Soal Latihan PAT
(UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013. Sebagaimana di
ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas
(UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT
atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian
SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir
semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan
konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan
tersebut.
Berdasarkan
ketentuan tersebut maka materi Ulangan
Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia SMP
Kelas 7 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan
PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 adalah Materi Aktivitas
Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara,
Hindu-Buddha, dan Islam.
Berikut
ini contoh Soal Latihan PAT (UKK) Bahasa
Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013
1. Yang bukan
merupakan ciri-ciri pantun adalah ….
a. Setiap baris terdiri atas empat bait
b. Bersajak a-b-a-b
c. Baris pertama dan kedua berupa sampiran
d. Baris ketiga dan keempat sebagai isi
Jawaban A
a. Setiap baris terdiri atas empat bait
b. Bersajak a-b-a-b
c. Baris pertama dan kedua berupa sampiran
d. Baris ketiga dan keempat sebagai isi
Jawaban A
2. Perhatikan Kutipan
PantuN berikut ini
(1) Sari kelapa buah nira
(2) Nira diolah untuk sedekah
(3) Gembira hati tiada terkira
(4) Ibu datang bawa hadiah
(1) Sari kelapa buah nira
(2) Nira diolah untuk sedekah
(3) Gembira hati tiada terkira
(4) Ibu datang bawa hadiah
Berdasarkan pantun di
atas, baris yang merupakan sampiran kalimat nomor….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Jawaban A
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Jawaban A
3. Faras sangat gembira, sepeda yang ia impikan
selama ini menjadi kenyataan. Sepeda itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat
peringkat di kelas.
Pantun
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Kota
Jambi kota beradat
Tempat tinggal sanak saudara
Mari kita belajar giat
Supaya kelak tidak sengsara
Tempat tinggal sanak saudara
Mari kita belajar giat
Supaya kelak tidak sengsara
B. Raja
buah si raja pisang
Sedap disantap di kala senja
Riang hati bukan kepalang
Sepeda impian di depan mata
Sedap disantap di kala senja
Riang hati bukan kepalang
Sepeda impian di depan mata
C. Buah
duku buah durian
Dibeli ibu di pasar kenari
Senang hati dapat undian
Seperti mimpi siang hari
Dibeli ibu di pasar kenari
Senang hati dapat undian
Seperti mimpi siang hari
D. Ke
Selat beli ikan selar
Beli juga tempoyak durian
Jika kita rajin belajar
Prestasi tinggi mudah diraih
KUNCI JAWABAN : B
Beli juga tempoyak durian
Jika kita rajin belajar
Prestasi tinggi mudah diraih
KUNCI JAWABAN : B
4. Perhatikan pantun
berikut!
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A. (1) Jangan ragu
berbuat baik
(2) Senyum saja sudah ibadah
(2) Senyum saja sudah ibadah
B. (1) Pikir dulu
sebelum bertindak
(2) Menyesal kemudian tiada guna
(2) Menyesal kemudian tiada guna
C. (1) Supaya tidak
sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
D. (1) Mari kita jalin
silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara
(2) Untuk menambah sanak saudara
KUNCI JAWABAN : C
5. Setelah berusaha
belajar lebih giat dan serius, Danang mendapat peringkat pertama di kelas. Ia
sangat senang karena akan memperoleh hadiah atas prestasinya itu.
Pantun yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Bila
kita ingin ke pasar
Pasar modern ada di mall
Ayo kita bergiat belajar
Supaya nilainya maksimal
Pasar modern ada di mall
Ayo kita bergiat belajar
Supaya nilainya maksimal
B. Kuda
poni si kuda kepang
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
C. Sari
kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
D.
Pergi ke goa Jatijajar
Banyak orang bertamasya
Mari kita giat belajar
Supaya orang tua bahagia
Kunci Jawaban : B
Banyak orang bertamasya
Mari kita giat belajar
Supaya orang tua bahagia
Kunci Jawaban : B
6. Perhatikan pantun
berikut!
Rumput jadi rakit sederhana
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .…
A. (1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih
B. (1) Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja keras dan ibadah
C. (1) Meskipun sedikit harta
(2) Jangan lupa bersedekah
D. (1) Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman
Kunci Jawaban : C
Rumput jadi rakit sederhana
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .…
A. (1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih
B. (1) Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja keras dan ibadah
C. (1) Meskipun sedikit harta
(2) Jangan lupa bersedekah
D. (1) Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman
Kunci Jawaban : C
Bacalah kutipan puisi berikut
untuk menjawab pertanyaan No 7 s/d 10
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di
hari pagi
Beta
lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…………………….
(A.Hasyim)
Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna
lambang …
a. Waktu
sore hari
b. Kehidupan manusia
c. Suasana senja
d. Masa tua
Jawaban C
7. Maksud
bait kedua puisi tersebut adalah…
a. Seseorang
yang lengah dipagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
b. Seseorang
yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta
c. Seseorang
yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
d. Seseorang
yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita
di hari tua
Jawaban
D
8. Persarmaan
bunyi yang terdapat pada baris pertama puisi di atas adalah....
a.
hilang dan melayang
b.
pagiku dan hilang
c.
pagiku dan melayang
d.
sudah dan melayang
Jawaban
A
9. Majas
personifikasi dalam puisi di atas terdapat dalam baris....
a. 1
dan 2
b. 2
dan 3
c. 1
dan 4
d. 3
dan 4
Jawaban
C
10. Cermati
ciri-ciri puisi berikut !
i. Bersajak
a – a – a – a
ii. Isi
semua tidak ada sampiran
iii. Berasal
dari Melayu (Indonesia)
iv. Setiap
bait terdiri dari 2 baris
Manakah yang termasuk
ciri-ciri syair...
a. i,ii
b. i,iii
c. ii,iv
d. iv,i
Jawaban A
Untuk
menjawab soal 8,9,10 bacalah puisi berikut:
Alamku ini
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rumputan misteri
alamku ini memang begini
dapat dipastikan
perubahan yang terhenti
8. Makna kias kering kerontang pada bait puisi tersebut adalah...
a. penyesalan
b. kesunian
c. keputusasaan
d. penderitaan
Jawaban C
9.
Maksud puisi tersebut adalah...
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b.ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b.ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya
Jawaban
D
10.
Suasana yag tergambar dalam puisi tersebut adalah....
a. galau
b. gelisah
a. galau
b. gelisah
c.
sedih
d.
harmonis
Jawaban
A
11. Baca
penggalan puisi di bawah ini:
Dirimu....
Aku sangat mencintai
dirimu
Walau kini aku
terpisah dengan dirimu
Tapi aku akan selalu
ada untuk dirimu
Sampai kapan pun
cintaku hanya untuk dirimu
Majas yang di gunakan
dalam penggalan puisi di atas adalah:
a.
Personofikasi
b.
Hiperbola
c.
Repetisi
d.
Epifora
Jawaban D
Bacalah
puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan Soal nomor 12 dan 13!
... Wahai sahabat
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...
12. Tema puisi
tersebut adalah ...
a. Persahabatan
b. Kegelisahan
c. Perdamaian
c. Perdamaian
d. Kelelahan
Jawaban A
13. Suasana yang
tergambar pada puisi tersebut adalah ...
a.
semangat
b. tegang
c. sedih
d. sunyi
d. sunyi
Jawaban A
14. Sajak
kita
Dik, pagi kita cerah
Akankah hari ini kita indah
Dik, jika senja kita merah
Mungkinkah malam benderang dengan sinar mentari
.....
Dik, rimba kita gersang
Sanggupkah kita menadah hujan-Nya kelak kita
Dia curahkan diam diam
Kalimat yang bermajas untuk melengkapi bangian yang rumpang pada puisi tersebut yang tepat....
a. malam begitu indah
b. cinta kita selalu ada
c. pasti hidupmu bahagia
d. adakah rumah yang ramah untuk kita
Akankah hari ini kita indah
Dik, jika senja kita merah
Mungkinkah malam benderang dengan sinar mentari
.....
Dik, rimba kita gersang
Sanggupkah kita menadah hujan-Nya kelak kita
Dia curahkan diam diam
Kalimat yang bermajas untuk melengkapi bangian yang rumpang pada puisi tersebut yang tepat....
a. malam begitu indah
b. cinta kita selalu ada
c. pasti hidupmu bahagia
d. adakah rumah yang ramah untuk kita
Jawaban D
15. Cintaku Jauh Di Pulau
Amboi! Jalan sudah
bertahun kutempuh !
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa ajal mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa ajal mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku
(Chairil Anwar)
Suasana dalam puisi di atas adalah....
a. sedih
b.marah
c.gembira
d. kecewa
Jawaban A
16. Makna
perahu pada kutipan puisi tersebut adalah...
a. kehampaan
b. kematian
c. kehidupan
d. kepercayaaan
Jawaban C
17.
Pahlawan Tak Dikenal
Sepuluh tahun yang
lalu, dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya berkata, kita sedang perang
Dia tidak tahu bilamana ia datang
Kedua tangannya memeluk senapan
Dia tidak tahu untuk siapa dia datang
Kemudian dia terbaring, tetapi bukan tidur, sayang
…………………………………………….
(Toto Sudarto Bahtiar)
Puisi Pahlawan Tak Dikenal menuturkan tentang . . . .
a. Seseorang yang sedang berjuang di medan perang
b. Pemimpin perang sedang memimpin pertempuran
c. Kematian seorang pejuang karena tertembak
d. Seseoran yang terbaring sakit karena tertembak di medan pertempuran
Jawaban C
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya berkata, kita sedang perang
Dia tidak tahu bilamana ia datang
Kedua tangannya memeluk senapan
Dia tidak tahu untuk siapa dia datang
Kemudian dia terbaring, tetapi bukan tidur, sayang
…………………………………………….
(Toto Sudarto Bahtiar)
Puisi Pahlawan Tak Dikenal menuturkan tentang . . . .
a. Seseorang yang sedang berjuang di medan perang
b. Pemimpin perang sedang memimpin pertempuran
c. Kematian seorang pejuang karena tertembak
d. Seseoran yang terbaring sakit karena tertembak di medan pertempuran
Jawaban C
18 .
Tema puisi Pahlawan Tak Dikenal adalah . . . .
a. social
b. religious
c..heroisme
d. romantisme
Jawaban A
19.
Rima puisi Pahlawan Tak Dikenal bait pertama adalah....
A. a-b-a-b
B. b-a-a-a
C. a-b-b-a
D. a-a-b-a
Jawaban b
20. Keindahan puisi
di atas terlihat dari kepandaian penyair memilih kata. Salah satunya adalahkata
terbaring. Makna kata tersebut adalah ...
a. Tidur
b. Pingsan
c. sakit
d. gugur
Jawaban D
21. Orang yang
diungkapkan dalam puisi Pahlawan Tak Dikenal adalah seorang yang ikhlas membela
bangsa, yang diisyaratkan dengan kalimat . . . .
a. Dia terbaring
tetapi bukan tidur
b. Dia tidak tahu bilamana dia datang
c. Dia memeluk senapan
d. Matinya sambil tersenyum
Jawaban B
b. Dia tidak tahu bilamana dia datang
c. Dia memeluk senapan
d. Matinya sambil tersenyum
Jawaban B
22. Cermati
puisi berikut!
Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiap-tiap akan kering sendiri
dan nahkoda sudah tahu pedoman
boleh engkau dating padaku
(Surat dari Ibu,Asrul Sani)
Makna lambang dari dan nahkoda sudah tahu pedoman adalah . . .
Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiap-tiap akan kering sendiri
dan nahkoda sudah tahu pedoman
boleh engkau dating padaku
(Surat dari Ibu,Asrul Sani)
Makna lambang dari dan nahkoda sudah tahu pedoman adalah . . .
a. sudah mencari
pedoman hidup
b. sudah menemukan
arah dan tujuan
c. sudah mempunyai
pasangan hidup
d. sudah berilmu dan
berpengetahuan
Jawaban B
23. .Cermati
penggalan puisi berikut!
Dengan bermandi mata
kuminta ampunanMu
Alangkah jauh jalan yang harus kutempuh
Sebelum sempat di hadiratMu bersimpuh
Maksud penyair untuk menggambarkan kehidupan yang terasa susah, Nampak dalam baris .. . . .
a.Dengan bermandi
b.kuminta ampunanMu
c.Alangkah jauh
d.jalan yang harus kutempuh
Jawaban C
kuminta ampunanMu
Alangkah jauh jalan yang harus kutempuh
Sebelum sempat di hadiratMu bersimpuh
Maksud penyair untuk menggambarkan kehidupan yang terasa susah, Nampak dalam baris .. . . .
a.Dengan bermandi
b.kuminta ampunanMu
c.Alangkah jauh
d.jalan yang harus kutempuh
Jawaban C
24. Perhatikan
kutipan puisi lama berikut ini
Tubuh biru
Tatapan mata biru
Lelaki terguling di jalan
Lewat gardu belanda
dengan bumi
Berlindung warna
malam
Sendiri masuk
kotaIngin ikut ngubur ibunya
Tema puisi tersebut
adalah …….
a. perlawanan
b. keberanian
c. kekejaman
d. Perjuangan
Jawaban D
25. Yang
Terempas Dan Yang Putus…….
Aku berbenah diri
dalam kamar,
dalamDiriku jika kau
datang
Dan aku bisa lagi
lepaskan kisah baru padamu
Tapi kini hanya
tangan yang bergerak lantang
Tubuhku diam dan
sendiri, cerita dan peristiwa berlahan beku
(Oleh : Chairil Anwar)
Isi penggalan puisi
tersebut menyatakan keadaan orang yang….
a. Sedang
mempersiapkan untuk berbelanja
b. Sedang
berhias didepan cermin di dalam kamar
c. Pasrah dalam
menghadapi kematian
d. Mempersiapkan diri
untuk menyambut kekasih
Jawaban C
26. Perhatikan
kutipan puisi berikut ini
Dengan teman tak usah
sombong
Supaya tidak seperti
telepong
Bentuk puisi di atas
termasuk ...
A. bidal
B.
pantun
C. tamsil
D.
karmina
Jawaban A
27. Barang
siapa mengenal Allah
Suruh dan tegahnya tiada
ia mengalah
Puisi lama diatas
termasuk....
a. Syair
b. Gurindam
c. Pantun
d.
Karmina
Jawaban B
28. Banyak bulan perkara bulan
Tiada semulia bulan
puasa
Banyak tuhan perkara
tuhan
Tidak semulia Tuhan
Yang Maha Esa
Puisi lama diatas,
berisika tentang....
a. Teka
–
teki
b. Jenaka
c. Nasihat
d. Agama
Jawaban D
29. Perhatikan
puisi berikut!
Berderak – derak
sangkutan dacing,
Bagaikan putus
diimpit lumpang.
Bergerak – gerak
kumis kucing,
Melihat tikus bawa
senapan.
Berdasarkan jenisnya
pantun diatas termasuk kedalam....
a. Pantun
jenaka
b. Pantun
teka – teki
c. Pantun
nasihat
d. Pantun
muda – mudi
Jawaban A
30. Perhatikan
potongan puisi berikut!
………………………………..
Berangan besar
didalam padi.
Pantun tidak mengata
orang,
Janganlah syak
didalam hati.
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi puisi pantun tersebut adalah....
a. Buah
ara, batang dibantun
b. Mari
dibantun dengan parang.
c. Cempedak
di kerat - kerati
d. Sembarang
dapat saya pantunkan
Jawaban b
31. Buah
duku buah durian
.....
Sengang hati dapat
undian
Semperti mimpi di
siang hari
Sampiran yang tepat
untuk mengisi bagian yang rumpang pada puisi tersebut adalah....
a. Buah
pepaya buah duku
b. Buah
manggis buah rambutan
c. Buah
srikaya buah kenari
d. Buah
kecapi buah kenari
Jawaban D
32. Dibawah
ini yang tidak termasuk puisi lama adalah....
a. Kurang
pikir kurang siasat
Kelak hidupmu akan
tersesat
b. Kalau sampai
waktuku
Kumau tak seorang kan
merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
c. Barangsiapa
berbuat
jasa,
Mulia namanya
sepanjang masa.
d. Kota
Jambi kota beradat
Tempat tinggal sanak
saudara
Mari kita belajar
giat
Supaya kelak tidak
sengsara
Jawaban B
33. Perhatikan
ciri – ciri dibawah ini!
i. Sajak
akhir berirama a – a
ii. Satu
bait terdiri dari 2 baris
iii. Berasal
dari Tamil (India)
iv. Satu
bait terdiri dari 4 baris
v. Berasal
dari Arab
Dari ciri – ciri
diatas, manakah yang tidak termasuk ciri – ciri gurindam adalah....
a. i,
ii, dan v
b. i,
iii, dan v
c. ii
dan iv
d. iv
dan v
Jawaban D
34. engkau
datang mengintai hidup,
engkau datang
menunjukkan muka
tapi sekejap matamu
kau tutup
melihat terang anakku
tak suka
.....
Dilihat dari rimanya,
puisi diatas termasuk....
a. Syair
b. Gurindam
c. Pantun
d.
Karmina
Jawaban C
35. Berderak
– derak sangkutan dacing,
Bagaikan putus
diimpit lumpang.
Bergerak – gerak
kumis kucing,
Melihat tikus bawa
senapan.
Berdasarkan jenisnya
pantun diatas termasuk kedalam....
a. Pantun
jenaka
b. Pantun
teka – teki
c. Pantun
nasihat
d. Pantun
muda – mudi
Jawaban A
36. Mendatang-datang
jua
Kenangan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau
Membayang rupa jua
Adi kanda lama lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
Puisi diatas termasuk
dalam jenis....
a. Terzina
b. Quint
c. Quatrain
d. Stanzia
Jawaban C
Untuk
menjawab Soal No 37 dan 38, Silahkan baca dengan seksama kutipan Fabel berikut
ini
Beruang yang Malang
(1)
Alkisah pada suatu hari yang cerah di hutan, ada seekor Beruang yang kelaparan.
Ia menjelajahi hutan untuk mencari madu, tapi sayang dia tidak menemukan satu
sarang lebah sama sekali. Ia pun akhirnya pergi ke sungai mencari ikan. Di
sana, ia menemukan banyak ikan yang sedang berenang. (2) Ia akhirnya berhasil
menangkap satu ikan yang sangat besar. Di saat sang Beruang membuka mulutnya
lebar-lebar untuk melahap sang ikan, tiba-tiba sang Ikan membuka mulutnya.
"Tolong, jangan makan aku!" teriak sang Ikan. Sang Beruang pun tidak
jadi memakan ikan tersebut. "Memangnya kenapa?" tanya sang Beruang
keheranan. (3) "Kau boleh memakanku, tapi ada syarat. Izinkanlah aku
meminta izin terlebih dahulu pada keluargaku di rumah. Tunggulah sebentar, aku
akan kembali, "janji sang Ikan, "Baiklah, kau akan kulepaskan,"
ucap sang Beruang yang percaya pada sang Ikan. Akan tetapi, setelah lama
sekali, ternyata sang Ikan tidak muncul kembali. Akhirnya sang Beruang pun
sadar dirinya telah ditipu sang Ikan. Ia pun sangat menyesal karena sifatnya
yang terlalu mudah ditipu sehingga ia tidak jadi mendapatkan apa yang nyaris ia
dapatkan. (4) Akhirnya, sang Beruang berjanji bahwa dirinya akan menjadi seekor
hewan yang tidak mudah dibodohi atau ditipu hewan lainnya.
37.
Paragraf keempat teks fabel tersebut merupakan bagian ....
A.
orientasi
B.
komplikasi
C.
resolusi
D.
koda
Jawaban
D
38.
Paragraf kedua teks fabel di atas merupakan bagian ....
A.
orientasi
B.
komplikasi
C.
resolusi
D.
koda
Jawaban
B
Jawaban
A
39.
Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks
Fabel I
Dengan
bangganya lucky berlari-lari kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu yang
dikalungkan majikannya, untuk menarik perhatian orang lain. Tetapi tak ada
satu pun orang yang senang melihat anjing itu. Balok itu sebenarnya dikalungkan
majikannya agar orang mengetahui kehadiran lucky, dan bisa menghindarinya.
Seekor anjing lain yang melihatnya kemudian berkata "Kamu seharusnya lebih
bijaksana dan berdiam diri di rumah agar orang tidak melihat balok yang
dikalungkan di lehermu. Apakah kamu senang bahwa semua orang.
Teks
Fabel II
Di
sebuah hutan, musim kemarau, burung-burung dan hewan-hewan lain sangat sulit
untuk mendapatkan air. Namun ada seekor burung perkutut yang menemukan
kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut memiliki bentuk yang tinggi
dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak bisa menjangkau air di dalam
kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang
ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung itu hampir putus asa
hingga munculah sebuah ide.. Burung tersebut kemudian mengambil kerikil-kerikil
yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide
yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa
meminum air tersebut.
Perbedaan
pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....
A
menampilkan lokasi cerita, memberikan garis besar cerita
B
memberikan garis besar, cerita memulai dengan aksi
C
memunculkan masalah, mengisyaratkan bahaya
D
memulai dengan aksi, menampilkan lokasi cerita
Jawaban
D
40.
Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks
Fabel I
Mumba
dengan santai berjalan di tengah hutan. Tanpa sengaja ia menemukan buah yang
sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, dia akan
menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan
angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi
sungai, Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
Teks
Fabel II
Si
rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau,
hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun berlagak
tengah mencari sumber kehidupan”. Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si
rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu
kekuatan betis kaki.
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
A.
bermajas litotes,bermajas personifikasi
B.
bermajas personifikasi,bermajas perumpamaan
C.
bermajas perumpamaan, bermajas litotes
D.
bermajas metafora, bermajas personifikasi
Jawaban
B
Bacalah Fabel berikut
untuk menjawab soal nomor 41-43!
Hiduplah
seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia
meremehkan kemampuan hewan lain.
Pada
suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura
yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau
lakukan di sini?"
"Aku
sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
Si
Rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si Kura-kura. "Jangan berlagak
engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah
mencari sumber penghidupan!"
Si
Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa
mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya
menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si
Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun
meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah
sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si
Kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang
betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Si
Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk
menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan
kaki depannya sekuat-kuatnya.
41.
Komentar terhadap isi Fabel tersebut adalah
A.
Kura-kura yang selalu mengalah.
B.
Rusa yang sombong dan pemarah.
C.
Rusa yang selalu memusuhi kura-kura yang sabar.
D.
Sikap kura-kura perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.
Jawaban
B
42.
Komentar terhadap pola pengembangan alur pada kutipan Fabel tersebut adalah ….
A.
alur cerita berupa abstrak – komplikasi – koda
B.
alur cerita berupa orientasi – komplikasi – evaluasi
C.
alur cerita berupa abstrak – orientasi – komplikasi
D.
alur cerita berupa pengenalan – klimaks – peleraian
Jawaban
b
43.
Komentar penggunaan bahasa dalam kutipan Fabel tersebut adalah....
A.
menggunakan majas agar ceritanya menarik
B.
menggunakan kata-kata kiasan untuk memperindah cerita
C.
bahasa lugas dan sederhana sehingga mudah dipahami
D.
menggunakan campuran bahasa daerah sehingga sulit dimengerti.
Jawaban
B
44. Cermati
penggalan cerita berikut !
Kancil
merasa paling cepat berlari. Ia menantang siput mengerahkan bangsanya . Setiap
kancil memanggil waktu berlomba itu, selalu siput yang di depan yang menyahut .
akhirnya kancil merasa kalah.
Cerita
diatas dapat digolongkan jenis…
a. Legenda
b. Fabel
c. Hikayat
d. Mite
JAWAB
:B
Perhatikan
kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 45 – 46!
Dengan
ini kamu berharap agar saudara dapat hadir dalam acara pernikahan putera kami
yang akan diselenggarakan pada …
45. Kalimat di atas adalah bagian dari surat …
a. surat cinta
b. surat izin
c. surat undangan
d. surat kematian
Jawaban : C
46.
Jika ditinjau dari sisi kerangka urutannya, kalimat tersebut terdapat pada
bagian …
a. Akhir
b. Awal
c. Depan
d. Belakang
Jawaban : B
a. Akhir
b. Awal
c. Depan
d. Belakang
Jawaban : B
Bacalah
dengan seksama penggalan paragraf di bawah ini untuk menjawab soal nomor 47 – 48!
Pagelaran
pentas drama itu menurut hemat saya sangat sulit untuk ditebak. Adegan demi
adegan berlangsung dengan tidak serta merta harsu menjadi sebab dan akibat yang
saling berkaitan. Hal ini yang menurut saya menjadikan penonton semakin
penasaran akan seperti apa akhir ceritanya.
47.
Tanggapan pada penggalan paragraf tersebut lebih tepat jika disebut sebagai …
a.
Saran
b. Kritik
c. Pesan
d. Pendapat
Jawaban : D
b. Kritik
c. Pesan
d. Pendapat
Jawaban : D
48.
Tanggapan yang dinyatakan dalam sebuah penggalan paragraf di atas berkaitan
dengan …
a. alur
cerita
b. penokohan
c. latar
d. tema
jawaban : A
b. penokohan
c. latar
d. tema
jawaban : A
49. Cermati
teks berikut !
Penambahan
lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor.
Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk.
Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan
pemukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencapai
kebutuhan hidup.
Simpulan
paragraf tersebut adalah...
A.
Sektor industri tidak berkembang karena tidaksepapan infrastruktur.
B.
Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan intrastruktur.
C.
Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D.
Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat keseahteraan.
Jawaban:
D
Untuk
menjawab soal no 50 dan 51 Perhatian Contoh Surat di bawah
SMP CEMERLANG
Jalan Bendi Kebayoran Lama Jakarta Selatan
______________________________
Nomor :
11/S.0301/G/09
1) ---------
Hal : Undangan
Hal : Undangan
Yth.
Para Guru dan Karyawan
SMP Cemerlang
di Jakarta
Dengan hormat,
(2) ------------------------------------------------------------
SMP Cemerlang
di Jakarta
Dengan hormat,
(2) ------------------------------------------------------------
Demikian
surat undangan ini kami sampaikan.
Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
50. Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....
A.12 Nopember 2009
B. Jakarta, 12 November 2009
C. 12 November 2009
D. Jakarta, 12 Nopember 2009
Kunci Jawaban : C
51. Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A. Sehubungan dengan
pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
B. Sehubungan dengan
pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu
pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
C. Sehubungan dengan
pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap bantuan Bapak /Ibu
pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 20.00
tempat : Lapangan SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Hasil Lomba
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 20.00
tempat : Lapangan SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Hasil Lomba
D. Sehubungan dengan
pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu
pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat :Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Kegiatan
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat :Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Kegiatan
Kunci Jawaban : B.
52.
Perhatikan teks ilustrasi berikut ini!
OSIS
SMP Bangsa akan mengadakan Porseni. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk
rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 18
Maret 2009, pukul 14.00 di ruang OSIS.
Isi
surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami mengharapkan
kehadiran para pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
B. Teman-teman
pengurus OSIS SMP Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Persiapan Bakti Sosial
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Persiapan Bakti Sosial
C. Kami mengharapkan
kehadiran pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia Porseni
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia Porseni
D. Para pengurus OSIS
Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Pembagian Kerja
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Pembagian Kerja
Kunci Jawaban : C
53. Perhatikan
surat berikut ini
Jakarta, 14 Desember
2009
Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No. 12 Jambi
Salam kangen dari jauh,
[…]
Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Jadi berkunjung ke kotaku kan? Aku janji akan mengajakmu
berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.
Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No. 12 Jambi
Salam kangen dari jauh,
[…]
Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Jadi berkunjung ke kotaku kan? Aku janji akan mengajakmu
berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.
Sahabatmu,
Ana
Ana
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi bagian surat pribadi tersebut adalah …
A. Hatiku sangat senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Inaara aku senang kita bertemu meski hanya melalui surat menyurat.
C. Maafin aku ya, karena baru sekarang aku sempat membalas suratmu.
D. Hai Inaara, kamu dan seluruh keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C
A. Hatiku sangat senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Inaara aku senang kita bertemu meski hanya melalui surat menyurat.
C. Maafin aku ya, karena baru sekarang aku sempat membalas suratmu.
D. Hai Inaara, kamu dan seluruh keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C
54. Perhatikan
surat berikut ini
Jakarta, 14 Februari 2010
Untuk sahabatku Anggi,
Jalan Merdeka 12, Medan
Salam kangen,
[…]
Semoga kamu sekeluarga sehat-sehat seperti halnya aku dan keluargaku.
[…]
Semoga kamu sekeluarga sehat-sehat seperti halnya aku dan keluargaku.
Tidak terasa sudah
setengah tahun kita berpisah, aku benar-benar kehilangan sahabat baik, sejak
kepindahanmu.
Sahabatmu,
Inaara
Inaara
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi tersebut adalah …
A. Senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Kuharap kamu selalu dalam keadaan bahagia.
C. Hai, Anggi, bagaimana kabarmu sekarang?
D. Hai Inaara keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C
54. Berikut
ini Balasan surat pribadi di atas yang tepat adalah…
A.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku
Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari
B.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku
Ari,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita
C.
Jakarata, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku
Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari
D.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita
Kunci Jawaban : A
55. Tanggal surat
yang tepat untuk mengisi bagian nomor (1) pada surat tersebut….
A. 2 May 2009
B. Jakarta, 2 May 2009
C. 2 Mei 2009
D. Jakarta, 2 Mei 2009
KUNCI JAWABAN : C
A. 2 May 2009
B. Jakarta, 2 May 2009
C. 2 Mei 2009
D. Jakarta, 2 Mei 2009
KUNCI JAWABAN : C
56.
Perhatikan teks ilustrasi berikut ini!
OSIS SMP Sekar akan
mengadakan Lomba Kebersihan. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat
pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5
Februari 2010, pukul 14.00 di Ruang OSIS
Isi
surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Kami
mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
hari, tanggal : Sabtu, Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
B.
Teman-teman pengurus OSIS SMP Sekar harap hadir dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 April 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Pembentukan Ketua
hari, tanggal : Sabtu, 5 April 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Pembentukan Ketua
C. Kami
mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 Februari 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia
hari, tanggal : Sabtu, 5 Februari 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia
D. Para
pengurus OSIS Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 10 Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Persiapan Bakti Sosial
hari, tanggal : Sabtu, 10 Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Persiapan Bakti Sosial
KUNCI JAWABAN : C
57.
Bacalah ilustrasi berikut ini!
Tahun ajaran baru
Tanti pindah sekolah ke Yogyakarta. Ia menulis surat untuk sahabatnya Mitha di
Surabaya. Ia ingin menceritakan keadaan di sekolah.
Bagian pembuka yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Bagaimana keadaanmu saat ini Tanti? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
B. Halo, Tanti apa kabar? Aku di Surabaya dalam keadaan sehat walafiat.
C. Saya tutup dulub cerita kita ya, nanti disambung lagi! Semoga kita dapat berjumpa dilain waktu.
D. Hai Mitha., bagaimana keadaanmu? Saya berharap kamu dan keluargamu dalam keadaan sehat.
Kunci : D
A. Bagaimana keadaanmu saat ini Tanti? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
B. Halo, Tanti apa kabar? Aku di Surabaya dalam keadaan sehat walafiat.
C. Saya tutup dulub cerita kita ya, nanti disambung lagi! Semoga kita dapat berjumpa dilain waktu.
D. Hai Mitha., bagaimana keadaanmu? Saya berharap kamu dan keluargamu dalam keadaan sehat.
Kunci : D
58. Perhatikan
contoh surat pribadi berikut ini:
Jakarta, 14 Maret
2017
Menemui Sahabatku,
Jalan Delima Merah Bantul
Halo Ari,
[…] Saya sekeluarga juga sehat.
Oh ya Ar, sudah satu bulan kamu tidak membalas suratku. Jangan bilang gara-gara kamu punya teman baru ya, sehingga teman lamamu dilupakan.
Sahabatmu,
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang surat pribadi tersebut adalah...
A. Kamu jadi kan ke kotaku? Aku tunggu sangat bahagia itu.
B. Keluargaku di Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
C. Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
D. Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Menemui Sahabatku,
Jalan Delima Merah Bantul
Halo Ari,
[…] Saya sekeluarga juga sehat.
Oh ya Ar, sudah satu bulan kamu tidak membalas suratku. Jangan bilang gara-gara kamu punya teman baru ya, sehingga teman lamamu dilupakan.
Sahabatmu,
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang surat pribadi tersebut adalah...
A. Kamu jadi kan ke kotaku? Aku tunggu sangat bahagia itu.
B. Keluargaku di Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
C. Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
D. Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Kunci Jawaban : C
59. Bacalah
kutipan surat resmi berikut!
Dengan hormat,
Setelah membaca surat
edaran dari Kelurahan Marunda Nomor 162/M/X/2010, tentang Pemberantasan Sarang
Nyamuk (PSN), dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
(1) Seluruh
RT untuk melakukan kerja bakti dengan sasaran utama PSN;
(2) Mengintruksikan
kepada warganya untuk menaburkan bubuk abate pada penampungan airnya.
Pelaksanaan PSN agar
dilakukan secara serentak terutama RT-RT yang wilayahnya berdekatan.
[ ... ]
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi surat tersebut adalah …
A. Demikian yang disampaikan kepada
kami dari Bapak Camat saat rapat di Aula Kecamatan, kemarin.
B. Atas perhatian dan kerja samanya kami
ucapkan.Sebelum dan sesudahnya sayaucapkanbanyak-banyak terima kasih.
C. Demikian imbauan ini kami sampaikan.
Atas kerja sama dan perhatian seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih.
D. Sampai di sini intruksi kami selaku pengurus
RW 05, Kelurahan Marunda. Terima kasih dan selamat bekerja.
Jawaban C
60.
Bacalah kutipan surat berikut!
Yth.Pengurus OSIS SMP
Setia Hati
Di Jakarta
Dengan hormat,
Sehubungan dengan
persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami mengharap kehadiran
Saudara pada:
hari,tanggal: Selasa
, 17 Juli 2012
waktu
: Pukul 14.00
tempat :
Ruang OSIS
acara :
Persiapan Bakti Sosial
[... ]
Bagian penutup surat
tersebut yang tepat adalah …
A. Demikian surat permohonan ini
kami sampaikan semoga dapat dikabulkan.
B. Besar harapan kami, permohonan
ini ditindaklanjuti. Sekian dan terimakasih.
C. Mengingat pentingnya acara
tersebut, harap hadir tepat waktu.
D. Demikian surat pemberitahuan
ini disampaikan.
Kunci Jawaban C
61.
Cermati kutipan surat undangan berikut!
Dengan
hormat, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu guru pada,
Hari,
tanggal: Sabtu
Waktu :
pukul 08.00 – 2.00 WIB
Acara :
lepas sambut kepala sekolah
Tempat :
aula SMAN 200 Jakarta
………
Kalimat
penutup surat yang tepat untuk mengakhiri surat tersebut adalah….
A. Atas
perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
B. Atas
kehadirannya diucapkan terimakasih.
C. Atas
kehadiran Bapak/Ibu guru kami mengucapkan terimakasih.
D. Atas
kerelaan Bapak/Ibu guru untuk datang kami ucapkan terimakasih.
Jawaban : C
62. Perhatikanlah
surat undangan berikut!
Dengan ini kami
mengundang Anda untuk menghadiri rapat rutin awal tahun pelajaran 2010/2011
yang akan diselenggarakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2010,
waktu : pukul 9.00 – 11.00 WIB,
tempat : Aula SMP Prapanca, Bogor,
acara : Ketetapan Uang Dana Bulanan Tahun Pelajaran 2010/2011.
….
Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah…
hari, tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2010,
waktu : pukul 9.00 – 11.00 WIB,
tempat : Aula SMP Prapanca, Bogor,
acara : Ketetapan Uang Dana Bulanan Tahun Pelajaran 2010/2011.
….
Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah…
A.
Atas kehadiran Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.
B.
Atas waktu yang diluangkan, kami ucapkan terima kasih.
C.
Kehadiran Bapak/ Ibu sangat kami harapkan tepat pada waktunya.
D.
Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan Bapak/ Ibu dapat tepat
waktu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Jawaban A
62.
Pernyataan berikut merupakan ciri karya tulis ilmiah, kecuali....
a.
menggunakan pola pikir ilmiah
b.
disusun secara sistematis
c.
berdasarkan fakta hasil pengamatan
d.
bersifat subjektif
Jawaban:
d
63.
Perhatikan unsur karya tulis berikut!
1)
Latar belakang
2) pendahuluan
3) kesimpulan
4) pembahasan
5) penutup
Sistematika yang tepat dari unsur-unsur karya tulis di atas adalah...
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 2, 1, 4, 5, 3
Jawaban: d
64. Hal-hal yang merupakan pendahuluan dalam karya ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali...
2) pendahuluan
3) kesimpulan
4) pembahasan
5) penutup
Sistematika yang tepat dari unsur-unsur karya tulis di atas adalah...
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 2, 1, 4, 5, 3
Jawaban: d
64. Hal-hal yang merupakan pendahuluan dalam karya ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali...
a.
latar belakang permasalahan
b. tujuan penulisan
c. kesimpulan penulisan
d. sistematika penulisan
Jawaban: c
65. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
b. tujuan penulisan
c. kesimpulan penulisan
d. sistematika penulisan
Jawaban: c
65. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan
daftar pustaka yang tepat yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 3, 1, 2, 4, 5
c. 3, 5, 1, 4, 2
d. 1, 3, 4, 2, 5
e. 1, 3, 5, 4, 2
Jawaban: c
66. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 3, 1, 2, 4, 5
c. 3, 5, 1, 4, 2
d. 1, 3, 4, 2, 5
e. 1, 3, 5, 4, 2
Jawaban: c
66. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah....
a.
Tujuan daripada penulisan ini adalah sebagai berikut.....
b.
Karena itu tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut....
c. Tujuan
yang akan dicapai dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut....
d.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
Jawaban: d
Jawaban: d
67.
Perhatikan wacana berikut ini!
Buku
ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII
program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan
siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini
ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa
dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku
ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas
dan ilustrasi yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang
komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga
didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang
menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang ...
A. Identitas
buku dan Ikhtisar isi buku
B. Ikhtisar
isi buku dan kekurangan buku
C. Identitas
buku dan kelebihan buku
D. Ikhtisar
isi buku dan kelebihan buku
Jawaban
: C
68. Perhatikan
wacana berikut ini!
Buku
ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain
yakni, memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi
beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
Memiliki info mathyang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan
sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.
Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun
secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan
istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan
disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan
kutipan resensi di atas, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah
...
A.
Memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi
beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
B.
Memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa
dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan
dirasakan manfaatnya.
C.
Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi
untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan
perkembangan teknologi.
D.
Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami
istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
Jawaban
:B
69. Perhatikan
wacana berikut ini!
Buku
bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab
pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan
pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat
pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV
berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang
kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI
membahas tentang “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII
membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas tentang
“Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul
belakang.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang ...
A. Identitas
buku
B. Ikhtisar
isi buku
C. Kelebihan
dan kekurangan buku
D. Kesimpulan
Jawaban
:B
70. Perhatikan
wacana berikut ini!
Selain
itu, semua tulisan yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang
akan kita peroleh jika kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya
cakupannya. Bahasanya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Dalam buku ini
banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi
penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi
pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
Buku
di atas membahas bidang ...
A. Teknik
pertanian
B. Teknik
bercocok tanam
C. Wirausaha
di bidang tanaman dalam pot
D. Teknik
melestarikan lingkungan
Jawaban
:C
71. Perhatikan
wacana berikut ini!
Di
dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam.
Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan
bermanfaaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku
pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan
keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat
memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di
kemudian hari.
Paragraf
di atas memaparkan tentang ...
A. Kekurangan
isi buku
B. Kegunaan
buku
C. Kesesuaian
kelompok umur pembaca
D. Nilai
komersial buku
Jawaban
: B
72. Perhatikan
wacana berikut ini!
Haris
selalu menyisipkan moral cerita dalam setiap akhir kisah-kisahnya. Ada banyak
kisah lain yang Haris angkat dalam buku ini, terutama kisah-kisah cinta yang
bertepuk sebelah tangan. Haris membuat istilah untuk itu dengan sebutan;
Cybersetan. Jika bercerita tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan maka tak
akan jauh-jauh dari yang namanya kesedihan, ya..siapasih yang mau cintanya
bertepuk sebelah tangan? Tapi di tangan Haris, kisah cinta yang seharusnya
sedih menjadi bahan cerita yang justru membuat orang terharu bahkan terasa
lucu. Mungkin itulah kelebihan Haris, bisa menyampaikan cerita dengan cara lucu
dan kadang mengharukan.
Yang
menjadi kekuatan dalam gaya penulisan Haris sebagai pengarang adalah ...
A. Ia
selalu membuat pembaca terharu membaca tulisannya.
B. Ia
mampu melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda dan mendalam.
C. Ia
mahir memberikan istilah unik dalam pembahasannya sehingga membuat pembaca
berkesan.
D. Jawaban
A, B, dan C benar
Jawaban
:B
73. Perhatikan
kutipan berita berikut ini!
Dinas
Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan tanaman
tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2017 akan mencapai 13.000 hektar, yang
tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat
di atas mengandung unsur-unsur fakta ...
A. tokoh, tempat, waktu,
kejadian
B. waktu,
kejadian, alasan, tempat
C. peristiwa,
waktu, alasan, tempat
D. alasan,
waktu, kejadian, tempat
Jawaban
:A
74. Perhatikan
kutipan berita berikut ini!
Hiu
tutul adalah satwa langka yang belum banyak diteliti sehingga pengetahuan
tentang satwa itu masih minim.Makanan pokok hiu tutul adalah
plankton.Keberadaan hiu tutul menjadi penting karena bisa menjadi indikator
kualitas ekosistem laut.Dalam laporan International Union for Conservation of
Nature (IUCN), hiu tutul masuk dalam daftar merah.Satwa yang umurnya bisa
mencapai 70 tahun itu rawan punah.
Gagasan
pokok pada kutipan berita di atas adalah ...
A. Keberadaan
hiu menjadi indikator kualitas ekosistem laut.
B. Hiu
termasuk daftar merah
C.
Hiu adalah satwa langka yang rawan punah
D.
Hiu belum banyak diteliti.
Jawaban
:C
75.
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Seperti
teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk
Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya
diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu,
ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai
tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah.
Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang
harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Komentar mengenai amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Kita harus pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
B. Kita harus menyesuaikan diri di mana pun kita berada.
C. Kita haus sadar bahwa tidak ada kata terlambat untuk memaafkan.
D. Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan kita.
KUNCI JAWABAN : A
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Komentar mengenai amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Kita harus pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
B. Kita harus menyesuaikan diri di mana pun kita berada.
C. Kita haus sadar bahwa tidak ada kata terlambat untuk memaafkan.
D. Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan kita.
KUNCI JAWABAN : A
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 76 dan 77!
Di
sebuah kolam tinggallah beberapa ekor berudu. Kepalanya besar dan berekor
panjang. Tubuhnya berwarna hitam. Mereka berenang ke sana ke mari.
Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya. Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?"
Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian memiliki mulut yang lebar dan sepasang mata yang besar.
Carilah yang seperti itu."
Para berudu berterima kasih lalu berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan mulut lebar dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu!Ibu!"
Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih."
(Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)
Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya. Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?"
Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian memiliki mulut yang lebar dan sepasang mata yang besar.
Carilah yang seperti itu."
Para berudu berterima kasih lalu berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan mulut lebar dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu!Ibu!"
Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih."
(Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)
76.
Komentar terhadap isi teks cerita tersebut yang tepat adalah ...
A Perbuatan induk ikan mas sangat bijaksana.
B. Anak gurame tidak dapat mencari makan sendiri.
C. Induk berudu binatang yang tidak bertangguug jawab.
D. Berudu mencari induknya karena iri kepada anak gurame.
Jawaban: A
A Perbuatan induk ikan mas sangat bijaksana.
B. Anak gurame tidak dapat mencari makan sendiri.
C. Induk berudu binatang yang tidak bertangguug jawab.
D. Berudu mencari induknya karena iri kepada anak gurame.
Jawaban: A
77.
Tindakan terpuji tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. menjelaskan
sesuatu
B. memberikan pertolongan
C. memberi makan anak-anak
D. membiarkan anak-anak bermain
Jawaban: B
B. memberikan pertolongan
C. memberi makan anak-anak
D. membiarkan anak-anak bermain
Jawaban: B
78. Bacalah
kutipan teks berikut dengan saksama!
Seperti
teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk
Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya
diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu,
ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai
tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah.
Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang
harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Komentar mengenai amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
A. Cerita tersebut mengajarkan kita agar berusaha selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
B. Cerita tersebut mengajarkan kita agar jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
C. Cerita tersebut mengajarkan kita agar menemani ibu kita saat duduk-duduk di beranda!
D. Cerita tersebut mengajarkan kita agar mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan!
Kunci Jawaban : B
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Komentar mengenai amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
A. Cerita tersebut mengajarkan kita agar berusaha selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
B. Cerita tersebut mengajarkan kita agar jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
C. Cerita tersebut mengajarkan kita agar menemani ibu kita saat duduk-duduk di beranda!
D. Cerita tersebut mengajarkan kita agar mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan!
Kunci Jawaban : B
79 Cermatilah
penggalan berikut dengan saksama!
Pada akhir April
lalu, pelajaran Indonesia yang tergabung dalam tim Olimpiade Fisika Indonesia
(TOFI) mampu meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari
Olimpiade Fisika Asia VIII di Shang Hai Cina.
Komentar positif
terhadap penggalan teks di atas adalah….
A. Wajarlah
jika Tim Olimpiade Fisika Indonesia hanya meraih dua medali emas karena peserta
dari Negara lain lebih pandai.
B. Bagi
saya, berita itu tidak menarik karena saya tidak suka dengan pelajaran fisika.
C. Prestasi
yang diraih oOlimpiade Fisika Indonesia masih belum maksimal karena mereka
tidak meraih semua medali emas.
D. Sebagai
pelajar, saya turut bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Olimpiade
Fisika Indonesia (TOFI) karena mampu meraih banyak medali.
Jawaban: D
80. Cermati
paragraph berikut!
Gempa dibengkulu
memiliki dimensi dukacita yang akan lain (1). Gempa terjadi di awal ramadhan
(2). Satu bulan setelah bencana tersebut warga akan merayakan Hari Raya
Idulfitri (3). Amat merisaukan jika dalam tempo hanya sebulan impian tentang
kegembiraan sirna dari mereka-mereka yang tertimpa bencana(4). Di sinilah
tantangan pemerintah (5).
Kalimat tidak efektif
yang terdapat dalam paragraph tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
dan (2)
B. (2)
dan (3)
C. (3)
dan (4)
D. (3)
dan (5)
Jawaban : C
II.
Essay
Perhatikan
Kutipan Teks berikut ini, kemudian Jawab pertanyaan no 1 dan 2.
Dulu,
setelah dunia selesai di ciptakan, burung gagak dan burung merak adalah
dua sahabat yang rukun. Ketika itu warna burung gagak tidak hitam dan warna
bulu merak tidak lah seindah sekarang. Meski
pun kedua burung itu bersahabat, memreka memiliki tabiat yang sangat
berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok.
Gagak jarang membersihkan tubuh dan makan apa saja. Merak rajin sekali
membersihkantubuh dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga
kebersihan sarangnya. Berbeda dengan gagak. Gagak tak peduli dengan sarangnya
yang penuh dengan sampah. Suatu hari gagak dan merak bercakap-cakap di tepi
sungai.
“Sungguh
membagakan bila buku yang kita miliki berwarna indah,” kata merak.
“Tidakkah
kau bosan dengan warna bulumu yang hanya putih itu?”
“Ya,
sungguh membosankan,” sahut gagak. “Bagaimana kalau kita mencari bahan pewarna?
Mula-mula aku akan mengecat bulu-bulumu, setelah itu, kau mengecat buluku.
Bagaimana?”
Merak
setuju. Setelah berhasil mengumpulkan bahan pewarna mulailah gagak mengecat
bulu-bulu merak. Merak yang selalu tampak rapi memberitahukan warna apa saja
yang harus di gunakan. Gagak mengecat bulu-bulu merak dengan warnawarna
yang sangat indah. “Sekarang giliranku mewarnaimu,” kata merak. Mulailah merak
mengecat bulu-bulu gagak. Akan tetapi, baru sebentar saja gagak sudah merasa
lapar. Ketika melihat bangkai seekor tikus terapung di sungai, ia tidak mau
berlama-lama lagi.
“
Gunakan warna satu saja!” suruhnya. “Aku tak mau kehilangan makananku.”
“Sabar,
teman,” timpal merak. “Bukankah kau menginginkan warna bulumu indah?”
“Aku
tak peduli,” sahut gagak. “Aku tak mau kelaparan, warnai saja buluku dengan
warna hitam!”
Merakpun melakukannya.
Setelah itu, gagak segera melesat terbang untuk menyantap bangkai tikus. Sejak
saat itu, bulu burung merak berwarna indah dan bulu burung gagak berwarna
hitam. (Sumber: Kumpulan Cerita Binatang, PT. ELex Media Komputindo,
Jakarta, 2013)
1.
Tentukan hal-hal berikut dari teks cerita moral/fabel di atas!
b.
Isi cerita
c.
Tokoh dan karakter
d.
Amanat
2.
Tentukanlah kekurangan teks cerita moral/fabel di atas dari aspek struktur dan
kaidah kebahasaanya. Setelah itu revisi/ perbaikilah kekurangan atau kesalahan
tersebut!
Demikian
info tentang Berikut ini contoh Soal Latihan
PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013, semoga bermanfaat, selamat belajar semoga
sokses. Terima kasih telah berkunjung ke laman blog ini. Silahkan disharekan
info ini jika bermanfaat.
gimana downloadnya Om?
kalau anda menggunakan chrome, klik titik 3 di kanan atas, lalu klik print...
Setelah itu ada tulisan Destination ( tujuan ) lalu klik Change... (ubah...) ubah menjadi saves as pdf (Simpan sebagai PDF) And, DONE!
Di copy aja :v
Berguna banget buat latihan soal,makasih banyak🤗🙏
tks. buat dibaca aja ya.
terima kasih banyak sangat berguna
thx🤩