SOAL SELEKSI MANDIRI UNNES TAHUN 2018 2017 2016 DAN 2015 (SOAL TES UJIAN MASUK UNNES)

Berikut ini Soal Latihan Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2018 yang diambil dari Arsip Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017,  Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2016 dan Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2015. Sebagaimana diketahui Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan.


Sebelum Admin mengupload Contoh Soal Latihan Tes Masuk UNNES atau Soal Seleksi Mandiri UNNES (Universitas Negeri Semarang) Tahun 2018 yang diambil dari Arsip Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017, Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2016 dan Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2015. Berikut penjelasan terkait persyaratan, pilihan program studi, biaya seleksi dan prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri SM UNNES. Mudah-mudahan info ini bisa memberikan pencerahan bagi adik-adik yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa baru di UNNES (Universitas Negeri Semarang)

Persyaratan Umum Pendaftaran Seleksi Mandiri SM UNNES (Universitas Negeri Semarang)
·          Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016 dibuktikan dengan ijazah.
·          Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa UNNES dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), Uang Pangkal (UP), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain

Persyaratan Khusus Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri SM UNNES (Universitas Negeri Semarang)
Khusus pendaftar Seleksi Mandiri UNNES 2018 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Pilihan Program Studi Pada Seleksi Mandiri SM UNNES (Universitas Negeri Semarang)
·          Peserta SM-UNNES 2018 berhak memilih maksimum 2 (dua) program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan maksimum 3 (tiga) program studi untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Bagi peserta yang memilih kelas internasional hanya boleh memilih 2 (dua) program studi dari 13 (tiga belas) program studi yang tersedia, baik kelompok ujian Saintek maupun Soshum.
·          Kelompok ujian, daftar nama program studi, dan daya tampung dapat dilihat pada lampiran Pengumuman ini atau pada laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

Biaya Seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri SM UNNES (Universitas Negeri Semarang) Tahun 2018
·        Biaya seleksi peserta SM UNNES dapat dibayar melalui BNI dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Biaya seleksi tersebut meliputi:
·            Biaya seleksi peserta SM-UNNES 2018 sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.
·            Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan uji keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
·            Biaya seleksi peserta SM-UNNES Kelas Internasional 2018 sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum.
·        Bagi peserta yang mengikuti ujian keterampilan olahraga, diwajibkan tes kesehatan di UNNES dengan membayar Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) melalui Bank Tabungan Negara (BTN) nomor rekening 00013-01-30-000960-8 nama rekening RPL 026 BLU UNNES Untuk Biaya Layanan Pendidikan.

Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri SM UNNES (Universitas Negeri Semarang) Tahun 2018
·          Langkah-langkah pendaftaran SM-UNNES 2018 adalah sebagai berikut:
·          Membuka laman http://daftar.unnes.ac.id.
·          Menentukan skema SM-UNNES 2018 yaitu memilih SM-UNNES Tulis/Reguler atau SM-UNNES Kelas Internasional. Bagi peserta SM-UNNES Tulis/Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, kecuali peserta SM-UNNES Kelas Internasional.
·          Memilih kelompok ujian: Saintek, Soshum, atau Campuran.
·          Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) dan selanjutnya mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2018.
·          Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan kelompok ujian. Pembayaran mulai tanggal 18 Mei s.d. 2 Juli 2018, dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI 46) di seluruh Indonesia dengan kode pembayaran adalah PIN pendaftaran, pembayaran juga bisa melalui channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
·          Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.
·          Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi form:
·          Kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Uang Pangkal (UP)
·          Khusus pendaftar SM UNNES Kelas Internasional mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kategori tertinggi dan Uang Pangkal (UP)
·          Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia.
·          Mencetak Kartu Tanda Peserta selambat-lambatnya tanggal 3 Juli 2018. Kartu Tanda Peserta dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta; dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian tulis.

Untuk adik-adik yang sudah mendaftar segera lakukan persiapan diri dengan mempelajari soal tes masuk UNNES, soal tes masuk UNNESSoal Latihan Seleksi (Tes) Masuk UNNES atau Soal Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2018 (Soal USM UNNES) yang admin siapkan dari Arsip Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017,  Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2016 dan Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2015.

Soal SM UNNES materi Uji SAINTEK 2017 2016 2015


Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017. Berikut ini kumpulan Soal Tes masuk UNNES (Universitas Negeri Semarang)  atau Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017
Download Soal SM UNNES Tahun 2017 materi Uji SAINTEK ---disini---
Download Soal SM UNNES Tahun 2017 materi Uji SOSHUM ---disini--
Download Soal SM UNNES Tahun 2017 materi Uji TKPA dan Kemampuan Bahasa ---disini--


Soal SM UNNES materi Uji SOSHUM 2017 2016 2015


Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2016. Berikut ini kumpulan Soal Tes masuk UNNES (Universitas Negeri Semarang)  atau Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2016
Download Soal SM UNNES Tahun 2016 materi Uji SAINTEK ---disini---
Download Soal SM UNNES Tahun 2016 materi Uji SOSHUM ---disini---
Download Soal SM UNNES Tahun 2016 materi Uji TKPA dan Bahasa ---disini--

Soal SM UNNES materi Uji TKPA dan Bahasa 2017 2016 2015



Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2015. Berikut ini kumpulan Soal Tes masuk UNNES (Universitas Negeri Semarang)  atau Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2015
Download Soal SM UNNES Tahun 2015 materi Uji SAINTEK ---disini---
Download Soal SM UNNES Tahun 2015 materi Uji SOSHUM ---disini--
Download Soal SM UNNES Tahun 2015 materi Uji TKPA dan Kemampuan Bahasa ---disini--

Demikian info tentang Soal Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES) Tahun 2017,  Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2016 dan Soal Seleksi Mandiri UNNES  (SM UNNES) Tahun 2015 semoga bermanfaat. Terima kasih, selamat belajar, semoga sukses.





= Baca Juga =



8 comments:

  1. terimakasih banyak ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, ini sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu, tapi ada pembahasannya gak min?

    ReplyDelete
  4. ini ada untuk s3 pendidikan mtk nya ada?

    ReplyDelete
  5. Apakah blognya bisa di update untuk soal tahun 2018? trimakasih

    ReplyDelete
  6. Permisi kak, yang tahun 2020 adakah arsip soal Mandiri nya? Terima kasih

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter