Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pada Tahun 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) memperingati Dies Natalis ke 57. Lomba Guru Kreatif 2022 ini adalah bentuk Kado yang diberikan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang dalam menyemarakkan Dies Natalis ke 57 Tahun 2022. Semoga lomba Guru Kreatif ini mampu mendorong peningkatan mutu dan kualitas Pendidikan di Indonesia untuk menuju Indonesia Emas.
Lomba ini bersifat GRATIS,
terdapat katagori Lomba untuk Guru TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK. Keputusan
juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.
Panduan
Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jenjang PAUD
A. Syarat Peserta
1. Ketentuan Umum
a.
Guru dari jenjang PAUD aktif mengajar di satuan pendidikan
b.
Karya Original tidak mengandung Sara, pornografi, kekerasan, ujaran kebencian,
perundungan, politik, propaganda
c.
Peserta Individu
d.
Peserta wajib manaati aturan panduan lomba
e.
Peserta wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan
f.
Peserta wajib menerima segala keputusan juri dalam perlombaan
g.
Software editing boleh menggunakan platform apapun
h.
Surat Pernyataan Karya Original dan belum pernah ditampilkan/ diterbitkan oleh
lembaga/ instansi/ event lain dan bermaterai 10.000
i.
Peserta mengirimkan 2 (dua) video yaitu video praktik mengajar dan video
inovasi media pembelajaran
2. Ketentuan Khusus
a.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar): video praktik mengajar baik daring maupun
luring yang sudah di edit dengan durasi waktu maksimal 20 menit, sesuai
rancangan perangkat pembelajaran yang diikutkan penilaian lomba
b.
Opening video praktik mengajar menampilkan Logo UNNES, Logo dies Natalis ke 57
UNNES , judul, tujuan pembuatan video dan identitas diri. Teks tujuan pembuatan
video yang tampil adalah: “mengikuti Lomba Guru Kreatif Indonesia dalam rangka Dies
Natalis ke 57 UNNES Tahun 2022 yang diselenggarakan FIP UNNES”
c.
Inovasi Media Pembelajaran: Media pembelajaran berupa Media Digital maupun
Non-Digital, Media Digital boleh memanfaatkan berbagai platform atau software,
media yang dikembangkan dipaparkan dalam video dengan durasi maksimal 10 menit
d.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran: rancangan perangkat pembelajaran harus
konsisten dengan video praktik mengajar
e.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir: prestasi pengembangan diri, kejuaraan, dan
publikasi ilmiah
B. Ketentuan Lomba
1. Penyisihan
2. Final
a.
Paparan/Presentasi Guru (Paparan perangkat pembelajaran yang dikembangkan)
b.
Wawancara Wawasan Pendidikan
1)
Kelancaran komunikasi dan presentasi
2)
Keluasan Wawasan Pendidikan
3)
Kebaruan gagasan/ide yang ditawarkan untuk memecahkan solusi pendidikan (PAUD)
C. Produk Lomba
1. Teaching skills
Produk
lomba adalah berupa Video Sedang Mengajar, lebih spesifik sebagai berikut:
a.
Keterampilan mengajar menampilkan proses mengajar mulai dari pembukaan, inti,
dan penutup/evaluasi
b.
Inovasi media pembelajaran = media yang diciptakan peserta c. Inovasi metode
pembelajaran
d.
Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan
e.
Bahasa asing (pendukung)
f.
Editing video (kualitas audio dan video)
2. Inovasi Media Pembelajaran
3. Inovasi Perangkat pembelajaran inovasi RPPH,
bahan ajar, LKPD, evaluasi, kelengkapan perangkat pembelajaran, inovasi dan kreativitas
perangkat pembelajaran yang mencakup:
a.
RPPH (inovasi pada kegiatan main)
b.
Bahan ajar (inovasi dan kelengkapan sesuaikan kaidah penulisan karya ilmiah)
c.
Media (inovasi dan kesesuaian dengan tahap perkembangan usia dini)
d.
LKPD (kesesuaian dengan kegiatan main)
e.
Evaluasi (kesesuaian dengan pengukuran capaian/tujuan pembelajaran)
4. Portofolio prestasi 3 tahun
a.
Sertifikat kegiatan pengembangan diri guru
b.
Sertifikat kejuaraan
c.
Publikasi/Karya Tulis
D. Indikator Penilaian
1. Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
a.
Kesesuaian tayangan dengan alur praktik pembelajaran, kelengkapan keterangan berupa
teks, komposisi gambar, kualitas mixing audio, kejernihan audio, kejelasan artikulasi,
kualitas pencahayaan, ketepatan durasi
b.
Keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menarik perhatian dan
memotivasi peserta didik, kedalaman dan keluasan materi (termasuk tidak ada
miskonsepsi), kelengkapan materi, kebenaran konsep/prosedur, keterampilan menggunakan
metode, model, dan pendekatan pembelajaran, menerapkan pembelajaran yang mendidik
dengan pendekatan TPACK berbasis platform revolusi industri 4.0, keterampilan mengembangkan
variasi interaksi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memanfaatkan
waktu, keterampilan mengorganisasi sumber belajar, kemampuan menggunakan teknologi
informasi dalam pembelajaran, kemampuan menggunakan media pembelajaran, mengintegrasikan
kemampuan crithical thinking, creative thinking, reflective thinking dan
decision making kedalam kegiatan belajar, volume dan intonasi suara, penggunaan
bahasa yang baik dan benar, kemampuan mengembangkan cara berpikir HOTS,
kemampuan menggunakan analogi, kemampuan penggunaan komunikasi non verbal, kemampuan
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kesantunan berpakaian
2. Inovasi Media Pembelajaran
a.
Aspek Multimedia: Efektif-efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran,
reliable (handal), maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah),
usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya), ketepatan pemilihan
jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan, kompatibilitas (media pembelajaran
dapat diinstalasi di berbagai hardware dan software), pemaketan program media pembelajaran
terpadu dan mudah dalam eksekusi, dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap
meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas,
terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program),
reusable (sebagian/seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan
kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
b.
Aspek komunikasi visual: Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan
dengan keinginan sasaran, kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan,
Sederhana dan memikat, audio (narasi, sound effect, backsound musik), visual
(layout design, typography, warna), Media bergerak (animasi, movie), layout
interactive (ikon navigasi)
3. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
a.
Tujuan pembelajaran : Kesesuaian tujuan dengan kompetensi dasar (KD) dan Indikator
yang akan dicapai, Rumusan tujuan meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour,
Condition, Degree), menggunakan kata kerja operasional yang tepat, Rumusan tujuan
mengimplementasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
b.
Materi Pembelajaran : Merancang materi pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator
berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge), Menyusun materi
pembelajaran secara komprehensif, Merancang materi pembelajaran secara kohesif dan
berurutan secara logis, Merancang materi pembelajaran yang relevan dengan
kondisi dan kehidupan nyata serta berorientasi abad 21, Merancang Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) sesuai dengan indikator dan materi pembelajaran
c.
Strategi Pembelajaran : Menentukan model pembelajaran dan merancang strategi yang
mengadaptasi pendekatan TPACK, Merancang strategi pembelajaran berbasis
kecakapan abad 21. Kecakapan abad 21: berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan
komunikatif, Merancang skenario pembelajaran inovatif dengan menggunakan
pendekatan, model, metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, Merancang skenario
pembelajaran kreatif yang bermakna dan menyenangkan
d.
Pemilihan Media Pembelajaran : Memanfaatkan TIK dengan multi moda untuk merancang
media pembelajaran, Memanfaatkan media konkret/benda nyata dalam pembelajaran, Merancang
pemanfaatan media pembelajaran untuk melatih sikap dan keterampilan
e.
Pemilihan materi dan sumber belajar : Memanfaatkan peristiwa atau permasalahan kehidupan
nyata yang menarik sebagai sumber belajar, Memanfaatkan sumber belajar melalui
internet/sumber online
f.
Evaluasi Pembelajaran : Merancang evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran,
yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, Merancang evaluasi
autentik, Menyusun instrumen evaluasi HOTS
4. Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
a.
Prestasi Pengembangan Diri : sertifikat workshop, pelatihan, kompetensi minimal
tingkat Propinsi
b.
Prestasi Kejuaraan : sesuai bidang maupun tidak sesuai bidang minimal tingkat
Propinsi
c.
Publikasi Ilmiah : Prosiding, Jurnal Ilmiah, Book Chapter baik Nasional maupun
Internasional.
E. Bobot Penilaian
1. Teaching skill = video praktik mengajar
(30%)
2. Inovasi media pembelajaran = media yang
diciptakan peserta (30%)
3. Perangkat pembelajaran = RPP,bahan
ajar,evaluasi, LKPD (20%)
4. Portofolio prestasi (publikasi ilmiah dan
kejuaraan) 3 tahun terakhir (20%)
F. Narahubung
Pak Akaat : +62 821-3519-3489
Panduan
Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jenjang SD/MI/
Sederajat
A. Syarat Peserta
1.
Ketentuan Umum
a. Guru dari jenjang SD/MI/Sederajat aktif
mengajar di satuan pendidikan
b. Karya Original tidak mengandung Sara,
pornografi, kekerasan, ujaran kebencian, perundungan, politik, propaganda
c. Peserta Individu
d. Peserta wajib manaati aturan panduan
lomba
e. Peserta wajib menggunakan pakaian yang
rapi dan sopan
f. Peserta wajib menerima segala keputusan
juri dalam perlombaan
g. Software editing boleh menggunakan
platform apapun
h. Surat Pernyataan Karya Original dan belum
pernah ditampilkan/ diterbitkan oleh lembaga/ instansi/ event lain dan
bermaterai 10.000
i. Peserta mengirimkan 2 (dua) video yaitu
video praktik mengajar dan video inovasi media pembelajaran
2.
Ketentuan Khusus
a. Teaching Skill (Video Praktik Mengajar):
video praktik mengajar baik daring maupun luring yang sudah di edit dengan
durasi waktu maksimal 20 menit, sesuai rancangan perangkat pembelajaran yang
diikutkan penilaian lomba
b. Opening video praktik mengajar menampilkan
Logo UNNES, Logo dies Natalis ke 57 UNNES , judul, tujuan pembuatan video dan identitas
diri. Teks tujuan pembuatan video yang tampil adalah: “mengikuti Lomba Guru Kreatif
Indonesia dalam rangka Dies Natalis ke 57 UNNES Tahun 2022 yang diselenggarakan
FIP UNNES”
c. Inovasi Media Pembelajaran: Media pembelajaran
berupa Media Digital maupun Non-Digital, Media Digital boleh memanfaatkan
berbagai platform atau software, media yang dikembangkan dipaparkan dalam video
dengan durasi maksimal 10 menit
d. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: rancangan
perangkat pembelajaran harus konsisten dengan video praktik mengajar
e. Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir:
prestasi pengembangan diri, kejuaraan, dan publikasi ilmiah
B. Ketentuan Lomba
1. Penyisihan
2. Final
a.
Paparan/Presentasi Guru (Paparan perangkat pembelajaran dan produk media
pembelajaran yang dikembangkan)
b.
Wawancara
1)
Kelancaran komunikasi dan presentasi
2)
Keluasan Wawasan Pendidikan
3)
Kebaruan gagasan/ide yang ditawarkan untuk memecahkan solusi pendidikan (PGSD)
C. Produk Lomba
1. Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
2. Inovasi Media Pembelajaran
3. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
4. Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
D. Indikator Penilaian
1. Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
a. Kesesuaian tayangan dengan alur praktik pembelajaran,
kelengkapan keterangan berupa teks, komposisi gambar, kualitas mixing audio, kejernihan
audio, kejelasan artikulasi, kualitas pencahayaan, ketepatan durasi
b. Keterampilan membuka pembelajaran,
keterampilan menarik perhatian dan memotivasi peserta didik, kedalaman dan keluasan
materi (termasuk tidak ada miskonsepsi), kelengkapan materi, kebenaran konsep/prosedur,
keterampilan menggunakan metode, model, dan pendekatan pembelajaran, menerapkan
pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan TPACK berbasis platform revolusi
industri 4.0, keterampilan mengembangkan variasi interaksi, keterampilan
mengelola kelas, keterampilan memanfaatkan waktu, keterampilan mengorganisasi sumber
belajar, kemampuan menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran,
kemampuan menggunakan media pembelajaran, mengintegrasikan kemampuan crithical thinking,
creative thinking, reflective thinking dan decision making kedalam kegiatan
belajar, volume dan intonasi suara, penggunaan bahasa yang baik dan benar, kemampuan
mengembangkan cara berpikir HOTS, kemampuan menggunakan analogi, kemampuan penggunaan
komunikasi non verbal, kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan,
kesantunan berpakaian
2. Inovasi Media Pembelajaran
a. Aspek Multimedia: Efektif dan efisien dalam
pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran, reliable (handal),
maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah), usabilitas (mudah digunakan
dan sederhana dalam pengoperasiannya), ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool
untuk pengembangan, kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan
di berbagai hardware dan software yang ada), pemaketan program media
pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi, dokumentasi program media pembelajaran
yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting
(jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur
kerja program), reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat
dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
b. Aspek komunikasi visual: Komunikatif; sesuai
dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran, kreatif dalam
ide berikut penuangan gagasan, Sederhana dan memikat, audio (narasi, sound
effect, backsound musik), visual (layout design, typography, warna), Media bergerak
(animasi, movie), layout interactive (ikon navigasi)
3. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
a. Tujuan pembelajaran : Kesesuaian tujuan
dengan kompetensi dasar (KD) dan Indikator yang akan dicapai, Rumusan tujuan
meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree), menggunakan kata
kerja operasional yang tepat, Rumusan tujuan mengimplementasikan HOTS (Higher
Order Thinking Skills)
b. Materi Pembelajaran : Merancang materi
pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator berbasis TPACK (Technological, Pedagogical,
Content Knowledge), Menyusun materi pembelajaran secara komprehensif, Merancang
materi pembelajaran secara kohesif dan berurutan secara logis, Merancang materi
pembelajaran yang relevan dengan kondisi dan kehidupan nyata serta berorientasi
abad 21, Merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sesuai dengan indikator
dan materi pembelajaran
c. Strategi Pembelajaran : Menentukan model
pembelajaran dan merancang strategi yang mengadaptasi pendekatan TPACK, Merancang
strategi pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. Kecakapan abad 21: berpikir kritis,
kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, Merancang skenario pembelajaran inovatif
dengan menggunakan pendekatan, model, metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,
Merancang skenario pembelajaran kreatif yang bermakna dan menyenangkan
d. Pemilihan Media Pembelajaran : Memanfaatkan
TIK dengan multi moda untuk merancang media pembelajaran, Memanfaatkan media konkret/benda
nyata dalam pembelajaran, Merancang pemanfaatan media pembelajaran untuk
melatih sikap dan keterampilan
e. Pemilihan materi dan sumber belajar : Memanfaatkan
peristiwa atau permasalahan kehidupan nyata yang menarik sebagai sumber belajar,
Memanfaatkan sumber belajar melalui internet/sumber online
f. Evaluasi Pembelajaran : Merancang
evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran, yang meliputi aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan, Merancang evaluasi autentik, Menyusun instrumen
evaluasi HOTS
4. Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
a. Prestasi Pengembangan Diri : sertifikat
workshop, pelatihan, kompetensi minimal tingkat Propinsi
b. Prestasi Kejuaraan : sesuai bidang maupun
tidak sesuai bidang minimal tingkat Propinsi
c. Publikasi Ilmiah : Prosiding, Jurnal Ilmiah,
Book Chapter baik Nasional maupun Internasional
E. Bobot Penilaian
1. Teaching skill = video praktik mengajar
(nilai tambahan jika menggunakan Bahasa Inggris) (30%)
2. Inovasi media pembelajaran = media yang
diciptakan peserta (30%)
3. Perangkat pembelajaran = RPP, bahan ajar,
evaluasi, LKPD (20%)
4. Portofolio prestasi (publikasi ilmiah dan
kejuaraan) 3 tahun terakhir (20%)
F. Narahubung
Pak
Susilo: +62 856-4712-2688
Panduan
Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jenjang SMP/MTs/
Sederajat
A. Syarat Peserta
1.
Ketentuan Umum
a.
Guru dari jenjang SMP/MTs/ Sederajat aktif mengajar di satuan pendidikan
b.
Karya Original tidak mengandung Sara, pornografi, kekerasan, ujaran kebencian,
perundungan, politik, propaganda
c.
Peserta Individu
d.
Peserta wajib manaati aturan panduan lomba
e.
Peserta wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan
f.
Peserta wajib menerima segala keputusan juri dalam perlombaan
g.
Software editing boleh menggunakan platform apapun
h.
Surat Pernyataan Karya Original dan belum pernah ditampilkan/ diterbitkan oleh
lembaga/ instansi/ event lain dan bermaterai 10.000
i.
Peserta mengirimkan 2 (dua) video yaitu video praktik mengajar dan video
inovasi media pembelajaran
2.
Ketentuan Khusus
a.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar): video praktik mengajar baik daring maupun
luring yang sudah di edit dengan durasi waktu maksimal 20 menit, sesuai
rancangan perangkat pembelajaran yang diikutkan penilaian lomba
b.
Opening video praktik mengajar menampilkan Logo UNNES, Logo dies Natalis ke 57
UNNES , judul, tujuan pembuatan video dan identitas diri. Teks tujuan pembuatan
video yang tampil adalah: “mengikuti Lomba Guru Kreatif Indonesia dalam rangka
Dies Natalis ke 57 UNNES Tahun 2022 yang diselenggarakan FIP UNNES”
c.
Inovasi Media Pembelajaran: Media pembelajaran berupa Media Digital maupun
Non-Digital, Media Digital boleh memanfaatkan berbagai platform atau software,
media yang dikembangkan dipaparkan dalam video dengan durasi maksimal 10 menit
d.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran: rancangan perangkat pembelajaran harus
konsisten dengan video praktik mengajar
e.
Portofolio Prestasi 3 tahun terkahir: prestasi pengembangan diri, kejuaraan, dan
publikasi ilmiah
B. Ketentuan Lomba
1.
Penyisihan
2.
Final
1)
Paparan/Presentasi Guru (Paparan perangkat pembelajaran dan produk media
pembelajaran yang dikembangkan)
2)
Wawancara
a.
Kelancaran komunikasi dan presentasi
b.
Keluasan Wawasan Pendidikan
c.
Kebaruan gagasan/ide yang ditawarkan untuk memecahkan solusi pendidikan
C. Produk Lomba
1.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
2.
Inovasi Media Pembelajaran
3.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
4.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
D. Indikator Penilaian
1.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
a.
Kesesuaian tayangan dengan alur praktik pembelajaran, kelengkapan keterangan berupa
teks, komposisi gambar, kualitas mixing audio, kejernihan audio, kejelasan artikulasi,
kualitas pencahayaan, ketepatan durasi.
b.
Keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menarik perhatian dan memotivasi
peserta didik, kedalaman dan keluasan materi (termasuk tidak ada miskonsepsi), kelengkapan
materi, kebenaran konsep/prosedur, keterampilan menggunakan metode, model, dan pendekatan
pembelajaran, menerapkan pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan TPACK berbasis
platform revolusi industri 4.0, keterampilan mengembangkan variasi interaksi, keterampilan
mengelola kelas, keterampilan memanfaatkan waktu, keterampilan mengorganisasi
sumber belajar, kemampuan menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran, kemampuan
menggunakan media pembelajaran, mengintegrasikan kemampuan critical thinking,
creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar,
volume dan intonasi suara, penggunaan bahasa yang baik dan benar, kemampuan mengembangkan
cara berpikir HOTS, kemampuan menggunakan analogi, kemampuan penggunaan
komunikasi non verbal, kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan, kesantunan berpakaian.
2.
Inovasi Media Pembelajaran
a.
Aspek Multimedia : Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media
pembelajaran, reliable (handal), maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan
mudah), usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya), Ketepatan
pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan, Kompatibilitas (media
pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software
yang ada), Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi,
Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi
(jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif),
desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program), Reusable (sebagian atau
seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan
media pembelajaran lain)
b.
Aspek komunikasi visual : Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan
dengan keinginan sasaran, Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan,
Sederhana dan memikat, Audio (narasi, sound effect, backsound,musik), Visual (layout
design, typography, warna), Media bergerak (animasi, movie), Layout Interactive
(ikon navigasi)
3.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
a.
Tujuan pembelajaran : Kesesuaian tujuan dengan kompetensi dasar (KD) dan
Indikator yang akan dicapai, Rumusan tujuan meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour,
Condition, Degree), menggunakan kata kerja operasional yang tepat, Rumusan tujuan
mengimplementasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
b.
Materi Pembelajaran : Merancang materi pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator
berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge). Menyusun materi
pembelajaran secara komprehensif, Merancang materi pembelajaran secara kohesif
dan berurutan secara logis, Merancang materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi
dan kehidupan nyata serta berorientasi abad 21, Merancang Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) sesuai dengan indikator dan materi pembelajaran.
c.
Strategi Pembelajaran : Menentukan model pembelajaran dan merancang strategi yang
mengadaptasi pendekatan TPACK, Merancang strategi pembelajaran berbasis kecakapan
abad 21. Kecakapan abad 21: berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif,
Merancang skenario pembelajaran inovatif dengan menggunakan pendekatan, model,
metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, Merancang skenario pembelajaran
kreatif yang bermakna dan menyenangkan.
d.
Pemilihan Media Pembelajaran : Memanfaatkan TIK dengan multi moda untuk merancang
media pembelajaran, Memanfaatkan media konkret/benda nyata dalam pembelajaran,
Merancang pemanfaatan media pembelajaran untuk melatih sikap dan keterampilan.
e.
Pemilihan materi dan sumber belajar : Memanfaatkan peristiwa atau permasalahan kehidupan
nyata yang menarik sebagai sumber belajar, Memanfaatkan sumber belajar melalui
internet/sumber online.
f.
Evaluasi Pembelajaran : Merancang evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran,
yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, Merancang evaluasi
autentik, Menyusun instrumen evaluasi HOTS
4.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
a.
Prestasi Pengembangan Diri : sertifikat workshop, pelatihan, kompetensi minimal
tingkat Propinsi
b.
Prestasi Kejuaraan : sesuai bidang maupun tidak sesuai bidang minimal tingkat
Propinsi
c.
Publikasi Ilmiah : Prosiding, Jurnal Ilmiah, Book Chapter baik Nasional maupun
Internasional
E. Bobot Penilaian
1.
Teaching skill = video sedang mengajar (nilai tambahan jika menggunakan Bahasa
Inggris) (30%)
2.
Inovasi media pembelajaran = media yang diciptakan peserta (30%)
3.
Perangkat pembelajaran = RPP,bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi
(20%)
4.
Portofolio prestasi (publikasi ilmiah dan kejuaraan) 3 tahun terakhir (20%)
F. Narahubung
Pak
Yudi: 0877 5815 8816
Panduan
Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jenjang SMA/SMK/Sederajat
A. Syarat Peserta
1.
Ketentuan Umum
a.
Guru dari jenjang SD/MI/Sederajat aktif mengajar di satuan pendidikan
b.
Karya Original tidak mengandung Sara, pornografi, kekerasan, ujaran kebencian,
perundungan, politik, propaganda
c.
Peserta Individu
d.
Peserta wajib manaati aturan panduan lomba
e.
Peserta wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan
f.
Peserta wajib menerima segala keputusan juri dalam perlombaan
g.
Software editing boleh menggunakan platform apapun
h.
Surat Pernyataan Karya Original dan belum pernah ditampilkan/ diterbitkan oleh
lembaga/ instansi/ event lain dan bermaterai 10.000
i.
Peserta mengirimkan 2 (dua) video yaitu video praktik mengajar dan video
inovasi media pembelajaran
2.
Ketentuan Khusus
a.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar): video original, durasi waktu 20 menit,
video praktik mengajar dapat bersifat daring maupun luring sesuai rancangan
perangkat pembelajaran yang diikutkan penilaian lomba
b.
Inovasi Media Pembelajaran : Media pembelajaran berupa Media Digital maupun Non-Digital,
Media Digital boleh memanfaatkan berbagai platform atau software, media yang
dikembangkan dipaparkan dalam video dengan durasi maksimal 10 menit
c.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran : rancangan perangkat pembelajaran harus
konsisten dengan video praktik mengajar
d.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir : prestasi pengembangan diri, kejuaraan,
dan publikasi ilmiah
B. Ketentuan Lomba
1.
Penyisihan
2.
Final
1)
Paparan/Presentasi Guru (Paparan perangkat pembelajaran dan produk media
pembelajaran yang dikembangkan)
2)
Wawancara
a.
Kelancaran komunikasi dan presentasi
b.
Keluasan Wawasan Pendidikan
c.
Kebaruan gagasan/ide yang ditawarkan untuk memecahkan solusi pendidikan
C. Produk Lomba
1.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
2.
Inovasi Media Pembelajaran
3.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
4.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
D. Indikator Penilaian
1.
Teaching Skill (Video Praktik Mengajar)
a.
Kesesuaian tayangan dengan alur praktik pembelajaran, kelengkapan keterangan berupa
teks, komposisi gambar, kualitas mixing audio, kejernihan audio, kejelasan artikulasi,
kualitas pencahayaan, ketepatan durasi.
b.
Keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menarik perhatian dan memotivasi
peserta didik, kedalaman dan keluasan materi (termasuk tidak ada miskonsepsi), kelengkapan
materi, kebenaran konsep/prosedur, keterampilan menggunakan metode, model, dan
pendekatan pembelajaran, menerapkan pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan
TPACK berbasis platform revolusi industri 4.0, keterampilan mengembangkan
variasi interaksi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memanfaatkan
waktu, keterampilan mengorganisasi sumber belajar, kemampuan menggunakan teknologi
informasi dalam pembelajaran, kemampuan menggunakan media pembelajaran, mengintegrasikan
kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan
decision making ke dalam kegiatan belajar, volume dan intonasi suara, penggunaan
bahasa yang baik dan benar, kemampuan mengembangkan cara berpikir HOTS, kemampuan
menggunakan analogi, kemampuan penggunaan komunikasi non verbal, kemampuan menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan, kesantunan berpakaian.
2.
Inovasi Media Pembelajaran
a.
Aspek Multimedia : Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media
pembelajaran, reliable (handal), maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan
mudah), usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya), Ketepatan
pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan, Kompatibilitas (media
pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software yang
ada), Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi, Dokumentasi
program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas,
singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain
program (jelas, menggambarkan alur kerja program), Reusable (sebagian atau seluruh
program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media
pembelajaran lain)
b.
Aspek komunikasi visual : Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan
dengan keinginan sasaran, Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan,
Sederhana dan memikat, Audio (narasi, sound effect, backsound,musik), Visual (layout
design, typography, warna), Media bergerak (animasi, movie), Layout Interactive
(ikon navigasi)
3.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
a.
Tujuan pembelajaran : Kesesuaian tujuan dengan kompetensi dasar (KD) dan
Indikator yang akan dicapai, Rumusan tujuan meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour,
Condition, Degree), menggunakan kata kerja operasional yang tepat, Rumusan tujuan
mengimplementasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
b.
Materi Pembelajaran : Merancang materi pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator
berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge). Menyusun materi
pembelajaran secara komprehensif, Merancang materi pembelajaran secara kohesif
dan berurutan secara logis, Merancang materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi
dan kehidupan nyata serta berorientasi abad 21, Merancang Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) sesuai dengan indikator dan materi pembelajaran.
c.
Strategi Pembelajaran : Menentukan model pembelajaran dan merancang strategi yang
mengadaptasi pendekatan TPACK, Merancang strategi pembelajaran berbasis kecakapan
abad 21. Kecakapan abad 21: berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif,
Merancang skenario pembelajaran inovatif dengan menggunakan pendekatan, model,
metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, Merancang skenario pembelajaran
kreatif yang bermakna dan menyenangkan.
d.
Pemilihan Media Pembelajaran : Memanfaatkan TIK dengan multi moda untuk merancang
media pembelajaran, Memanfaatkan media konkret/benda nyata dalam pembelajaran,
Merancang pemanfaatan media pembelajaran untuk melatih sikap dan keterampilan.
e.
Pemilihan materi dan sumber belajar : Memanfaatkan peristiwa atau permasalahan kehidupan
nyata yang menarik sebagai sumber belajar, Memanfaatkan sumber belajar melalui
internet/sumber online.
f.
Evaluasi Pembelajaran : Merancang evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran,
yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, Merancang evaluasi
autentik, Menyusun instrumen evaluasi HOTS.
4.
Portofolio Prestasi 3 tahun terakhir
a.
Prestasi Pengembangan Diri : sertifikat workshop, pelatihan, kompetensi minimal
tingkat Propinsi
b.
Prestasi Kejuaraan : sesuai bidang maupun tidak sesuai bidang minimal tingkat
Propinsi
c.
Publikasi Ilmiah : Prosiding, Jurnal Ilmiah, Book Chapter baik Nasional maupun
Internasional
E. Bobot Penilaian
1.
Teaching skill = video sedang mengajar (nilai tambahan jika menggunakan Bahasa
Inggris) (30%)
2.
Inovasi media pembelajaran = media yg diciptakan peserta (30%)
3.
Perangkat pembelajaran = RPP,bahan ajar,evaluasi, LKPD (20%)
4.
Portofolio prestasi (publikasi ilmiah dan kejuaraan) 3 tahun terakhir. (20%)
F. Narahubung
Pak
Purbo: +62 812-2517-9922
Tata Cara mengikuti Lomba
Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) baik bagi Jenjang TK
PAUD, SD/MI. SMP/MTS, SMA/SMK/MA adalah sebagai berikut
1.
Logo UNNES dapat diunduh dari : https://lppm.unnes.ac.id/logo-transparan-warna
2.
Logo Dies Natalis UNNES Logo DIES 57 bisa di unduh di: s.id/Logo57UNNES atau https://drive.google.com/drive/folders/1ORYuS-9zN6oIdC41ZMkmckGCyPSbVmS7
3.
Jadwal Pendaftaran dan Seleksi
Pendaftaran
16 April 2022 sd 25 April 2022
Penjurian
26 April 2022 sd 20 Mei 2022
Pengumuman
23 Mei 2022
Hadiah
untuk Juara (tiap jenjang)
Juara
1 : Rp. 2.000.000
Juara
2 : Rp. 1.500.000
Juara
3 : Rp. 1.000.000
4.
Tata Cara Pengumpulan
a.
Semua produk lomba di unggah di Folder Google Drive, pengaturan: Open Access,
lalu link di kirimkan ke Formulir Pendaftaran.
b.
Formulir Pendaftaran: KLIK DISINI atau s.id/12qYV
c.
Surat Pernyataan Orisinalitas (terlampir dalam file ini)
d.
Format File:
- Video
= MP4;
- Produk
berupa dokumen= PDF
- Surat
Pernyataan Originalitas= PDF
e.
Penamaan File Folder : Jenjang_NamaPeserta
5.
Tahap Lomba:
a.
Penyisihan
1)
Mengisi Formulir Registrasi
2)
Pengumpulan Produk
3)
Penjurian
4)
Pengumuman Menuju Tahap Final (3 besar) akan disampaikan melalui website
Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES https://fip.unnes.ac.id
b.
Final
1)
Pengumuman Peserta 3 Besar
2)
Presentasi terkait Produk yang telah dikembangkan di hadapan Juri (teknis akan
di informasikan lebih lanjut)
3)
Wawancara dengan Juri
Download Panduan Lomba Guru
Kreatif 2022 Universitas Negeri Semarang (UNNES) ---- (DISINI)
Demikian informasi tentang Lomba Guru Kreatif 2022 Universitas Negeri
Semarang (UNNES). Semoga ada manfaatnya.