Instrumen Supervisi Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila). Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Dalam konteks tersebut, profil pelajar Pancasila memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan
jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal
yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad
ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.
Pelajar
Indonesia diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis
serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karenanya,
Pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang
berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
Selain
itu, Pelajar Indonesia juga diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara
yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karenanya,
Pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang
berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
Ada
6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; 2) Berkebinekaan global; 3)
Bergotong-royong; 4. Mandiri; 5) Bernalar kritis; 6. Kreatif. Dimensi-dimensi
tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya focus pada
kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai
bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.
Projek
penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu
dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan
sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
Projek
penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil
pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan”
sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari
lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki
kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan
iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan
kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam
menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.
Projek
penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik
untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Bagi pekerja di dunia modern, keberhasilan
menjalankan projek akan menjadi prestasi Dalam skema kurikulum, pelaksanaan
projek penguatan profil pelajar Pancasila terdapat di dalam rumusan Kepmendikbudristek
No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan
Pembelajaran yang menyebutkan bahwa Struktur Kurikulum di jenjang PAUD serta
Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler
dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Sementara
pada Pendidikan Kesetaraan terdiri atas mata pelajaran kelompok umum serta pemberdayaan
dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila. Penguatan projek profil pelajar Pancasila diharapkan dapat
menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang
hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Mengapa
perlu dibuatkan Instrumen Supervisi
Perencanaan P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila), Instrumen Supervisi
Pelaksanaan P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Instrumen
Supervisi Penilaian P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila) ? Berdasarkan
Kemendikbudristek No.56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila
merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan
upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan,
kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek
penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.
Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan
tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan
masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek
penguatan profil pelajar Pancasila.
Keterlaksanana
projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai bagian dari kegiatan
kokurikuler memerlukan supervise, bimbingan dan monitoring dari Pengawas
Sekolah. Hal ini karena dalam P5 pengawas sekolah memiliki peran: 1)
Berkoordinasi dengan satuan pendidikan, memastikan tersedianya sumber daya,
sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk pelaksanaan kegiatan projek penguatan
profil pelajar Pancasila; 2) Memberikan dukungan untuk peningkatan kapasitas
pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan; 3) Memastikan hasil
asesmen dipergunakan sebagai umpan balik dalam pelaksanaan projek profil; 4)
Memastikan keterlibatan dan sinergi antarpemangku kepentingan berjalan dengan
baik untuk mendukung projek profil; 5) Mengawasi apakah projek profil sudah
berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Berikut
ini contoh Instrumen Supervisi
Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian P5 (Projek penguatan Profil Pelajar
Pancasila) untuk membantu pengawas dalam mengawasi apakah projek profil sudah
berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Instrumen Supervisi
Perencanaan P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila),
Instrumen Supervisi Pelaksanaan
P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Instrumen Supervisi Penilaian
P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Demikian
informasi tentang Instrumen Supervisi
Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian P5 (Projek penguatan Profil Pelajar
Pancasila). Semoga ada manfaatnya
No comments
Post a Comment
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem