BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 9 (IX) EDISI TAHUN 2018

BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 9 (IX) EDISI TAHUN 2018

Buku merupakan Sarana Utama dalam pembelajaran. Ada banyak media yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran selain buku siswa, seperti alat peraga, lembaran Kerja, modul dan lainnya. Namun Keberadaan buku siswa dan buku guru tetap sangat penting, karena biasanya buku siswa dan buku siswa betul-betul disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Seiring dengan perubahan dan revisi kurikulum, saat ini telah diterbikan Buku guru dan buku Siswa Matematika Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Buku Siswa mata pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018 merupakan buku edisi revisi yang sudah disesuaikan dengan Silabus dan KI dan KD terbaru sesuai permendikbud tahun 2016.

Sebelum Admin memberikan link download Buku guru Mata pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018 dan Buku Siswa  mata pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Berikut sedikit penjelasan terkait Buku Guru dan Buku Siswa dalam Kurikulum 2013.

Buku  Teks  Pelajaran  disusun  berdasarkan  KI  dan  KD  pada  setiap  jenjang  sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku Teks Pelajaran yang terdiri  atas “Buku Siswa” dan “Buku Guru” digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks Pelajaran, penulis akan mencantumkan KI dan KD berdasarkan dokumen KI dan KD Kurikulum 2013.

Indikator  Pencapaian  Kompetensi  (IPK)  merupakan  penanda  pencapaian  KD  yang ditandai  oleh  perubahan  perilaku  yang  dapat  diukur  yang  mencakup  sikap, pengetahuan,  dan keterampilan. Selanjutnya dikembangkan menjadi materi pelajaran. Dalam  uraian  materi  pembelajaran  pada  setiap  sub-bab  dapat  dicermati  sajian pengetahuan yang berupa  fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada Buku Siswa.

Materi jenis pengetahuan faktual merupakan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana  berkenaan  dengan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  dan  budaya  terkait dengan  masyarakat  dan  lingkungan  alam  sekitar,  bangsa,  negara,  dan  kawasan regional.  Materi  jenis  pengetahuan  konseptual  merupakan  terminologi/istilah  dan klasifikasi, kategori,  prinsip,  generalisasi,  dan  teori  yang  digunakan  terkait  dengan pengetahuan  teknis  dan  spesifik  tingkat  sederhana  berkenaan  dengan  masyarakat dan  lingkungan  alam  sekitar,  bangsa,  negara,  dan  kawasan  regional.  Materi  jenis pengetahuan prosedural merupakan  pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan  yang  terkait  dengan  kegiatan  teknis,  spesifik,  algoritma,  metode  tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan,  teknologi,  seni,  dan  budaya  terkait dan  lingkungan  alam  sekitar,  bangsa,  negara,  dan  kawasan regional. Materi jenis pengetahuan  metakognisi  merupakan  pengetahuan  tentang  kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan mengunakannya dalam mempelajari pengetahuan  teknis  dan  spesifik tingkat  sederhana  berkenaan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  dan  budaya terkait dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Gradasi untuk dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan uraian materi dalam buku di SMP/MTs memperhatikan:
a.  perkembangan psikologis anak;
b.  lingkup dan kedalaman;
c.  kesinambungan;
d.  fungsi satuan pendidikan; dan
e.  lingkungan.

1.  Buku Siswa
Buku Siswa yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki ketentuan sebagai berikut.
a.  Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran.
b.  Baik uraian  konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku  siswa dapat  dikembangkan  lebih  lanjut  oleh  guru.  Guru  dan  peserta  didik  dapat mengembangkan  dan  atau  menambah  kegiatan  sesuai  dengan  kondisi  dan kemampuan  sekolah,  guru,  dan  peserta  didik.  Pengembangan  dan  atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c.  Kegiatan-kegiatan  dalam  buku  siswa  sebisa  mungkin  memaksimalkan  potensi semua  sumber  belajar  yang  ada  di  lingkungan  sekitar.  Setiap  kegiatan  dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d.  Pada  beberapa  bagian  dalam  Buku  Siswa  diberikan  ruang  bagi  peserta  didik untuk  menuliskan  laporan,  kesimpulan,  penyelesaian  soal,  atau  tugas  lainnya. Namun,  sebaiknya dalam menuliskan tugas tersebut peserta didik tidak terpancang  pada  ruang yang diberikan. Bahkan, peserta didik dapat menuliskannya pada buku tugas.

Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar,  bagian  kegiatan  siswa  baik  eksperimen  maupun  non  eksperimen  atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.

Penggunaan  Buku  Siswa  oleh  peserta  didik  disarankan  dimulai  dengan memahami bagian  pengantar  bab  atau  sub-bab,  melakukan  kegiatan-kegiatan  yang  tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang  ada  di  buku.  Uraian  materi  lainnya  merupakan  bagian  untuk  memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.

2.  Buku Guru
Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku  ini  disusun  agar  guru  mendapat  gambaran  yang  jelas  dan  rinci  dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a.  Pengalaman  belajar  yang  bermakna  untuk  membangun  sikap  dan  perilaku positif,  penguasaan  konsep,  keterampilan  berpikir  saintifik,  berpikir  tingkat tinggi,  kemampuan  menyelesaikan  masalah,  inkuiri,  kreaktivitas,  dan  pribadi reflektif;
b.  Berbagai teknik penilaian peserta didik;
c.  Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan;
d.  Kegiatan  interaksi  guru  dan  orang  tua,  yang  memberikan  kesempatan  kepada orang  tua  untuk  ikut  berpartisipasi  aktif  melalui  kegiatan  belajar  peserta  didik  di rumah;
e.  Petunjuk penggunaan Buku Siswa.


Buku Guru digunakan guru sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas. Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a.  Membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b.  Memberikan    gagasan    dalam    rangka    mengembangkan    pemahaman,  keterampilan,  dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar;
c.  Memberikan  gagasan  contoh  pembelajaran  yang  mengaktifkan  peserta  didik melalui  berbagai ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d.  Mengembangkan   metode   yang   dapat   memotivasi   peserta   didik   untuk  selalu  menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan  pembelajaran,  strategi  pembelajaran  yang  meliputi  pendekatan,  model  dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.

Petunjuk  khusus pembelajaran terdiri  dari  beberapa  bab  sesuai  dengan  materi  pada Buku  Siswa,  yakni  berisi  informasi  bagi  guru  untuk  persiapan  pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi: peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya  pada  bagian  ini  terdapat  uraian  pembelajaran  untuk  setiap  tatap  muka, mulai  dari  IPK,  alternatif  kegiatan  pembelajaran,  sumber  belajar  dan  media pembelajaran.

Bagian  penilaian  berisi  informasi  tentang  teknik  dan  bentuk  penilaian  oleh  guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa.  Buku  guru  dan  buku  siswa  merupakan  standar  minimal  yang  dapat dikembangkan  jika  guru  merasa  perlu  mengembangkannya  sesuai  dengan  kondisi sekolah,  terutama  yang  berkaitan  dengan  kegiatan  pembelajaran,  guru  dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.

Berikut Link Download Buku Guru Matematika Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018

Link Download Buku Guru Matematika Edisi 2018 (DISINI)

Berikut Link Download Buku Siswa Matematika Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018

Link Download Buku Siswa Matematika Edisi 2018 (DISINI)

Demikian informasi tentang download Buku Siswa matematika Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018 dan download Buku Siswa Matematika Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Semoga bermanfaat, selamat belajar bagi siswa SMP Kelas 9. Terima kasih. 





= Baca Juga =



5 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter