JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2022 (1443 H) SELURUH KOTA DI INDONESIA

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) seluruh Kota di Indonesia


Pada posting kali ini, admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) seluruh Kota di Indonesia, diantaranya Banda Aceh, Lhokseumawe, Subulussalam, Sabang, Langsa, Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Batam, Tanjung Pinang, Bengkulu, Jambi, Pangkal Pinang, Pekanbaru (Riau)Khusus untuk wilayah Jawa, admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) DKI Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Pandeglang, Cilegon, Bandung, Bogor, Depok, Cirebon, Bekasi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Untuk wilyah Kalimantan admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Bulungan, Selor.

Untuk wilyah Bali dan Nusa Tenggara admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Denpasar, Bima, Mataram, Kupang, Kendari. Sedangkan untuk wilyah Sulawesi admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Manado, Donggala, Makasar, Mamuju, Gorontalo, Ambon, Ternate. Sedangkan untuk wilayah Papua, admin menyajikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 (1443 H) Manokwari, Mimika, Sorong, dan Jayapura (Papua).

Sebelum admin sajikan link download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) seluruh Kota Kabupaten di Indonesia. Berikut ini sedikit penjelasan tentang makna Imsak atau Imsakiyah. Istilah Imsak atau Imsakiyah berlaku baik saat menjalankan puasa wajib seperti puasa Ramadhan maupun saat menjalan puasa sunah seperti puasa senin dan kamis. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak atau imsakiyah adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Dalam jadwal shalat biasanya tercantum waktu imsak, dalam pengertian ini imsak atau imsakiyah adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian Imsak di sini mengandung arti peringatan atau kehatian-hatian.

Ketentuan waktu imsak atau imsakiyah sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk  membaca 50 ayat.’”

Di dalam Al-Quran dan Sunnah menerangkan bahwa batasan akhir waktu sahur adalah ketika terbitnya fajar shadiq atau ketika masuk waktu shalat Subuh. Berikut adalah beberapa dalil yang menerangkannya : “Makan dan minumlah kalian hingga terang bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” [QS Al Baqarah: 187]

Berdasarkan ayat tersebut jelas disimpulkan bahwa batasan makan sahur adalah setelah masuknya waktu Shalat Subuh. Selain itu, dalam Hadits Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Bilal mengumandangkan azan (pertama) di waktu malam. Maka makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan azan (kedua).” [HR Al Bukhari (617) dan Muslim (1092)]. Hadist tersebut menerangkan bahwa makan sahur boleh dilakukan sepanjang azan kedua atau azan Subuh belum dikumandangkan. Apabila azan Subuh sudah dikumandangkan maka berarti waktu sahur telah selesai. 

Jadi Jadwal Imsakiyah Ramadhan sesungguhnya merupakan bentuk kehati-hatian para ulama dalam menentukan waktu yang maslahah bagi umat muslim di Indonesia. Dapat dibayangkan bila para ulama kita tidak menetapkan waktu imsak. Seorang yang sedang menikmati makan sahurnya, karena tidak tahu jam berapa waktu subuh tiba, dia akan kebingungan saat tiba-tiba terdengar kumandang adzan subuh sementara di mulutnya masih ada makanan yang siap ditelan. Maka dari itu, sudah tepatlah waktu imsak tersebut menjadi patokan untuk berhenti melakukan aktivitas makan dan minum sebagai bentuk kehati-hatian. Hal ini juga sejalan dengan sebagaimana kaidah yang disampaikan oleh Syeikh Ali As-Shabuni, seorang Mufassir asal Suriah yang menyatakan: “Perkara-perkara ibadah seyogyanya mengandung kehati-hatian.” 

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhoari R.A. dari Zaid binTsabit diterangkan bahwa ia bersama Rasulullah SAW melaksanakan sahur, kemudian Rasulullah SAW berdiri untuk melakukan salat. Isi haditsnya menyatakan: “Telah bercerita kepada kami Muslim bin Ibrahim, telah bercerita kepada kami Hisyam, telah bercerita kepada kami Qatadah, dari Anas, dari Zaid bin Tsabit R.A. ia berkata Kami sahur bersama Nabi SAW kemudian Nabi berdiri melaksanakan shalat. Aku bertanya: “Berapa waktu antara adzan dan sahur (saat itu) ?” Ia menjawab: kira-kira bacaan 50 ayat (Al-qur’an).” 

Imam Syafii, sebagaimana dalam kitab Al Umm, berkata: “Aku senang (menilai mustahab) pelan-pelan/tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan sahur, selagi tidak sampai pada waktu yang mendekati waktu yang dikhawatirkan terbitnya fajar, aku senang menghentikan sahur pada saat waktu tersebut” 

Selain itu, seorang mufti Mesir bernama Syaikh Hasanain Muhammad Makhluf dengan fatwanya menyikapi hadits dari Zaid bin Tsabit tersebut dengan fatwa sebagai berikut: “Dari hadits tersebut, diketahui bahwa imsak tidak wajib kecuali sebelum terbitnya fajar, dan bahwasanya yang mustahab (sunnah) hendaknya dilakukan antara sahur dan terbitnya fajar kira-kira 50 ayat, dan itu dikira-kirakan 10 menit.” 

Semua itu menunjukkan bahwa Jadwal Imsak / Imsakiyah Ramadhan merupakan bentuk kehati-hatian, lebih baiknya kita sudah berhenti makan minum ketika Jadwal Imsak sudah tiba, sehingga kita tidak tergesa-gesa saat makan sahur.  

Puasa menurut bahasa berarti menahan diri dari melakukan sesuatu perbuatan. Sedangkan menurut istilah puasa adalah menahan diri dari segala sesuatau yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu. Puasa terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib ada tiga yaitu puasa ramadhan, puasa nazar dan puasa kifarat.

Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadhan selama satu bulan. Hukumnya fardu ‘ain bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh dan berakal). Sebagaimana firman Allah swt yang artinya:   Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu Mengetahui.(Al-Baqoroh; 183-184) 

Puasa berdasarkan kepada ayat diatas diwajib sejak ummat sebelum nabi Muhammad saw, hanya saja aturannya yang berbeda. Tujuan puasa adalah agar menjadi orang yang bertaqwa. Sedangkan hikam puasa antara lain merasakan penderitaan orang miskin yang serba kekurangan, sehingga timbul dalam dirinya perasaan ingin menyantuni serta dapat menahan hawa nafsu, sehingga dapat mencegahnya dari perbuatan yang tercela.

Adapun syarat wajib puasa adalah 1) Islam, 2) Baligh, 3) Berakal, dan 4) Kuat berpuasa (orang sakit dan lanjut usia tidak wajib berpuasa).  Syarat sah puasa adalah 1) Islam, 2) Mumayyiz (dapat embedakan yang baik dan buruk, dan 3) Suci dari haid dan nifas (keduanya wajib mengkodho, selama hari yang ditinggalkannya). Sedangkan Rukun puasa adalah 1) Niat (diucapkan pada malam harinya), 2) Menahan diri dari yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari

Berikut ini beberapa hal yang membatalkan puasa, yakni : Makan dan minum dengan sengaja, Muntah dengan sengaja, Melakukan hubungan suami istri pada siang hari (larangan ini harus digantinya dengan membayar kifarat yaitu berpuasa selam dua bulan berturut-turut), Haid/nifas, dan Gila.

Sedangkan Orang yang boleh berbuka puasa Ramadhan adalah 1) Orang yang sakit dan punya harapan untuk sembuh, 2) Orang yang bepergian jauh, 3) Orang yang lemah atau lanjut usia termasuk penyakit menahun, 4) Orang yang hamil atau menyussui, dengan ketentuan:Takut akan menjadi mudharat bagi atas anaknya, baik takut keguguran maupun takut kekurangan air susunya, maka baginya diwajibkan mengqodho dan membayar fidyah. Kalau Takut akan menjadi mudharat baginya dan anaknya, maka wajib mengqodha saja.

Untuk Anda yang akan mendownload Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2022 M atau 1443 H.  Berikut ini link download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2022 atau 1443 H untuk Seluruh Kota di Indonesia Versi Kemenag. Apabila ada Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Kabupaten / Kota Tahun 2022 (1443 H) yang belum ditampilkan atau diprint, silahkan cetak sendiri. Adapun Cara cetak Jadwal Imsakiyah Kabupaten / Kota Tahun 2022 (1443 H) Versi Sihat Kemenag untuk seluruh Indonesia dapat dibaca pada penjelasan yang ada di akhir posting ini. 

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lainnya di seluruh Indonesia, baik versi Muhamadiyah mau[un Versi Sihat Kemenag. Sepertinya untuk tahun ini ada perbedaan Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah dan Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Versi Sihat Kemenag.

Sebagaimana dirilis dalam laman suara muhammadiyah, Untuk Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah, waktu subuh dan imsak dalam jadwal imsakiyah tahun ini dihitung sesuai dengan kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 tahun 2020. Yaitu awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat. Oleh karena itu waktu imsak dan subuh dalam jadwal imsakiyah Muhammadiyah tahun ini kemungkinan ada perbedaan dengan jadwal imsakiyah yang dihisab lembaga lain yang masih mematok awal waktu subuh dalam ketinggian minus 20 derajat. Perbedaan awal waktu subuh itu sekitar delapan menit.

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Muhammadiyah.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lain di Indonesia



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta Versi Sihat Kemenag

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2022 (1443 H) Kota Jakarta dan Kota Lain di Indonesia


Berikut ini Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah dan Versi Sihat Kemenag untuk beberapa kota besar di Indonesia.


Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Banda Aceh (Aceh) imsakiyah BANDA ACEH

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah  Banda Aceh (Aceh) imsakiyah  BANDA ACEH

Jadwal imsakiyah Ramadhan tahun 2022 (1443 H) untuk Seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi Aceh (NAD) versi Badan Hisab dan Rukyat Kanwil Kementerian Agama (Kemanag) Provinsi Aceh (disini)

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Medan (Sumatera Utara)  imsakiyah MEDAN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Medan (Sumatera Utara) imsakiyah Medan

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Padang (Sumatra Barat) imsakiyah PADANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Padang (Sumatra Barat) imsakiyah PADANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Pekanbaru (Riau) imsakiyah PEKANBARU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Pekanbaru (Riau) imsakiyah PEKANBARU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Jambi imsakiyah JAMBI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemanag untuk wilayah Jambi imsakiyah JAMBI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah untuk wilayah Palembang (Sumatra Selatan) imsakiyah PALEMBANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Palembang (Sumatra Selatan) imsakiyah PALEMBANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Bengkulu imsakiyah BENGKULU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Bengkulu imsakiyah BENGKULU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Bandar Lampung (Lampung) imsakiyah BANDARLAMPUNG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah BandarLampung (Lampung) imsakiyah BANDAR LAMPUNG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kepulauan Pangkalpinang (Bangka Belitung) imsakiyahPANGKAL-PINANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kepulauan Pangkalpinang (Bangka Belitung) imsakiyahPANGKAL-PINANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kepulauan Tanjungpinang (Kepulauan Riau) imsakiyahTANJUNG-PINANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kepulauan Tanjungpinang (Kepulauan Riau) imsakiyahTANJUNG-PINANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhamadiyah Kota Jakarta imsakiyah Kota Jakarta - Imsakiyah kota Jakarta

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag Kota Jakarta imsakiyah Kota Jakarta - Imsakiyah kota Jakarta

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Kota Serang (Banten) imsakiyah SERANG-BANTEN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Kota Serang (Banten) imsakiyah SERANG-BANTEN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk PANDEGLANG (Banten) imsakiyah PANDEGLANG-BANTEN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Bandung (Jawa Barat) imsakiyah BANDUNG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Bandung (Jawa Barat) imsakiyah BANDUNG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Semarang (Jawa Tengah) imsakiyah SEMARANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Semarang (Jawa Tengah) imsakiyah SEMARANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Yogyakarta (DIY) imsakiyah YOGYAKARTA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Yogyakarta (DIY) imsakiyah YOGYAKARTA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Surabaya (Jawa Timur)  imsakiyah SURABAYA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Surabaya (Jawa Timur) imsakiyah SURABAYA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Denpasar (Bali) imsakiyah DENPASAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Denpasar (Bali) imsakiyah DENPASAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Nusa Tenggara Barat – Mataram imsakiyah  MATARAM

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mataram (Nusa Tenggara Barat)  imsakiyah MATARAM

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kupang (Nusa Tenggara Timur) imsakiyah KUPANG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kupang (Nusa Tenggara Timur) imsakiyah KUPANG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Pontianak (Kalimantan Barat) - imsakiyah PONTIANAK

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Pontianak (Kalimantan Barat) - imsakiyah PONTIANAK

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Palangka Raya (Kalimantan Tengah)  imsakiyah PALANGKARAYA

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Palangka Raya (Kalimantan Tengah)  imsakiyah PALANGKARAYA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk Banjarmasin (Kalimantan Selatan)  imsakiyah BANJARMASIN

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk Banjarmasin (Kalimantan Selatan)  imsakiyah  BANJARMASIN

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Samarinda (Kalimantan Timur)  imsakiyah SAMARINDA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Samarinda (Kalimantan Timur)  imsakiyah SAMARINDA

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Tanjung Selor (Kalimantan Utara)  imsakiyah TANJUNGSELOR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Tanjung Selor (Kalimantan Utara)  imsakiyah TANJUNGSELOR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Manado (Sulawesi Utara)  imsakiyah MANADO

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Manado (Sulawesi Utara)  imsakiyah 1MANADO

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Sulawesi Tengah – Palu imsakiyah PALU

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Sulawesi Tengah – Palu imsakiyah PALU

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Makassar (Sulawesi Selatan)  imsakiyah MAKASSAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Makassar (Sulawesi Selatan)  imsakiyah MAKASSAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Kendari (Sulawesi Tenggara)  imsakiyah KENDARI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Kendari (Sulawesi Tenggara)  imsakiyah KENDARI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Gorontalo imsakiyah GORONTALO

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Gorontalo imsakiyah GORONTALO

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Mamuju (Sulawesi Barat) imsakiyah  MAMUJU SULBAR

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mamuju (Sulawesi Barat) imsakiyah  MAMUJU SULBAR

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Ambon (Maluku) imsakiyah AMBON

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Ambon (Maluku) imsakiyah AMBON

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Ternate  (Maluku Utara) imsakiyah TERNATE

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2021 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Ternate  (Maluku Utara) imsakiyah TERNATE

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Manokwari (Papua Barat)  imsakiyah MANOKWARI

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Manokwari (Papua Barat)  imsakiyah  MANOKWARI

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Mimika (Papua)  imsakiyah MIMIKA-PATENG

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Mimika (Papua)  imsakiyah MIMIKA-PATENG

 

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Muhammadiyah untuk wilayah Jayapura (Papua)– imsakiyah JAYAPURA

Jadwal  Imsakiyah Ramadhan Tahun 2022 Versi Sihat Kemenag untuk wilayah Jayapura (Papua)– imsakiyah JAYAPURA

 

Demikian informasi Tentang Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2022 (1443 H) untuk beberapa Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia. Demikian sharre tentang  jadwal Imsak atau Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2022 / 1443 H format Pdf. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin




= Baca Juga =



26 comments:

  1. Kata kunci yg bervariasi sesuai pencarian kayaknya bener2 mendukung seo pageOne di search google...

    ReplyDelete
  2. Biasanya kami juga pakai jadwal imsakiyah romadhon dan jadwal sholat dari website sihat kemenag itu. Sudah cukup bagus dan akurat..

    Jadwal sholat kami pakai untuk produk jadwal sholat digital. Produknya bisa dicheck di www.timersholat.com

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 (1440 H) Infonya sangat bermanfaat, terlebih lagi dalam posting Jadwal Imsakiyah ini Bapak telah menyertakan Cara membuat atau Prin Out Jadwal Imsakiyah Ramadhan dari website resmi yakni sihat kemenag.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 (1440 H) Infonya sangat bermanfaat, terlebih lagi dalam posting Jadwal Imsakiyah ini Bapak telah menyertakan Cara membuat atau Prin Out Jadwal Imsakiyah Ramadhan dari website resmi yakni sihat kemenag.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 (1440 H) yang super lengkap. jazakumullah khairan katsiran. amin ya robbal alamin.

    ReplyDelete
  6. Makasih, sudah di upload Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 untuk Kota Yogyakarta, kapan mau mampir ke Yogya, udah kengen saat kita kuliah bersama

    ReplyDelete
  7. Terima kasih telah menyediakan Jadwal Imsakiyah Ramadahan 2019 untuk Kota Jakarta . Kalau bisa tolong diupload pula Program Kerja Pesantren Ramadhan dan buku siswa untuk kegiatan Ramadahan 1440 H ini.

    ReplyDelete
  8. Makasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 . Mohon izin untuk download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Bandung.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 / 1440 H. Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H/2019 M versi Kementerian Agama serta membagi Cara membuat Jadwal Imsakiyah Ramadhan melalui laman sihat kemenag, Marhaban yaa Ramadhan.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih telah berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H/2019 M versi Kementerian Agama serta membagi Cara membuat Jadwal Imsakiyah Ramadhan melalui laman sihat kemenag, Marhaban yaa Ramadhan.

    ReplyDelete
  12. Ini blog unik sekali, segala kata kunci bisa masuk search engine termasuk jadwal imsakiyah ramadahan 2019 ini padahal konten pokoknya blog pendidikan. Salut, good job.

    ReplyDelete
  13. Ini blog unik sekali, segala kata kunci bisa masuk search engine termasuk jadwal imsakiyah ramadahan 2019 ini padahal konten pokoknya blog pendidikan. Salut, good job.

    ReplyDelete
  14. Mantap nian bro, makasih telah berbagi Jadwal imsakiyah Ramadhan.

    ReplyDelete
  15. Mantap gan telah berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 / 1440 H , numpang nitip pesan buat rekan-rekan seangkatan tuk mengucapakan Marhaban Ya Ramadhan, Mohon maaf Lahir batin. Mudah-mudahan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keiklasan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Sehingga saat akhir Ramadhan, kita bisa mendapatkan makna idul fitri yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  16. Untuk jadwal imsakiyah kemenag Kabupaten Malinau belum / tdk terdaftar ya ?

    ReplyDelete
  17. Untuk jadwal imsakiyah kemenag sumedang

    ReplyDelete
  18. Makasih ya, Jadwal Imsakiyah Tahun 2019 ini cukup membantu saya dalam menjalankan puasa ramadhan 2019

    ReplyDelete
  19. Terima kasih telah diupdate Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, ini tentunya sangat membantu dalam mempersiapkan diri menghadapi Ramadhan tahun 2020 yang sebentarlagi akan datang. Mudah-mudahan kita sampai di bulan yang penuh berkah ini. Dan mudah-mudahan saat datangnya Ramadhan 2020 ini, virus corona sudah hilang dan tidak menghantui masyarakat lagi. Amiin

    ReplyDelete
  20. Saya juga ikut mengucapkan terima kasih telah diupdate Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, mari kita berdoa: “Wahai makhluk Allah yg bernama covid 19.... Jika engkau tentara Allah yg dikirim untuk memberantas kesombongan manusia dimuka bumi... Segerakan lah tugas mu....
    Izinkan lah kami bisa menghirup udara Ramadhan yg syahdu....
    Izinnkan kami, Menemui bulan penuh ampunan Dari Robb semesta alam...
    Wahai makhluk nano berukuran 150 nanometer yg mampu menggemparkan dunia...
    Ukuran kecilmu menjadi bukti kuasa Pencipta Nya........
    Covid19 pulanglah ke tempat mu dengan tenang sebelum Ramadhan.........
    Covid19 pulanglah ke tempat mu dengan tenang sebelum Ramadhan ...........
    Covid19 pulanglah ke tempat mu dengan tenang sebelum Ramadhan.....Aamiin Ya Allooh yaa Robby.
    Kami ingin Puasa Ramadhan seperti biasa....
    Kami ingin Tarawih Ramadhan seperti biasa,
    Kami ingin Umrah berjalan seperti biasa.
    Kami ingin Haji berjalan seperti biasa.
    Aamiin Ya Mujiibassaailiin

    ReplyDelete
  21. Betul Jadwal Imsakiyah itu, sebagai tanda mulai berhenti sahur. Kalau mulai puasa, ya sejak waktu subuh hingga magrib. https://ramadhanilmi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. Betul Jadwal Imsakiyah itu, sebagai tanda mulai berhenti sahur. Kalau mulai puasa, ya sejak waktu subuh hingga magrib. https://ramadhanilmi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter