Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan ini dikembangkan sebagai langkah atau proses belajar untuk melakukan perubahan atas praktik pembelajaran dan asesmen yang perlu dilakukan pendidik saat mereka menggunakan Kurikulum Merdeka. Secara teknis pendidik dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahap yang berbeda. Namun demikian, secara filosofis setiap tahap dirancang agar pendidik tetap mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen (Prinsip Pembelajaran dan Prinsip Asesmen dapat dipelajari dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen).
Sebagai contoh, pembelajaran
sesuai tahap capaian peserta didik merupakan praktik yang sangat dianjurkan.
Namun demikian, implementasinya tidak harus langsung pada pembelajaran
terdiferensiasi. Pendidik yang belum percaya diri untuk menerapkannya, dapat
mulai berlatih dengan menerapkan tahap yang paling sederhana, yaitu dengan
melakukan asesmen di awal pembelajaran dan kemudian menjadi lebih peka akan
adanya kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda.
Tahapan
implementasi kurikulum merdeka ini bukanlah suatu
peraturan atau standar yang ditetapkan Pemerintah. Tahapan ini dirancang untuk
membantu pendidik dan satuan pendidikan dalam menetapkan target implementasi
Kurikulum Merdeka. Kesiapan pendidik dan satuan pendidikan tentu berbeda-beda,
oleh karena itu tahapan implementasi ini dirancang agar setiap pendidik dapat
dengan percaya diri mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kepercayaan diri
yang dimaksud merupakan keyakinan bahwa pendidik dapat terus belajar dan
mengembangkan kemampuan dirinya untuk melakukan yang terbaik dalam mengimplementasikan
kurikulum, dan yang lebih penting lagi, dalam mendidik. Kemampuan untuk terus
belajar merupakan modal penting bagi pendidik.
Juga harus diketahui bahwa Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di
Satuan Pendidikan ini dapat digunakan oleh guru, satuan pendidikan,
pemerintah, mitra pembangunan, serta organisasi atau lembaga yang berperan
dalam mendukung implementasi kurikulum lainnya. Adanya pentahapan ini
menunjukkan bahwa guru dan satuan pendidikan dapat mulai mengimplementasikan
pada tahap yang lebih rendah dibandingkan dengan yang lain, namun
pelaksanaannya tetap berpegang pada prinsip-prinsip perancangan kurikulum yang
berlandaskan pada filosofi Merdeka Belajar dan mengarah pada penguatan
kompetensi dan karakter yang telah ditetapkan.
Selengkapnya silahkan
download dan baca Tahapan Implementasi
Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
LINK DOWNLOAD DISINi.
Demikian informasi tentang Tahapan Penerapan IKM di Satuan Pendidikan.
Semoga ada manfaatnya.