Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 akan segera dimulai hal ini ditandai dengan rilis Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Buku ini berisi tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, hal – hal yang harus disiapkan saat melakuna pendaftaran sekolah kedinasan, serta lainnya.
Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2022, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan
dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki
persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah
mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda
Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor
SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain
sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Bagaimana Tata Cara
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Dalam Buku
Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, diuraikan bahwa
langkah-langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 adalah sebagai berikut.
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti
tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke
portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di
alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan
password yang telah didaftarkan
4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan
jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di
1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan
jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah
kedinasan
5. Pelamar memasukkan Nilai
6. Pelamar melengkapi Biodata
7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan
persyaratan
8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah
dilengkapi (Resume)
9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim
tidak dapat diubah
10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan
mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai
pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah
diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima
di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait
untuk proses selanjutnya
Berikut ini Tata Cara
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022.
1. Klik Registrasi atau Daftar
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala
Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga
Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,
silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar
bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi
Nasional (Panselnas)
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai KTP
7. Masukan kode captcha yang terlampir
8. Setelah data di atas dimasukan, klik . Bila data sesuai
maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.
9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas
dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :
a) Alamat
Isi alamat sesuai dengan KTP
b) Tempat Lahir
Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
c) Tanggal Lahir
Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
d) Jenis kelamin
Pilih jenis kelamin yang sesuai
e) E-mail
Masukan e-mail aktif dan valid
f) Password
Masukan password yang mudah diingat.
Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
g) Konfirmasi Password
Masukkan kembali password telah Anda masukan
h) Pertanyaan Pengaman 1
Pilih pertanyaan pengaman Anda
i) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
j) Pertanyaan Pengaman 2
Pilih pertanyaan pengaman Anda
k) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
l) Captcha
Masukan kode captcha yang tampil di layar
10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam
format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan
lengkap
12. Selanjutnya klik Lanjutkan
13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data
cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun
Akan tampil halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah
Kedinasan 2021 berhasil, klik Cetak
Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti
bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke
form berikutnya.
Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2022, tata cara Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata, adalah
sebagai berikut.
1.
Setelah pelamar
berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol yang
tertera di sudut kanan atas
2.
Masukan NIK dan
password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata
Peserta
a. Upload Swafoto
Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat
melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:
Klik tombol Choose File cari dokumen
swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan
maksimal 200kb.
b. Mendaftar Formasi
1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan
peminatan
2) Klik tombol Pilih
3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada
4) Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah
(SMA/SMK/Sederajat)
5) Isi Tahun Lulus
6) Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
7) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
8) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
9) Isi kode captcha yang tampil
10) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar,
klik tombol
Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.
c. Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini,
harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap
Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
a. Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan
benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah,
Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data Diri Pelamar:
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan
Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam
centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama,
Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan
Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu,
Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili
Ibu, Status Hidup Ibu.
Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman
selanjutnya.
b. Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis
dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar
dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol lihat. Bila dokumen yang diunggah belum sesuai,
klik tombol Unggah untuk mengganti dokumen
tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum.
Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
c. Resume
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume
pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang
setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang (v) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran. Setelah tombol
tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem
dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol Iya ,
dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun
dan Cetak Kartu Pendaftaan Dikdin
akan tampil. Bila pelamar klik tombol Pendaftaan
Dikdin akan tampil Kartu Pendaftaran.
Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda
tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Berikut Salinan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2021 2022
Link download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2022 (DISINI)
Baca
Juga! Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun Akademik
2022/2023 (disini)
Demikian informasi
tentang Link Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih