete
  2. klo ada tanda batal mendaftar...pingin daftar gmn caranya pak

    ReplyDelete
  3. klo batal mendaftar,,pingin daftar lg gmn pak

    ReplyDelete
  4. kalau tidak dapat kode registrasi di GPO dan ingin mendapatkan gimana ya caranya?

    ReplyDelete
  5. klo satusnya batal mendaftar terus ingin daftar lagi gimana caranya pak ????

    ReplyDelete
  6. Saya sudah guru produktif teknik instalasi tenaga listrik, tetapi menjadi prioritas calon guru alih fungsi, bagaimana ini ?

    ReplyDelete
  7. sudah daftar, mau login lupa pasword dan email, gimana solusinya

    ReplyDelete
  8. saya lupa paword dan nama email dan udah daftar, gimana solosinya

    ReplyDelete
  9. gimana pak kalo batal daftar pengen daftar lagi

    ReplyDelete
  10. assssss embuuhhhhhh.............. madasng sik ben ra kalut

    ReplyDelete
  11. Saya sangat sayang dengan ilmu sy Fisika (IPA) SMK Teknologi dan Rekayasa namun jumlah jam kedepan terus berkurang sy nanti alih fungsi ke guru produktif. smg lancar

    ReplyDelete
  12. saya terlanjur klik batal mendaftar, kalau mau mendaftar lagi gmn caranya dan menghubungi siapa ya...... Tolong bapak/ibu yang bisa jawab tolong diberi infox. Trims

    ReplyDelete
  13. SAYA SUDAH MENDAFTAR NAMUN DISANA ADA KETENTUAN UMUR JADI SAYA DAFTAR AJA JIKA BISA SAYA IKUTI NAMUN JIKA TIDAK YA SAYA PASRAH SAJA

    ReplyDelete
  14. SAYA MENDAFTAR SAJA KARNA DIDLM DAFTAR GURU -GURU YG HARUS ALIHFUNGSI ADA, NAMUN SETELAH MENDAFTAR ADA KETERBATASAN UMUR, JD SAYA COBA SAJA JIKA BISA MASUK BAGUSLAH



    ReplyDelete
  15. Saya guru sertifikasi di SMA Mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); sementara ijazah S1 adalah pendidikan Fisika; Apakah saya perlu untuk alih fungsi ? Tq

    ReplyDelete
  16. Jurusan PAI boleh ikut program alih fungsi gak?

    Tante saya guru sertifikasi di SMA mapel PAI, tetapi blom prnh menerima tunjangan sertifikasi kr kurang jam

    ReplyDelete
  17. Saya belum sempat mendaftar kemarin, sekarang mau daftar lagi bisa gak? kapan buka pendaftaran lagi?? saya guru kimia SMK.

    ReplyDelete
  18. saya udah mendaftar, pilihan paketnya teknik kendaraan ringan, tapi kenapa didaftar peserta nya jadi mapel multi media?padahal di sekolah saya gak ada jurusan tkj mapel multimedia. gimana nih solusinya? pas mau recheck lagi keburu lupa usernamenya.

    ReplyDelete
  19. sy sdh daftar tp mau batal, gimana caranya????

    ReplyDelete
  20. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  21. Mohon maaf saya mau tanya, saya mahasiswa s2 pendidikan fisika semester akhir.saya ingin ikut program alih fungsi dgn minat teknologi dan rekayasa.saya ada pengalaman mengajar di smp selama 2 tahun.apakah saya bisa mengikuti program alih fungsi ini setelah lulus?sementara saya belum ada basic mengajar di smk.mohon pencerhannya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya program alih fungsi untuk saat ini dikhususkan bagi guru SMA dan SMK yang masih aktif. Utk guru SMP belum ada

      Delete
  22. assalamualaikum....mohon informasinya program alih fungsi kapan ya dibuka lagi./terimaksih

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum....mohon informasinya program alih fungsi kapan ya dibuka lagi./terimaksih

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter