MODUL PELATIHAN KURIKULUM 2013 GURU BK SMP / MTS

 Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling – BK SMP/MTS 2018 2019 2020

Unduh – download Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP /MTS 2018/2019. Tindak lanjut kebijakan kurikulum 2013 adalah Implementasi di seluruh satuan pendidikan yang harus sudah dilaksanakan secara masif di seluruh propinsi dan kabupaten/kota. Guru sebagai ujung tombak suksesnya implementasi kurikulum perlu diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk pelatihan. Pelatihan dalam rangka implementasi kurikulum akan diikuti oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling atau konselor.

Guna membekali guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam memahami dan melaksanakan kurikulum 2013, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan materi pelatihan dalam bentuk Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru bagi Bimbingan dan Konseling (BK) SMP / MTS yang akan digunakan oleh para peserta dalam mengikuti program pelatihan dimaksud. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling SMP yang disusun berjumlah 5 (lima) bab, masing-masing masing-masing terdiri atas:
BAB I Karakteristik Perkembangan Peserta Didik,
BAB II       Program Bimbingan dan Konseling
BAB III      Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
BAB IV       Praktik Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling
BAB V        Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut

Sebagaimana peruntukkannya, materi dalam Modul Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP / MTS, dimaksudkan agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta pelatihan. Beberapa karakteristik yang khas dari materi pelatihan berbentuk modul tersebut, yaitu: (1) lengkap (self-contained), artinya, seluruh materi yang diperlukan peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi dasar tersedia secara memadai; (2) dapat menjelaskan dirinya sendiri (self-explanatory), maksudnya, penjelasan dalam paket bahan pelatihan memungkinkan peserta untuk dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta pelatihan (self-instructional material), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta pelatihan untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Diharapkan dengan tersusunnya materi Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP / MTS ini dapat dijadikan referensi bagi peserta yang mengikuti program pelatihan implementasi kurikulum 2013 untuk guru bimbingan dan konseling atau konselor.       

Selengkapnya silahkan download dan baca Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling BK SMP MTS.




Link download Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling – BK SMP/MTS ---- DISINI

Demikian informasi tentang Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Bimbingan dan Konseling – BK SMP/MTS tahun 2018/2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Guru BK SMP/MTS tahun 2019/2020.




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.