JADWAL DAN PERSYARATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIS 2020/2021 (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2020/2021. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.


UPDATE JADWAL, PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN MAHASISWA STIS TA 2020/2021 (DISINI)

Baca Juga Contoh / Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua program studi: Program Studi Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2020/2021. Sebagai satu-satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah mengalami perubahan bentuk kelembagaan menjadi Politeknik Statistika STIS pada tahun 2017.  Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas untuk:
a. Program Stud, Statistika Program Diploma II 
b. Program Studi Statistika Program Diploma IV
c. Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV 

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/lnstansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

I. SISTEM SELEKSI
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun akademik 2020/2021 ikatan dinas dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
a. Tahap I : Tes Akademik (Matematika), menggunakan sistem Ujian Berbasis Komputer.
b. Tahap II : Seteksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
c. Tahap III : Psikotes.
d. TahaplV : TesKesehatandanKebugaran.
Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

II. PERSYARATAN IKATAN DINAS
Untuk dapat mengikuti proses seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum
1) Sehat jasmani dan rohani (dapat atau Iayak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (balk total maupun parsial) dan bebas narkoba;
2) lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2019/2020 kelas XII;
3) Nilai Matematika dan Bahasa lnggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
4) Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2020;
5) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Pohteknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
6) Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
7) Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
8) Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan rnengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
9) Setelah Pulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lernbaga/Instansi Iainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma Ill
Asal SMA/MA peserta dan Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang dibuktikan dengan salman ijazah/Rapor SMA/MA.

Ill. PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui Internet dan dapat dilakukan dan mana pun, dengan cara sebagai berikut:
a. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
b. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
c. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Pohteknik Statistika STIS dan melengkapi biodata din.
d. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
e. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS ( https://spmb.stis.ac.id ) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
f. Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran dan diminta untuk memvenifikasi email.
g. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
h. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
i. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
j. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

IV. BIAVA SELEKSI
Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan PP nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

V. JADWAL KEG IATAN
Jadwal  Pendafataran Penerimaan Mahasiswa baru PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2020 akan dilaksanakan mulai tanggal mulai tanggal 9 April - 30 April 2020 melalui laman http://sscasn.bkn.go.id

VI. LOKASI UJIAN
Lokasi ujian di 34 ibukota provinsi seluruh Indonesia.

VII. WEBSITE RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
a. Segala inforrnasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id)  dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official); Instagram: @polstatstis.
b. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. TeIp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotine PMB TeIp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)
c. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dllihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

VIII. LAIN-LAIN
a. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan .
b. Segala pertanyaan terkait seleksi PMB hanya dilayani rnelalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id
c. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
d. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
e. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi,, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
f. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar manapun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.

UPDATE JADWAL, PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN MAHASISWA STIS TA 2020/2021 (DISINI)

Download Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Demikian update informasi tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2020/2021, semoga bermanfaat. Terima kasih. 


================================


= Baca Juga =



77 comments:

  1. Kak mau nanya, raport gua mtknya 78 tapi predikat nya c gimana tuh? Sedangkan disitu syaratnya nilai minimal 70 atau b..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba daftar saja klu memang nilai mtk sdh di atas 70

      Delete
  2. Ka sya boleh minta id line atau sosmed lainnya nya saya mau tanya langsung saja soal STIS please kak:(,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senat Mahasiswa STIS https://id-id.facebook.com/sema.stis/

      Media Kampus STIS https://web.facebook.com/MKSTIS/?ref=py_c&_rdc=1&_rdr

      Delete
  3. Kak, bagaimana dengan mata minus? Berapa maksimal minusnya?

    ReplyDelete
  4. kak kalau berat badan apakah harus ideal ?

    ReplyDelete
  5. Kak, kalo lulusan smk jurusan TKJ masih ada kesempatan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau utuk STIS hanya utk lulusan SMA/MA. Tapi jangan kecewa di perguruan tertentu lulusan SMK juga bisa kuliah statistik

      Delete
  6. gimana kalau nilai rapor 70 cuma itu masih termasuk C.masih bisa daftar tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran STIS 2018/2019 belum dibuka, mengacu pada ketentuan 2017/2019 yang terpenting nilai rapor Matematika dan Bahasa Inggris kelas XII semester 1 minimal 70 (nggak masalah walau katagorinya C)

      Delete
  7. Kalo September nanti 22thn msh bisa daftar?

    ReplyDelete
  8. Untuk program Diploma IV diperuntukkan untuk IPA saja atau biasa untuk IPS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya stis hanya untuk program ipa

      Delete
    2. setau saya stis hanya untuk ipa

      Delete
    3. Jurusan IPS daftar tidak? Tpi regional nya bandug

      Delete
  9. Program Diploma IV itu untuk IPA saja, atau IPS juga bisa ?

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kalau smk bisa daftar gak kak?

    ReplyDelete
  12. Kalau tamatan smk bisa gak kak

    ReplyDelete
  13. Kak mau tanya jalur tugas belajar sama jalur ikatan dinas apa bedanya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas belajar untuk Pegawai (PNS) yang sudah bekerja, Ikatan dinas utk yang baru lulus SMA atau belum bekerja

      Delete
  14. kk, jika 1 oktober umurnya udah 22 tahun lebih beberapa bulan gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu lebih dari 22 th kemungkinannya gagal, lebih baik cari Perguruan tinggi lain

      Delete
  15. Kak apakah anak ips bisa daftar stis

    ReplyDelete
  16. Kak apakah anak ips bisa daftar stis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu di STIS nggak bisa, klu berminat di sekolah kedinasan coba yang lain saja.

      Delete
  17. kak, tes kesehatan kebugaran nya itu meliputi apa saja ya?

    ReplyDelete
  18. Kak tamatan 2015 masih bsa daftar?

    ReplyDelete
  19. Kak tamatan 2015 masih bsa daftar?

    ReplyDelete
  20. Kak jadwal stis yang terbaru dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diupdate, silahkan di baca. Terima kasih

      Delete
  21. kak waktu pengerjaan tahap 1 berapa lama?
    sistem penilaiannya gimana?

    ReplyDelete
  22. maaf kak,apakah lulusan 2016/2107 dapat mendaftar?

    ReplyDelete
  23. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  24. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  25. Kak, tes kesehatan meliputi apa aja ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  26. Kak, mau nanya, kalau lolos, kita kuliah dimana kak? Didaerah mana?

    ReplyDelete
  27. Apabila foto yg tertera hanya foto formal dengan tidak menunjukkan ktp dan kartu akun, apakah tidak apa apa?

    ReplyDelete
  28. Ka mau nanya nih, tes bahasa inggris ny kapan ya? Bukan ny biasa ny tes bhasa inggris sekaligus sama tes matematika?

    ReplyDelete
  29. Ka mau nanya nih, tes bhasa inggris ny kapan yaa ka? Bukan ny biasa ny tes bhasa inggris sekaligus tes matematika?

    ReplyDelete
  30. Ka, biasa ny ada ujian bahasa inggris kan kak? Ujian bahasa inggris ny kapan kak? Soal ny kmren2 ujian bahasa inggris ny barengan ujian matematika.

    ReplyDelete
  31. Kak tpa( matematika) matdas kah ka atau tpa numerikal?

    ReplyDelete
  32. kalau alamat tes di jakarta itu dimana ya??

    ReplyDelete
  33. pak jadwal tes tahap 1 di jakarta tanggal berapa? disitu keteranganya masih tentatif per provinsi

    ReplyDelete
  34. Kak kalau wilayah nya di medan ujian nya berlansung dimana. ..?

    ReplyDelete
  35. Pak untuk mengetahui lokasi ujian di setiap daerah bisa dilihat dimana ya ?
    Jika ada penerbitan pengumuman secara online mohon di bagi linknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu dan Lokasi Ujian akan diumumkan di website www.stis.ac.id H-7 sebelum ujian

      Delete
  36. kak tahapan tes nya kan beda sm yg kmaren, apakah tahun depan jg ada perbedaan?

    ReplyDelete
  37. Kak.. apakah angkatan yang sdh lulus tahun ini tidak bisa lagi ikut mendaftar tahun depan?

    ReplyDelete
  38. Kak, tolong informasinya dong.. kalau lulusan analis kimia (smakbo) bisa daftar (utk tahun depan) sy sangat berharap lulusan analis kimia jg bisa dafta. Mahon infonya kak

    ReplyDelete
  39. kak, smk jurusan tkj nggak bisa yah daftar. pdhl kan komputasi statistik itu agak berhubungan dengan komputer.

    ReplyDelete
  40. Untuk lulusan tahun 2018, dan ingin mendaftar di tahun 2019 apakah tetap memakai nilai raport? Atau berpacu juga terhadap nilai un?

    ReplyDelete
  41. Tinggi badan nya harus berapa ya ?

    ReplyDelete
  42. Kak, tahap 1 nya hanya matematika saja kan? Trus, untuk penempatan tugas yg d4 nanti diseluruh wilayah indonesia termasuk wilayah papua, kalimantan,sulawesi dll. Atau wilayah
    tersebut hanya khusus untuk d3 mohon
    Infonya kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah timur

      Delete
  43. makasih infonya, kapan untuk pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020

    ReplyDelete
  44. kak...kuliah di stis gak ada bullying dari kakak kelas kan?

    ReplyDelete
  45. Mohon izin tanya tinggi badan minimal berapa ?

    ReplyDelete
  46. Mohon izin tanya persyaratan tinggi badan nya minimal berapa?

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum kak mau tanya saya kan udah daftar dan udah bayar tapi kenapa belum terverifikasi yah? Tera kasih

    ReplyDelete
  48. Kak untuk lulusan 2018 persyaratan nilai raport kelas 12 smt 1 minimal 7 masih berlaku kak?

    ReplyDelete
  49. Kak jika pada saat pertanyaan mengenai utbk nya tertekan tidak, itu gmna ya kak?

    ReplyDelete
  50. Kak, jika pda saat di tnya mengenai utbk nya tertekan tidak, itu gmna ya kak? Ap kita msih bisa ikut ujiannya tu kak?

    ReplyDelete
  51. Kak, jika pada saat ditnya mengenai utbk nya tertekan tidak, itu gmna ya kak, ap kita tdk bisa ikut ujiannya kak?

    ReplyDelete
  52. Kak, jika pda saat ditnya mengenai utbknya tertekan tidak, itu gmna ya kak, ap kita nggk bisa ikut ujianny kak?

    ReplyDelete
  53. Kak saya mau nanya,ujian tahap 1 itu cuma tes akademik mtk aja atau bahasa Inggris nya juga? tolong kak di jawab soalnya penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes tahap 1 berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yakni soal Tes wawasan kebangsaan, soal Intelegensi Umum dan Soal Tes Kepribadian. Lebih jelasnya baca Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penerimaan Mahasiswa dan Taruna Sekolah Kedinasan Tahun 2019

      Delete
    2. Maaf ya kak saya nanya lagi 😅
      Menurut informasi di atas SKD itu di tahap kedua kak.
      Dan tahap 1 itu di tulis (tes akademik matematika) jadi kak apakah di tahap 1 itu cuma tes matematika saja atau ada juga tes lain seperti bahasa Inggris dan lain-lain,jadi kak mohon di jawab dan diluruskan pendapat saya ini jika saya salah.

      Delete
    3. Terima kasih banyak RISKI. Klu tahun lalu ada tes Bahasa Inggris dan Matematika

      Delete
  54. kak kok sy udah daftar pembuatan akunnya, tp sy belum dapat pass atau pin untuk login ya
    maaf tolong di perjelasan kan kak
    terimakasih

    ReplyDelete
  55. Kak.... Tahap 1 suruh bawa berkas apa saja... Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah program ini berlaku KKN....Kalau berlaku cape capein saja... karena sy baru ikut pendaftaran di AU ternyata yg diterima adalah yg mempunyai orang dalam....yg giginya tdk bagus, yg tingginya kurang , malah terpilih

      Delete
  56. Untuk tes kesehatan STIS
    klo ad penyakit kulit kutil d kaki ngaruh di penilaian ngk kak?

    ReplyDelete
  57. Lulusan ijasah paket c 2020 keterima di stis ga

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter