PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

10 October 2020

Download Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA

| 10 October 2020
Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA


Download Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

 

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.

 

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah yang sekarang menggunakan Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrument akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Menengah Pertama terdiri atas penjelasan umum, kuesioner pemetaan, dan formulir data pokok pendidikan. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

 

Pemetaan Mutu Pendidikan adalah proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Tujuannya adalah memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan. Dalam Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA dinyatakan bahwa yang terlibat dalam pengisian atau Instrumen EDS 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA adalah:

 

Warga sekolah yang memberikan data dan informasi pada level sekolah yaitu: Kepala sekolah dan Perwakilan guru, dengan ketentuan minimal 1 guru per mata pelajaran (perwakilan MGMP sekolah), dan total perwakilan guru minimal 10 guru (guru kelas 8 dan 9). Adapun Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

 

Berikut ini Panduan menjawab atau mengisi Kuesioner Pemetaan Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA

 

1.    Sekolah dapat memberdayakan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) agardapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.

2.    Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksamasetiap butir pernyataan pada masing-masing komponen.

3.    Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.

4.    Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah yang akan diverifikasi dan validasi oleh pengawas sekolah saat kegiatan supervisi.

5.    Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

6.     Pemberian jawaban

a) pilihan angka 1 – 7 dilakukan dengan menyilang (X) angka sesuai penjelasan arti angka

Bentuk tingkatan (contoh)

1 - Sangat tidak terpenuhi

2 - Sebagian besar tidak terpenuhi

3 - Agak tidak terpenuhi

4 - Netral

5 - Hampir terpenuhi

6 - Terpenuhi

7 - Sangat terpenuhi

Bentuk frekuensi (contoh)

1 - Tidak pernah

2 - Sangat jarang (kurang dari 10%)

3 - Jarang (sekitar 30% dari kesempatan)

4 - Kadang-kadang (sekitar 50% dari kesempatan)

5 - Seringkali (sekitar 70% dari kesempatan)

6 - Biasanya (sekitar 90% dari kesempatan)

7 - Selalu atau setiap saat

b) pilihan bertanda Օ dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda.

c) pilihan bertanda  dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda

d) pilihan % dilakukan dengan mengisi 0 sampai 100

 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA, melalui link di bawah ini.

 

Link download Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD (disini)

 

Link download Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SMP (disini)

 

Link download Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SMA (disini


Baca Juga ! Bagi sekolah yang belum mendownload Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Silahkan DISINI

 

Demikian informasi tentang Perangkat atau Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 untuk SD SMP SMA. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =



Related Posts

2 comments:

  1. terima kasih pak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak Mul, semoga menjadi amal jariyah, blognya makin banyak pengunjung dan makin maju.

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog