===========================================

INFORMASI LOMBA-LOMBA KESISWAAN JENJANG SMP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Saturday, January 6, 2018

Lomba-Lomba Kesiswaan Jenjang SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional 
Berikut ini Informasi Lomba-Lomba Kesiswaan (Siswa) Jenjang SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yang dapat dijadikan acuan pelaksanaan Kegiatan Lomba-lomba siswa tingkat SMP di daerah (kabupaten/kota). Informasi ini bersumber dari laman  http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Ruang-ruang kreativitas para siswa hadir dimana saja dan kapan saja. Sekolah sebagai wahana pembentukan bakat dan minat siswa harus menjadi tempat yang menyenangkan untuk tumbuh kembangnya bakat dan minat siswa.


==================================




==================================

Menyadari bakat dan minat siswa yang beragam, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan ragam lomba-lomba SMP Tingkat Nasional. Lomba-lomba ini diharapkan dapat mewadahi aneka bakat dan minat peserta didik sehingga mampu mengangkat potensi yang dimiliki oleh para siswa.

Kegiatan lomba-lomba SMP Tingkat Nasional juga sebagai upaya pemerintah untuk menanamkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Diharapkan nilai nasionalis, religius, integritas, mandiri, gotong royong mampu terinternalisasi di diri siswa. Lomba-lomba ini selain menguji potensi, juga menjadi sarana untuk mengukuhkan semangat kebersamaan dalam Bhinneka Tunggal Ika yang ada di negeri Indonesia.

Ada pun ragam lomba-lomba Siswa SMP Tingkat Nasional tahun 2018 sebagai berikut:

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018
Olimpiade Sains Nasional merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk melahirkan generasi yang memiliki keunggulan dalam bidang sains dan teknologi. Terdapat 3 bidang yang diperlombakan di OSN yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Matematika. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk memilah dan memilih peserta OSN. Untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional akan dihelat pada 24-30 Juni 2018.

2. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2018

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk melahirkan generasi yang memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya. Terdapat 5 cabang yang diperlombakan yakni Musik Tradisional, Seni Tari, Nyanyi Solo, Gitar Solo, dan Desain Poster. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menentukan siapa yang berhak berlaga di tingkat nasional. Untuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional akan diselenggarakan pada 26 Agustus-1 September 2018.

3. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2018
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional merupakan ajang unjuk gigi bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di ranah olahraga. Terdapat 5 cabang yang diperlombakan yakni Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Karate, dan Pencak Silat. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menentukan siapa yang berhak berlaga di tingkat nasional. Untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional akan dihelat pada 16-22 September 2018.

4. Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Tahun 2018
Rasa ingin tahu merupakan kunci dari ilmu pengetahuan. Di samping itu ketekunan dan kejujuran dibutuhkan dalam melakukan penelitian. Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) memperlombakan 3 bidang yakni IPA dan Lingkungan; IPS, Kemanusiaan, dan Seni; Ilmu Teknologi dan Rekayasa. Untuk Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI), naskah penelitian menjadi metode untuk menyeleksi siapa yang berhak mengikuti event ini. Untuk Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) akan diselenggarakan pada 22-28 Juli 2018.

5. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP Tahun 2018
Tekad Indonesia ke pentas dunia bisa jadi langkahnya dipupuk melalui Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP (Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP). Seperti diketahui PSSI telah memancang target untuk mencapai semifinal Piala Dunia sebelum tahun 2045. Generasi emas sepak bola Indonesia tentu harus melalui pengelolaan dan pembinaan semenjak usia dini. Dan Gala Siswa SMP merupakan buah kerja sama dari Direktorat Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud dengan PSSI dan KONI.

Ada pun tahapan dari Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP yakni pre registrasi jadwal pelaksanaan kecamatan pada tanggal 1-28 Februari 2018. Kompetisi tingkat kecamatan pada tanggal 1-14 Maret 2018. Pre registrasi jadwal pelaksanaan kabupaten/kota pada 15-22 Maret 2018. Kompetisi tingkat kabupaten/kota pada 23 Maret-14 Agustus 2018. Pre registrasi jadwal pelaksanaan provinsi pada 23 Maret-14 Agustus 2018. Kompetisi tingkat provinsi pada 1-14 September 2018. Kompetisi tingkat nasional pada 10-16 Oktober 2018. Ada pun Juara I Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP akan mengikuti kejuaraan internasional yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018.

6. Lomba Literasi Tahun 2018

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara berkala untuk pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran dimulai. Pembiasaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui gerakan literasi sekolah.

Sebagai wujud nyata membentuk generasi literat, dihelatlah Lomba Literasi yang terdiri dari 4 cabang yakni Baca Puisi, Cipta Cerpen, Story Telling, Debat Bahasa Indonesia. Lomba Literasi akan dihelat pada 27-31 Oktober 2018.

Demikian informasi Lomba-lomba Kesiswaan (Siswa) Jenjang SMP Tingkat Nasional tahun 2018. (2019)







= Baca Juga =



Blog, Updated at: 4:47:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

------------------------------------------

Popular Posts

------------------------------------------

CB