PERMENTAN NOMOR 30 TAHUN 2023 TENTANG FASILITASI ASURANSI PERTANIAN

Peraturan Menteri Pertanian Permentan Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian


Peraturan Menteri Pertanian Permentan Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, diterbitkan dengan pertimbangan: a) bahwa kegiatan usaha di bidang pertanian tidak luput dari risiko kerusakan dan kerugian yang dapat terjadi karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti; b) bahwa dalam rangka memberikan perlindungan kepada petani dan kegiatan usaha tani dari risiko kerusakan dan kerugian, pemerintah memberikan fasilitasi asuransi pertanian; c) bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pertanian tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian atau Permentani Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, dinyatakan bahwa Asuransi Pertanian dilaksanakan menggunakan asuransi dan asuransi syariah. Asuransi Pertanian diselenggarakan oleh perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi syariah. Perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi syariah harus memperoleh persetujuan produk Asuransi Pertanian oleh Otoritas Jasa Keuangan.

 

Asuransi Pertanian dilakukan untuk melindungi Petani dari kerugian gagal panen. Kerugian gagal panen meliputi: a) Bencana Alam; b) serangan OPT; c) wabah Penyakit Hewan Menular; d) dampak Perubahan Iklim; dan/atau e) jenis risiko-risiko lain. Risiko lain sebagaimana dimaksud ditetapkan oleh Direktur Jenderal atas nama Menteri. Adapun  Jenis Asuransi Pertanian terdiri atas: a) asuransi usaha Tanaman; dan b) asuransi usaha Ternak. Asuransi usaha Tanaman meliputi: Tanaman pangan; hortikultura; dan perkebunan. Asuransi usaha ternak meliputi: Ternak ruminansia; Ternak nonruminansia; dan monogastrik/pseudoruminansia.


Selengkapnya silahkan download dan baca Peraturan Menteri Pertanian Permentan Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian.

 



Link download PermentanNomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Permentan Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, Semoga ada manfaatnya

 

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter