Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun PJOK Penjasorkes Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024. Sebenarnya, tanpa disadari, kita sudah sering menggunakan proses asesmen/penilaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika ingin membeli suatu barang. Kita tentu akan melakukan asesmen/penilaian terhadap barang tersebut bukan? Apakah kualitasnya baik, apakah bahan yang digunakan nyaman, apakah harga yang ditawarkan sesuai dan lain sebagainya.
Begitupun dalam proses
pembelajaran, proses asesmen/penilaian juga penting dilakukan untuk mengetahui
sejauh mana siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar. Proses asesmen/penilaian
meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis,
serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.
Asesmen Hasil Belajar oleh
Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran
peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang
dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses,
kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar.
Asesmen/Penilaian merupakan kegiatan
guru terkait dengan pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik
yang mencerminkan pencapaian kompetensi selama proses pembelajaran tertentu. Asesmen/Penilaian
dilakukan secara holistik terkait aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan
untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (Asesmen/Penilaian
proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (Asesmen/Penilaian hasil
belajar).
Asesmen/Penilaian merupakan
proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara
berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan
hasil belajar peserta didik. Ada beberapa jenis asesmen yang di lakukan oleh
guru atau sekolah antara lain
a)
Asesmen/Penilaian harian yang biasanya menggunakan asesmen formatif merupakan
proses kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi secara
periodik untuk menilai kompetensi peserta didik.
b)
Asesmen/Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan
8–9 minggu kegiatan pembelajaran/setengah semester.
c)
Asesmen/Penilaian Akhir Semester atau Akhir Tahun merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di
akhir semester.
Asesmen/Penilaian dilakukan
secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap
jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (Asesmen/Penilaian
proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (Asesmen/Penilaian hasil
belajar). Pada jenjang pendidikan dasar, proporsi pembinaan karakter lebih
diutamakan dari pada proporsi pembinaan akademik.
Asesmen Hasil Belajar oleh
Pendidik selain digunakan untuk membuat laporan hasil belajar siswa atau
mengisi nilai rapor juga sangat bermanfaat bagi guru itu sendiri, peserta didik
maupun Lembaga/Sekolah. Adapun manfaat asesmen bagi guru adalah a) Dengan
melaksanakan Asesmen, guru akan memperoleh data tentang kemajuan belajar siswa;
b) Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkannya sudah sesuai atau tidak
dengan kemampuan siswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan
materi pelajaran selanjutnya; c) Dengan melaksanakan Asesmen guru akan dapat
mengetahi apakah metode mengajar yang digunakannya sudah sesuai atau tidak; d) Hasil
Asesmen dapat dimanfaatkan guru untuk merlaporkan kemajuan belajar siswa kepada
orang tua/wali siswa. Dengan kata lain Asesmen/penilaian dapat memberikan
feedback bagi guru untuk bisa menghargai siswa yang memiliki tingkat kemampuan
dan pemahaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Dalam melakukan asesmen/penilaian,
kita juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip asesmen/penilaian seperti asesmen/penilaian
yang harus bersifat valid, bisa dipercaya, konsisten, informasi asesmen/penilaian
bisa diakses, bersifat transparan, mendukung proses belajar yang efektif dan
efisien, serta hasilnya mampu digunakan sebagai bahan perbaikan di depannya.
Manfaat Asesmen bagi siswa
antara lain: a) Hasil Asesmen dapat menjadi pendorong siswa agar belajar lebih
giat; b) Hasil Asesmen dapat dimanfaatkan siswa untuk mengetahui kemajuan
belajarnya; c) Hasil Asesmen merupakan data tentang apakah cara belajar yang
dilaksanakannya sudah tepat atau belum.
Sedangkan Manfaat Asesmen
bagi Lembaga/Sekolah adalah a) dapat dimanfaatkan sekolah untuk mengetahui
apakah kondisi belajar mengajar yang dilaksanakan sekolah sudah sesuai dengan
harapan atau belum; b) Hasil Asesmen merupakah data yang dapat dimanfaatkan
sekolah untuk merencanakan pengembangan sekolah pada masa yang akan dating; c) Hasil
Asesmen merupakan bahan untuk menetapkan kebijakan dalam upaya meningkatkan
kualitas sekolah.
Seorang guru dalam melakukan
asesmen pembelajaran diharuskan mengembangkan alat Asesmen yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran dan materi yang diajarkan. Teknik Asesmen yang
sering digunakan oleh guru adalah Teknik Tes dan Non-Tes. Teknik tes merupakan
salah satu alat, cara, dan langkah-langkah yang sistematik untuk digunakan
dalam mengukur sejumlah perilaku tertentu siswa. Berdasarkan cara
pelaksanaannya, teknik tes dikelompokkan sebagai berikut.:
1.
Tes tertulis, yaitu alat Asesmen yang bentuk dan pelaksanaanya dilakukan secara
tertulis.
2.
Tes lisan, yaitu alat Asesmen yang bentuk dan pelaksanaanya dilakukan secara
lisan.
3.
Tes perbuatan, yaitu alat Asesmen yang baik pertanyaan maupun jawabannya
dilakukan secara tertulis maupun lisan, seperti praktek di laboratorium,
praktik kesenian, simulasi, dan deklamasi.
Berikut ini Contoh atau Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun PJOK
Penjas Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024
a. Adiktif
b. Depresan
c. Stimulant
d. sakaw
e. Halusinogen
2. Istilah Narkoba merupakan singkatan dari….
a. Narkotika, psikoterapi dan zat adiktif lainnya
b. Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya
c. Narkotika, psikiatri, dan zat berbahaya
d. Narkotika, psikotrologi dan zat berbahaya
e. Narkotika, psikiater dan zat adiktif lainnya
3. Semua zat padat, cair maupun gas yang dimasukan kedalam tubuh yang dapat merubah fungsi dan struktur secara fisik maupun psikis tidak termasuk makanan, air dan oksigen dimana dibutuhkan untuk mempertahankan fungi tubuh normal. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari Narkoba menurut ….
a. PBB
b. UNODC
c. UNICEF
d. WHO
e. BNN
4. Zat/Obat alamiah atau sintetis yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas menta dan perilaku, pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ….
a. Psikotropika
b. Zat adiktif
c. Narkotika
d. Narkoba
e. Napza
5. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997, Narkotika dapat dikelompokkan menjadi … golongan.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
6. Biasanya seseorang mulai mencoba narkoba (experiment use) karena di tawarkan oleh teman dan untuk memenuhi keinginan tahuannya. Sebagian orang akan menggunakan lagi dengan tujuan bersenang-senang (recreational use) atau untuk bersosialisasi (social use). Dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang mendorong seseorang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba adalah….
a. mengalami gangguan perilaku
b. mengenal usia dini
c. suka menyendiri dan pemberontak
d. memiliki banyak teman
e. temperamen yang sulit
7. Opioda merupakan bahan dasar yang dapat dibuat menjadi jenis Narkotika berbahaya secara sintesis, berdasarkan Undang-Undang RI no. 22 Tahun 1997 dan Undang-Undang RI No.5 Tahun 1997, jenis sintesis yang dibuat dari opioda adalah ….
a. MDMA
b. sekorbarbital
c. metametamin
d. LSD
e. Metadone
8. Obat berbahaya atau psikotropika golongan satu terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan Undang-Undang RI no. 22 Tahun 1997 dan Undang-Undang RI No.5 Tahun 1997 yaitu….
a. LSD
b. alkohol
c. diazepam
d. sekorbital
e. shabu
9. Obat berbahaya atau psikotropika golongan dua terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan Undang-Undang RI no. 22 Tahun 1997 dan Undang-Undang RI No.5 Tahun 1997 yaitu….
a. LSD
b. sekobarbital
c. diazepam
d. codein
e. fentanin
10. Dalam menghindari seks bebas keluarga dan masyarakat memiliki peran yang sangat penting. Peranan yang dimaksud antara lain dengan cara preventif, rahabilitatif,korektif. Preventif hanya dapat dilakukan oleh remaja itu sendiri baik dengan cara internal dan eksternal. Secara internal artinya mengupayakan melakukan pencegahan oleh remaja itu sendiri,antara lain dengan cara di bawah ini, kecuali….
a. belajar disiplin
b. menyaring informasi yang masuk
c. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa
d. mengidentifikasi diri dengan lingkungan pergaulan positip dan produktif
e. rehabilitasi
11. Zat adiktif golongan satu terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan Undang-Undang RI no. 22 Tahun 1997 dan Undang-Undang RI No.5 Tahun 1997 yaitu….
a. LSD
b. sekobarbital
c. alkohol
d. codein
e. fentanin
12. Yang termasuk zat adiktif golongan dua berdasarkan Undang-Undang RI no. 22 Tahun 1997 dan Undang-Undang RI No.5 Tahun 1997 yaitu….
a. rokok
b. sekorbital
c. alkohol
d. lem aica aibon
e. fentanin
13. Seseorang akan mengalami adanya peningkatan atau merangsang kerja system syaraf pusat seperti sulit tidur, menurunkan nafsu makan, dada berdebar, banyak bicara, gelisah, cepat marah dan agresif, hal ini merupakan efek samping dari penyalahgunaan Narkoba jenis ….
a. Opium
b. Ganja
c. Morfin
d. Putaw
e. Kokain
14. Jika seseorang mengalami rasa tenang, nyaman, rasa gembira, hilangnya rasa gelisah, bicara lambat, menurunnya koordinasi, nafsu makan meningkat, hal ini merupakan efek samping dari penyalahgunaan Narkoba jenis ….
a. Opium
b. Morfin
c. Kokain
d. Kodein
e. Canabis
15. Jika seseorang mengalami halusinogen yaitu mengubah persepsi pemakai mendengar sesuatu padahal tidak ada, hal ini merupakan efek samping dari penyalahgunaan obat berbahaya jenis….
a. megadone acid
b. methanol acid dienylmide
c. petidine acid diethylamide
d. Lysergic Acid Diethylamide
e. barbitoral acid diethylamide
16. Mengubah persepsi terhadap suatu obyek merupakan efek samping negative yang ditimbulkan dari penyalahgunaan obat berbahaya, hal ini pemakai mengalami apa yang disebut gejala ….
a. tertekan ingatan
b. tertekan syaraf
c. halusinasi
d. halusinogen
e. stress berkepanjangan
a. pembasmi virus
b. pembasmi hama pada tanaman
c. pembasmi tumbuhan liar
d. pembasmi tikus
e. pembasmi bakteri
18. Perkembangan yang memprihatinkan tentang konsumsi rokok oleh kalangan remaja menunjukkan peningkatan, hal ini disebabkan rokok memiliki zat yang mengakibatkan ketergantungan si pemakai, yaitu ....
a. mineral
b. adiktif
c. psikotropika
d. asam
e. nikotin
19. Salah satu usaha untuk menghindari penggunaan narkoba adalah ....
a. membatasi pergaulan
b. berteman dengan gelandangan
c. sering tidak masuk sekolah
d. ketidakharmonisan keluarga
e. memiliki uang yang banyak
20. Bentuk kontak yang memungkinkan terjadinya proses penularan virus HIV adalah sebagai berikut,kecuali….
a. hubungan seksual dengan pengidap
b. transfuse darah yang tercemar virus HIV
c. penularan ibu hamil kepada janin
d. memakai jarum bekas penderita
e. memakai pakaian bekas pengidap HIV
21. Permainan Bola basket diciptakan pada tahun
a. 1945
b. 1891
c. 1981
d. 1889
e. 1898
22. Permainan Bola basket diciptakan oleh seorang instruktur di YMCA yang bernama
a. Dr. James W Morgan
b. Dr. James A William
c. Dr. James A Naismith
d. Dr. William Naismith
e. Dr. Naismith Morgan
23. Operan yang dilakukan dalam permainan Bola basket melalui pantulan disebut
a. Bounce pass
b. Left pass
c. chest pass
d. side pass
e. Over head pass
24. Operan yang dilakukan setinggi dads disebut
a. Bounce pass
b. Over head pass
c. Chest pass
d. Side hand pass
e. Front chest pass
25. Serangan balik yang cepat dilakukan dalam permainan bola basket disebut
a. Fast leak
b. Fast test
c. Fastron
d. Fast break
e. Fartlek
26. Tembakan yang dilakukan dengan menggunakan variasi kaki dalam permainan bola basket disebut
a. Rebound
b. Fast Break
c. Slam dunk
d. Stell
e. Lay Up
27. Gerakan berputar dengan bertumpu pada salah satu kaki dalam permainan bola basket disebut
a. Pivot
b. Petot
c. Pilot
d. Potlot
e. Polling
28. Orang yang bertugas mengatur serangan dalam permainan bola basket disebut
a. Center
b. Guard
c. Play Maker
d. libero
e. Shooter
29. Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 9
30. Lama permainan bola basket tiap quarternya adalah
a. 7 menit
b. 8 menit
c. 9 menit
d. 10 menit
e. 12 menit
31.Salah satu cara memutus rantai penyebaran AIDS adalah....
A. Makan makanan bergizi
B. Penderita jangan memberikan Asi penderita kepada bayinya.
C. Hindari minuman beralkohol
D. Jangan banyak begadang malam
E. Hindari Narkotika/ Drug.
32.Kemampuan otot untuk melakukan serangkain kerja dalam waktu yang lama dinamakan .........
A. Kekuatan
B. Daya tahan
C. Power
D. Flexibilitas
E. kecepatan
33.Induk organisasi Renang dunia adalah .......
A. FIG
B. GIF
C. FINA
D. FIGA
E. FIBA
34.Panjang lintasan renang standart olimpiade adalah .......
A. 25 meteric
B. 100 meter
C. 75 meter
D. 50 meter
E. 10 meter
35.Pada kejuaran renang gaya punggung, posisi start di mulai pada....
A. Tanpa balok start
B. Atas balok start
C. Kanan balok star
D. Kiri balok start
E. Di bawah balok start
36.Pada renag gaya bebas posisi hidung saat menghirup udara.....
A. Menghadap atas
B. Menghadap bawah
C. Menghadap ke samping
D. Menghadap kesegala arah
E. Jawaban semua benar
37.Gerakan lengan pada saat renag gaya kupu- kupu adalah .......
A. Kanan kiri bergantian
B. Diam
C. Menekan air
D. Serentak bersama
E. Semua jawaban salah
38.Dalam perlombaan renag semua gaya pada waktu berbalik dan finish, perenangt harus menyentu.......
A. Dasar kolam
B. Pegangan start
C. Dinding kolam
D. Block start
E. Mengacungkan tangan
39.Teknik memberikan bola kepada teman setim dalam permainan bola voli dinamakan......
A. Passing
B. Jump service
C. Drible
D. Set upper
E. Service
40.Berat peluru untuk putra junior adalah.....
A. 4 kg
B. 5 kg
C. 6 kg
D. 7 kg
E. 3 kg
41.Latihan menaiki bukit yang bertujuan untuk mengembangkan otot gerak kaki disebut .......
A. Interval training
B. Up Hill
C. Down Hill
D. Shuttle Run
E. Cross Countey
42.Latihan lari bolak balik untuk mengembangkan daya tahan dan kelincahan dikenal dengan istilah.....
A. Squat jump
B. Interval running
C. Vertikal jump
D. Suttle run
E. Interval training
43.Masa atau rentang waktu dalam suatu pemulihan setelah melakukan latihan disebut.........
A. Competition
B. Recovery
C. Recording
D. Performa
E. Personality
44.Berikut adalah unsur- unsur kebugaran jasmani, kecuali ......
A. Stretching
B. Strenght
C. Power
D. Speed
E. Endurance
45.Bentuk latihan yang mengharuskan seseorang bergerak dengan cepat dan mengubah arah dengan tangkas tanpa kehilangan suatu keseimbangan disebut latihan.....
A. Daya tahan otot
B. Daya ledak
C. Kecepatan
D. Kelincahan
E. Kekuatan
46.Salah satu komponen dasar kebugaran fisik adalah....
A. Berdiri tegak
B. Pencernaan yang baik
C. Peredaran darah lancar
D. Kekuatan pikiran/ mental
E. Ketahanan paru jantung
47.Senam irama sering juga disebut dengan istilah senam......
A. Kesegaran Jasmani
B. Ritmik
C. Aerobic
D. Yoga
E. Poco- poco
48.Tingkat kelincahan seseorang sangat ditentukan oleh ........
A. Kekuatan otot
B. Daya tahan
C. Kecepatan dan keseimbangan
D. Ketepatan
E. Daya ledak
A. Meningkatkan kecepatan
B. Mengembangkan kekuatan
C. membentuk otot- otot yang kuat
D. Mempertahankan penampilan yang prima
E. Menjaga kondisi fisik agar tetap bugar
50.Hubungan seks menyimpang dapat menyebabkan penularan HIV/ AIDS. Hubungan seks menyimpang yang dimaksud adalah ....
A. Heteroseksual yang sah
B. Suami istri
C. Homoseksual
D. Sebaya
E. Kerabat
Demikian informasi tentang Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun PJOK
Penjasorkes Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.