Post Popular

MODUL PEMBELAJARAN PJJ BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP SEMESTER 1 (GANJIL)

Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester 1 (Ganjil)


Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester 1 (Ganjil). Modul ialah bahan ajar berseri yang dirancang untuk digunakan Peserta Didik dalam belajar mandiri. Modul ini akan menolong dan memberikan pengalaman belajar bermakna bagi Peserta Didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.

 

Sebagai bahan ajar, unsur-unsur pokok modul terdiri atas (a) Tujuan Pembelajaran, (b) Aktivitas Pembelajaran, dan (c) Evaluasi. Tujuan Pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas Pembelajaran berupa aktivitas-aktivitas yang akan Peserta Didik lakukan agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi ialah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang Peserta Didik peroleh dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

 

Modul menggunakan pendekatan belajar tuntas. Dalam hal ini Peserta Didik mesti mencapai tingkat ketuntasan kompetensi tertentu sebelum Peserta Didik melanjutkan untuk pencapaian kompetensi selanjutnya pada modul berikutnya. Belajar mandiri ialah proses belajar aktif yang akan Peserta Didik lakukan dengan menggunakan modul ini; dalam belajar aktif tersebut butuh dorongan niat atau motif Peserta Didik untuk menguasai kompetensi yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

 

Sasaran utama dalam belajar mandiri tersebut ialah Peserta Didik dapat memperoleh kompetensi yang telah ditetapkan serta memperoleh kemandirian dalam belajar. Aktivitas pembelajaran dalam modul berpusat pada diri Peserta Didik, bukan pada guru maupun materi ajar. Artinya, Peserta Didik merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran Peserta Didik sendiri sesuai dengan kecepatan belajar Peserta Didik.

 

Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengalaman belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama, yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembelajaran, Peserta Didik juga akan mengalami pengalaman belajar terkait dengan pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi efektif.

 

Modul ini juga dapat digunakan oleh orang tua Peserta Didik secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar Peserta Didik di rumah. Dukungan orang tua sangat diharapkan agar Peserta Didik benar-benar memiliki kebiasaan belajar yang mandiri dan bertanggungjawab. Orang tua juga diharapkan menyediakan diri untuk berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar jika Peserta Didik membutuhkannya.

 

Berikut ini Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester 1 (Ganjil)

 



Link download Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester 1 (Ganjil) ----disini----

 

Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester 1 (Ganjil). Semoga ada manfaatnya.




No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Powered by Blogger.