Post Popular

BUKU SISWA IPS KELAS 8 KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK (KURIKULUM MERDEKA)

Buku Siswa IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)


Buku Siswa IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan rumpun dari berbagai cabang disiplin ilmu sosial dan humaniora. Pada level pendidikan dasar dan menengah, pembelajaran mata pelajaran IPS adalah  peleburan (integrasi) dari disiplin ilmu yaitu Ilmu Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geograi.  Kajian  dari  mata  pelajaran  IPS  adalah  lingkungan,  manusia dan masyarakat sehingga pendekatan IPS adalah mempelajari berbagai macam fenomena lingkungan, manusia dan masyarakat dari perspektif Ilmu Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geograi. Walaupun mata pelajaran IPS disampaikan secara terintegrasi melalui berbagai macam tema tetapi penyajian dalam buku ini tetap menyampaikan kekhasan dari masing-masing disiplin ilmu sosial dan humaniora dalam mengkajinya. Secara sederhana perspektif IPS yang hendak disajikan dalam buku teks IPS baik untuk guru dan peserta didik tergambarkan melalui bagan di bawah ini.

 

Secara lebih detail kekhasan pendekatan IPS yang disampaikan melalui berbagai macam tema akan dijelaskan pada bagian ini. Buku IPS bagi guru yang disusun pada buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu panduan bagi guru untuk memfasilitasi peserta didik belajar IPS baik secara teori maupun  praktik. Selain itu dalam konteks nasionalisme, mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan strategis untuk mewujudkan generasi penerus yang memiliki wawasan kebangsaan dan global sesuai denga amanat Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Dinamika masyarakat dan lingkungan dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai ruang lingkup IPS berkontribusi dalam dinamika keilmuan dan kajian IPS sehingga dalam konteks ini, mata pelajaran IPS memiliki peran untuk memfasilitasi peserta didik Indonesia yang berkarakter. Adapun karakter peserta didik Indonesia yang hendak ditumbuhkembangkan  adalah proil pelajar Pancasila. Terdapat enam proil pelajar Pancasila.

 

Proil pelajar Pancasila menjadi salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan, maka ketercapaian dari enam proil tersebut terintegasi dalam proses pembelajaran di mata pelajaran termasuk mata pelajaran IPS. Sebagai rumpun dari berbagai macam disiplin ilmu, IPS memiliki karakteristik yang erat hubungannya ketercapaian proil pelajar Pancasila, bahwa domain pendidikan IPS meliputi ranah kognisi, afeksi dan psikomotorik dalam kerangka proil pelajar Pancasila.

 

Indonesia sebagai bangsa dengan konteks masyarakat dan lingkungan yang beragam adalah ruang dan sumber belajar pendidikan IPS. Bagaimana manusia dan masyarakat merespon dan mengelola ruang di mana mereka berada, bagaimana sejarah manusia dan masyarakat sehingga beragam, bagaimana manusia dan masyarakat memenuhi dan mengelola kebutuhan, bagaimana manusia dan masyarakat dapat hidup bersama dan berdampingan, bagaimana manusia dan masyarakat merespon berbagai masalah, merupakan kekhasan pendekatan pendidikan IPS. Harapannya sebagai rumpun dari berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora, pelajaran  IPS mampu memfasilitasi peserta didik untuk mampu menjelaskan berbagai fenomena kajian IPS dengan perspektif IPS serta memberikan berbagai solusi dan kontribusi atas berbagai masalah yang terkait dengan manusia, masyarakat dan lingkungan. Tentunya dalam mengkaji berbagai fenomena kajian IPS, berbagai pendekatan dan prosedur ilmiah dilakukan. Sehingga argumen atau kesimpulan yang disampaikan oleh peserta didik berdasarkan data dan telah melalui berbagai langkah dalam prosedur ilmiah.

 

Selengkapya silahkan baca Buku Siswa IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka), melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Siswa IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ---DISINI---

 

Demikian informasi tentang Buku Siswa IPS Kelas 8 Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Powered by Blogger.

Online In Blog

Online In Blog