Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan rumpun dari berbagai cabang disiplin ilmu sosial dan humaniora. Pada level pendidikan dasar dan menengah, pembelajaran mata pelajaran IPS adalah peleburan (integrasi) dari disiplin ilmu yaitu Ilmu Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geograi. Kajian dari mata pelajaran IPS adalah lingkungan, manusia dan masyarakat sehingga pendekatan IPS adalah mempelajari berbagai macam fenomena lingkungan, manusia dan masyarakat dari perspektif Ilmu Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geograi. Walaupun mata pelajaran IPS disampaikan secara terintegrasi melalui berbagai macam tema tetapi penyajian dalam buku ini tetap menyampaikan kekhasan dari masing-masing disiplin ilmu sosial dan humaniora dalam mengkajinya. Secara sederhana perspektif IPS yang hendak disajikan dalam buku teks IPS baik untuk guru dan peserta didik tergambarkan melalui bagan di bawah ini.
Secara lebih detail kekhasan
pendekatan IPS yang disampaikan melalui berbagai macam tema akan dijelaskan
pada bagian ini. Buku IPS bagi guru yang disusun pada buku ini diharapkan dapat
menjadi salah satu panduan bagi guru untuk memfasilitasi peserta didik belajar
IPS baik secara teori maupun praktik.
Selain itu dalam konteks nasionalisme, mata pelajaran IPS merupakan salah satu
mata pelajaran yang penting dan strategis untuk mewujudkan generasi penerus
yang memiliki wawasan kebangsaan dan global sesuai denga amanat Undang-Undang
Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Dinamika masyarakat dan lingkungan dalam konteks lokal,
nasional dan global sebagai ruang lingkup IPS berkontribusi dalam dinamika
keilmuan dan kajian IPS sehingga dalam konteks ini, mata pelajaran IPS memiliki
peran untuk memfasilitasi peserta didik Indonesia yang berkarakter. Adapun
karakter peserta didik Indonesia yang hendak ditumbuhkembangkan adalah proil pelajar Pancasila. Terdapat enam
proil pelajar Pancasila.
Proil pelajar Pancasila
menjadi salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan, maka
ketercapaian dari enam proil tersebut terintegasi dalam proses pembelajaran di
mata pelajaran termasuk mata pelajaran IPS. Sebagai rumpun dari berbagai macam
disiplin ilmu, IPS memiliki karakteristik yang erat hubungannya ketercapaian
proil pelajar Pancasila, bahwa domain pendidikan IPS meliputi ranah kognisi,
afeksi dan psikomotorik dalam kerangka proil pelajar Pancasila.
Indonesia sebagai bangsa
dengan konteks masyarakat dan lingkungan yang beragam adalah ruang dan sumber
belajar pendidikan IPS. Bagaimana manusia dan masyarakat merespon dan mengelola
ruang di mana mereka berada, bagaimana sejarah manusia dan masyarakat sehingga beragam,
bagaimana manusia dan masyarakat memenuhi dan mengelola kebutuhan, bagaimana
manusia dan masyarakat dapat hidup bersama dan berdampingan, bagaimana manusia
dan masyarakat merespon berbagai masalah, merupakan kekhasan pendekatan
pendidikan IPS. Harapannya sebagai rumpun dari berbagai disiplin ilmu sosial
dan humaniora, pelajaran IPS mampu
memfasilitasi peserta didik untuk mampu menjelaskan berbagai fenomena kajian
IPS dengan perspektif IPS serta memberikan berbagai solusi dan kontribusi atas
berbagai masalah yang terkait dengan manusia, masyarakat dan lingkungan.
Tentunya dalam mengkaji berbagai fenomena kajian IPS, berbagai pendekatan dan
prosedur ilmiah dilakukan. Sehingga argumen atau kesimpulan yang disampaikan
oleh peserta didik berdasarkan data dan telah melalui berbagai langkah dalam
prosedur ilmiah.
Selengkapya silahkan baca Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah
Penggerak (Kurikulum Merdeka), melalui salinan dokumen yang tersedia di
bawah ini
Link download Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah
Penggerak (Kurikulum Merdeka) ---DISINI---
Demikian informasi tentang Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah
Penggerak (Kurikulum Merdeka). Semoga ada manfaatnya.