PERBEDAAN JUKNIS BOS SMP TAHUN 2019 DAN TAHUN 2018

 Perbedaan Juknis BOS SMP Tahun 2019 dan Tahun 2018  -  http://ainamulyana.blogspot.com

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara Juknis BOS SMP Tahun 2019 dan Tahun 2018. Perbedaaan ini mungkin juga terjadi pada jenjang SD SMA SMK. Salah satu perbedaannya yang banyak ditanyakan oleh Bendahara Sekolah adalah hilangnya alokasi Honor bagi tim penyusun laporan BOS. Selain itu, juga ada perluasan penegasan larang penggunaan dana BOS, yakni Dana BOS tidak boleh digunakan untuk membayar iuran Kegiatan MGMP, KKG dan MKKS/KKKS.

Berikut ini beberapa perbedaan Juknis BOS SMP Tahun 2019 dan Tahun 2018 yang saya temukan. Perbedaan lainnya dapat Bapak/Ibu temukan dengan membaca Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

1. Pada Juknis BOS SMP 2019 Tidak ada alokasi untu Pembelian  minuman  dan/atau  makanan  ringan  untuk kebutuhan  sehari-hari  di  sekolah  bagi  guru,  tenaga kependidikan, petugas administrasi, dan/atau tamu. Jadi minuman dan/atau makanan ringan hanya dialokasi pada kegiatan sekolah.

2. Pada Juknis BOS SMP 2019 tidak ada alokasi Honor bagi penyusun laporan BOS. Sedangkan pada juknis BOS tahun 2018 ada alokasi untuk membayar Honor Penyusun Laporan BOS. 

3. Pada Juknis BOS 2019 Tidak ada ketentuan besaran honorarium untuk honorarium pengawas; pengiriman lembar jawaban ujian nasional (LJUN);  pengisian data Sekolah; penyusunan dan pengiriman laporan; transportasi pengembalian bahan UN; honorarium teknisi; honorarium pengawas; honorarium proktor; sinkronisasi UN; pengisian data Sekolah. Sedangkan pada Juknis BOS 2018 besarannya ditentukan.

4. Pada Juknis BOS 2019 tidak ada ketentuan harga maksimal pembelian finger print scan. Hanya ada penegasan tipe finger  print scan harus terkoneksi dengan Dapodik. Pada Juknis BOS 2018 ada kentuan maksimal harga finger  print.

5. Pada Juknis BOS 2019, Dana BOS tidak boleh digunakan untuk membayar iuran kegiatan yang  diselenggarakan oleh Musyawarah  Kerja  Kepala  Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Kepala Sekolah  (KKKS),  Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran (MGMP),  Kelompok  Kerja  Guru  (KKG),  unit  pelaksana  teknis daerah  kecamatan,  kabupaten/kota,  atau  provinsi,  unit pelaksana teknis, atau pihak lainnya;

Perbedaan Juknis BOS 2019 dan Juknis BOS 2018 lainnya. Pada item pengelolaan, sekarang sekolah boleh mengalokasikan anggaran untuk pengembangan inovasi. Seperti keperluan sekolah sehat, sekolah hijau, sekolah ramah anak serta sekolah Adiwiyata. Sekolah juga diperkenankan melaksanakan program pelibatan keluarga di sekolah. Selanjutnya di item pemeliharaan sarana dan prasarana, sekolah boleh melaksanakan perbaikan kerusakan komponen non struktural dengan ketentuan penggantian kurang dari 30% dari komponen terpasang bangunan. Komponen non struktural ini seperti penutup atap (seng, asbes dan genteng), penutup plafon (triplek atau gipsun), kelistrikan (saklar dan instalasi jaringan), kusen, daun kaca jendela, pengecetan sampai penutup lantai (keramik).

Untuk yang belum memiliki Juknis BOS SD SMP SMA SMK Tahun 2019 silahkan Baca DISINI.

Demikian informasi tentang Perbedaan Juknis BOS SMP Tahun 2019 dan Tahun 2018. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter