Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MA Tahun 2024. Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. AM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Tujuan Pelaksanaan Asesmen
Madrasah (AM) adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai
Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan yaitu kelas 6 untuk
MI, Kelas 9 untuk MTs dan Kelas 12 untuk MA. Asesmen Madrasah berfungsi sebagai :
Indikator pencapaian kompetensi peserta didik, Umpan balik bagi madrasah untuk
kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di
waktu berikutnya., dan Pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan.
Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah,
antara lain 1) Peserta didik yang belajar tahun terakhir pada satuan pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah; 2) Peserta didik
yang memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan
sampai dengan semester 1 tahun terakhir; 3) Peserta asesmen Madrasah Tsanawiyah
memiliki Ijazah Madrasah IbtidaiyahSekolah Dasar atau yang sederajat; 4) Peserta
asesmen Madrasah Aliyah memiliki Ijazah Madrasah TsanawiyahSekolah Menengah
Pertama atau yang sederajat; 5) Peserta didik yang karena alasan tertentu dan
disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti AM utama dapat mengikuti UM susulan;
6) Madrasah dapat menetapkan kriteria persyaratan lain sesuai dengan kondisi,
situasi, dan kebutuhan setempat.
Sebelum kamu membaca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MA Tahun
2024, pahami bahwa sesungguhnya Asesmen Madarasah merupakan salah satu proses penilaian yang
dilakukan guru, seperti halnya dengan ulangan harian, asesmen mid semester, asesmen
semester, penugasan, penilaian afektif, penilaian praktik, penilaian diri,
penilaian antarteman, dan penilaian portofolio akan berdampak positif bagi
siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Setidak ada berikut ini beberapa
manfaat dari pelaksanaan Asesmen Madarasah, yakni: 1) Menghargai pentingnya
waktu. Santri yang akan melaksanakan asesmen harus mengetahui waktu kapan jadwal
asesmen akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar malam,
belajar kelompok, belajar di asrama, atau bahkan meminta waktu kepada gurunya
untuk bimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke kelas
untuk asesmen; 2) Memahami arti pentingnya belajar. Melalui ulangan, apabila
siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. Jika tidak belajar dapat
dipastikan tidak naik kelas. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat
ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi santri dan ada rasa bangga
bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengulang kelas. Dengan demikian
akan memahami secara mendalam pentingnya belajar; 3) Melatih kejujuran, asesmen
melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri
soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat
diterapkan pada kehidupannya yang lain; 4) Menghargai hasil usaha, apapun hasil
asesmennya maka ia harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan
hasil usaha setelah belajar; 5) Semangat juang, melalui asesmen santri dituntut
memiliki semangat juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar
maksimal hasilnya mendekati akan harapan; 5) Untuk memotivasi diri. Diadakannya
suatu asesmen adalah sebagai motivasi diri bagi masing-masing pelajar untuk lebih
meningkatkan prestasinya. Semua individu pasti ingin lulus asesmen dan bahkan
ingin mempunyai nilai yang bagus, tapi untuk memperoleh itu semua tidaklah
semudah kita hanya menghayal atau bermimpi saja. Tetapi bukan berarti pula
prosesnya juga sulit untuk mencapainya. Jika kita ingin hasil yang bagus maka
kita juga harus melakukannya dengan cara yang bagus pula, jangan melakukannya
dengan cara setengah hati apalagi dengan cara yang curang; 6) Sebagai sarana
untuk mendekatkan diri pada Allah. Pada umumnya terkadang ketika seorang
pelajar saat mendengar akan dilaksanakan asesmen pasti salah satu jurusnya untuk
berhasil dalam asesmen adalah lebih mendekatkan diri kepada yang Kuasa. Pada saat
detik-detik menjelang asesmen pasti akan begitu khusyuknya beribadah dan berdoa
agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal asesmen. Alangkah indahnya
jikalau melakukan ibadah itu bukan hanya saat menjelang asesmen saja, melainkan
setiap saat yaitu sehari lima kali pasti dijamin segala urusannya dalam belajar
dan mengikuti asesmen akan diberikan kemudahan juga kelancaran dari Allah.
Pada masa pandemi covid-19,
madrasah dapat menyelenggarakan Asesmen Madrasah (AM) secara daring dan/atau
luring, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Madrasah sesuai kemampuan infrastruktur
yang dimiliki dapat juga menyelenggarakan asesmen dengan moda Asesmen Madrasah
Berbasis Komputer (AMBK), Asesmen Madrasah Berbasis Kertas Pencil (AMKP) dan/atau
bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.
Silahkan download dan baca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MA Tahun
2024 berikut Kunci Jawaban dan Pembahasnya, melalui link yang
tersedia di bawah ini.
Link
download
LATIHAN
SOAL UM TAHUN 2024 JENJANG MA (MADRASAH ALIYAH)
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Al
Quran Hadist MA Tahun 2024 https://bit.ly/34s9lvE
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Fikih
MA Tahun 2024 https://bit.ly/3gueJ3Y
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI MA
Tahun 2024 https://bit.ly/3GEI2vu
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MA Tahun 2024 https://bit.ly/3sG4Y8H
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa
Arab MA Tahun 2024 https://bit.ly/3ounaAJ
LATIHAN
SOAL UM TAHUN 2024 JENJANG MA (MADRASAH TSANAWIYAH)
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Al
Quran Hadist MTs Tahun 2024 https://bit.ly/35WXGph
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Fikih
MTs Tahun 2024 https://bit.ly/3grg8Iu
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI MTs
Tahun 2024 https://bit.ly/3ryJIly
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MTs Tahun 2024 https://bit.ly/3HBvOot
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa
Arab MTs Tahun 2024 https://bit.ly/34yXOul
LATIHAN
SOAL UM TAHUN 2024 JENJANG MI (MADRASAH IBTIDAIYAH)
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Al
Quran Hadist MI Tahun 2024 https://bit.ly/3gs6aqa
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Fikih
MI Tahun 2024 https://bit.ly/3gKMluJ
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI MI
Tahun 2024 https://bit.ly/3uCgOmR
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MI Tahun 2024 https://bit.ly/34nQdPA
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa
Arab MI Tahun 2024 https://bit.ly/3uxfvW7
Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MA Tahun
2024 berikut Kunci Jawaban dan Pembahasnya. Semoga ada manfaatnya