PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TAHUN 2015

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Senin, 13 Juli 2015

WARNING KHUSUS PNS, MULAI TAHUN 2015, SEMUA PNS WAJIB PENDATAAN ULANG DI SITUS BKN, CARANYA KLIK DISINI

Uptodate Infomasi pencairan tunjangan sertifikasi guru khusus untuk wilayah kabupaten Pandeglang, Banten. Berdasarkan informasi dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten  dan Kepala Subag Keuangan, Pencairan tunjangan sertifikasi guru triwulan 2 tahun 2015 sudah masuk rekening dan bisa dicairkan mulai hari Selasa 14 Juli 2015. Trimks


Menyambut bulan ramadhan dan hari raya Idul fitri tahun 2015, para guru yang sudah bersertifikat pendidik patut bersyukur karena pada bulan Juni - Juli 2015 selain akan menerima gaji ke 13, rapelan kenaikan gaji, juga pencairan tunjangan sertifikasi guru atau pencairan profesi guru triwulan 2 tahun 2015. Berdasarkan ketentuan pencairan atau penyaluran tunjangan sertifikasi guru atau penyaluran  profesi guru triwulan II tahun 2015 akan dibayarkan mulai bulan Juni 2015. Sepertinya paling telat tunjngan sertifikasi guru triwulan 2 akan dibayarkan bulan Juli 2015. Oh, ya jangan lupa Bapak/ibu untuk mengeluarkan sebagai harta baik untuk pembayaran jakat maupun shadaqah. Khusus untuk pencairan sertifikasi / profesi guru selayaknya Bapak/ibu meluangkan sebagian rizikinya untuk para Operator Sekolah.


Begitu pula untuk Pencairan Tunjangan profesi guru (TPG) guru NonPNS untuk triwulan 2 bulan April-Juni tahun ini dipercepat. Semula pencairan TPG guru NonPNS dijadwalkan pada 9-14 Juli, tetapi sudah disalurkan pada 30 Juni lalu. Adapun jumlah guru NonPNS yang menerima TPG sebanyak 50.462 orang.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, ada dua mekanisme pencairan TPG. Untuk guru pendidikan dasar langsung masuk ke rekening guru, sedangkan untuk guru pendidikan menengah melalui bank penampung. “Dua-duanya sudah masuk ke rekening guru,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Sumarna mengatakan, bank penampung adalah bank yang diseleksi oleh pemerintah untuk menyalurkan TPG. Dia menyebutkan, bank tersebut adalah BRI, BNI, dan Bank Mandiri. “Uang dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) langsung masuk ke bank penampung. Kemudian, dari bank penampung disalurkan ke rekening pribadi guru,”katanya.

Menurut Sumarna, jika bank penampung sama dengan bank rekening pribadi guru maka akan langsung masuk, sedangkan jika bank-nya berbeda maka melalui mekanisme RTGS, yang memerlukan waktu 1-2 hari. “Urusan pemerintah pusat sudah selesai minggu lalu,”kata Sumarna.

Sementara, kata Sumarna, jika ada guru NonPNS yang belum menerima TPG bisa disebabkan beberapa hal. Pertama, karena rekeningnya mati akibat saldo tabungan kurang dari Rp50ribu. Kedua, disebabkan karena proses transfer melalui sistem RTGS yang butuh waktu beberapa hari.

Adapun untuk penyaluran TPG guru PNS daerah disalurkan melalui pemerintah daerah. Jumlah guru PNSD yang mendapatkan TPG sebanyak 178.291 orang


Info Sebelumnya
Berdasarkan informasi dari SUBBAG Keuangan Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Pencairan Tunjangan Sertfikasi guru Triwulan 1 Tahun 2015 bagi guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang mulai tanggal 28 April 2015. Tunjangan Sertfikasi guru Triwulan 1 tahun 2015 sudah masuk ke rekening guru penerima pada tanggal 29 April 2015. Bagi yang SKTP-nya belum diterbitkan, pencairan menyusul.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau pemerintah daerah (pemda) segera menyalurkan tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah (TPG PNS Daerah) triwulan pertama. Himbauan ini disampaikan mengingat tenggat waktu penyaluran TPG PNS Daerah selambat-lambatnya tanggal 16 April 2015. Sebagai pedoman, pemerintah daerah dapat menggunakan Petunjuk Teknis (Juknis) Penyaluran Tunjangan Profesi Guru PNS Daerah Melalui Mekanisme Transfer Daerah, yang telah dikeluarkan 31 Januari 2015.

Pembayaran TPG PNS Daerah dialokasi dari APBN kemudian ditransfer ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui mekanisme dana transfer daerah. Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kemendikbud (P2TK Dikdas Kemendikbud) Sumarna Surapranata, mengatakan, tunjangan PNS Daerah telah digelontorkan sejak akhir Januari 2015. “TPG PNS Daerah tahun 2015 itu ada sekitar Rp 66 T (Rp 66.461.782.768.000), untuk periode triwulan pertama, sekitar Rp 16 T sudah ada di kas daerah sejak akhir Januari tahun ini. “Kami harap agar pemerintah daerah segera mencairkan kepada guru, sesuai jadwal, selambat-lambatnya 16 April 2015,” ujar Sumarna Surapranata, di Jakarta, hari ini (2/4). Ditambahkannya, pemerintah daerah jangan menahan penyalurannya, karena sudah ada SKTP guru PNS Daerah sebagai salah satu dasar penyaluran. Himbauan ini, menurut Sumarna Surapranata, sebagai peringatan pertama terhadap penyaluran TPG PNS Daerah yang akan mendekati tenggat waktu pencairan periode triwulan pertama. 

Kemendikbud, dikatakannya, telah menerbitkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) bagi 62.161 guru bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau 57% dari 109.869 total guru yang menjadi sasaran penerbitan SKTP guru bukan PNS. SKTP merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi guru penerima TPG. Berdasarkan data Kemendikbud, TPG periode triwulan pertama telah disalurkan dan diterima oleh 62.161 guru bukan PNS sejak tanggal 25 Maret 2015. Penyaluran dilakukan dengan mekanisme Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kemendikbud (P2TK Dikdas Kemendikbud). “TPG guru bukan PNS yang menjadi kewajiban pusat sudah cair sebanyak 78%”, ujar Sumarna Surapranata.Berdasarkan informasi yang dirilis P2TKDikdas pada tanggal 16 Januari 2015 terkait beredarnya berita tentang terjadinya perubahan mekanisme persyaratan, pemberian dan pembayaran tunjangan profesi yang isunya melekat pada gaji, maka dengan ini diinformasikan bahwa sampai saat ini regulasi terkait dengan isu tersebut belum ada, sehingga dapat dipastikan tidak ada perubahan pada mekanisme persyaratan, pemberian dan pembayaran tunjangan profesi pada tahun 2015.

Penyaluran Tunjangan Profesi Guru atau pencairan tunjangan sertifikasi guru tahun 2015 sudah diatur dalam PMK Nomor 241/PMK.07/2014 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Transfer Ke Daerah dan Dana Desa yang diterbitkan pada tanggal 24 Desember 2014 yang ditandatangi Bambang P.S. Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan  dan telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna L Laoly  pada tanggal 24 Desember 2014. 

Berdasarkan pasal 21 ayat 1 PMK Nomor 241/PMK.07/2014 dinyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi (TP) / sertifikasi guru dilakukan secara triwulanan yaitu: 
a. Penyaluran (Pencairan) Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 ( I ) bulan Maret
b. Penyaluran (Pencairan) Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 2 ( II ) bulan Juni
c. Penyaluran (Pencairan) Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 ( III ) bulan September
d. Penyaluran (Pencairan) Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 ( IV ) bulan Nopember




Begitu pula untuk Dana Tambahan Penghasilan (DTP) guru PNS atau yang dikenal dengan tunjangan non sertifikasi berdasarkan pasal 22 ayat 1 PMK Nomor 241/PMK.07/2014 juga dilakukan secara triwulanan yaitu: 
a. Triwulan 1 ( I ) bulan Maret
b. Triwulan 2 ( II ) bulan Juni
c. Triwulan 3 ( III ) bulan September
d. Triwulan 4 ( IV ) bulan Nopember

Bagi Anda yang ingin membaca atau memiliki PMK Nomor 241/PMK.07/2014 tertangal tanggal 24 Desember 2014 silahkan klik link download di bawah ini


Berikut ini Petunjuk Teknis Penyaluran dan Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Guru PNS Melalui Mekanisme Transfer Daerah Tahun 2015,

Kriteria  guru  PNSD  penerima  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  melalui  mekanisme  transfer  daerah  berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran dan Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Guru PNS Melalui Mekanisme Transfer Daerah Tahun 2015 adalah sebagai berikut.
1.  Guru  PNSD  yang  mengajar  pada  satuan  pendidikan  di  bawah  binaan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Pengawas  PNSD  yang  melaksanakan  tugas  kepengawasan  pada  satuan  pendidikan  di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.  Memiliki  satu  atau  lebih  sertifikat  pendidik  yang  telah  diberi  satu  Nomor  Registrasi  Guru (NRG)  yang  diterbitkan  oleh  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  Setiap  guru  hanya memiliki satu (1) NRG walaupun guru yang bersangkutan memiliki satu atau lebih sertifikat pendidik.
4.  Memiliki  Surat  Keputusan  Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  (SKTP)  yang  dikeluarkan  oleh  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5.  Sebelum berlakunya Pasal 17 mengenai rasio guru siswa pada Peraturan Pemerintah Nomor 74  Tahun  2008  tentang  Guru,  pada  awal  tahun  2016  bagi  satuan  pendidikan  yang  hanya memiliki satu rombongan belajar pada tingkat kelas tertentu maka jumlah rasio guru siswa dapat kurang dari 20 untuk SD/SMP/SMA dan kurang dari 15 untuk TK/SMK.
6.  Beban kerja guru ditentukan berdasarkan kurikulum yang berlaku di rombongan belajarnya. (Daftar sekolah pelaksana Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tahun 2006 adalah yang terdaftar pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
7.  Beban  kerja  guru  adalah  sekurang-kurangnya  24  (dua  puluh  empat)  jam  tatap  muka  dan sebanyak-banyaknya  40  (empat  puluh)  jam  tatap  muka  dalam  1  (satu)  minggu,  sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
8.  Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 7 dikecualikan apabila guru:
a.  Mengajar  pada  rombongan  belajar  di  SMP/SMA/SMK  yang  melaksanakan  Kurikulum 2013  pada  semester  pertama  menjadi  Kurikulum  Tahun  2006  pada  semester  kedua tahun  pelajaran  2014/2015.  Dalam  hal  terdapat  guru  mata  pelajaran  tertentu  di SMP/SMA/SMK tersebut tidak  dapat  memenuhi beban  mengajar  minimal  24  (dua puluh  empat)  jam  tatap  muka per  minggu,  pemenuhan  beban  mengajar  dilakukan melalui ekuivalensi kegiatan pembelajaran/pembimbingan sebagaimana diatur dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan Nomor  4  Tahun  2015 tentang Ekuivalensi  Kegiatan  Pembelajaran/Pembimbingan  Bagi  Guru yang  Bertugas  pada SMP/SMA/SMK yang  Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Semester Pertama Menjadi Kurikulum Tahun 2006 pada Semester Kedua Tahun Pelajaran 2014/2015.
b.  Mendapat tugas tambahan sebagai kepala satuan pendidikan, mengajar paling sedikit 6  (enam)  jam tatap  muka  per  minggu yang  sesuai  dengan  sertifikat  pendidik  yang dimilikinya  atau  membimbing  40  (empat  puluh)  peserta  didik  bagi  kepala  satuan pendidikan yang berasal dari guru bimbingan dan konseling/konselor.
c.  Mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala satuan pendidikan, mengajar paling sedikit  12  (dua  belas)  jam  tatap  muka  per  minggu  atau  membimbing  80  (delapan puluh)  peserta  didik  bagi  wakil  kepala  satuan  pendidikan  yang  berasal  dari  guru bimbingan dan konseling/konselor adalah sebagai berikut.
1) untuk jumlah wakil kepala satuan pendidikan jenjang SMP adalah.
i.  1-9 rombel = 1 (satu) orang wakil kepala satuan pendidikan.
ii. 10-18 rombel = 2 (dua) orang wakil kepala satuan pendidikan.
iii. ≥18 rombel = 3 (tiga) orang wakil kepala satuan pendidikan.
2) untuk jumlah wakil kepala satuan pendidikan jenjang SMA/SMK adalah
i.  1-9 rombel = 1 (satu) orang wakil kepala satuan pendidikan.
ii. 10-18 rombel = 2 (dua) orang wakil kepala satuan pendidikan.
iii. 19-27 rombel = 3 (tiga) orang wakil kepala satuan pendidikan.
iv. ≥27 rombel = 4 (empat) orang wakil kepala satuan pendidikan.
d.  Mendapat  tugas  tambahan  sebagai  kepala  perpustakaan  pada  jenjang SD/SMP/SMA/SMK, kepala laboratorium pada jenjang SMP/SMA/SMK, ketua program keahlian/program  studi,  kepala  bengkel,  kepala  unit  produksi  dan  sejenisnya, mengajar  paling  sedikit  12  (dua  belas)  jam  tatap  muka  per  minggu.  Pengangkatan tugas tambahan pada huruf d ini oleh kepala sekolah dan diketahui oleh kepala dinas pendidikan Provinsi/kabupaten/kota dengan  mengacu  pada  persyaratan  yang  telah ditentukan  dalam  Permendiknas  nomor  25  tahun  2008  tentang  standar  tenaga perpustakaan sekolah/madrasah. “Setiap  sekolah/madrasah  untuk  semua  jenis  dan jenjang yang mempunyai jumlah tenaga perpustakaan sekolah/madrasah lebih dari satu orang,  mempunyai  lebih  dari  enam  rombongan  belajar  (rombel),  serta  memiliki  koleksi minimal  1000  (seribu)  judul  materi  perpustakaan  dapat  mengangkat  kepala perpustakaan sekolah/madrasah”.
e.  Bertugas  sebagai  guru  Bimbingan  Konseling  mengampu  paling  sedikit  150  (seratus lima puluh) peserta didik pada satu atau lebih satuan pendidikan, dengan mengampu paling sedikit 40 orang peserta didik di satminkalnya.
f.  Bertugas  sebagai  guru  pembimbing  khusus  pada  satuan  pendidikan  yang menyelenggarakan  pendidikan  inklusi  atau  pendidikan  terpadu  paling  sedikit  6 (enam) jam tatap muka per minggu; guru pembimbing khusus dapat berasal dari SLB atau  guru  PNS  yang  ada  di  sekolah  inklusi  yang  sudah  dilatih  menjadi  guru pembimbing khusus. daerahnya/desanya  ditetapkan  dalam  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan.  Penetapan  daerah  khusus  ini  menggunakan  data  dari  Kementerian Desa,    Pembangunan  Daerah Tertinggal  dan  transmigrasi  dan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
g.  Bertugas  sebagai  guru  pada  satuan  pendidikan  di  daerah  khusus  yang
h.  Bagi  guru  yang  bertugas  pada satuan  pendidikan  khusus,  dimana  peserta  didiknya memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
i.  Bagi  guru  yang  bertugas  pada  sekolah  kecil  (unit  sekolah  baru  yang  memenuhi persyaratan  pendirian  sekolah  baru  dengan  jangka  waktu  yang  dipersyaratkan), sekolah  terbuka  dan  sekolah  terintegrasi  (sesuai  dengan  persyaratan  pendirian sekolah terbuka dan sekolah terintegrasi) serta sekolah darurat yang tidak berada di daerah  khusus,  dan  ditetapkan  oleh  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan,  agar tunjangan  profesinya tetap dibayarkan,  guru  tersebut  harus  melakukan  kegiatan ekuivalensi sebagaimana terdapat dalam lampiran. Bukti dokumen atau pemberkasan sebagaimana  dimaksud  di  atas  diverifikasi  oleh  Pemerintah/dinas  pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.
j.  Bagi guru yang dibutuhkan atas dasar pertimbangan kepentingan nasional adalah:
i.  Guru yang bertugas di sekolah Indonesia di luar negeri;
ii.  Guru  yang  ditugaskan  menjadi  guru  di  negara lain  atas  dasar  kerjasama
antarnegara.
k.  Bagi  guru  produktif  yang  berkeahlian  khusus/berkeahlian  langka/memiliki keterampilan  atau  budaya  khas  daerah,  untuk  mengajarkan  praktik  dapat  dilakukan oleh guru lebih dari 1 (satu) orang dengan keahlian yang dibutuhkan.
9.  Belum pensiun.
10.  Tidak beralih status dari guru atau pengawas sekolah.
11.  Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain satuan pendidikan tempat bertugas di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
12.  Tidak merangkap sebagai eksekutif, yudikatif, atau legislatif.
13.  Dalam  pelaksanaan  peraturan  bersama  Menteri  Pendidikan  Nasional,  Menteri  Negara Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi  Birokasi,  Menteri  Dalam  Negeri,  Menteri Keuangan  dan  Menteri  Agama  Nomor:  05/X/PB/2011,  SPB/03/M.PAN-RB/10/2011,  48  Tahun 2011,  158/PMK.01/2011,  11  Tahun  2011  tentang  Penataan  dan  Pemerataan  Guru  Pegawai Negeri Sipil, guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik tetapi dialihtugaskan antarsatuan pendidikan, antarjenjang dan/atau antarmata pelajaran yang dibuktikan dengan Keputusan Gubernur/Bupati/Walikota  tentang  Penataan  dan  Pemerataan  Guru  PNS  berdasarkan perencanaan  kebutuhan  guru  seluruh  Provinsi/kabupaten/kota.  Mereka  masih mendapatkan tunjangan profesinya maksimal 2 (dua) tahun sejak dipindahtugaskan apabila yang bersangkutan memenuhi persyaratan angka 1 sampai dengan 7 di atas, sebagaimana diatur  dalam  BAB  IV  Ketentuan  Peralihan,  Pasal  5,  Permendikbud  Nomor  62  Tahun  2013 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru.
14.  Dinas  pendidikan Provinsi/kabupaten/kota  mengirimkan  SK  alih  tugas  guru  PNS  yang memiliki  sertifikat  pendidik  sebagaimana  dimaksud  pada  angka  13  kepada  Direktorat Pembinaan PTK terkait dengan melampirkan SK Gubernur/Bupati/Walikota.
15.  Selama  proses  sertifikasi  guru  tahun  2007  sampai  dengan  tahun  2011  terjadi  perubahan nomor  kode  dan  nama  bidang  studi  sertifikasi  guru  pada  tahun  2009  dengan mempertimbangkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar  Isi,  dan  Keputusan  Direktorat  Jenderal  Manajemen  Pendidikan  Dasar  dan Menengah  No.251/C/KEP/MN/2008  tentang  Spektrum  Keahlian  Pendidikan  Menengah Kejuruan  yang  mulai  diimplementasikan  pada  tahun  2009,  maka  untuk  kelengkapan persyaratan pencairan perlu adanya penyesuaian (konversi) nomor kode dan nama bidang studi sertifikasi guru dalam daftar Penyesuaian (Konversi) Bidang Studi Sertifikasi sebelum dan  setelah  tahun  2009  yang  sudah  ditetapkan  oleh  Badan  Pengembangan  SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemdikbud.
16.  Bagi guru yang sudah memiliki serifikat pendidik tetapi status kepegawaiannya masih calon pegawai negeri sipil (CPNS), maka tunjangan profesinya tidak dibayarkan sampai guru yang bersangkutan menjadi PNS dan memenuhi persyaratan lainnya.
17.  Ketentuan bagi pengawas adalah sebagai berikut.
a.  Pengawas TK  melaksanakan  tugas  pengawasan  akademik  dan  manajerial  untuk  TK, Pengawas  SD  melaksanakan  tugas  pengawasan  akademik  dan  manajerial  untuk  SD dan  mapel  olahraga  dan  agama,  Pengawas  mapel  melaksanakan  tugas  pengawasan akademik dan manajerial untuk SMP/SMA/SMK. Bagi pengawas mata pelajaran, dalam melaksanakan  tugas  kepengawasannya,  wajib  memiliki  sertifikat  pendidik kepengawasan sesuai peruntukannya.
i.  Pengawas  TK/RA  melaksanakan  tugas  pengawasan  paling  sedikit  10  satuan pendidikan tingkat TK/RA.
ii.  Pengawas  SD/MI  melaksanakan  tugas  pengawasan  paling  sedikit  10  satuan pendidikan  tingkat  SD/MI,  termasuk  tugas  pengawasan  terhadap  guru  agama dan penjasorkes di satuan pendidikan yang menjadi binaannya.
iii.  Pengawas  mata  pelajaran  di  SMP/MTs  dapat  memenuhi  beban  kerja  tugas pengawasan  di  SMA/MA  dan/atau  SMK/MAK  pada  mata  pelajaran  yang  sama dan sebaliknya.
iv.  Pengawas SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK melaksanakan tugas pengawasan paling  sedikit  7  (tujuh)  satuan  pendidikan  dan/atau  paling  sedikit  40  (empat puluh)  guru;  dalam  hal  tidak  mencukupi  satuan  pendidikan,  maka  pengawas satuan  pendidikan  yang  belum  memenuhi  jumlah  satuan  pendidikan  yang menjadi  binaannya,  dapat  memenuhi  kekurangan  tersebut  dengan  melakukan pembinaan  guru  sesuai  dengan  latar  belakang  bidang  pendidikan/  sertifikat pendidik  yang  dimilikinya.  Adapun  ekuivalensi  satuan  pendidikan  terhadap jumlah guru adalah 1:6.
v.  Pengawas Sekolah Luar Biasa melaksanakan tugas pengawasan paling sedikit 5 (lima)  satuan  pendidikan  dan/atau  40  (empat  puluh)  guru  termasuk  guru pembimbing khusus,  baik  yang  ada  di  SLB  maupun  sekolah  inklusi.  Adapun ekuivalensi satuan pendidikan terhadap jumlah guru adalah 1:6.
vi.  Pengawas  Bimbingan  dan  Konseling  melaksanakan  tugas  pengawasan  paling sedikit 40 (empat puluh) guru Bimbingan dan Konseling. vii.  Pengawas  Sekolah  yang  bertugas  di  daerah  khusus  melaksanakan  tugas pengawasan  paling  sedikit  5  (lima)  satuan  pendidikan  lintas  jenis  dan  jenjang satuan  pendidikan  dan/atau  15  (lima  belas)  guru.  Adapun  ekuivalensi  satuan pendidikan terhadap jumlah guru adalah 1:3.
viii.  Pengawas satuan pendidikan TK/RA atau SD/MI di suatu kecamatan/kabupaten yang  terdapat  desa  tertinggalnya  sehingga jumlah  satuan  pendidikan  yang dibina paling  sedikit  5  (lima)  satuan  pendidikan dan  tidak  terdapat  pengawas lain, maka pengawas tersebut tetap mendapat tunjangan Profesi / Sertifikasi.
ix.  Pengawas  Sekolah  wajib  melakukan  verifikasi  terhadap  hasil  penilaian  kinerja guru dari guru yang menjadi binaannya.
b.  Guru yang menjadi binaan pengawas sekolah adalah guru yang memiliki jam mengajar di  satuan  pendidikan  (masih  aktif  mengajar  sesuai  dengan  peraturan perundangundangan).
18.  Bagi  Satuan  Pendidikan  yang  menggunakan  Kurikulum  Tahun  2006  dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. 
19.  Beban  kerja  bagi  guru  pada  satuan  pendidikan  yang menggunakan  Kurikulum  2013  diatur sebagai berikut.
a.  Guru kelas/guru matapelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai pembina pramuka (minimal telah bersertifikat kursus mahir dasar) dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja guru paling banyak 2 jam pelajaran per minggu. Jumlah guru yang  diberi  tugas  tambahan  sebagai  pembina  pramuka  di  kegiatan  ekstrakurikuler wajib di satu satuan pendidikan adalah sebagai berikut.
i.  Jumlah rombel 1 – 6 = 1 pembina pramuka;
ii.  Jumlah rombel 7 – 12 = 2 pembina pramuka;
iii.  Jumlah rombel 13 – 18 = 3 pembina pramuka;
iv.  Jumlah rombel > 18 = 4 pembina pramuka.
b.  Bagi  guru  SMK  dan  SMA  yang  satuan  pendidikannya  menyelenggarakan  kurikulum 2013,  memiliki  sertifikat  pendidik  dan  mengajar  pada  peminatan  bahasa  kecuali bahasa  Inggris,  termasuk  kategori  mata  pelajaran  langka,  karena  guru  tidak  dapat diberi  tugas  pada  satuan  pendidikan  lain  untuk  mengajar  sesuai  dengan  sertifikat pendidiknya dengan alasan kesulitan akses dibandingkan dengan jarak dan waktu.
c.  Berdasarkan Lampiran I Surat Edaran Kepala BPSDMPK dan PMP No. 29277/J/LL/2014 Tanggal  25  November  2014  mengenai  Jenis  dan  Sertifikat  Pendidik Guru  Pengampu Mata Pelajaran tertentu pada Kurikulum 2013:
  Guru  SMP  yang  bersertifikat  keterampilan  dan  IPA  dapat  mengampu matapelajaran prakarya di SMP.
  Guru  paket  kejuruan  SMK  dapat  mengampu  matapelajaran  prakarya  di  SMP  atau matapelajaran  prakarya  dan  kewirausahaan  di  SMA  sesuai  dengan  KD  pada matapelajaran  prakarya  yang  diajarkan  (kerajinan,  rekayasa,  budidaya,  dan pengolahan).
  Guru  Fisika, Kimia,  Biologi, dan  Ekonomi dapat  mengajar  matapelajaran  prakarya dan  kewirausahaan  di  SMA  dengan  syarat  sudah  mengikuti  pelatihan  penajaman aspek prakarya dan kewirausahaan.
  Guru  SMK  yang  bersertifikat  paket  kejuruan  dapat  mengampu  matapelajaran prakarya sesuai dengan KD pada matapelajaran prakarya yang diajarkan (kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan).
  Guru  paket  keahlian  yang  sesuai  dengan  program  yang  dibuka  dapat  mengajar matapelajaran pada matapelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK.
  Guru kewirausahaan di SMK dapat mengajar prakarya dan kewirausahaan dengan dengan syarat sudah mengikuti pelatihan penajaman aspek prakarya.
  Guru  yang  mengajar  rumpun  mata  pelajaran  IPA  dan  IPS  jenjang  SMP,  SMA,  dan SMK  beban  kerjanya  dihitung  berdasarkan  kurikulum  yang  berlaku  pada rombongan belajar yang dibinanya
d.  Satuan Pendidikan yang melaksanakan kurikulum 2013 dan menetapkan muatan lokal sebagai mata pelajaran  yang berdiri sendiri, dapat menambah beban belajar muatan lokal paling banyak 2 (dua) jam per minggu. Kebutuhan sumber daya pendidikan yang meliputi  pendidik  dan  tenaga  kependidikan,  sarana  dan  prasarana,  dan  dana termasuk  Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  sebagai  implikasi  penambahan  beban  belajar  muatan lokal ditanggung oleh pemerintah daerah yang menetapkan.
e.  Bertugas  sebagai  guru  TIK/KKPI  memberikan  layanan  kepada  paling  sedikit  150 (seratus lima puluh) peserta didik pada satu atau lebih satuan pendidikan, bagi satuan pendidikan  yang  menggunakan  kurikulum  2013.  Jumlah  peserta  didik  yang  dilayani pada satminkal paling sedikit 40 peserta didik.
f.  Bagi Guru TIK/KKPI yang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 untuk memenuhi 24 jam tatap muka per minggu harus membimbing paling sedikit 40 (empat puluh) peserta didik.
g.  Bagi  Guru  TIK/KKPI  yang  mendapatkan  tugas  tambahan  sebagai  Wakil  Kepala Sekolah/Kepala  Laboratorium/Kepala  Perpustakaan    yang  melaksanakan  Kurikulum 2013  untuk  memenuhi  24  jam  tatap  muka  per  minggu  harus  membimbing  paling sedikit 80 (delapan puluh) peserta didik.h.  Bagi Satuan  pendidikan  jenjang  Sekolah  Dasar  yang  menggunakan  Kurikulum  2013 dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik  dan/atau  kebutuhan  akademik,  sosial,  budaya,  dan  faktor  lain  yang  dianggap penting  di  dalam  struktur  program,  namun  yang  diperhitungkan  Pemerintah maksimal  2  (dua)  jam/minggu  hanya  terbatas  bagi  Mata  pelajaran  Agama  dan Penjasorkes.
i.  Bagi  Satuan  pendidikan  jenjang  SMP,  SMA/SMK  yang  menggunakan  Kurikulum  2013 dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik  dan/atau  kebutuhan  akademik,  sosial,  budaya,  dan  faktor  lain  yang  dianggap penting  di  dalam  struktur  program,  namun  yang  diperhitungkan  Pemerintah maksimal 2 (dua) jam/minggu.
Persyaratan Administrasi
Bagi guru yang dipindahtugaskan sebagai pelaksanaan Peraturan Bersama 5 Menteri, agar dapat dibayarkan  tunjangan  profesinya  sesuai  dengan  Permendikbud  Nomor  62  Tahun  2013,  wajib melampirkan dokumen berupa:
1.  Surat  keputusan  Gubernur/Bupati/Walikota  tentang  alihtugas  antarsatuan  pendidikan, antarjenjang  dan/atau  antarmata  pelajaran dalam  rangka  Penataan  dan  Pemerataan  Guru PNS.
2.  Surat  pembagian  tugas  mengajar  yang  diterbitkan  oleh  satuan  pendidikan  tempat mengajar yang baru dan disahkan oleh dinas pendidikan setempat.
Dokumen  pada  angka  1  dan  2,  dikirim  ke  Direktorat  P2TK  terkait.  Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  bagi  guru yang  dipindahtugaskan  antarkabupaten/kota,  akan  diperhitungkan  pada  tahun  berikutnya  dan menjadi tanggungan kabupaten/kota yang baru.  

Mekanisme Penyaluran dan Pencairan Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Tahun 2015
Mekanisme  penyaluran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  melalui  mekanisme  dana  transfer  daerah  tahun  2015 sebagai berikut.
A.  Umum
1.  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu  Pendidikan,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  menerbitkan  data  kelulusan tahun 2014 dan Nomor Registrasi Guru (NRG) sebelum akhir Desember 2014.
2.  Direktorat  Pembinaan  PTK  Dikdas  menerbitkan  SKTP  2  (dua)  tahap  dalam  satu  tahun. Tahap 1 berlaku untuk semester satu,terhitung  mulai bulan Januari sampai dengan Juni (6 bulan),  sedangkan  tahap  2  berlaku  untuk  semester  dua  terhitung  mulai  bulan  Juli  sampai dengan Desember (6 bulan). Direktorat Pembinaan PTK Dikmen dan PAUDNI menerbitkan SKTP 1 (satu) kali dalam satu tahun.
3.  SKTP  diterbitkan  oleh  Direktorat  Pembinaan  PTK  terkait  untuk  calon  penerima  tunjangan Profesi / Sertifikasi  yang  memenuhi  syarat,  kemudian  menyampaikannya  ke provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.
4.  Apabila  ada  perubahan  data  individu  penerima  tunjangan  Profesi / Sertifikasi,  maka  akan  diterbitkan SKTP  baru  pada  semester  berikutnya  bagi  jenjang  guru  dikdas  dan  pada  tahun  berikutnya bagi  jenjang  guru  Dikmen  dan  PAUDNI  dengan  disertai  bukti  perubahan  data  dari  dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.
5.  Guru  memiliki  hasil  penilaian  kinerja  sebagaimana  tercantum  dalam  Format yang  ada  di Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor 35  Tahun  2010  tentang  Petunjuk  Teknis Pelaksanaan  Jabatan  Fungsional  Guru dan Angka  Kreditnya. Dalam  masa  transisi,  sampai dengan  akhir  tahun  2015,  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  diberikan  bagi  guru tanpa memperhitungkan nilai dari hasil penilaian kinerja guru dan instrumen sesuai dengan Permendiknas Nomor 35 Tahun  2010  tentang  Petunjuk  Teknis  Pelaksanaan  Jabatan  Fungsional  Guru  dan  Angka Kreditnya.. Bagi  guru  yang  telah  melaksanakan  penilaian  kinerja  guru  sumatif  tahun  2014,  hasil penilaian  kinerja  gurunya  dilaporkan  kepada  kepala  dinas  pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya pada awal tahun 2015.  Bagi guru yang belum pernah melaksanakan penilaian kinerja guru, wajib melaksanakannya pada awal tahun 2015 (penilaian formatif) sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 35  Tahun  2010  dan  Buku  Pedoman  Penilaian  Kinerja  Guru  dari  Departemen  Pendidikan Nasional. Hasil  penilaian  kinerja  guru  sumatif  tahun  2014  atau  penilaian  kinerja  guru  formatif  tahun 2015  inilah  yang  menjadi  bukti  pelaksanaan  penilaian  kinerja  guru  untuk  pembayaran tunjangan Profesi / Sertifikasi tahun 2015. Hasil Penilaian kinerja guru yang diakui adalah hasil penilaian yang sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya. Untuk  tahun-tahun  berikutnya,  guru  wajib  meningkatkan  hasil  penilaian  kinerja sumatif tahun  2015 karena  mulai  tahun  2016 tunjangan  Profesi / Sertifikasi  akan  diberikan  bagi  guru  dengan hasil  penilaian  kinerja  guru  minimal  baik. Mekanisme  verifikasi  hasil  penilaian  kinerja  guru diatur sebagai berikut.
a.  Untuk jenjang pendidikan dasar, pengawas memverifikasi hasil penilaian kinerja guru terhadap  guru  yang  menjadi  binaannya,  mengentrikan  hasilnya  melalui  aplikasi SIMPAK,  dan  melaporkannya  kepada  dinas  pendidikan  provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya. 
b.  Untuk  Jenjang  pendidikan  Anak  Usia Dini  dan  Pendidikan  Menengah,  hasil  penilaian kinerja guru diverifikasi oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.
6.  Untuk jenjang PAUDNI dan pendidikan menengah, guru yang memenuhi persyaratan SKTP nya  akan  diterbitkan. Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  guru  dibayarkan  setelah  dinas  pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai  dengan  kewenangannya  memverifikasi  hasil  penilaian kinerja guru.
7.  Untuk  jenjang  pendidikan  dasar, guru  yang  memenuhi  persyaratan,  SKTP  nya akan diterbitkan setelah Pengawas sebagaimana dimaksud dalam angka 5 huruf a memverifikasi hasil penilaian kinerja guru yang dimaksud, dan mengentrikannya.
8.  Bagi  guru  yang  mengikuti  program  Pengembangan  Keprofesionalan  Berkelanjutan  (PKB) dengan pola pendidikan dan latihan (diklat) paling banyak 100 jam (14 hari kalender) dalam bulan  yang  sama,  dan  mendapat  izin/persetujuan  dari  dinas  pendidikan  setempat,  maka tunjangan profesinya tetap dibayarkan.
9.  Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan  kewenangannya  melakukan verfikasi  bukti  fisik  ekuivalensi  kegiatan  pembelajaran/pembimbingan  yang  disampaikan oleh  kepala  sekolah  sesuai  format  bagi  guru  yang  bertugas  pada  SMP/SMA/SMK  yang melaksanakan  kurikulum  2013  pada  semester  pertama kemudian  kembali  melaksanakan kurikulum 2006 pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015
10.  Selama liburan berdasarkan kalender akademik, guru tetap memperoleh tunjangan Profesi / Sertifikasi.
11.  Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan  kewenangannya  melaporkan realisasi pembayaran setiap triwulan kepada:
a.  Direktorat Pembinaan  PTK  terkait,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  setiap triwulan  dengan  format  sebagaimana  lampiran  1  disertai  dengan  nama  penerima tunjangan Profesi / Sertifikasi.
b.  Direktorat  Jenderal  Perimbangan  Keuangan,  Kementerian  Keuangan  dengan  format sebagaimana  lampiran  tersebut  pada  PMK  pada  bulan  Agustus  untuk  laporan semester I (triwulan 1  dan 2) dan pada bulan April tahun  anggaran berikutnya untuk semester II (triwulan 3 dan 4).
12.  Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan  kewenangannya  melaporkan penyerapan atau penyaluran tunjangan Profesi / Sertifikasi per triwulan sebagaimana berikut.
a.  Laporan triwulan I paling lambat akhir bulan April 2015.
b.  Laporan triwulan II paling lambat akhir bulan Juli 2015.
c.  Laporan triwulan III paling lambat akhir bulan Oktober 2015.
d.  Laporan triwulan IV paling lambat akhir bulan Desember 2015.
13.  Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  disalurkan  kepada  rekening  guru  yang  memenuhi  persyaratan  setiap triwulan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
14.  Pelaksanaan  Pembayaran  Tunjangan  dan  Perencanaan  Anggaran  memperhatikan  hal-hal berikut.
a.  Apabila  terjadi  kekurangan  atau  kelebihan  dana  yang  dialokasikan  dengan realisasinya,  maka  akan  diperhitungkan  pada  tahun  anggaran  berikutnya  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
b.  Tunjangan  Profesi / Sertifikasi  dan  kurang  bayar  tahun-tahun  sebelumnya  bagi  guru  PNSD dibayarkan  oleh  Dinas  Pendidikan  Provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan kewenangannya sesuai lokasi terbitnya SK.
c.  Apabila  terjadi  perubahan  tempat  tugas  atau  status  kepegawaian  guru  antarsatuan pendidikan,  antarjenis  pendidikan  dalam  satu  Dinas  Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan  kewenangannya,  antarkabupaten/kota, antarprovinsi,  dan  antarkementerian,  baik  atas  kepentingan  kedinasan  atau pemekaran  wilayah,  guru  PNSD  menjadi  pengawas  satuan  pendidikan,  maka tunjangan  Profesi / Sertifikasi  bagi  guru  PNSD  dibayarkan  oleh  Dinas  Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota  sesuai  dengan  kewenangannya  sesuai  lokasi  terbitnya  SK tunjangan  Profesi / Sertifikasi  pada  tahun  anggaran  berjalan  dengan  melampirkan  bukti  fisik beban  mengajar  minimal  24  jam  per-minggu  atau  ekuivalensinya  dari  tempat  tugas yang  baru.  Status  yang  bersangkutan  akan  disesuaikan  pada  SK  tunjangan  Profesi / Sertifikasi tahun  berikutnya,  sedangkan  untuk  pengawas  pendidikan  khusus  dan  pengawas pendidikan  dasar  dibayarkan  melalui  dana  Direktorat  Pembinaan  PTK  Dikdas, pengawas pendidikan menengah dibayarkan melalui dana Direktorat Pembinaan PTK Dikmen, pengawas TK dibayarkan melalui dana Direktorat Pembinaan PTK PAUDNI.
d.  Apabila  terjadi  mutasi  guru  PNSD  menjadi  pejabat  struktural,  fungsional  lainnya, meninggal  dunia  atau  karena  pensiun  dini,  maka  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  guru  PNSD tersebut  maka  pembayaran  tunjangan  profesinya  akan  dihentikan  bulan  berikutnya, kecuali mutasi guru PNSD menjadi pengawas satuan pendidikan.
15.  Monitoring  dan  evaluasi  terhadap  pelaksanaan  pembayaran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  dilakukan pada  periode  antara  bulan  Mei  sampai  Desember  tahun  berjalan  dengan  berkoordinasi dengan stakeholder terkait.



B.  Dapodik
1.  Khusus  untuk  Direktorat  Pembinaan  PTK  Dikdas  memverifikasi  kelayakan  calon  penerima tunjangan  Profesi / Sertifikasi  lulusan  tahun  2007  sampai  dengan  2013  maupun  lulusan  tahun  2014 (beban  mengajar  24  jam,  rasio  siswa  guru,  masa  kerja,  golongan,  dan  gaji  pokok)  secara digital sebelum SKTP diterbitkan.
2.  Sebelum  penerbitan  SKTP,  guru  dapat  melihat  kelengkapan  data  dan/atau  persyaratan untuk  menerima  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  pada  situs  www.kemdikbud.go.id  dan  akan  dikirim melalui email, untuk melengkapi jika ada persyaratan yang kurang melalui sistem dapodik di sekolah masing-masing.
3.  Bagi  guru  yang  SKnya  belum  terbit  karena  datanya  belum  memenuhi  persyaratan,  akan diterbitkan  jika  guru  tersebut  memenuhi  syarat  berdasarkan  hasil  pengecekan  Dapodik yang  datanya  sudah  diperbaiki  oleh  guru  yang  bersangkutan  melalui  operator  sekolah paling  lambat  triwulan  ke  dua.  SK  tersebut  mencakup  seluruh  hak  guru  jika  guru  tersebut memenuhi persyaratan menerima tunjangan Profesi / Sertifikasi sejak triwulan I.

C.  Manual
Mengingat  sistem  digital  (Dapodik)  masih  dalam  proses  penyempurnaan,  dan  mengakibatkan ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk diproses melalui sistem digital, diperlukan pemberkasan secara manual.
1.  Direktorat  Pembinaan  PTK  terkait  meminta  Dinas  Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai  dengan  kewenanganya  untuk  memverifikasi  kelayakan  calon  penerima  tunjangan Profesi / Sertifikasi  lulusan  tahun  2007  sampai  dengan  2013  maupun  lulusan  tahun  2014  (beban mengajar 24 jam,  rasio siswa guru, masa kerja, golongan,  gaji pokok, dan NPWP) sebelum SKTP diterbitkan secara manual.
2.  Bagi  guru  jenjang  pendidikan  dasar  dan  menengah  yang  menambah  pemenuhan  jam mengajar  di  Madrasah/SMP/SMA/SMK/SMLB  harus  sesuai  dengan sertifikat  pendidiknya dan ketentuan perundangan lainnya serta wajib melampirkan surat keterangan penugasan disertai  jadwal  mengajar  mingguan  dari  kepala  satuan  pendidikan  yang  disahkan  oleh kantor  kementerian  agama Provinsi/kabupaten/kota sesuai  dengan  kewenangannya bagi yang  mengajar  di  madrasah  atau  dinas  pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai  dengan kewenangannya bagi yang mengajar di Madrasah/SMP/SMA/SMK/SMLB. Surat keterangan, sertifikat  pendidik dan  jadwal  mengajar  tersebut  dikirim  ke  Direktorat  Pembinaan  PTK terkait.
3.  Bagi  guru  penerima  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  dengan  cara  manual,  mekanisme  penerbitan  SKTP sama  dengan  tahun  sebelumnya,  yaitu  Direktorat  Pembinaan  PTK  terkait  memberikan daftar  calon  penerima  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  untuk  selanjutnya  diverifikasi  oleh  Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

Ketentuan Pembayaran Dan Pencairan Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Guru Tahun 2015 berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaruaran dan Pencairan Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Tahun 2015, adalah sebagai berikut:
Ketentuan tentang pembayaran tunjangan Profesi / Sertifikasi pada tahun 2015 bagi guru PNS atau guru bukan PNS yang sudah disetarakan (inpassing) adalah sebagai berikut.
1.  Besaran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  pada  tahun  2015  dibayarkan  menggunakan  Peraturan Pemerintah  Nomor 34  tahun  2014  dan  berdasarkan  usulan  dari  Dinas  Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota pada akhir tahun 2014.
2.  Apabila terbit Peraturan Pemerintah tentang kenaikan gaji PNS yang terbaru pada tahun 2015,  kenaikan  gaji  Pegawai  Negeri  Sipil  akibat  PP  tersebut  mulai  diberlakukan  dan dibayarkan sesuai dengan berlakunya Peraturan Pemerintah dimaksud.
3.  Bagi  guru  PNS,  besaran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  akibat  kenaikan  gaji  berkala  dan  kenaikan pangkat  yang  terbit  pada  tahun  berjalan,  besaran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  akibat  kenaikan dimaksud  mulai  diberlakukan  pada  tahun  berikutnya  setelah  diverifikasi  oleh  dinas pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai kewenangannnya. Ketentuan  tentang  pembayaran  tunjangan  Profesi / Sertifikasi  pada  tahun  2015  bagi  guru  bukan  PNS yang dalam proses pelaporan SK Inpassingnya adalah sebagai berikut.
a.  SK Kesetaraan  (inpassing) yang terbit berdasarkan ketentuan Permendiknas  Nomor 47  tahun  2007  dan  Permendiknas  Nomor 22  Tahun  2010  tentang  Inpassing, tunjangan  profesinya  dapat  dibayarkan  setelah  melaporkan  SK  tersebut  ke  Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai  kewenangannnya  untuk  diusulkan  ke Direktorat  Pembinaan  PTK  Pendidikan Dasar  dan  mulai  diperhitungkan  selisihnya pada tahun berikutnya.
b.  SK  Pemberian  Kesetaraan  Jabatan  dan  Pangkat  yang  terbit  berdasarkan Permendikbud  Nomor  28  Tahun  2014 tentang  Pemberian  Kesetaraan Jabatan  dan Pangkat  Bagi  Guru  Bukan  PNS,  maka  penyesuaian  tunjangan  profesinya  akan diberlakukan  pada  Januari  tahun  berikutnya  setelah  SK  Pemberian  Kesetaraan Jabatan  dan  Pangkat  diterbitkan  dan  guru  bersangkutan  menunjukkan  hasil penilaian kinerja minimal baik. 









Blog, Updated at: 14.25

152 komentar:

  1. Saya Tinggal di tangerang,, blm pernah juga merasakan yg namanya tunjangan sertifikasi,,, tangerang ohhhh tangerang,,,, sementara teman" seangkatan saya baik dari lebak,cilegon dll sudah semua..

    BalasHapus
  2. untuk daerah tangerang, dana sertifikasi guru TK sawasta tahap IV knp blm turun juga ya sampai sekarang????? kmn dana sertifikasi tahap IV nya??? padahal dri pusat dh lngsng d turun kan, ko smpai saat ini blm juga cair??? tolong untuk pejabat tinggkat daerah, jangan pernah menahan dana bantuan untuk orang lain, kasian masyarakat yg sangat membutuhkan bantuan ini. tolong donk rasa kemanusiaan'a, jngn menghalangi rezeki org. terimaksih

    BalasHapus
  3. alhamdulillah .. sy dari 2002 mengabdi sampai hari 2014 di sekolah NEGERI tapi blom ada perhatian untuk jadi PNS dan K2 pun ga masuk...!!!

    BalasHapus
  4. Trimks kalau Anda sudah bisa mensyukurinya

    BalasHapus
  5. Trm kasih infox...smg pencairan ini bkn hny sekedar jnji tp kenyataanx di lpangn tdk pernh sesuai dg wkt yg ditentukn...ctkx sj tpp thn 2013 ...msh tersendat slm 4 bln ...km mhn pihk yg terkait lbh baik dlm pncairan dana tpp baik utk TK...SD...Smp...SMa n dll ...baik utk pns maupn non pns....mks

    BalasHapus
  6. Bpk Ayna yth....mgp link SK TPP ..susah di buka kami mhn di info....webx...sblmx Km ucpkn trm kasih...

    BalasHapus
  7. kunjungi http://qizz234.blogspot.com/
    untuk info yang lain

    BalasHapus
  8. Perlu aplikasi berbasis Excel?
    - Aplikasi Pembuatan Kartu dan Denah Ruang Ujian
    - Aplikasi Gaji
    - Aplikasi Pengolah Nilai
    - Aplikasi Tabungan
    - Aplikasi raport
    Silahkan buka : http;//www.arismikola.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Sampe sekarang belum cair yang triwulan I 2014

    BalasHapus
  10. Pencairan Tunjangan Sertifikasi Gurutahun 2014 Masih menunggu PMK tahun 2014 tentang Tunjangan Profesi yang rencananya baru rampung akhir maret ini.

    BalasHapus
  11. ass.pak kenapa guru tk yang honorer kota bandung masih belum cair sertifikasi triwulan 1 2014 dan yang kekurangan 4 bulan tahun 2013 apakah mau dirapelkan cair nya .padahal saya sangat membutuhkan sekali buat biaya sekolah anak saya.mohon sekali jawabannya .

    BalasHapus
  12. weleh-weleeeeh, Sertifikasi hingga Maret 2014 sudah mentok tanggalnya , ternyata BELUM CAIR juga. Ini membuat kecewa banyak guru-guru khususnya di DKI Jakarta, Mungkin Maret tahun 2015 kali ya pak Menteri ? BPKP katanya sudah mengaudit semua data guru ? Pencairana Sertifikasi paling lambat Maret 2014. ternyaaaaaaaa???????????? bohooooooong, Pejabat kok gak sesuai ucapannya. Mohon kalau mau mengucapkan itu di saring, diteliti dulu. Maluuuuuuu ahhhhhh, Tong kosong nyaring bunyinya. Hidup guru!!!!!!!!!

    BalasHapus
  13. Iya, Pak, Gemana nih komitmen kemdikbud tentang pencairan tunjangan profesi guru. Kok sampai akhir maret jangankan pencaiarannya, PMKnya saja belum diterbitkan.

    BalasHapus
  14. Kok belum cair pak wilayah kediri jatim mohon infonya

    BalasHapus
  15. janjinya saja maret tapi sampai sekarang pun belum keluar....putar2 saja urusannya PHP saja....

    BalasHapus
  16. Yth bapak Presiden SBY dan menteri pendidikan inikah yang dinamakan keadilan buat guru2?
    Jangan Hanya bisa Jualan Saja dalam kampanye tapi semua nya ngak ada beres Carut marut ngak karuan..
    Jangankan tepat waktu dan sasaran slogan sampah semuanya...

    BalasHapus
  17. ass.tolong dong hak orang lain /guru honor jangan di pakai apa ga takut dosa memakai hak orang lain .kalau dah di cairkan tolong cairkan jangan di endapkan masa uang sertifikasi 2013 masih belum cair sampai sekarang 4 bulan lagi. .apalagi beratus -ratus guru berapa triliun .tolong banyak istigfar biar diampuni dosanya

    BalasHapus
  18. laahhh telat mah dah biasa .............jadi we pada suhudon ....

    BalasHapus
  19. kenapa ya Pak sampai saat ini tunjangan sertifikasi untuk guru BP/BK belum juga cair padahal yang lain sudah cair?

    BalasHapus
  20. Menurut hemat saya, pencairan tunjangan sertifikasi antara guru mapel lain dengan guru BP/BK pada prinsipnya sama. Untuk masalah Anda (Bpk Moh. Andi) sebaiknya segera cek SKTP-nya dulu, apabila SKTPnya sudah ada saya rasa pencairan tunjngan sertifikasi tinggal menunggu waktunya. Klu SKTP-nya tidak atau belum ada, sebaiknya Anda menghubungi Operator Sekolah atau Operator di dinas pendidikan kab/kota masing-masing utk memproses SKTP agar segera diterbitkan.

    BalasHapus
  21. Terima kasih Gan atas infonya, semoga jadwal pencaiaran tunjangan sertifikasi guru triwulan 1 yang dikeluarkan kemdikbud tidak molor lagi

    BalasHapus
  22. Ah, kemdikbud bikin jadwal yang ngawur masa iya jadwal pencaiaran tunjangan sertifikasi dimulai tanggal 9 April 2014. Paling-paling pelaksanaannya mulai tanggal 10 April 2014. Apa nggak tahu gitu tanggal 9 dilibur secara nasional. Apa memang mau kerja lembur. So iye

    BalasHapus
  23. Sk ayah saya sudah keluar alhamdullilah...

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas infonya pak.....Puji Tuhan, semoga saja pencairan tunjangan profesi bulan April 2014 ini bisa lancar semua.......

    BalasHapus
  25. pada sibuk nanyai SKTP, saya yg OP juga mewakili op lainnya apa diperhatiin yg bekerja lebih dari 24 jam......

    BalasHapus
  26. Kasihan para GTT yang belum mendapat TPG hampir 8 bulan. Apa sudah tidak ada rasa perikemanusiaan di negeri ini?

    BalasHapus
  27. Sampai hari ini jg belum cair padahal sampai tgl 14 april sdh cair.... mana janjix...

    BalasHapus
  28. Ini sdh tgl 14 kapan cairx.....

    BalasHapus
  29. Salam. Kalo. Bisa slip nya di scane dan di aplod di situs tiap dispen

    BalasHapus
  30. Molornya pencaiaran TP salah satunya disebabkan oleh molor transper dari pusat ke daearah. Berdasarkan PMK kalau transper pusat dilakukan bulan Maret maka pada bulan April daearh berkewajiban menyalurkan dana TPG tsb. Karena pusat juga baru merencanakan mentransfer dana pada tanggal 9 - 14 April 2014 maka kemungkinan penyaluran TP di daerah dilaksanakan bulan Mei 2014. Trimks

    BalasHapus
  31. Terima kasih pak, info ini membantu para guru agar tidak deg-degan.

    BalasHapus
  32. Seharusnya dana pencairan dari pusat langsung ke rekening guru agar tidak diendapkan dulu di kas daerah.jadi lebih tepat waktu tidak molor seperti skr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh kalau kayak gitu setuju biar lebih efektif

      Hapus
  33. Bapak/Ibu kepala dinas pendidikan Deli Serdang yang terhormat,mohon TPG SD di cairkan. anak kami butuh biaya sekolah.kamimjuga inginanak kami nantinya menjadi orang berguna.biaya sekolah harus kami bayar.mohon pengertian Bapak/Ibu agar mencairkannya.Trimakasih...................!!!!

    BalasHapus
  34. "rasa senang rasa sukur semga pencairan sertifksi cepet meluncur,kepada yang terkait tolong jangan mengulur ulur waktu mana janjimu tepat waktu....kami menunggu ...smg tergugah.....

    BalasHapus
  35. UNTUK REKAN GURU DI KABUPATEN PANDEGLANG YANG TELAH MEMILIKI SERTIFIKAT PENDIDIKAN DAN SKTP, UANG PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI ATAU SERTIFIKASI GURU TRIWULAN I TAHUN 2014 SUDAH MASUK REKENING MULAI HARI KAMIS TANGGAL 17 APRIL 2014.

    BalasHapus
  36. Kira2 untuk tingkat smp negeri jakarta timur kpn ya pak? Terimakasih infonya

    BalasHapus
  37. Seharusnya untuk wilayah DKI dan juga daerah lain kalau seandainya tidak ada kendala yang berarti Pencaiaran Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Guru Triwulan 1 Tahun 2014 bisa dicairkan di minggu-minggu ini. Utk lebih jelas silahkan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

    BalasHapus
  38. Untuk guru TK non PNS cara ngecek SKTPnya gimana pak ?

    BalasHapus
  39. Untuk guru TK, SMA dan SMK baik PNS maupun NonPNS hubungi dinas pendidikan kab/kota masing-masing

    BalasHapus
  40. guru sd kota bandung ada info pak tanggal berapa? terimakasih

    BalasHapus
  41. Untuk pencairan pns guru sd di kabupaten malang jawa timur kira2 kapan?? Karena dari kabupaten blm ada informasi. Pencairan tpp cawu pertama 2014 apakah dgn kekurangan tpp 2010-2012? Terimakasih..

    BalasHapus
  42. kenapa ya sampai hari ini dinas pendidikan kab lebak belum jg mencairkan sertfkasi,sementara dapodik sudah valid,mudah2han hari senin besok caiiiiiiiiiiir...

    BalasHapus
  43. Inilah Indonesia...yang rata2 para pejabatnya kalau ngomong sama dengan KENTUTnya...Banyak Raja sih....yang bagus Transfer dari pusat langsung ke rekening Bapak Ibu Guru gak usah mampir di Kab/Kota......Katanya TW 1 antara 9-16 April? tp sp kini MANNNNA???

    BalasHapus
  44. selalu ada alasan untu terlambat,, sejak januari disuruh ngumpulin berkas...itulah daerah kami

    BalasHapus
  45. ALHAMDULILAAHHHHHHHHHH CAIR JUGA

    BalasHapus
  46. Assalamu`alaikum ......, salam kenal dan dipersilahkan untuk berkunjung di blog saya http://www.salafyciampeabogor.blogspot.com
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah kab pekalongan blom cair juga

    BalasHapus
  48. kapan ya TPG dicairkan untuk guru di kota bandung..?kok sampai sekarang masih belum cair..

    BalasHapus
  49. Pak ibu saykemarin masuk k1 dan skrg jadi cpns, tppnya dari swasta apa bisa cair?

    BalasHapus
  50. DKI tunjangan profesi guru belum cair. Gubernurnya calon presiden. Bagaimana ?

    BalasHapus
  51. di purwakarta pun juga blm cair, tgl 29 april ada sk tentang pencairan kekurangan tunjangan sertifikasi 2010-2013 akan tetapi kenapa tidak semuanya, padahal saya yang mulai cair th 2012 ?

    BalasHapus
  52. Bagaimana nih kab garut guru SMA dan SMK non PNS belum juga dibayarkan sampai hari ini

    BalasHapus
  53. Lalu mana kekurangan pembayaran yg th2 kemaren
    Bunganya pe mengendap di bank

    BalasHapus
  54. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan, anak2 yg pintar dan soleh/solehah, serta rezeki dan harta yang berlimpah untuk para pejabat yg selalu memperlambat pencairan sertifikasi Guru.........Aamiin

    BalasHapus
  55. saya guru Non PNS Jawa tengah..SKTP saya tertanggal 6 Mei 2014...kapan cairnya ya pak....

    BalasHapus
  56. Assalamu`alaikum....., kunjungilah blog ana www.salafyciampeabogor.blogspot.com
    Semoga mendapatkan manfaat dan faedah karena Allah ta`ala.

    BalasHapus
  57. ndadak macet neng kas daerah,,, trus undang"nya mau dikemanain itu,,,, gk ngerti opo keadaan guru" seponorogo,,,, opo mung cupup ngenteni surat edaran,,, apa ternyata ada someting

    BalasHapus
  58. tolong ya pemerintah,,,, dengar kan kami para guru

    BalasHapus
  59. untuk wilayah kotamadia bandung dan kabupaten badung barat,sertifikasi sudah cair....tapi kenapa kabupaten bandung belum cair???kasihani nasib para guru2,,,tolong segera di cairkan...

    BalasHapus
  60. Jakarta apakah sudah cair?

    BalasHapus
  61. Rekan guru seprofesi, bangkitlah dari kutukan umar bakri. Masih banyak pejabat yang mempermainkan profesi guru. Masih banyak kalangan yang berkata guru itu kerja tanpa pamrih. Kita dibaratkan ayam katai yg bertelur. Ributnya tak terhingga, telurnya kecil. Saya heran. Dalam hal tunjangan, profesi lain tdk seheboh ini. Jarang saya lihat atau baca kasus macet atau lambatnya pencairan tunjangan. Tapi lihatlah profesi guru, semua membicarakan, bahkan lebih dari kewajaran. Ada sesuatu yang keliru. Solusi tidak ditemukan. Kemanakah orang orang cerdas di negeri ini. Kutukan belum berakhir. Kita adalah umar bakri di jaman modern.

    BalasHapus
  62. saya hrap presiden yang baru bisa bersikap tegas dan lebih memperhatikan nasib guru!!!!

    BalasHapus
  63. kapan kabupaten sumenep madura tunjangan profesi akan dicairkan..bulan mei sudah mau berakhir kok blum juga cair...

    BalasHapus
  64. Saya mau liat SK dan daftarnama kekurangan pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2010-2013. boleh diposkan ndan ke email saya minggus26impd@yahoo.com TRIMA KASIH.

    BalasHapus
  65. Itulah guru di Indonesia ....Alhamdulilah ....masalah TPG sepertinya tiada akhir,,,!

    BalasHapus
  66. SERTIFIKASI GURU DKI SD SMP 90% BELUM CAIR!!! ADUH!!!!

    BalasHapus
  67. PONDOK PESANTREN & TPQ
    “AHBAABUN NABIY”
    Pendaftaran Santri Putra-Putri Baru. Santri Pagi Hari Boleh Bekerja/Sekolah Di Luar Pondok. Syarat Pendaftaran MUDAH!: Diantar & didaftarkan Orang Tua/
    Walinya, Gratis-Tanpa Biaya/Salurkan Bantuan Apapun ANDA Langsung ke: Perumahan Graha Semeru Paling Depan Blok A6 (Barat Pasar Patok Sapi/Timur Grati/Selatan Suruji) Jl. Demokrasi Jogotrunan-Kota Lumajang atau Langsung Bank Jatim No Tabungan: 0092067971 a.n Samsul arif & Bank Mandiri no rekening: 143-00-1160318-8 a.n Samsul arif (PENGASUH) Hp: 085604889777/085236193999
    e-mail: ahbaabunnabiypondokpesantren@gmail.com
    facebook: pondokpesantren ahbaabunnabiy
    blog: pondokpesantrenahbaabunnabiy.blogspot.com
    Twitter: @ahbaabunnabiy
    Unit Usaha Pondok: Agen Pulsa Murah, Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan-DARI, OLEH, DAN UNTUK SANTRI.

    BalasHapus
  68. Sampai hari ini tunjangan di DKI belum cair. padahal lebaran tinggal beberapa hari lagi.....TERLALU!

    BalasHapus
  69. INFO DARI DINAS, PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 2 TAHUN 2014 DI PANDEGLANG MULAI TANGGAL 21 JULI 2014. DINAS PEND MEMASTIKAN UANG TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 2 TAHUN 2014 INI SUDAH MASUK REKENING MULAI TANGGAL 21 JULI 2014

    BalasHapus
  70. Pak aina, saya mau tanya..utk kota pontianak kapan cairnya srtifikasi triwulan 2 khusus guru swasta...krn guru swasta biasanya dibayarkan lgsung dr pusat, hanya smapai sampai sekarang molor waktunya hingga smnggu lagi mau lebran. Trima kasih pak.

    BalasHapus
  71. maaf pak tanya untuk daerah Bangka Belitung Kapan pak? tw II nya

    BalasHapus
  72. Di Kabupaten kami di Pandeglang alhamdulillah tunjangan sertifikasi triwulan 2 tahun 2014 mulai hari ini Senin 21 Juli 2014 sudah dapat dicairkan. Klu berdasarkan aturan seharusnya semua daerah mencairkan tunjangan sertifikasi triwulan 2 di bulan Juli ini. Oleh karena itu, sebaiknya Bpk/Ibu berkoordinasi dengan dinas pendidikan kab/kota masing utk memastkan pencairan tersebut

    BalasHapus
  73. Bapak/ ibu ada yg tahu tidak bagaimana cara mengurus sertifikasi /TPG untuk mutasi ke daerah atau propinsi lain. Terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  74. Kasian guru-guru swasta di Kabupaten Semarang seperti saya. Sampai dengan hari ini Tgl 25 Juli 2014 SERGUR belum cair sama sekali. Dulu dicairkan Propinsi katane diambil alih sama pusat supaya ada perbaikan tidak terlambat dalam pencairan. Kenapa ini sampai Lebaran datang belum cair sama sekali Triwulan 2 tahun 2014.

    BalasHapus
  75. Bapak / Ibu guru, dari pada mengharapkan cairnya tunjangan-tunjangan, lebih baik berpikir yg lain alternatif pengadaan dana dengan belajar sejak dini bisnis kecil-kecilan. Coba kita tengok saudara2 kita yang jualan mi ayam, mi goreng, nasi ayam/bebek, siomay, batagor, dan banyak lagi. Mereka mandiri tak mengharapkan tunjangan yang .... aduuuuuhhhhh ..... kok sulit untuk diprediksi. Cari alternatif, bapak/ibu ..... Agaknya seorang guru juga sangat terbantu hidupnya jika punya jiwa enterpreneur.

    BalasHapus
  76. Trim Pak Wibowo, solusi yang bagus. Tapi Ingat Jangan Mengganggu Kewajiban sebagai PNS dan kewajiban sebagai guru. Jika kerja sampingan akhirnya mengganggu sebagai tugas kedinasan sebaiknya tentukan pilahan mau jadi PNS atau Wiraswasta.

    BalasHapus
  77. kami guru guru di kab Sukabumi Jabar, sampai detik ini masih belum menerima tunjangan propesi triwulan 2 ... guru non pns selalu dianak tirikan padahal kerjanya sama malah lebih rajin dari guru pns yang rata-rata suka keluyuran meski ada jadwal ngajar... mudah-mudahan rezeki bagi guru non pns segera cair. aamiinnnn

    BalasHapus
  78. th kemaren aku lulus sertifikasi dan telah mendapatkan tunjangan sertifikasi s/d tahun 2013 dengan lancar tetapi tahun ini aku sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan sertifikasi salah satunya guru bk harus minimal 150 siswa/ aku malah mengampu 236 siswa. tetapi kok sampai sekarang blm menerima tunjangan sertifikasi mulai januari 2014 s/d Agustus 2014 padahal aturannya sudah turun seperti teman teman yang lain kenapa ya dan harus mengadu kemana.

    BalasHapus
  79. Tunjangan sertifikasi guru PNS Triwulan 2 di Kab. Bekasi juga lum cair tuh..

    BalasHapus
  80. Pak aina, mohon solusinya, saya lulus sertifikasi th.2013, seharusnya saya terima tunjangan di awal th.2014.tapi triwulan 1&2 blm terima, setelah saya teliti lagi, ternyata ada kesalahan di no.rek saya, yaitu digit terakhir no.rek.bank. Setelah tahu ada kesalahan,segera saya urus ke dinas pendidikan setempat, bersamaan dg pemberkasan TPP triwulan 2 di blm mei 2014.pak aina, apa tunjangan saya di triwulan 1&2 masih bisa cair bersamaan di triwulan 3, mohon jawabanya,

    BalasHapus
  81. Setahu saya apabila transper dana ke rekening yang salah ditolak atau kembali ke kas negara kemungkinan uang ibu masih bisa dicairkan (melalui mekanisme carry over atau lainnya), namun jika uang tersebut telah masuk ke rekening orang lain dan dapat dicairkan oleh orang tsb bisa dianggap telah terjadi pencairan akibat kesalahan no rek tsb.

    BalasHapus
  82. Tunjangan Sertifikasi Guru triwulan 2 belum cair bagi sebagian guru di Batam. Mengapa begitu ya Pak?

    BalasHapus
  83. Malam pa..mau tanya kenapa tunjangan sertifikasi non PNS tangerang selatan, triwulan I,II belum juga cair..pada SK sudah turun..
    apa ada permasalahan ...?
    trima ksh

    BalasHapus
  84. Saya mau tanya..mengapa proses pencairan sertifikasi untuk wilayah sumut kab.asahan triwulan ke 1 dibayar bulan 6 dan triwulan,2 gelap pak..Apa masalahnya ya pak..usul saya bersama rekan sertifikasi..bagaimana kalau dana sertifikasi itu di cairkan langsung dari pusat tidak usah dari daerah seperti honorer....

    BalasHapus
  85. kapan pencairan tunjangan sertivkasi tri wulan 3 cair?

    BalasHapus
  86. PENCAIRAN TPP UNTUK KOTA PAMEKASAN KHUSUSNYA DAN MADURA UMUMNYA KAPAN PAK AINA MULYANA, TERIMA KASIH SENELUMNYA

    BalasHapus
  87. Mau tanya pak, gimana Untuk kabupaten lebak sudah cair belum sertifikasi triwulan 3?tq

    BalasHapus
  88. Kita sebagai guru harus meningkatkan kompetensi agar kita dapat diguguh dan ditiru, karena jerih payah kita telah di tingkatkan. mengenai dana sertifiksi yg blm cair lihat data anda di dapodik sekolah masing-masing ataau anda sendiri bisa mengeceknya melalui PADAMU.COM

    BalasHapus
  89. Dah november tp belum cair juga

    BalasHapus
  90. Ass. Pak, gemana info pencairan tunjngan sertifikasi / pofesi triwulan ke 4 ?

    BalasHapus
  91. Sergur triwulan 3 kab lain dah habis wonosobo baru cair akhir november ini,kalau triwulan 4 terlambat lagi apsih konsekwensinya ? Kalau kerja harus penuh,hak nanti dulu,sabaaaaaaaaaaaar............!

    BalasHapus
  92. Tunjangan sergur adalah hak yang harusnya diterimakan sesuai dengan waktu,ngelantur dengan begbagai alasan tidak tepat.

    BalasHapus
  93. makasih pak ainamulyana,atas infomasinya,

    BalasHapus
  94. Mat malam,, saya mau tanya, tunjangan sertifikasi untuk guru non pns,, triwulan 3 dan 4 belum terbayarkan,,apa kendalanya ya..?? mohon infonya. Trims.

    BalasHapus
  95. saya juga bingung, di jakarta aja belum cair dari bulan juli. kenapa harus ditahan di bank? sebagai umat beragama tentu itu dosa

    BalasHapus
  96. Kapan sergur guru tk dki cair pak?

    BalasHapus
  97. Kapan dana hibah guru bantu cair pak?

    BalasHapus
  98. Pak Aina yth: untuk lmongan tri wulan 4 thn. 2014 kok pnya sya kok blm cair pak, sya mkek rkning pusat, biasanya prmslhanya sd dimn pak? Trimz..

    BalasHapus
  99. Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mencairkan tunjangan kami.walaupun sebelumnya merasa khawatir juga selama setahun tidak cair.tetapi pada bulan desember 2014 akhirnya cair juga dan bisa untuk membiayai kkn dan skripsi anakku kuliah di uns .terima kasih pemerintah ri.

    BalasHapus
  100. Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mencairkan tunjangan kami.walaupun sebelumnya merasa khawatir juga selama setahun tidak cair.tetapi pada bulan desember 2014 akhirnya cair juga dan bisa untuk membiayai kkn dan skripsi anakku kuliah di uns .terima kasih pemerintah ri.

    BalasHapus
  101. Ass. Pa saya mau tanya mengenai cara Merubah atau menambahkan NISN siswa di Dapokdik, caranya gmana ?

    BalasHapus
  102. Terima Kasih infonya Pak, :) Semoga kabupaten kediri selalu lancar dan seluruh indonesia juga diberikan kelancaran atas tunjangan sertifikasinya :) semoga uangnya menjadi berkah :)

    BalasHapus
  103. APA PERBEDAANNYA GURU SERTIFIKASI NONIMPASSING MENJABAT PADA TAHUN 2008 DENGAN GURU IMPASSING MENJABAT PADA TAHUN 2011

    BalasHapus
  104. semoga TPG segera cair tepat waktu

    BalasHapus
  105. Saya lulus sergur 2014 bln agustus. adakah raffel sergur terhitung 2014?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sergur lulus 2014, TMT pencairannya mulai JANUARI 2015

      Hapus
  106. Sangat bermanfaat pak, semoga dari pencerahan ini Allah SWT memberikan kecerahan juga pada kehidupan bapak dan keluarga...

    BalasHapus
  107. Wah artikel yang sangat bagus mas

    Silahkan kunjungi blog saya jika ada masalah kenapa JJM tidak linear

    http://pintar-dapodik.blogspot.com/2015/04/solusi-jjm-tidak-linear-di-dapodik.html

    BalasHapus
  108. Target Pencairan Meleset....samapai sekarang belum ada tuh

    BalasHapus
  109. Semoga tidak terkecuali guru swasta

    BalasHapus
  110. SAYA BAPAK MENTERI SEHAT DAN BAROKAH HIDUPNYA.KAPAN CAIR TPG KOTA SURABAYA TOLONG BAPAK

    BalasHapus
  111. Selalu telat+ tdk ada peningkatan tiap tahun nya :(

    Why ? Jawab'nya : ituulahh Indonesiaaa :)

    BalasHapus
  112. Alhamdulillah bagi yang menerima sertifikasi, tapi apakah Pemerintah dan Mereka memikirkan nasib kami ini sebagai OPS yang gajinya cuma 400 rb/bln yang mengurus segala keperluan perlengkapan mereka agar bisa menerima tunjangan, tapi nyatanya kebanyakan dari mereka tidak ada solidaritas/simpati kepada kami bahkan mereka cendrung melupakan jerih payah serta perjuangan kami setelah merka banyak menerima uang tunjangan, jangan mentang - mentang kami pegawai rendahan jadi mereka anggap kami tidak berperan/tidak ada, kami minta pemerintah adil untuk hal ini. trims

    BalasHapus
  113. SMK itu sekolah yang kegiatan pembelajarannya benyak dengan praktek (produktif) baik dibengkel maupun lab. dan banyak menggunakan mesin produksi,alat ukur/intrumen baik itu program mesin, listrik maupun elektronika kegiatan didalamnya adalah : membuat produk, eksperimen, penelitian membuktikan teori ke praktek, menanalisis, melaporkan hasil sehingga ini butuh pengawasan yang ekstra dari guru pengampunya, apalagi rombel nya 32 siswa, ini identik dengan 1guru ngajar 32 siswa. padahal berdasarkan kepmen perbandingan guru:murid = 1:15. oleh karena itu pembelajaran yang tepat di smk untuk guru produktif adalah team teaching (2guru 1mata pelajaran)seningga pembelajaran berjalan efektif, apabila pembelajaran individu 1guru 1mata pelajaran praktek dimungkinkan banyak alat yang bakal rusak bayangkan 1 guru ngajar praktek 32 siswa dengan kegiatan produktif akan sangat kesulitan dan memprihatinkan.Oleh karena itu kami mewakili guru smk mohon kepada direktorat agar pengisian data dapodik 2015 ini format khusus guru smk dibuat team teaching 1mata bisa diisi 2guru agar pembelajaran di smk efektif sukses siswanya berkompeten serta alat pendidikan negara di smk tidak mengalami banyak kerusakan, dan mohon tidak disamakan dengan guru pelajaran umum/ sma.1guru 1mata karena prosesnya sifatnya teori. Atas perhatianya dari pihak direktorat kami ucapkan banyak terima kasih dan mohon teman2 guru smk menyempurnakan himbauan ini. (basuki smk1 madiun)

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum, saya dari SMK Muslimin 1 kota Bandung mau tanya,adakah pmberitahuan lebih dulu tentang trima atau tdk trima tunjangan sertifikasi saya utk selanjutnya,usia saya 60th bulan mei 2015 nanti . Mohon penjelasan yaa pa.Trimakasaih...Wassalam

    BalasHapus
  115. Semua hanya teori sj... Kenyataannya sampai saat ini 23 april 2015,dana TPG belum kunjung turun khususnya utk wilayah bekasi.

    BalasHapus
  116. semua teori punya sy return th 2013 sampai detik ini gak cair.... brooooo kabinet kerja..........

    BalasHapus
  117. sampai saat ini TPG belum cair padahal sudah tengat lewat 16 april 2015.
    Pandeglang.

    BalasHapus
  118. kenapa sk sertifikasi semester 2 2015 blm terbit untul wilayah bandar lampung dan dana nya blm pada masuk rekening guru padahal data sudah valid tolong penjelasannya dan kira-kira kapan pencairannya

    BalasHapus
  119. kab. pangkep sulawesi selatan satu tahap pun blm ada yg cair, ada apa dengan kab. pangkep?

    BalasHapus
  120. satu triwulan pun belum ada yg cair...
    kab. pangkep sulawesi-selatan

    BalasHapus
  121. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus
  122. Saya buka link Cek tunjangan Sertifikasi ko selalu error ya pak. Versi Beta. Mohon dibantu

    BalasHapus
  123. MKsh informasinya. Silahkan <a href="http://infokepegawaian.blogspot.com/2014/03/cek-info-tunjangan-disini-mumpung-lancar.html”> <b> Cek Info Tunjangan Guru</b> </a> setelah terbitnya SKTP.

    BalasHapus
  124. Alkhamdulilah TPP guru SMA/SMK triwulan 1 tahun 2015 BELUM CAIR

    BalasHapus
  125. Alkhamdulilah TTP Guru Triwulan 1 Kota Pasuruan Jatim sampai dengan tgl 10 Juni ini belum juga cair........sabar....sabar...

    BalasHapus
  126. kapan ya TPP guru SMK triwulan 1 kota Pasuruan Jatim cair? karena sampai bulan Juni ini belum cair

    BalasHapus
  127. Sampai saat ini sertif di dki belum cair

    BalasHapus
  128. mohon share.....TPG non PNS GURU TK th 2014 Selama (5) lima bulan di kota kami belum cair.....bagaimanakah dengan di kota anda???

    BalasHapus
  129. Di Kab Bekasi TPG Triwulan 1 dan 2 samapi saat ini belom juga cair.. kenapa ya?

    BalasHapus
  130. Terima kasih atas artikelnya, salam kenal dari BLOG SEKOLAH & ISLAM

    BalasHapus
  131. cairkan saja dulu sertifikasi triwulan 1

    BalasHapus
  132. BENAR BERBAGAI ATURAN YANG DITERAPKAN UNTUK MENDAPATKAN TUNJANGAN SERTIFIKASI TETAPI HARUS ADA PENGECUALIAN BAGI SEKOLAH KECIL DALAM ARTI BAHWA SEKOLAH YANG JUMLAH SISWANYA SEDIKIT.

    BalasHapus
  133. Jangankan triwulan 2,kami guru dki msh byk sampai hari ini triwulan 1 blum caiirrrrrrr......

    BalasHapus
  134. Apa kendalanya,sertifikasi hingga 14 juli 2015,di Bekasi,belum juga cair.Mohon sekali penjelasan?

    BalasHapus
  135. Pak,tanya nih.Apakah sertifikasi sudah dari januari 2015 sampai 14 juli 2015 ,tidak kunjung cair,dibekasi,ada apa,ya pak.Mohon kejelasannya?

    BalasHapus
  136. dari pemerintahnya sudah benar..d daerah nya selalu telat.
    penyelenggara mutu pendidikan (kualitas dan kuantitas ) d negeri ini bukan para PNS ( palingan cuma sebagian kecil aja kan.. ) tetapi para guru non PNS /swasta ; jadi tolong jg kami d perhatikan utk itu.

    BalasHapus
  137. rekan kmi baru triwulan 1 yang di cairkan akhir juni 2015 kmarin dan sampai detik ini pun saya dan rekan guru di kota bogor belum menerima sertifikasi guru triwulan ke 2 ..hari ini 16 juli 2015 belum ada seorangpun menerima swrtifikasi guru triwulan 2 terima kasih

    BalasHapus
  138. guru sangat d uji d negeri ini..
    guru perlu 200% sabar d negeri ini..
    ...namun percayalah : siapapun itu orang atau kelembagaan yg selalu mendzholimi kami (dgn menelat'kan uang sergur) merekA Akan lebih menyedihkan hidupnya drpd kami ...

    ..indonesia yg malang :(

    BalasHapus
  139. pencerahannya apakah sertifikasi guru setiap 3 bulan kita harus mengumpulkan data atau katakanlah pemberkasan lagi seperti mengumpulkan Ijazah terakhir, Sk Petama s/d terakhir sertifikat, sk pembagian tugas setiap semester ?

    BalasHapus
  140. mohon petunjuk cara pengiriman Data DAPODIK

    BalasHapus

Memuat...

---------------------------------

Cek SKTP Guru 2015

  • CEK DATA GURU DAN CEK SKTP
  • ---------------------------------

    ---------------------------------

    ---------------------------------

    --------------------------------

    ---------------------------------

    Statistik Pengunjung

    Zona Iklan

    ---------------------------------

    ---------------------------------

    ---------------------------------