CARA CEK KEASLIAN IJAZAH, APAKAH TERDAFTAR DI PANGKALAN DATA PT DIRJEN DIKTI

Sering kita ingin mengetahui atau sekedar iseng ingin tahu apakah ijazah yang kita miliki terdapat atau tidak di Perguruan Tinggi, karena tidak sedikit lulusan atau mahasiswa terutama dari PTS terkadang tidak terdaptar di Di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.  Pengecekan status mahasiswa di Portal ini bisa untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baik jenjang Diploma, Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3).

Berikut ini cara cek LULUSAN atau Mahasiswa di Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi  atau portal PDDIKTI.

Pertama,  buka alamat http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau DISINI

Cek Mahasiswa / Lulusan/ Alumni


New Info: Cara Cek keaslian Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi bagi Anda lulusan yang sudah memiliki PIN (Penomoran Ijazah Nasional) Silahkan DISINI

New Info : Data Jumlah Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Lulusan Terbanyak SebagaiReferensi Bagi Siswa Sma Sederajat Dan Calon Mahasiswa Baru

New Info: Ini Daftar PTS (Perguruan Tinggi Swasta) Yang Telah Terakreditasi A


Kedua, isi format yang tersedia yakni Tulis Nama Perguruan Tinggi (misalnya UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA) tulis sebagian dari kata itu nanti akan muncul pilihan yang dapat kita pilih. Lalu Program Studi dan Jurusan, Kemudian Tulis Kata Kunci dengan menulis Nama atau NIM selanjutnya tulis KODE CAPTCHA.



Ketiga, Pilih Tombol CARI MAHASISWA



Keempat, Jika sudah ditemukan, Pilih pada NAMA maka akan muncul status mahasiswa tersebut apakah masih aktif atau sudah lulus. Bahkan akan diketahui tanggal lulusnya.




Terima Kasih, Mudah-mudahan bermanfaat


Cara Cek keaslian Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi bagi Anda lulusan yang sudah memiliki PIN (Penomoran Ijazah Nasional) Silahkan  DISINI

Demikian info tentang cara cek LULUSAN atau Mahasiswa di Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi  atau portal PDDIKTI. Terima Kasih


=============================




= Baca Juga =



46 comments:

  1. Saya sudah coba beberapa kali tapi tidak muncul datanya
    Dulunya kuliah di IKIP Bandung Pend. Matematika S1 angkatan 1990
    Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikip berubah nama jadi upi carinya pake nim akang

      Delete
    2. coba carinya di UPI pake NIM

      Delete
    3. untuk dapat memunculkan silahkan hubungi kampus asal

      Delete
    4. bagaimana cara untuk melihat daftar nama lulusan kampus yang terdaftar di data dikti?

      Delete
  2. wah masi banyak juga yah ijazah palsu, ternyata ada juga cara buat ngeceknya hehe, makasih infonya mas, bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  3. status masih aktif di dikti tapi kenyataannya bisa ikut PLPG 2015

    ReplyDelete
  4. ada teman sya dah lulus sekitar 4 bulan lalu, tapi dicek kok masih berstatus mahasiswa aktif, siapa yg salah nhe?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas infonya,Pengecekan Ijazah secara online ini dapat membantu kami untuk mendapatkan kepastian

    ReplyDelete
  6. saya cari nama mahasiswa tidak keluar gmn caranya

    ReplyDelete
  7. terima kasih gan

    Baca juga : cara cek keaslian ijazah di dikti
    http://www.posnegeri.com/cara-cek-keaslian-ijazah-pada-dirjen-dikti/

    ReplyDelete
  8. silahkan kunjungi posnegeri.com

    ReplyDelete
  9. Terima kasih, sudah membantu, mudah-mudahan jadi amal sholeh bagi anda, dan mendapat Pahala, aminn

    ReplyDelete
  10. nama dikti saya tidak sama dgn nama ijasah saya padahal nama di ijasah yang betul..cara rubahnya bagaimana cuma beda dikit

    ReplyDelete
  11. saya sudah lulus ,tapi knpa statusnya msh aktif ya?
    hadeuh......masalah gk sih?

    ReplyDelete
  12. Cara login ke forlap diktinya itu gmna ya caranya ? Soalnya klo langang cari status mahasiswa ga muncul datanya tapi ada tabel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dulu tulisan di atas secara lengkap sebelum login ke forlap

      Delete
  13. Untuk username dan paswordnya gimana

    ReplyDelete
  14. kalau menguji keaslian ijazah paket B Bagaimana pula caranya mohon petunjuk

    ReplyDelete
  15. Aku jg g terdaftar di akademi pariwisata makassar? Sdh isi tabel malah jawabanx kode pengaman salah mlulu

    ReplyDelete
  16. Mbak, mau tanya. Nama saya terdaftar di PDDIKTI, tapi saat saya mencoba mendaftar sm3t data saya tidak terdaftar katanya...Gimana itu ya mbak
    thanks before ya..

    ReplyDelete
  17. terima kasih infonya.
    alau untuk transkrip nilai gmn?, apakah ada cara yg mudah juga untuk bisa cek keaslian nilai di transkrip?
    Mksh.

    ReplyDelete
  18. saya dr d3 dari kampus A setelah lulus dan dapat ijasah saya lanjutin ke s1 Kampus B. data dikti yg ijasah d3 tidak ada..? padahal temen2 saya terdaftar semua. solusinya gmna ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapor ke Kampus yang bersangkutan agar didata di Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi atau portal PDDIKTI

      Delete
  19. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  20. IANI LANGSA GAK BISA DI CEK DATA MAHASISWANYA

    ReplyDelete
  21. Mas,yayasan kampus saya berseteru sehingga terpecah menjadi 2, pihak kampus saya tidak memiliki account Dikti, sehingga kami para alumninya masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif, karena yang memegang account nya adalah pihak kampus lain, adakah solusinya?

    ReplyDelete
  22. Punya saya koq tanggal lulusnya beda sama yg d ijazah iya

    ReplyDelete
  23. SAYA LULUS UT TAHUN 2013 TAPI NIM SAYA GAK MASUK , FORLAP PADAHAL SAYA SUDAH NGURUS DI TEMPAT KULIAH

    ReplyDelete
  24. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  25. Kok yg keluar cuma tabel kosong sih.. Udah coba 4x malah. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  26. Bagi mahasiswa yang belum lulus dan belum dapat ijazah,apakah bisa melanjutkan kembali kuliahnya.Saya dulunya mahasiswa universitas sebelas maret.

    ReplyDelete
  27. Apakah bagi mahasiswa yang belum lulus dan belum mendapatkan ijazah bisa melanjurkan lagi perkulihannya,Saya dulunya mahasiswa UNS Surakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa, tapi daptar lagi (biasanya masuk kelas karyawan dan sejenisnya). Coba saja hubungi PT ybs

      Delete
  28. apakah dikti eror ya? kok buat ngecek kembali ke page awal

    ReplyDelete
  29. Nama dan Perguruan Tinggi saya terdaftar di forlap dikti..yg jadi masalah PTnya dah dibekukan...para alumni mau legalisir kemana..tlng dong...trmksh

    ReplyDelete
  30. Nama dan Perguruan Tinggi saya terdaftar di forlap dikti..yg jadi masalah PTnya dah dibekukan...para alumni mau legalisir kemana..tlng dong...trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi Kopertis di wilayah PT tersebut berada

      Delete
  31. Assalamualaikum,
    Saya mau tnya pak Aina
    Apa saya bisa melanjutkan s2 kalau pake skl, krna ijazahnya masih dlm proses. Trimakasih

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum,, saya lulusan 2014, tpi saya cek mor seri ijaza saya tidak terdaftar di dikti.. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  33. Kalo mau dicetak, bgmana caranya pak?

    ReplyDelete
  34. mohon bantuannya kenapa situs forlap dikti ga bisa dibuka terus

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter