SOAL LATIHAN USBN PPKN KURIKULUM 2013

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 22 Februari 2012

Tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menerapkan ujian nasional (UN), sekaligus meningkatkan mutu ujian sekolah dengan menggantinya menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Adapun Mata pelajaran yang masuk kelompok USBN untuk SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.
Dalam rangka memperisapkan diri menghadapi pelaksanaan USBN SMP tahun 2017 ini ada baiknya Kamu mengenal Soal Latihan USBN PPKN SMP/MTS TAHUN 2017 dan Kisi-kisi USBN PPKn 2017. Pada kesempatan ini admin membagian contoh Latihan Soal USBN PPKN 2017 untuk Sekolah yang menggunkan Kurikulum 2013  Contoh ini hanya digunakan sekedar untuk latihan diri serta mencoba kemampuan diri.

Berikut ini contoh Latihan Soal USBN PPKN SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2017 2018 2019 2020 2021 2022
Berikut Lanjutan contoh Latihan Soal USBN PPKN SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2017 2018 2019 2020 2021 2022
Terima kasih sudah membaca info Latihan Soal USBN PPKN SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2017 2018 2019 2020 2021 2022



Latihan USBN PPKn Bagian 2

Berikut ini contoh Soal Latihan dan Jawaban USBN PPKN 

1.     Ideologi dapat dijadikan suatu pedoman dalam suatu kegiatan untuk mewujudkan…………..
a.   kebenaran dan keadilan    
b.   nilai yang termuat didalamnya                     
c.  kebersamaan       
d.  kebebasan dalam berfikir

2.     Ideologi  terbuka, mengandung makna bahwa nilai-nilai ideologi………………
a.   terbuka terhadap pemikiran dan perkembangan baru di masyarakat
b.   tidak dapat dikompromikan dengan kemauan masyarakat
c.   terbuka terhadap pengaruh yang datangnya dari Negara lain
d.   tidak dapat dipaksakan oleh Negara lain


3.     Suatu bangsa yang beraneka ragam ras,etnis,agama dan budaya akan diatur oleh suatu    ideologi yang menjadi………….
a.   pengatur bangsa                c.   pemersatu bangsa
b.   pandangan bangsa            d.   hukum bangsa

4.     Dengan adanya ideologi dimaksudkan untuk mendidik masyarakat agar………….
a.   dapat mengemukakan pendapat sesuai dengan suara hati
b.   tidak ada pemaksaan terhadap suatu peraturan
c.   dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
d.   bertingkah laku sesuai dengan norma yang berlaku

5.     Secara historis nilai-nilai pancasila itu sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak………..
a.   dipimpin oleh rakyatnya sendiri
b.   pra kemerdekaan Indonesia
c.   proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945
d.   bangsa Indonesia itu sudah bisa berdiri sendiri

6.     Menurut Notonegoro terjadinya pancasila sebagai dasar filsafat Negara memuat hal sebagai berikut, kecuali………
a.   bahan                                c.   bentuk
b.   tujuan                                 d.   janji

7.     Pancasila yang dinyatakan resmi rumusanya  terdapat dalam……….
a.  Sidang BPUPKI                 c.   Jakarta carter
b.  UUD 1945                          d.   Pembukaan UUD 1945

8.     Sebagai sumber dari segala sumber hokum, pancasila memiliki fungsi………
a.  tujuan bangsa                     c.   dasar Negara
b.  pemersatu bangsa             d.   perjanjian bangsa

9.     Perilaku  yang kurang sesuai dengan kreteria Nasionalisme Pancasila yaitu…………..
a.    ikut bekerja bakti di kampong        
b.    hanya bergaul dengan kelompoknya saja        
c.   menghormati orang lain
d.   berbuat secara adil dan benar

10.  Menghargai orang lain merupakan sikap orang yang merdeka,oleh sebab itu kebebasan yang diperoleh hendaknya……………
a.    dipergunakan sebagai alat menjadikan orang lain menjadi keluarga dalam rumah tangga
b.    dipergunakan sebagai alat menjadikan orang lain merasa resah tidak bahagia
c.    dipergunakan alat menjadikan orang lain tidak bahagia
d.    dipergunakan sebagai alat orang lain merasa sejahtera dan bahagia

11.  Penerapan nilai-nilai pancasila dapat dibangun dan ditumbuhkembangkan melalui proses…
a.    sosialisasi dengan masyarakat
b.    pembelajaran tentang nilai dan sikap yang sesuai dengan pancasila
c.    perkembangan dan pertumbuhan sifat manusia
d.    pembenahan diri

12.  Di bawah ini merupakan usaha-usaha untuk melestarikan budaya bangsa, kecuali………
a.    memasukkan nilai-nilai budaya bangsa melalui kurikulum pendidikan dasar di sekolah
b.    mengadakan pertukaran budaya antar wilayah
c.    memberikan dukungan moril dan materiil  dalam upaya pembinaan sanggar budaya
d.    menjakan budaya asing menjadi budaya bangsa

13.  Menurut cara mengubah konstitusi,apabila konstitusi dalam merubahnya tidak memerlukan cara yang istimewa maka konstitusi tersebut bersifat……………
a.    rigit                            c.   tertulis
b.    fleksibel                    d.   kaku

14.  Bentuk pemerintahan pada masa konstitusi RIS ialah………….
a.    republik                     c.   kesatuan
b.    federal                       d.   kerajaan

15.  Berikut ini yang bukan merupakan sifat konstitusi adalah………….
a.    supel dan lemah     c.   tertulis dan tidak tertulis
b.    fleksibel                    d.   rigid

16.  Istilah konstitusi berasal dari kata constituer kata constituer berasal dari bahasa………….
a.    Belanda                    c.   Prancis
b.    Inggris                       d.   Italia

17.  Konstitusi dalam arti hukum memerlukan syarat,yaitu…………….
a.    bentunya sebagai naskah tertulis merupakan undang undang yang berlaku dalam suatu             Negara
b.    isinya merupakan suatu kebiasaan di masyarakat
c.    merupakan suatu kesepakatan antara dua belah pihak
d.    ditetapkan oleh masyarakat setempat

18.  Jika sebuah konstitusi tidak mudah mengikuti perkembangan zaman,maka konstitusi tersebut bersifat……………
a.    fleksibel                    c.   rigid
b.    kontinew                   d.   langgeng

19.  Penyimpangan konstitusi pada masa orde baru adalah…………..
a.    penyelenggara yang otoriter                                 
b.    presiden adalah mandataris MPR                       
c.   presiden mengangkat duta dan konsul
d.   presiden mengangkat menteri Negara

20.  UUD 1945 merupakan peraturan Negara yang tertinggi dalam………….
a.    urutan perundangan                                             
b.    tata urutan perundang-undangan                                  
c.   negara republic Indonesia
d.   hararki hukum Indonesia

21.  Lembaga yang memiliki  wewnang mengubah UUD adalah……………
a.    MPR                          c.   DPR
b.    presiden                   d.   MA

22.  Salah satu manfaat adanya peraturan perundang- undangan adalah………………
a.    menghambat kreatifitas masyarakat                   
b.    mengatur kehidupan masyarakat                                   
c.   menjaga keamanan dan ketertiban
d.   memperluas KKN

23.  UUD 1945 isinya telah banyak mengalami  perubahan,hal ini disebabkan…………
a.    masyarakat yang senantiasa berkembang
b.    anjuran pemerintah
c.    tuntutan masyarakat yang meminta untuk dirubah
d.    disesuaikan dengan dinamika perkembangan masyarakat

24.  Menurut Ismail Sunny perubahan konstitusi dapat terjadi karena hal sebagai berikut,kecuali…
a.    permintaan Negara            c.   penafsiran hokum
b.    perubahan resmi                d.   konvensi

25.  Perubahan ketiga UUD 1945 terjadi pada tanggal……
a.    19 Agustus 1999     c.  10 Agustus 2000
b.    18 Agustus 2001     d.  10 Nofember 2001

26.  Terjadinya pelanggaran terhadap suatu peraturan dapat menyebabkan …..
a.    keresahan masyarakat                                          
b.    turunya  martabat   
c.   cita-cita yang kandas
d.   penderitaan yang berkepanjangan

27.  Sikap positif kita terhadap peraturan perundangan dapat mendukung pribadi kita dalam menerapkan……………
a.    kesadaran                c.   keinginan
b.    kedisiplinan              d.   keadilan

28.  Di antara perundang-undangan di bawah ini yang tertinggi tingkatanya  adalah………
a.    peraturan pemerintah             c.   keppres
b.    perpu                                     d.   undang-undang

29.  Apabila perpu dibuat oleh presiden tidak mendapat persetujuan dari DPR maka
a.    diajukan ke persidangan selkanjutnya              
b.    dicabut                      
c.   tetap di sahkan
d.   direvisi

30.  Peraturan pemerintah diadakan untuk menjalankan………….
a.    TAP MPR                 c.   keppres
b.    peraturan daerah    d.   undang-undang

31.  Tata urutan peraturan perundang-undangan  RI berdasarkan pada ketetapan MPR nomor…….
a.    I/MPR/2000              c.   III/MPR/2000
b.    II/MPR/2000             d.   IV/MPR/2000

32.  Kekuasaan membuat undang-undang dipegang oleh suatu badan ,yaitu………..
a.    badan eksekutif                  c.   badan legeslatif
b.    badan konstituante            d.   badan yudikatif

33.  Proses penyusunan peraturan perundang-undangan dimulai dengan tahap inisiasi yaitu………
a.    munculnya gagasan dalam masyarakat                        
b.    penampungan gagasan dari berbagai sumber            
c.   perumusan dalam bahasa hokum
d.   pengundangan dalam lembaran Negara

34.  RUU yang diajukan oleh presiden maupun DPR diproses melalui………..
a.    permusyawaratan dalam persdidangan  DPR secara demokratis
b.    pemilihan umum
c.    beberapa kali  masa sidang
d.    proses yang rumit

35.  Suatu upaya untuk menekan terjadinya korupsi di Indonesia dengan cara…………….
a.    menjadikan korupsi sebagai suatu pengalaman         
b.    meneliti hasil kekayaan Negara                          
c.   menghukum seberat-beratnya koruptor
d.   hanya disuruh mengganti uang saja

36.  Di Indonesia kasus korupsi sulit diberantas, salah satunya disebabkan oleh…………..
a.    lemahnya hokum di Indonesia
b.    hakim yang dapat dipermainkan
c.    negara yang super power
d.    aparat penegak hokum takut pada pemerintah yang berkuasa

37.  Tindakan korupsi bertentangan dengan perbuatan pancasila pada sila ke………….
a.    satu dan dua           c.   empat dan lima
b.    satu dan lima           d.   dua dan lima
38.  Warga Negara yang melakukan tindakan pidana korupsi harus………………
a.    ditindak saj, besok akan terkena hokum karma
b.    ditindak menurut hokum yang berlaku
c.    ditindak menurut petunjuk  dari penyelenggara Negara
d.    ditindak menurut kehendaknya sendiri

39.  PK berwenang untuk melakukan tindakan seperti dibawah ini, kecuali………..
a.    merampas harta kekayaan seseorang hasil darikorupsi
b.    melakukan penyadapan dan merekam  pembicaraan
c.    meminta data kekayaan dan kekayaan tersangka kepada instansi terkait
d.    memblokir rekening seseorang yang  diduga hasil korupsi

40.  Dalam menjalankan tugas  dan wewenangnya, komisi pemberantasan korupsi berasaskan pada……
a.    keterbukaan dan kejujuran                                  
b.    kepastian hokum dan proporsionalitas              
c.   kepandaian dan keahlian
d.   akuntabilitas dan kecerdikan


Jawaban Latihan USBN PPKn Bagian 2 

1.A                   11.B                 21.A                 31.C
2.A                   12.A                 22.B                 32.C
3.C                   13.B                 23.D                 33.A
4.D                   14.A                 24.A                 34.A
5.B                   15.A                 25.D                 35.C
6.D                   16.C                 26.A                 36.A
7.D                   17.A                 27.A                 37.B
8.C                   18.C                 28.D                 38.B
9.B                   19.A                 29.B                 39.A
10.D                 20.B                 30.D                 40.B





= Baca Juga =







Blog, Updated at: 07.50.00

0 komentar:

Posting Komentar

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB