JUKNIS – JUKLAK FLS2N SMP TAHUN 2020

  Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020

Petunjuk Pelaksanaan Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berusaha mewujudkan program Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bidang seni budaya. Kegiatan PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

PPK dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kegiatan PPK bidang seni budaya yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dilaksanakan sejak tahun 2008 dengan beberapa cabang lomba dan festival yang diadakan. Dalam Agenda prioritas pembangunan 8 (Nawa Cita 8) : melakukan revolusi karakter Bangsa Pendidikan sejatinya merupakan hakikat revolusi mental, yang bertumpu pada pembangunan manusia yang berkarakter kuat, berpikiran maju dan berpandangan modern, serta berperilaku baik sebagai perwujudan warga negara yang baik.

Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri. Kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui kesenian, siswa mampu mengasah kepekaan hati nurani dan mengaktualisasikan potensi seninya,
yang pada akhirnya memperhalus budi pekerti dan perilakunya. Pendidikan seni dan budaya dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis, neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya para siswa. Muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang seni, serta Penguatan Pendidikan Karakter.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Kegiatan FLS2N tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik, namun esensinya terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). FLS2N dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Keberadaan FLS2N sangat penting dalam mengimplentasikan penguatan pendidikan karakter khususnya bidang seni untuk berperan dalam melestarikan seni budaya Indonesia dari 34 (tiga puluh empat) provinsi.

Berdasarkan Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020, kegiatan ini melibatkan stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Instansi terkait dalam memfasilitasi para peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang seni yang meliputi 2 (dua) festival dan 3 (tiga) lomba yakni: (1) Festival Kreativitas Tari; (2) Festival Kreativitas Musik Tradisional; (3) Lomba Gitar Duet; (4) Lomba Menyanyi Solo; dan (5) Lomba Desain Poster.

Agar pelaksanaan FLS2N SMP tahun 2020 sebagaimana yang dimaksud dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pegangan dan acuan bagi panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait. Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020 ini tidak hanya berisi ketentuan lomba per cabang, namun juga memberikan informasi pentingnya FLS2N SMP 2020 diikuti oleh para siswa dalam penguatan pendidikan karakter di bidang seni budaya.

Berdasarkan Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020, Persyaratan peserta FLS2N adalah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
2. Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan; ;
3. Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cabang yang dilombakan pada FLS2N 2020 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni sebagai berikut:
1. Festival Kreativitas Tari;
2. Festival Kreativitas Musik Tradisional;
3. Lomba Gitar Duet
4. Lomba Menyanyi Solo; dan
5. Lomba Desain Poster

Kegiatan Lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Siswa (FLS2N) SMP Tahun 2020 diselenggarakan secara bertingkat, yaitu:
1. Tingkat Sekolah
2. Tingkat Kabupaten/kota
3. Tingkat Provinsi
4. Tingkat Nasional

Berdasarkan Berdasarkan Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020, Jadwal pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Siswa (FLS2N) SMP Tahun 2020 dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional direncanakan sebagai berikut:

  Petunjuk Pelasanaan  Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020

Selengkapnya terkait Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020

Link download Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020 (disini)



Baca Juga !!!

Juknis – Juklak KSN (KSN) SMP Tahun 2020 (disini)

Silabus KSN (OSN) SMP Tahun 2020 (disini)

Juknis – Juklak KOSN (O2SN) SMP Tahun 2020 (disini)

Juknis – Juklak dan Regulasi Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 (disini)

Demikian informasi tentang Petunjuk Pelasanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2020 atau Juknis – Juklak FLS2N SMP Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 




= Baca Juga =



1 comment:

  1. MAAF KAMI DRI ACEH MAU TANYA,, CARA DAFTARNYA BAGAIMANA YA??? MKSIIHH

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter