Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN. Sebagaimana diktehaui Kemendikbud telah menetapkan daftar nama guru yang harus mengisi Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN, Jadwal dan panduan Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN melalui surat edaran Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, GTK Kemendikbudristek Nomor: 1856/B3/GT.01.00/2022 tertanggal 12 Juli 2022 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN.
Dalam Surat Edaran Direktur
KSPSTENDIK Kemendikbudristek Nomor: 1856/B3/GT.01.00/2022 tentang Jadwal.
Panduan (Juknis), dan Daftar Nama Guru peserta Pengisian Survei Instrumen
Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN, dinyatakan bahwa dalam rangka mendukung
pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar, khususnya berkaitan dengan pengembangan standar
kompetensi teknis bagi guru ASN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi melalui Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan,
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan validasi
terhadap rancangan kompetensi teknis yang telah disusun melalui pelaksanaan
survei secara daring bagi guru ASN (sesuai data terlampir). Survei ini
bertujuan mengumpulkan data untuk uji validitas standar kompetensi teknis guru
ASN.
Berikut inti Surat Edaran
tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN,
yakni sebagai berikut
1.
Pengisian survei dilaksanakan melalui aplikasi SIMPKB mulai tanggal 15-27 Juli
2022;
2.
Sasaran guru ASN sesuai daftar terlampir merupakan sampling keterwakilan jenjang
guru pertama, muda, madya, dan utama;
3.
Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan untuk menginformasikan dan
memastikan para guru ASN di wilayahnya (sesuai daftar terlampir) untuk mengisi
survei ini;
4.
Webinar terkait survei dimaksud akan dilaksanakan pada
hari/tanggal
: Senin, 25 Juli 2022
Pukul
: 09.00 WIB s.d. selesai
Tautan
webinar dan registrasi : https://bit.ly/Register-SurveyASN, dan siaran langsung
Youtube KS PS dan Tendik
Bagaimana petunjuk teknis atau tata cara / Panduan
Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN.
Bagi bapak ibu guru yang terpilih sebagai sampel, berikut ini pejelasan lengkap
tata cara / Panduan Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi
Teknis Guru ASN
Kegiatan Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar
Kompetensi Teknis Guru ASN tahun 2022 dilatarbelakang bahwa Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mencanangkan arah perubahan merdeka belajar
untuk peningkatan pemerataan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
dan Teknologi tengah mengembangkan Standar Kompetensi Teknis Guru ASN. Demi pengembangan
Standar Kompetensi Teknis Guru ASN yang tepat, maka diperlukan survei untuk
melihat kesesuaian rancangan tugas dan kompetensi guru dengan implementasi yang
dilakukan dalam keseharian guru di Indonesia. Data-data yang diperoleh dari survei
tersebut akan diolah untuk analisis validitas standar kompetensi teknis dan
uraian tugas guru yang telah disusun.
Tujuan Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN tahun 2022
adalah untuk mengumpulkan data untuk melakukan uji validitas standar kompetensi
teknis dan uraian tugas guru ASN.
Petunjuk
Umum Pelaksanaan Survei
Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN tahun 2022 adakah
sebagai berikut
A. Petunjuk Pengisian Survei
Bagian ini berisi petunjuk
umum yang penting untuk Bapak/Ibu perhatikan dalam mengisi survei ini. Mohon
dibaca dengan seksama untuk memudahkan proses mengisi survei.
1.
Bapak/Ibu akan mengisi survei dalam 4 bagian, yaitu 1 bagian uraian tugas guru
dan 3 bagian kompetensi guru.
2.
Item berjumlah 81 butir dengan masing-masing butir item memiliki 3 pertanyaan
yang harus diisi.
3.
Durasi pengerjaan survei secara keseluruhan berkisar 1 - 1,5 jam tergantung
dari kecepatan Bapak/Ibu mengisi survei.
4.
Rentang pengisian adalah tanggal 15-27 Juli 2022.
5.
Seluruh item pertanyaan survei harus terisi dan pastikan tidak ada yang
terlewat.
B.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Survei Instrumen
Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN tahun 2022 Melalui Sim PKB, adalah
sebagai berikut
1. Untuk masuk ke dalam instrumen survei, buka laman SIMPKB pada tautan berikut: https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ Silakan Masuk/Log in menggunakan SIMPKB ID dan masukkan kata sandi, lalu klik masuk.
2.
Setelah masuk, akan ada boks pengumuman untuk menautkan dengan layanan
BELAJAR.ID. Bapak/Ibu dapat klik Ya, Tautkan Sekarang pada layar pengumuman untuk
menautkan akun yang dimiliki. Jika sudah tertaut maka klik tutup.
3.
Setelah itu, akan muncul kembali boks pengumuman untuk pengisian survei. Jika
sudah membaca, Bapak/Ibu dapat klik Lengkapi Survei untuk melanjutkan ke laman
berikutnya.
4.
Bapak/Ibu akan disajikan Kata Pengantar sebelum memulai pengisian survei. Dalam
laman ini, Bapak/Ibu dapat membaca Latar Belakang, Tujuan Survei, Petunjuk
Pelaksanaan Survei, serta Konrifmasi Data Dapodik.
5.
Di bagian bawah laman terdapat tampilan Konfirmasi Data Dapodik Silahkan
lakukan pengecekan kembali untuk kesesuaian data yang tercantum pada laman tersebut
dengan data pribadi Bapak/Ibu. Jika data golongan yang disajikan tidak sesuai, silahkan
isikan data golongan yang sesuai dengan mengklik -Pilih Golongan-. Apabila terdapat
ketidaksesuaian pada menu golongan, maka akan muncul boks notifikasi. Klik Ok
kemudian Lanjut untuk melanjutkan. Sementara jika sudah sesuai, Bapak/Ibu dapat
langsung klik Lanjut.
6.
Bapak/Ibu akan menghadapi laman Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Tugas Guru.
Silakan Bapak/Ibu baca dengan seksama terlebih dahulu, jika sudah selesai membaca
silahkan klik Tutup.
Catatan: petunjuk tersebut akan muncul secara
otomatis ketika Bapak/Ibu masuk pada setiap bagian instrumen. Lakukan hal yang sama
pada Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Kompetensi 1, Petunjuk Pengisian Instrumen
Validasi Kompetensi 2, dan Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Kompetensi 3.
7.
Setelah ditutup, maka Bapak/Ibu akan langsung dihadapkan pada laman Survei . Di
bagian atas terdapat bar yang menandakan secara keseluruhan terdapat 4 bagian yang
harus diisi, yaitu Instrumen Validasi Tugas Guru, Instrumen Validasi Kompetensi
1, Instrumen Validasi Kompetensi 2, dan Instrumen Validasi Kompetensi 3. Di dalam
setiap laman terdapat sekitar 10 soal yang harus diisi. Bacalah dengan seksama
dan pastikan tidak ada yang terlewat. Klik Lanjut setelah Bapak/Ibu selesai
mengisi satu laman.
8.
Apabila di dalam pengerjaannya Bapak/Ibu perlu melihat kembali petunjuk
pengisian survei, maka Bapak/Ibu bisa pilih menu Petunjuk Pengisian yang
terdapat di bagian kanan atas laman.
9.
Pastikan kembali Bapak/Ibu mengisi seluruh pertanyaan. Jika terdapat jawaban
yang belum terisi maka akan muncul boks notifikasi bahwa terdapat nomor yang belum
terisi. Jika hal ini terjadi, silahkan Bapak/Ibu klik Ok dan mengisi pertanyaan
yang masih kosong.
10.
Di beberapa item deskripsi tugas mapupun deskripsi perilaku, terdapat kata yang
berwarna merah, tercetak miring dan tebal. Bapak/Ibu dapat mengklik kata
tersebut untuk masuk ke dalam tampilan glosari. Tampilan ini dimaksudkan agar
Bapak/Ibu dapat mengetahui dan menyamakan persepsi mengenai makna yang
dimaksud.
11.
Bapak/Ibu dapat melihat progres pengisian survei pada bagian atas di setiap
laman. Bar akan menunjukkan posisi Bapak/Ibu saat ini, dan memberikan informasi
mengenai instrumen yang sudah terisi dan instrumen selanjutnya yang akan diisi.
Pengisian survei dinyatakan selesai jika seluruh bagian di dalam bar sudah
memiliki centang hijau.
12.
Jika terdapat kesalahan dalam pengisian di halaman sebelumnya, maka Bapak/Ibu
dapat mengklik Kembali untuk kembali ke halaman sebelumnya. Sedangkan tombol
Lanjut akan berfungsi untuk melanjutkan pengisian survei ke halaman berikutnya.
Bapak/Ibu
dapat mengklik menu Lanjutkan Nanti jika ternyata di dalam pengisian terdapat aktivitas
yang harus dilakukan segera dan menyebabkan sedikit tertundanya pengisian survey.
Dengan mengklik tombol ini maka secara otomatis jawaban Bapak/Ibu akan tersimpan
sehingga Bapak/Ibu tidak perlu mengulang lagi dari awal untuk melanjutkan
pengisian.
13.
Jika keempat bagian instrumen dan semua pertanyaan survei sudah terisi, maka
pada tampilan halaman terakhir akan muncul simpan (gambar 17). Klik menu Simpan
untuk menyimpan jawaban survei yang sudah Bapak/Ibu isi.
14.
Boks notifikasi konfirmasi akan akan muncul setelah Bapak/Ibu klik menu Simpan
pada laman sebelumnya (gambar 18). Klik Ya jika Bapak/Ibu sudah yakin dengan
jawaban survei yang diisi. Jawaban survei setelah disimpan dan klik Ya sudah
tidak dapat diubah kembali. Dengan demikian, jawaban yang Bapak/Ibu berikan di
dalam survei ini telah terekam dan tersimpan.
15.
Tugas Bapak/Ibu telah selesai. Terima kasih banyak atas partisipasi Bapak/Ibu di
dalam mengisi survei ini. Partisipasi Bapak/Ibu sangat berharga dan bermakna
untuk program pengembangan kompetensi Guru secara nasional. Hasil survei ini
akan kami gunakan sebagaimana mestinya.
Selengkapnya silahkan download Surat Edaran Direktur KSPSTENDIK Kemendikbudristek Nomor: 1856/B3/GT.01.00/2022 tentang Jadwal Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN, Daftar Nama guru Peserta Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN, serta petunjuk teknis atau tata cara / Panduan Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN.
Link Download Surat Edaran Kemendikbudristek tentang Pengisian Survei Instrumen Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN (DISINI)
Demikian informasi tentang
Surat Edaran Direktur KSPSTENDIK Kemendikbudristek Nomor: 1856/B3/GT.01.00/2022
tentang Jadwal Pengisian Survei Instrumen
Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN, Daftar Nama guru Peserta Survei
Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN, serta petunjuk teknis atau tata cara / Panduan Pengisian Survei Instrumen
Validasi Standar Kompetensi Teknis Guru ASN. Semoga ada manfaatnya.