Post Popular

BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP MTS KURIKULUM MERDEKA (KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK)

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak)


Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak). Pusat Perbukuan; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sesuai tugas dan fungsinya  mengembangkan kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar mulai dari satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kurikulum ini memberikan keleluasaan  bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, sesuai Undang-Undang Nomor 3 tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan memiliki tugas untuk menyiapkan Buku Teks Utama.

 

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) ini merupakan salah satu sumber belajar utama untuk digunakan pada satuan pendidikan. Adapun acuan penyusunan buku adalah Kepmendikbud tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Sajian buku dirancang dalam bentuk berbagai aktivitas pembelajaran untuk mencapai kompetensi dalam Capaian Pembelajaran tersebut.  Penggunaan buku teks ini dilakukan secara bertahap pada Sekolah Penggerak sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak.

 

Sebagaimana diketahui bahasa merupakan bagian yang penting dalam kehidupan. Dengan bahasa, seseorang dapat berkomunikasi. Dengan bahasa pula, seseorang bisa memperoleh ilmu pengetahuan, mengolahnya, dan menyampaikannya kepada orang lain. Dengan demikian, bahasa menempati posisi yang penting dalam kehidupan manusia. Fungsinya tidak terbatas pada aspek komunikatif saja, tetapi juga penyampai informasi. Selain itu, bahasa juga mempunyai fungsi kognitif (mengembangkan kemampuan intelektual dan mental) dan emotif (kemampuan mengekspresikan dan mengungkapkan diri).

 

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) ini disusun sebagai panduan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pedagogi genre yang memiliki empat tahapan, yakni penjelasan, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian. Dengan model ini, peserta didik diharapkan mengenal dan memahami materi-materi ajar yang mampu mendorong mereka memiliki Proil Pelajar Pancasila dengan ciri-ciri sebagai berikut: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; 2) berkebinekaan global; 3) bergotong royong; 4) mandiri; 5)bernalar kritis; dan 6) kreatif.

 

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) ini ditulis dengan pendekatan sebagai berikut.

1. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca.  Setiap bab dalam Buku Siswa diawali dengan ilustrasi yang menggambarkan topik ataupun materi yang akan dipelajari. Ilustrasi tersebut menjadi pemantik bagi peserta didik agar tertarik mencari lebih banyak informasi melalui berbagai teks yang akan dibaca. Penggunaan ilustrasi berupa komik, infograik,  ataupun  bentuk  lainnya  yang  beragam  merupakan  cara  agar peserta didik terbiasa memahami makna yang terdapat dalam multiteks. Di akhir buku, kepada peserta didik juga diberikan rekomendasi ragam bacaan  iksi  atau  noniksi  yang  menampilkan  tema  atau  genre  teks  yang dibahas. Selain itu, terdapat pula jurnal membaca dengan ragam panduan kegiatan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi buku dari beragam perspektif.

2. Memperkenalkan topik kontekstual.   Bacaan  iksi  dan  noniksi  pada  setiap  bab  Buku  Siswa  memperkenalkan satu genre teks sembari mengangkat tema yang relevan dengan keseharian peserta didik sehingga dapat memantik diskusi tentang pengalaman mereka. Tema yang diangkat merupakan tema yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh PBB. Tema tersebut dipilih sebagai upaya agar peserta didik dapat ikut serta dalam memikirkan dan memberikan kontribusi solusi terhadap permasalahan global.

3. Membantu guru mengajar sesuai jenjang kompeten peserta didik.   Setiap bab Buku Siswa dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan untuk membantu peserta didik yang memerlukan bantuan khusus serta inspirasi kegiatan pengayaan untuk menstimulasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara klasikal, kelompok, ataupun individual.

4. Membantu guru menerapkan strategi literasi untuk memahami dan menganalisis bacaan dengan lebih baik.  Setiap bab Buku Siswa dilengkapi dengan saran untuk menerapkan strategi melakukan curah gagasan, memprediksi arti kosakata, memindai bacaan, pertanyaan pemantik untuk memandu diskusi, serta strategi untuk memodelkan proses berpikir ketika menanggapi atau mengkaji bacaan. Saran ini merupakan bagian dari strategi membaca terbimbing yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan belajar peserta didik di kemudian hari.

5.  Membantu guru memahami Capaian Pembelajaran dan menurunkannya dalam Tujuan Pembelajaran yang mudah dicapai dan dievaluasi.   Setiap bab Buku Siswa diperlengkapi dengan Tujuan Pembelajaran yang diturunkan dari Capaian Pembelajaran. Tujuan Pembelajaran ini disertai dengan contoh rubrik penilaian yang menjadi inspirasi guru untuk memantau kemajuan belajar peserta didik. Pada akhir bab, guru dapat mereleksi peta kemajuan belajar peserta didik ini untuk merencanakan pendekatan yang perlu dilakukan untuk mengajar sesuai dengan jenjang kompetensi setiap peserta didik.

 

Berikut ini salinan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak)

 



Link download Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak)

 

Demikian informasi tentang Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak). Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Tidak ada komentar

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Diberdayakan oleh Blogger.