Suksekan Pelaksanaan UN SMA/SMK/MA dan Paket C tanggal 14 – 16 April 2014, serta Pelaksanaan UN SMP/MTS dan Paket B tangal 5 – 8 Mei 2014

STRUKTUR KURIKULUM SMP 2013, KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DAN MATA PELAJARAN LAINNYA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) / MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Posted by Aina Mulyana Kamis, 07 Maret 2013 0 komentar
Untuk membantu rekan-rekan guru SMP dan MTs dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam upload kali ini saya tuliskan Struktur Kurikulum 2013 dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran PPKn, dan mata pelajaran lainnya beserta Dokumen Kurikulum 2013


A.   STRUKTUR KURIKULUM 2013

MATA PELAJARAN
Alokasi Belajar Perminggu
VII
VIII
IX
Kelompok A



1
Pendidikan Agama
3
3
3
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
3
Bahasa Indonesia
6
6
6
4
Matematika
5
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
5
5
5
6
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
4
4
4
7
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B



8
Seni Budaya (termasuk muatan Lokal)
3
3
3
9
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
3
3
3
10
Prakarya (termasuk muatan Lokal)
3
3
3
Jumlah Alokasi Waktu Perminggu
38
38
38


B.  KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN PPKn PADA KURIKULUM 2013

KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia  dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
2.1    Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2  Menunjukan perilaku sesuai norma-norma dalam  berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3    Menunjukkan sikap toleranterhadap  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
2.4    Menunjukkan  semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara 
3.2 Memahami sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
3.3    Memahami isi  alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945  
3.4 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5 Memahami  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
3.6    Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7  Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1  Menyajikan tulisan singkat tentang “sejarah dan semagat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2    Menyajikan tulisan singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
4.3    Membuat kajian isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5    Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai  dalam keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6    Menampilkan perilaku kebersatuan dalam  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
4.7    Menyajikan  karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI


KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan Negara
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.2    Menunjukkan semangatkebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam dalam menetapkan UUD1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3    Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar 
2.4    Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5    Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2  Menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3  Mendiskusikan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
3.4  Membedakan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5  Memahami hak asasi manusia dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6    Mendeskripsikan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
3.7    Mendiskusikan unsur-unsur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2    Menyajikan hubungan fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3    Melaksanakan kewajiban sesuai  peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari 
4.4  Melaksanakan hasil pengamatan tentang norma, dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Indonesia
4.5 Mengamati dan melaksanakan kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6 Mengamati dan melakukan kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
4.7 Mengamati dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh

KELAS IX

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menghayati perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Menunjukkan penghargaan terhadap  keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.2  Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.3    Menunjukkan sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.4 Meneladani semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5    Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI 
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Menelaah dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2  Menelaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3  Menelaah norma hukum dan sistem penegakkan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.4  Mengemukakan perbedaan  baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila
3.5  Memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat 
3.6  Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.2  Menyajikan tulisan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3  Melaksanakan kewajiban dan menegakkan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4  Menampilkan contoh sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
4.5    Merumuskan dan mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
4.6    Menampilkan kajian dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan


BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN LAINNYA KHUSUS UNTUK SMP DAN MTS DAPAT DIDOWNLOAD DI SINI.

SEDANGKAN BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 DAPAT DI DOWNLOAD DISINI.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: STRUKTUR KURIKULUM SMP 2013, KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DAN MATA PELAJARAN LAINNYA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) / MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Ditulis oleh Aina Mulyana
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ainamulyana.blogspot.com/2013/03/struktur-kurikulum-smp-2013-kompetensi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Cek Data Guru / PTK

Cek SK Pencairan Tunjangan

HALAMAN UTAMA ( BERANDA )

CARA CEPAT MENCARI ARTIKEL DIBLOG INI

1) Klik Banner ARSIP BLOG, Selanjutnya Klik Tahun atau Bulan. Di Situ Anda Akan Menemukan Judul Artikel, Selanjutnya Anda Tinggal Mengklik Judul Artikel Yang Akan Dikunjungi. 2) Klik PAGE 1,2,3 dst yang Ada di bagian bawah Posting, Kemudian klik Judul Artikel yang Akan dikunjungi. Trims

Statistik Tayang

Cek Pangkat / Golongan

Cek NUPTK

Cek NRG

Jadwal Shalat Untuk Pandeglang dan Sekitarnya

Renungan

Info Publik

Belajar SEO dan Blog | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.