Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Matematika Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024. Secara umum Penilaian/asesmen bertujuan untuk a) Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan program pengayaan; b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu, yaitu harian, tengah semester, satu semester, satu tahun, dan masa studi satuan pendidikan; c) Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi bagi mereka yang diidentifikasi sebagai peserta didik yang lambat atau cepat dalam belajar dan pencapaian hasil belajar; d) Memperbaiki proses pembelajaran pada pertemuan semester berikutnya.
Selain memiliki tujuan, penilaian/asesmen
juga berfungsi untuk: a) Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah
menguasai suatu kompetensi; b) Mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam
rangka membantu peserta didik memahami kemampuan dirinya, membuat keputusan
tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan
kepribadian maupun untuk penjurusan (sebagai bimbingan); c) Menemukan kesulitan
belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan
sebagai alat diagnosis yang membantu pendidik menentukan apakah seseorang perlu
mengikuti remedial atau pengayaan; d) Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan
pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
Dalam pelaksanaan penilaian/asesmen
harus sesuai dengan prinsip peniliaian, Prinsip umum dalam Penilaian/asesmen
Hasil Belajar oleh Pendidik sebagai berikut.
1.
Sahih, berarti penilaian/asesmen didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur.
2.
Objektif, berarti penilaian/asesmen didasarkan pada prosedur dan kriteria yang
jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
3.
Adil, berarti penilaian/asesmen tidak menguntungkan atau merugikan peserta
didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku,
budaya, adat istiadat, status sosial Matematika, dan gender.
4.
Terpadu, berarti penilaian/asesmen oleh pendidik merupakan salah satu komponen
yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
5.
Terbuka, berarti prosedur penilaian/asesmen, kriteria penilaian/asesmen, dan
dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
6.
Holistik dan berkesinambungan, berarti penilaian/asesmen oleh pendidik mencakup
semua aspek kompetensi dan dengan berbagai teknik penilaian/asesmen yang sesuai
dengan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik.
7.
Sistematis, berarti penilaian/asesmen dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah baku.
8.
Akuntabel, berarti penilaian/asesmen dapat dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
9.
Edukatif, berarti penilaian/asesmen dilakukan untuk kepentingan dan kemajuan
peserta didik dalam belajar.
Prinsip khusus dalam Penilaian/asesmen
Hasil Belajar oleh Pendidik adalah: Materi penilaian/asesmen dikembangkan dari
kurikulum; Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran; Berkaitan dengan
kemampuan peserta didik; Berbasis kinerja peserta didik; Memotivasi belajar
peserta didik; Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik; Memberi
kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya; Menekankan keterpaduan
sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Mengembangkan kemampuan berpikir
divergen; Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran; Menghendaki
balikan yang segera dan terus menerus; Menekankan konteks yang mencerminkan
dunia nyata; Terkait dengan dunia kerja; Menggunakan data yang diperoleh
langsung dari dunia nyata; dan Menggunakan berbagai cara dan instrumen.
Berikut ini adalah Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Matematika Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024
Link download Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun MatematikaKelas 11 SMA SMK Tahun 2024 dan Kunci Jawaban
Demikian sekilas info
tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Matematika Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024. Sermoga ada manfaatnya.