PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 3 DAN 4 TAHUN 2014

Posted by Aina Mulyana Minggu, 22 Juni 2014 179 komentar

Penyaluran Tunjangan Profesi Guru atau tunjangan sertifikasi guru tahun 2014 didasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor : 61/PMK.07/2014. Berdasarkan pasal 4, PMK Nomor : 61/PMK.07/2014 tentang Pedoman umum dan alokasi tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota tahun Anggaran 2014, penyaluran atau pencairan tunjangan profesi / sertifikasi guru dilakukan secara triwulanan dengan mekanisme pemindahan buku dari Rekening Kas Umum Negara Ke Rekening Kas Umum Daerah, yaitu: 
a. Triwulan 1 ( I ) paling lambat pada bulan April 2014; 
b. Triwulan 2 ( II ) paling lambat pada bulan Juni 2014; 
c. Triwulan 3 ( III ) paling lambat pada bulan September 2014; 
d. Triwulan 4 ( IV ) paling lambat pada bulan Nopember 2014

Pada pasal 5 PMK Nomor 61/PMK.07/2014 dinyatakan Pemerintah Daerah melaksanakan pembayaran atau Pencairan Tunjangan Profesi (TP) atau Sertifikasi guru PNS kepada masing-masing guru setelah diterima di rekening kas Umum Daerah secara triwulanan, yaitu:

  • Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 1 ( I ) paling lambat pada bulan April 2014; 
  • Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 2 ( II ) paling lambat pada bulan Juli 2014; 
  • Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 3 ( III ) paling lambat pada bulan Oktober 2014; 
  • Pencairan Tunjangan Profesi / sertifikasi Triwulan 4 ( IV ) paling lambat pada bulan Desember 2014
Pencairan Tunjangan profesi guru / sertifikasi guru triwulan 2 tahun 2014 mulai dicairkan pada bulan Juli 2014 ini Alhamdulilah untuk wilayah Kabupaten Pandeglang Banten pencairan triwulan 2 tahun 2014 sudah dilakukan sejak akhir bulan Juli 2014Khusus pencairan Tunjangan profesi / sertifikasi guru triwulan 3 dan 4 tahun 2014 terlebih dahulu perlu ada SKTP periode 2 tahun 2014 yang kemungkinan besar baru diterbitkan antara bulan September 2014. Untuk kelancaran pencairan tunjangan profesi / sertifikasi guru triwulan 3 dan 4 tahun 2014 kepada semua operator sekolah harap segera menguptodate data pokok kependidikan atau dapodik. Uptodate data dapodik akan berakhir tanggal 20 September 2014.

Bagi Anda yang membutuhkan PMK Nomor 61/PMK.07/2014 tentang Pedoman umum dan alokasi tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota tahun Anggaran 2014 silahkan klik link download di bawah ini



Setelah adanya PMK Nomor 61/PMK.07/2014 tersebut guru sebaiknya segera mengecek penerbitan SK Tunjangan Profesi (SKTP), karena SKTP menjadi dasar pencairan tunjangan profesi. SKTP yang mulai tahun ini diterbitkan 2 kali dalam setahun diberikan kepada guru yang telah bersertifikat pendidikan yang telah memenuhi kewajiban mengajar minimal 24 jam pada mata pelajaran yang linear (dapat juga 24 jam mengajar dengan tugas tambahan yang ekuivalen dengan jam mengajar). Mata Pelajaran Linear dalam istilah SKTP atau dapodik adalah kesesuaian antara bidang studi saat sertifikasi dengan mata pelajaran atau bidang studi yang diajarkan (diampu) dalam proses pembelajaran di sekolah. 

Untuk membantu guru mengecek data guru pada Cek / Validasi Data Guru dan mengecek sudah atau belum diterbitkannya SKTP berikut ini saya berikan link untuk pengecekan.



NB:
Anda ingin mengetahui informasi terkait sertifikasi guru, cara pendaftaran sertifikasi guru, pedoman sertifikasi guru, kisi-kisi materi PLPG, Kisi-kisi UKG, maupun verifikasi calon peserta sertifikasi silahkan klik link di bawah ini


Kalau Anda guru yang berasal dari propinsi DKI Jakarta dan Banten ingin mengetahui daftar peserta sertifikasi guru serta pengumuman kelulusan sertifikasi guru 2013 silahkan klik link di bawah ini


NB:
Terkait keterlambatan Pencairan Tunjangan Triwulan Kedua bagi guru Non PNS serta tunjangan, serta tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional, bantuan peningkatan kualifikasi akademik S1, guru bantu dan pendidikan khusus layanan khusus yang pembayaran tunjangannya langsung melalui direktorat p2tk dikdas, Direktorat telah menyampaikan permohonan maaf, yang isinya sebagai berikut:

Informasi Keterlambatan Pencairan Tunjangan Triwulan Kedua

Kepada yang terhormat para guru penerima tunjangan profesi, tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional, bantuan peningkatan kualifikasi akademik S1, guru bantu dan pendidikan khusus layanan khusus yang pembayaran tunjangannya melalui direktorat p2tk dikdas tahun anggaran 2014.

Bersama ini kami sampaikan permohonan maaf, atas keterlambatan penyaluran tunjangan dimaksud. Perlu kami sampaikan bagi guru yang sudah terbit SK tunjangan dimaksud tidak perlu khawatir akan hangus.

saat ini P2tk dikdas sedang melakukan upaya percepatan penyaluran tunjangan yang terlambat tersebut.
terimakasih


Pengelola tunjangan P2TK Dikdas
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 3 DAN 4 TAHUN 2014
Ditulis oleh Aina Mulyana
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ainamulyana.blogspot.com/2013/09/pencairan-tunjangan-sertifikasi-guru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

179 komentar:

RESI BEGAWAN mengatakan...

Saya baru saja menemukan blog ini, setelah saya baca dan pelajari ternyata banyak informasi sangat sangat bermanfaat.
Trims admin, moga makin jaya

tasirun irun mengatakan...

SEMOGA UNDANG-UNDANG INI EFEKTIF
TEPAT WAKTU DAN TEPAT SASARAN SERTA AKUNTABLE

KAMI MASYARAKAT SENANG BILA PERATURAN DAN UU SESUAI DENGAN KEPENTINGANNYA, TRIMAKASIH,

Adang Sukmayadi,S.Pd.I mengatakan...

mengapa kedaerah tetap terlambat

Aan mengatakan...

sampai hari ini blm jg cair, adakah pelanggatan UU?

Aina Mulyana mengatakan...

Untuk rekan guru di Kabupaten Pandeglang, Ada informasi dari sekretaris rayon 3 (Bpk Mamat Rahmat,M.Pd) bahwa tunjangan sertifikasi guru triwulan 3 tahun 2013 akan dicairkan mulai hari Jum'at tanggal 11 Oktober 2013, direncanakan mulai pkl 11.00 sudah dapat dicairkan. Mudah-mudahan info ini benar.

Maryono mengatakan...

saya guru lulus sertifikasi 2012, alhamdulillah sampe hari ini saya belom pernah mndapatkan tunjangan profesi guru, sebenarnya ada atau tidak,.....

Aina Mulyana mengatakan...

Berdasarkan aturan guru yang telah lulus sertifikasi th 2012 akan menerima tunjangan 2013, guru yg lulus th 2013 akan menerima tunjangan th 2014. Untuk kasus anda sy rasa tidak perlu ada solusi karena Anda sudah merasa bersyukur tidak menerima tunjangan tersebut.

Anonim mengatakan...

Bapak/ibu guru bersabarlah karena pahalamu lebih besar dari tunjanganmu dan kepada yang mengurus dana sertifikasi terimakasih anda telah membayar dana sertifikasi tepat waktu, saya doakan mudah2an anda dan keluarga terutama yang putera-puteri dan cucunya sedang didik guru mendapatkan berkah dan pahala pula dari Allah SWT, Amin

Anonim mengatakan...

tahap tiga paling lambat september, sekarang sudah masuk bulan oktober minggu ke dua. periode dua pun demikian. paling lambat bulan juli tapi cairnya bulan september...

Anonim mengatakan...

Mengapa tunjangan profesi guru selaluuuu saja terlambat , mungkin lain lagi kalo tunjangan profesi langsung ditangani pusat tidak lewat transfer daerah , sehingga pencairan selalu tepat waktu dan tepat sasaran dan tidak ada kata terlambat lagi..

Aina Mulyana mengatakan...

Allahdulillah, untuk Kab. Pandeglang penyaluran sertfikasi tahun 2013 berjalan cukup normal (sekalipun ada keterlambatan masih sangat wajar karena persoalan teknis dan transper uang dari pusat ke daerah). Tidak seperti tahun sebelum (tahun 2012) yang sampai saat ini masih menyisakan tunggakan selama 2 bulan yang dijanjikan akan dibayar pada tahun 2014.

Anonim mengatakan...

we (all teachers) still waiting for certification will be out this month, please.....the wise government, more than 20% of APBN for education in our country

Mame Nong mengatakan...

mohon beliau - beliau yang mengurus penyaluran sertifikasi guru,tolong dana sertifikasi untuk tri wulan 2 dan 3 kalau sudah ada segera disalurkan karena kami sangat membutuhkan dana itu. maklum kami ini hanya guru swasta yang gajinya pas-pasan.Terima kasih .......

Anonim mengatakan...

belum juga cair nih. kemana dulu muternya ya....

Anonim mengatakan...

sampai hari ini pencairan belum ada kabarnya ....

Ngaji Quran mengatakan...

Kalau kami di kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung triwlan I telat, II telat, triwulan III 2013 yang seharusnya paling lambat bulan sept, sampai lwt pertengahan Okt blom cair juga.

Mr. KKPI smkn2rambah mengatakan...

BPK MENTERI KENAPA KAMI GURU NON PNS YG LULUS TAHUN 2010, SAMPAI DI TAHUN 2013 BELUM DAPAT DANA TUNJANGAN SERTIFIKASI...TOLOOOOOOOOOOOOOOOOOMNGG///

Mr. KKPI smkn2rambah mengatakan...

bapak menteri...kami guru sertifikasi yg lulus tahun 2010....kok di tahun 2013..gak cair-cair udah 10 bulan...mengapa///toloooooooooonng//

paksya mengatakan...

Blognya kaya informasi pak. Jangan bosan merilis info2 terbaru.... mg sukses selalu...

P.Iman mengatakan...

Menurut jadwal pencairan katanya mulai tgl 9-16 oktober tapi sampai saat ini juga belum cair, mudah2an teman2 guru tetap sabar aja.

moch mengatakan...

jadwal yang dikeluarkan dari pusat masuk daerah di sosilisasikan kedaerah sangat lambat jadi dana pencairan juga lambat apa gak kasihan kepada guru - guru non PN yang sangat mengaharapkan ........ sampai-sampai pengabdiannya diabaikan apa lagi masalah KII yang sangat tragis guru Non PNS tidak bisa ikut padahal pengabdiannya dan keikutsertaan dalam mencerdaskan bangsa sudah tidak terhitung semuga ada kebijakan untuk guru swasta dan cepat cair dananya

Untung Sudarmo mengatakan...

Bpk Aina Mulyana Yth : Klu membaca jawaban bpk atas beberapa pertanyaan dari rekan guru seluruh Indonesia,bahwa TPG triwulan ke 3 akan meluncur mulai tgl 11 Okt. Namun pk yg sy jg ingin tanyakan,semua teman guru2 SMK,SMA swasta Kabupaten Karimun,Kepulauan Riau Mulai triwulan 1,2 dan yg skrng ke 3, yg sudah tgl 23 Okt,benar2 belum pernah cair yg namanya Tunjangan profesional guru 2013. Kira2 menurut Pk Mulyana apa masalahnya?Validasi lewat Disdik setempat sy termasuk beban kerja,syarat jumlah jam per minggu semuanya sudah tuntas Online,tetapi kok ngk cair2 sih pk? Tlng pk mohon cari tahu masalahnya Drs Untung Sudarmo M.pd,Fisical Education of SMK Yaspika Karimun,Kepulauan Riau,and Coach Privasi Badminton,Basket,Volly Karimun.

Aina Mulyana mengatakan...

Untuk Yth Bpk Untung S, dan rekan guru yang lain, perlu diketahui bahwa persoalan pencairan sertifkasi setiap kab/kota berbeda. Coba Sdr koordinasikan dengan dinas pendidikan kab/kota masing-masing. Bila perlu gunakan organisasi profesi, seperti PGRI untuk mengetahui persoalannya serta mencari solusi yang paling tepat. Selain itu Sdr juga dapat berkoordinasi atau menyampaikan keluhan kepada kementrian pendidikan melalui facebook kementerian pendidikkan dan kebudayaan. Alhamdulillah untuk dearah kami (Kab.Pandeglang, Propinsi Banten) pencairan sertfikasi guru sampai triwulan 3 tahun 2013 ini tidak ada masalah yang berarti.

Deny Dyatmika mengatakan...

nama saya DENY DYATMIKA , teman2 udah pd cair tp kok saya belum ya pak , kemarin sya keluarnya lgsg 6 blan , yg lain tri wulan , emang beda2 pak ? atau gmana ?

Anonim mengatakan...

Saya juga heran dg kabupaten pesawaran, kabupaten ini adalah kabupaten terlelet dlm pencairan sertifikasi di lampung. Pejabatnya sibuk buncitin perutnya sendiri-sendiri. Salut.

Anonim mengatakan...

dana TPG triwulan 3 sampai saat ini di daerah kami belum ada beritanya padahal ini sudah masuk triwulan 4, nyasar kemana ya..??????

laili blog mengatakan...

pak aina untuk triwulan ke 3 pandeglang pencairan tgl berapa, itu dari pusat langsung atau dari kas daerah

Aina Mulyana mengatakan...

Triwulan III di Pandeglang sudah dicairkan mulai tgl 17 Oktober 2013, melalui kas daerah.

moch mengatakan...

untuk triwulan III daerah magetan sampai sekarang belum cair dekon maupun yang PNS

Untung Sudarmo mengatakan...

Bpk Aina Yth : Utk Kabupaten Karimun,Kepulauan Riau,utk semua data dan VERVAL semua udah di update dari Dinas pendidikan Kabupaten/propinsi.Namun nyatanya triwulan 1,2,3, alias 9 bulan lebih ini masih juga belum cair.Klu boleh tahu dan mungkin bisa terexpose apa ya website kemendiknas sekarang? atau mungkin pk Aina Kenal no Hp salah satu bagian yg berkompeten dibidang pencairan TPG.Drs Untung Sudarmo M.pd. Guru Olahraga SMKS Karimun,Kepulauan Riau

Rudi Candra mengatakan...

Ass ww. Pak boleh nanya, apakah dlm peraturan mentri keuangan ini ada ttg pemotongan TP? klu ada apakah berlaku mundur? kbtulan di kota km ada edarannya dari dinas per tgl 19 sep 2013 yg menyatakan jika cuti dan izin lebih seminggu TP di potong 1 bulan. ada tmn yg cuti cuma 1 minggu bulan juni 2013 dan tahap 2 kemaren tidak dibayarkan 1 bulan. Mohon sharing info pak. terimakasih wass

Aina Mulyana mengatakan...

Sepengetahuan saya dalam PMK tidak ada aturan pemotongan TP, namun dalam pelaksanaan kebijakan dinas pendidikan setempat dapat melakukan pemotongan TP untuk tujuan peningkatan kinerja bagi guru yang telah disertifikasi dengan ketentuan Uang hasil pemotongan harus dikembalikan kepada kas negara.

Aina Mulyana mengatakan...

Website kemdikbud adalah http://www.kemdikbud.go.id/ Mohon maaf saya tidak memiliki No HP untuk kontak dengan kemdikbud yang mengurus sertifikasi. Komnunikasi dengan kemdikbud terkait sertfikasi dapat dilakukan melalui facebook kemendikbud (http://www.facebook.com/Kemdikbud.RI) dan portal bantu sekolahku (http://bantusekolahku.kemdikbud.go.id/home)

Ary w mengatakan...

Terima kasih Bapak Aina, Blog Bapak memberikan informasi bermanfaat

Ary w mengatakan...

Blog Bapak Aina sangat memberikan manfaat bagi banyak orang

Anonim mengatakan...

smpe skrng jg blm ada kbr tuh,

mimienk mengatakan...

ass tolong informasinya dimana saya pertanyakan pencairan tpp guru non pns tk tahun lulus 2010 yang belum sama sekali cair dari bulan januari 2013 sampai sekarang sudah bulan nopember kapan di cairkan

mimienk mengatakan...

ass tolong informasinya dimana saya pertanyakan pencairan tpp guru non pns tk tahun lulus 2010 yang belum sama sekali cair dari bulan januari 2013 sampai sekarang sudah bulan nopember kapan di cairkan

nurlely s mengatakan...

ass tolong di cairkan tpp saya yang belum dapat sama sekali sampai sekarang untuk pencairan 2013 guru non pns tk tahun luls 2010 kab gowa

ragil saputra mengatakan...

kalau itu yang berlaku alhamdulillah, lambat dikit jaga gak apa

Anonim mengatakan...

Kab. Deli serdang, sumut. Thp 3 juga belum cair.

Untung Sudarmo mengatakan...

Terima kasih kepada Bapak Mendiknas atau yg berkompeten bidang pencairan TPG. Bahwa utk guru2 SMK,SMA swasta di Kabupaten Karimun,Kepri semua udah cair langsung 3 triwulan. Semoga pencairan triwulan ke 4 tepat pada waktunya, Drs Untung Sudarmo M.pd.Fisical Education Of SMK Yaspika Karimun,Kepri.

Untung Sudarmo mengatakan...

Terima kasih kepada Bapak Mendiknas atau yg berkompeten bidang pencairan TPG. Bahwa utk guru2 SMK,SMA swasta di Kabupaten Karimun,Kepri semua udah cair langsung 3 triwulan. Semoga pencairan triwulan ke 4 tepat pada waktunya, Drs Untung Sudarmo M.pd.Fisical Education Of SMK Yaspika Karimun,Kepri.

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih utk dinas pendidikan & pemkab deli serdang, tahap ke 3 sudah cair.

ibnu rusdi,s.pd mengatakan...

Kalau ternyata tdk cair pada bulan Nopember siapa yg salah, apakah tdk melanggar undang2. siapa yg bertanggung jawab.

ibnu rusdi,s.pd mengatakan...

semoga pengambil kebijakan di Daerah / Kabupaten Kota dpt melaksanakan undang-undang ini.

Anonim mengatakan...

Terima kasih kpd bpk Aina Mulyana atas info-infonya. Semoga Allah Swt memuliakan bapak.

Anonim mengatakan...

Bapa Aina Mulyana untuk tunjangan Profesi Guru PNS tahun 2013, saya guru di Kota Bandung, kenapa masih menggunakan Gaji Pokok tahun 2012, tolong informasinya dong.

Untung Sudarmo mengatakan...

Ucapan terima kasih Kepada : Bpk SBY,Mendiknas,Bpk Syawal Gultom,atau yg berkompeten dibidang pencairan dana TPG. bahwa TPG guru2 SMK,SMA swasta didaerah kami udah cair langsung 3 triwulan sebesar 12 juta 800 ribu. Yang menjadi pertanyaan,karena adanya kabar sumbang dari teman2 yg katanya sdh cair langsung 1 tahun. Padahal yg diterima guru2 swasta setiap triwulan,minimal 4 juta 500 ribu. Artinya dgn jumlah yg diterima diatas kan berarti baru cair 3 triwulan. Klau setahun langsung yg kami terima berarti 18 juta. Mohon dengan hormat bpk yg berkompeten dapat menganalisis hak yg kami terima. Dan semoga utk TPG triwulan ke 4,bisa cair tepat pada waktunya. Tanks before Hormat saya : Drs Untung Sudarmo M.pd,Fisical Education of SMKS Yaspika Karimun Kepri.

Anonim mengatakan...

Monggo , sedaya bapak ibu guru kita ndonga mugi mugi sertifikasi mboten kebablasen wektune , niki sampun wulan nopember mbok bilih dana nipun nembe teng jakarta , mengke ajeng kula susul nitih argo bromo ........................
setuju mboten ? :D

Aina Mulyana mengatakan...

Sepengetahuan saya, Bapak/Ibu guru yang menerima tunjangan sertifikasi tahun 2013 tetapi masih menggunakan gaji pokok lama disebabkan adanya kekurangtepatan dalam pengisian data DAPODIK, yakni pada Riwayat Gaji Berkala, Riwayat Kepangkatan, serta pengisian masa kerja

Cece Kmd mengatakan...

Membaca artikel Bp tentang pencairan tahap 4, kira-kira dapat di cek sekitar tgl berapa berapa ya ?

Aina Mulyana mengatakan...

Tanggal pencairan biasanya menyesuaikan proses validasi baik ditingkat daerah (dinas kab) maupun di tingkat pusat. Aturan normatif seperti itu, namun segalanya butuh proses. Karena ini berkaiatan dengan Uang, baik ditingkat daerah maupun pusat pasti sangat selektif. Kesalahan Input data sangat berbahaya.

Anonim mengatakan...

alhamdulillah dana tahap 4 saya sdh cair td jam 11.00 Wib..smoga rekan2 sesama guru juga cair dana tahap 4,amien

Anonim mengatakan...

Daerah mana yang sudah cair? Kota. Bekasi sudah belum ya?

Anonim mengatakan...

aaahhh yg benar pak Anonim tahap 4 sdh keluar. Alhamdulillah..... btw, bapak asalnya dari mana? kalau DKI mah belum

Jeng Ana mengatakan...

Gmn yg lulus sertifikasinya th 2012,kira2 pencairannya kapan yah?

anonim mengatakan...

Utuk triwulan ke4 pa dah cair s.ua..gmn ba yuwangi

Anonim mengatakan...

kabupaten pasuruan sudah belum?

Anonim mengatakan...

kayanya tuh sudah ada yang cair, garut gimana?

Anonim mengatakan...

yang triwulan 3 px saya juga dh keluar tapi jumlahnya gak sama spt triwulan 2 cma 2 bln dan yang triwulan 4 sampai saat ini juga belum keluar pak, apa di setiap daerah jumlah pencairannya g sama ya pak?

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah guru smp dki jakarta barat untuk TP triwulan IV yg menurut peraturan Menteri no 101/PMK.07/2013 paling lambat bulan Nop sdh cair ternyata belum. apakah masih sedang dalam proses ? mengapa peraturan menteri tidak dijalankan?

Anonim mengatakan...

pak klu di papua khususnya di timika untuk tunjangan guru kapan triwulan 4 nya cair??

Anonim mengatakan...

berdoa saja teman2 mudah2an Tuhan membukakan pintu hati bpk2 yang mengurusi tunjangan sertifikasi kita, dan segera mencairkan, bukannya membuat perut kita semakin melilit, dan membuat perut mereka semakin bunciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit

Aina Mulyana mengatakan...

UNTUK WILAYAH KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 4 TAHUN 2013 (OKT S/D DES 2013) SUDAH MASUK KE REKENING GURU PENERIMA TUNJANGAN SEJAK TANGGAL 11 DESEMBER 2013.

budhi setyadi mengatakan...

di bandung kapan cairnya

Anonim mengatakan...

Pak klu TFG non PNS sdh dapat tap 1-3 apa dpt lagi pak tahap 4 bulan ini,???

Anonim mengatakan...

Bismillahirrohmanirrohim, smg TPP utk Guru2 pada triwulan 4 utk Kab. GRESIK segera cair, menyusul daerah Kab. PANDEGLANG, ya Pak MULYANA, Amiin

Anonim mengatakan...

kota bandung cairnya kapan?

Anonim mengatakan...

Pandeglang tahap 4 sudah cair, kab. Serang kapan y? mohon dong infonya

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum, Pak Aina Mulyana...
Untuk Pencairan Tahap ke IV, di Kabupaten Bekasi, tgl brapa yach..???
mohon Informasinya..
terima kasih..

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih kepada dinas pendidikan & pemkab Deli serdang,( Sumatera utara), tahap 4 sudah cair.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum, pak Aina Mulyana
untuk kota Surabaya , pencairan tahap ke IV nya kapan ya pak? mhon informasinya.........................
terima kasih

Anonim mengatakan...

ass.bapa saya guru tk kota bandung kenapa uang sertifikasi triwulan 4 belum cair?padahal saya mengharapkan sekali uang tersebut tetapi kenapa kalau pns kota bandung dah cair .mohon penjelasannya wassalam

Anonim mengatakan...

Untuk guru non pns kota cirebon triwulan 3 saja belum cair. Sedangkan pns sudah lama cair. Kira kira kpn ?

Nona Anjani mengatakan...

untuk tunjangan sertifikasi non pns guru TK kabupaten pamekasan untuk triwulan ke IV belum cair, kapan cairnya??????

Aina Mulyana mengatakan...

Rekan-rekan guru di luar Kab. Pandeglang yang Tunjangan Sertfikasi tahap 4 belum cair, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Trimks

Meizza Hutama mengatakan...

Alhamdulillah TPP triwulan IV 2013 surabaya blum cair meskipun hari ini sdh masuk tahun 2014. TPP itu sebenarnya macet atau dimacetin ???????

Meizza Hutama mengatakan...

tpp tahap IV wilayah surabaya lulus thn 2010 itu MOLOR apa MACET ?

anjani rohman mengatakan...

Saya Tinggal di tangerang,, blm pernah juga merasakan yg namanya tunjangan sertifikasi,,, tangerang ohhhh tangerang,,,, sementara teman" seangkatan saya baik dari lebak,cilegon dll sudah semua..

bayu permana mengatakan...

untuk daerah tangerang, dana sertifikasi guru TK sawasta tahap IV knp blm turun juga ya sampai sekarang????? kmn dana sertifikasi tahap IV nya??? padahal dri pusat dh lngsng d turun kan, ko smpai saat ini blm juga cair??? tolong untuk pejabat tinggkat daerah, jangan pernah menahan dana bantuan untuk orang lain, kasian masyarakat yg sangat membutuhkan bantuan ini. tolong donk rasa kemanusiaan'a, jngn menghalangi rezeki org. terimaksih

Muhammad Aspani mengatakan...

alhamdulillah .. sy dari 2002 mengabdi sampai hari 2014 di sekolah NEGERI tapi blom ada perhatian untuk jadi PNS dan K2 pun ga masuk...!!!

Aina Mulyana mengatakan...

Trimks kalau Anda sudah bisa mensyukurinya

tri kristyowatiningsih mengatakan...

makasih pak infonya

Kang Guru mengatakan...

hatur nuhun inpona

yanti ch mengatakan...

Trm kasih infox...smg pencairan ini bkn hny sekedar jnji tp kenyataanx di lpangn tdk pernh sesuai dg wkt yg ditentukn...ctkx sj tpp thn 2013 ...msh tersendat slm 4 bln ...km mhn pihk yg terkait lbh baik dlm pncairan dana tpp baik utk TK...SD...Smp...SMa n dll ...baik utk pns maupn non pns....mks

yanti ch mengatakan...

Bpk Ayna yth....mgp link SK TPP ..susah di buka kami mhn di info....webx...sblmx Km ucpkn trm kasih...

Aina Mulyana mengatakan...

SKTP belum diproses karena sinkroninasi dapodik mengalami kendala. Mudahan-mudahan setelah seluruh dinas kab/kota mengumpulkan Backup Sinkron Dapodik SKTP segera diterbitkan dan dana tunj sert segera dicairkan.

QIZZ mengatakan...

kunjungi http://qizz234.blogspot.com/
untuk info yang lain

Abd. Rohim, S.Pd.I mengatakan...

Perlu aplikasi berbasis Excel?
- Aplikasi Pembuatan Kartu dan Denah Ruang Ujian
- Aplikasi Gaji
- Aplikasi Pengolah Nilai
- Aplikasi Tabungan
- Aplikasi raport
Silahkan buka : http;//www.arismikola.blogspot.com

denny septiawan mengatakan...

Sampe sekarang belum cair yang triwulan I 2014

Aina Mulyana mengatakan...

Pencairan Tunjangan Sertifikasi Gurutahun 2014 Masih menunggu PMK tahun 2014 tentang Tunjangan Profesi yang rencananya baru rampung akhir maret ini.

EKSTRA SUSILO mengatakan...

ass.pak kenapa guru tk yang honorer kota bandung masih belum cair sertifikasi triwulan 1 2014 dan yang kekurangan 4 bulan tahun 2013 apakah mau dirapelkan cair nya .padahal saya sangat membutuhkan sekali buat biaya sekolah anak saya.mohon sekali jawabannya .

bertus mengatakan...

weleh-weleeeeh, Sertifikasi hingga Maret 2014 sudah mentok tanggalnya , ternyata BELUM CAIR juga. Ini membuat kecewa banyak guru-guru khususnya di DKI Jakarta, Mungkin Maret tahun 2015 kali ya pak Menteri ? BPKP katanya sudah mengaudit semua data guru ? Pencairana Sertifikasi paling lambat Maret 2014. ternyaaaaaaaa???????????? bohooooooong, Pejabat kok gak sesuai ucapannya. Mohon kalau mau mengucapkan itu di saring, diteliti dulu. Maluuuuuuu ahhhhhh, Tong kosong nyaring bunyinya. Hidup guru!!!!!!!!!

Aina Mulyana mengatakan...

Iya, Pak, Gemana nih komitmen kemdikbud tentang pencairan tunjangan profesi guru. Kok sampai akhir maret jangankan pencaiarannya, PMKnya saja belum diterbitkan.

ichbal.ers mengatakan...

Kok belum cair pak wilayah kediri jatim mohon infonya

karimun jawa mengatakan...

janjinya saja maret tapi sampai sekarang pun belum keluar....putar2 saja urusannya PHP saja....

Frelly Royke Lomboan mengatakan...

Yth bapak Presiden SBY dan menteri pendidikan inikah yang dinamakan keadilan buat guru2?
Jangan Hanya bisa Jualan Saja dalam kampanye tapi semua nya ngak ada beres Carut marut ngak karuan..
Jangankan tepat waktu dan sasaran slogan sampah semuanya...

Ekstraa Susilo mengatakan...

ass.tolong dong hak orang lain /guru honor jangan di pakai apa ga takut dosa memakai hak orang lain .kalau dah di cairkan tolong cairkan jangan di endapkan masa uang sertifikasi 2013 masih belum cair sampai sekarang 4 bulan lagi. .apalagi beratus -ratus guru berapa triliun .tolong banyak istigfar biar diampuni dosanya

Juli Refliandi mengatakan...

laahhh telat mah dah biasa .............jadi we pada suhudon ....

moh andi mengatakan...

kenapa ya Pak sampai saat ini tunjangan sertifikasi untuk guru BP/BK belum juga cair padahal yang lain sudah cair?

Aina Mulyana mengatakan...

Menurut hemat saya, pencairan tunjangan sertifikasi antara guru mapel lain dengan guru BP/BK pada prinsipnya sama. Untuk masalah Anda (Bpk Moh. Andi) sebaiknya segera cek SKTP-nya dulu, apabila SKTPnya sudah ada saya rasa pencairan tunjngan sertifikasi tinggal menunggu waktunya. Klu SKTP-nya tidak atau belum ada, sebaiknya Anda menghubungi Operator Sekolah atau Operator di dinas pendidikan kab/kota masing-masing utk memproses SKTP agar segera diterbitkan.

Robert Mukhlis mengatakan...

Terima kasih Gan atas infonya, semoga jadwal pencaiaran tunjangan sertifikasi guru triwulan 1 yang dikeluarkan kemdikbud tidak molor lagi

Siti Churiah mengatakan...

Saya mengucapkan terima kasih karena informasi pencaiaran tunjangan sertifikasi di blog ini benar-benar uptodate.

Risna Susilawati mengatakan...

Ah, kemdikbud bikin jadwal yang ngawur masa iya jadwal pencaiaran tunjangan sertifikasi dimulai tanggal 9 April 2014. Paling-paling pelaksanaannya mulai tanggal 10 April 2014. Apa nggak tahu gitu tanggal 9 dilibur secara nasional. Apa memang mau kerja lembur. So iye

Intan Putri Utami Intan mengatakan...

Sk ayah saya sudah keluar alhamdullilah...

susilo tutik mengatakan...

alhamdulilah

jeniati mengatakan...

Terimakasih atas infonya pak.....Puji Tuhan, semoga saja pencairan tunjangan profesi bulan April 2014 ini bisa lancar semua.......

Ade Kamalhadi mengatakan...

pada sibuk nanyai SKTP, saya yg OP juga mewakili op lainnya apa diperhatiin yg bekerja lebih dari 24 jam......

Puryanto mengatakan...

Kenapa molor melulu janjimu

Puryanto mengatakan...

Kasihan para GTT yang belum mendapat TPG hampir 8 bulan. Apa sudah tidak ada rasa perikemanusiaan di negeri ini?

Layanan Kanwil mengatakan...

Sampai hari ini jg belum cair padahal sampai tgl 14 april sdh cair.... mana janjix...

Layanan Kanwil mengatakan...

Ini sdh tgl 14 kapan cairx.....

niazi mengatakan...

Salam. Kalo. Bisa slip nya di scane dan di aplod di situs tiap dispen

Aina Mulyana mengatakan...

Molornya pencaiaran TP salah satunya disebabkan oleh molor transper dari pusat ke daearah. Berdasarkan PMK kalau transper pusat dilakukan bulan Maret maka pada bulan April daearh berkewajiban menyalurkan dana TPG tsb. Karena pusat juga baru merencanakan mentransfer dana pada tanggal 9 - 14 April 2014 maka kemungkinan penyaluran TP di daerah dilaksanakan bulan Mei 2014. Trimks

antonius nomura mengatakan...

ALHAMDULILLAH BELUM CAIR,

Nanang Winardi mengatakan...

Terima kasih pak, info ini membantu para guru agar tidak deg-degan.

tuti s mengatakan...

Seharusnya dana pencairan dari pusat langsung ke rekening guru agar tidak diendapkan dulu di kas daerah.jadi lebih tepat waktu tidak molor seperti skr

Adi Pandiangan mengatakan...

Bapak/Ibu kepala dinas pendidikan Deli Serdang yang terhormat,mohon TPG SD di cairkan. anak kami butuh biaya sekolah.kamimjuga inginanak kami nantinya menjadi orang berguna.biaya sekolah harus kami bayar.mohon pengertian Bapak/Ibu agar mencairkannya.Trimakasih...................!!!!

april syam mengatakan...

"rasa senang rasa sukur semga pencairan sertifksi cepet meluncur,kepada yang terkait tolong jangan mengulur ulur waktu mana janjimu tepat waktu....kami menunggu ...smg tergugah.....

Aina Mulyana mengatakan...

UNTUK REKAN GURU DI KABUPATEN PANDEGLANG YANG TELAH MEMILIKI SERTIFIKAT PENDIDIKAN DAN SKTP, UANG PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI ATAU SERTIFIKASI GURU TRIWULAN I TAHUN 2014 SUDAH MASUK REKENING MULAI HARI KAMIS TANGGAL 17 APRIL 2014.

Delano Trias Prasetyo mengatakan...

Kira2 untuk tingkat smp negeri jakarta timur kpn ya pak? Terimakasih infonya

Aina Mulyana mengatakan...

Seharusnya untuk wilayah DKI dan juga daerah lain kalau seandainya tidak ada kendala yang berarti Pencaiaran Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Guru Triwulan 1 Tahun 2014 bisa dicairkan di minggu-minggu ini. Utk lebih jelas silahkan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

Asih mengatakan...

Untuk guru TK non PNS cara ngecek SKTPnya gimana pak ?

Aina Mulyana mengatakan...

Untuk guru TK, SMA dan SMK baik PNS maupun NonPNS hubungi dinas pendidikan kab/kota masing-masing

dhia mengatakan...

guru sd kota bandung ada info pak tanggal berapa? terimakasih

fufah mengatakan...

Untuk pencairan pns guru sd di kabupaten malang jawa timur kira2 kapan?? Karena dari kabupaten blm ada informasi. Pencairan tpp cawu pertama 2014 apakah dgn kekurangan tpp 2010-2012? Terimakasih..

april syam mengatakan...

kenapa ya sampai hari ini dinas pendidikan kab lebak belum jg mencairkan sertfkasi,sementara dapodik sudah valid,mudah2han hari senin besok caiiiiiiiiiiir...

Google Edan mengatakan...

Inilah Indonesia...yang rata2 para pejabatnya kalau ngomong sama dengan KENTUTnya...Banyak Raja sih....yang bagus Transfer dari pusat langsung ke rekening Bapak Ibu Guru gak usah mampir di Kab/Kota......Katanya TW 1 antara 9-16 April? tp sp kini MANNNNA???

uncu riza mengatakan...

selalu ada alasan untu terlambat,, sejak januari disuruh ngumpulin berkas...itulah daerah kami

Aina Mulyana mengatakan...

UNTUK WILAYAH KAB. PANDEGLANG BANTEN, TUNJANGAN SERTFIKASI GURU TRIWULAN 1 TAHUN 2014 SUDAH DICAIRKAN SEJAK TANGGAL 17 APRIL 2014.

najwa jaya mengatakan...

ALHAMDULILAAHHHHHHHHHH CAIR JUGA

Muhammad Noval mengatakan...

Assalamu`alaikum ......, salam kenal dan dipersilahkan untuk berkunjung di blog saya http://www.salafyciampeabogor.blogspot.com
Semoga bermanfaat.

syaepudinn jaelanii mengatakan...

thankz attas infonya

Prabowo Subianto mengatakan...

Alhamdulillah kab pekalongan blom cair juga

Dadan Ramdan mengatakan...

kapan ya TPG dicairkan untuk guru di kota bandung..?kok sampai sekarang masih belum cair..

dea ayyu mengatakan...

Pak ibu saykemarin masuk k1 dan skrg jadi cpns, tppnya dari swasta apa bisa cair?

Drs. Parmono, M.Pd mengatakan...

DKI tunjangan profesi guru belum cair. Gubernurnya calon presiden. Bagaimana ?

FUTURE GENERATION mengatakan...

di purwakarta pun juga blm cair, tgl 29 april ada sk tentang pencairan kekurangan tunjangan sertifikasi 2010-2013 akan tetapi kenapa tidak semuanya, padahal saya yang mulai cair th 2012 ?

deuna lala palatansah mengatakan...

Bagaimana nih kab garut guru SMA dan SMK non PNS belum juga dibayarkan sampai hari ini

Tata Jazz mengatakan...

Lalu mana kekurangan pembayaran yg th2 kemaren
Bunganya pe mengendap di bank

Fatsa Sabila mengatakan...

Semoga Allah SWT memberikan kesehatan, anak2 yg pintar dan soleh/solehah, serta rezeki dan harta yang berlimpah untuk para pejabat yg selalu memperlambat pencairan sertifikasi Guru.........Aamiin

dwi yanuarti mengatakan...

Astaghfirullah...

Tiara Erlinda mengatakan...

saya guru Non PNS Jawa tengah..SKTP saya tertanggal 6 Mei 2014...kapan cairnya ya pak....

Muhammad Noval mengatakan...

Assalamu`alaikum....., kunjungilah blog ana www.salafyciampeabogor.blogspot.com
Semoga mendapatkan manfaat dan faedah karena Allah ta`ala.

asu rangenah a mengatakan...

ndadak macet neng kas daerah,,, trus undang"nya mau dikemanain itu,,,, gk ngerti opo keadaan guru" seponorogo,,,, opo mung cupup ngenteni surat edaran,,, apa ternyata ada someting

asu rangenah a mengatakan...

tolong ya pemerintah,,,, dengar kan kami para guru

mandela mengatakan...

untuk wilayah kotamadia bandung dan kabupaten badung barat,sertifikasi sudah cair....tapi kenapa kabupaten bandung belum cair???kasihani nasib para guru2,,,tolong segera di cairkan...

HeRiyanto mengatakan...

Jakarta apakah sudah cair?

seemanov63@gmail.com mengatakan...

Rekan guru seprofesi, bangkitlah dari kutukan umar bakri. Masih banyak pejabat yang mempermainkan profesi guru. Masih banyak kalangan yang berkata guru itu kerja tanpa pamrih. Kita dibaratkan ayam katai yg bertelur. Ributnya tak terhingga, telurnya kecil. Saya heran. Dalam hal tunjangan, profesi lain tdk seheboh ini. Jarang saya lihat atau baca kasus macet atau lambatnya pencairan tunjangan. Tapi lihatlah profesi guru, semua membicarakan, bahkan lebih dari kewajaran. Ada sesuatu yang keliru. Solusi tidak ditemukan. Kemanakah orang orang cerdas di negeri ini. Kutukan belum berakhir. Kita adalah umar bakri di jaman modern.

suri haryadi mengatakan...

saya hrap presiden yang baru bisa bersikap tegas dan lebih memperhatikan nasib guru!!!!

suri haryadi mengatakan...

kapan kabupaten sumenep madura tunjangan profesi akan dicairkan..bulan mei sudah mau berakhir kok blum juga cair...

dom minggus mengatakan...

Saya mau liat SK dan daftarnama kekurangan pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2010-2013. boleh diposkan ndan ke email saya minggus26impd@yahoo.com TRIMA KASIH.

bondan baskoro mengatakan...

Itulah guru di Indonesia ....Alhamdulilah ....masalah TPG sepertinya tiada akhir,,,!

Sri Baginda mengatakan...

SERTIFIKASI GURU DKI SD SMP 90% BELUM CAIR!!! ADUH!!!!

ahbaabunnabiy mengatakan...

PONDOK PESANTREN & TPQ
“AHBAABUN NABIY”
Pendaftaran Santri Putra-Putri Baru. Santri Pagi Hari Boleh Bekerja/Sekolah Di Luar Pondok. Syarat Pendaftaran MUDAH!: Diantar & didaftarkan Orang Tua/
Walinya, Gratis-Tanpa Biaya/Salurkan Bantuan Apapun ANDA Langsung ke: Perumahan Graha Semeru Paling Depan Blok A6 (Barat Pasar Patok Sapi/Timur Grati/Selatan Suruji) Jl. Demokrasi Jogotrunan-Kota Lumajang atau Langsung Bank Jatim No Tabungan: 0092067971 a.n Samsul arif & Bank Mandiri no rekening: 143-00-1160318-8 a.n Samsul arif (PENGASUH) Hp: 085604889777/085236193999
e-mail: ahbaabunnabiypondokpesantren@gmail.com
facebook: pondokpesantren ahbaabunnabiy
blog: pondokpesantrenahbaabunnabiy.blogspot.com
Twitter: @ahbaabunnabiy
Unit Usaha Pondok: Agen Pulsa Murah, Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan-DARI, OLEH, DAN UNTUK SANTRI.

Unknown mengatakan...

Sampai hari ini tunjangan di DKI belum cair. padahal lebaran tinggal beberapa hari lagi.....TERLALU!

Aina Mulyana mengatakan...

INFO DARI DINAS, PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 2 TAHUN 2014 DI PANDEGLANG MULAI TANGGAL 21 JULI 2014. DINAS PEND MEMASTIKAN UANG TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 2 TAHUN 2014 INI SUDAH MASUK REKENING MULAI TANGGAL 21 JULI 2014

SARWI YANI mengatakan...

Pak aina, saya mau tanya..utk kota pontianak kapan cairnya srtifikasi triwulan 2 khusus guru swasta...krn guru swasta biasanya dibayarkan lgsung dr pusat, hanya smapai sampai sekarang molor waktunya hingga smnggu lagi mau lebran. Trima kasih pak.

RVCommunity mengatakan...

maaf pak tanya untuk daerah Bangka Belitung Kapan pak? tw II nya

Aina Mulyana mengatakan...

Di Kabupaten kami di Pandeglang alhamdulillah tunjangan sertifikasi triwulan 2 tahun 2014 mulai hari ini Senin 21 Juli 2014 sudah dapat dicairkan. Klu berdasarkan aturan seharusnya semua daerah mencairkan tunjangan sertifikasi triwulan 2 di bulan Juli ini. Oleh karena itu, sebaiknya Bpk/Ibu berkoordinasi dengan dinas pendidikan kab/kota masing utk memastkan pencairan tersebut

noufalina mengatakan...

Bapak/ ibu ada yg tahu tidak bagaimana cara mengurus sertifikasi /TPG untuk mutasi ke daerah atau propinsi lain. Terimakasih atas infonya

Alfa Azam mengatakan...

Kasian guru-guru swasta di Kabupaten Semarang seperti saya. Sampai dengan hari ini Tgl 25 Juli 2014 SERGUR belum cair sama sekali. Dulu dicairkan Propinsi katane diambil alih sama pusat supaya ada perbaikan tidak terlambat dalam pencairan. Kenapa ini sampai Lebaran datang belum cair sama sekali Triwulan 2 tahun 2014.

Wibowo mengatakan...

Bapak / Ibu guru, dari pada mengharapkan cairnya tunjangan-tunjangan, lebih baik berpikir yg lain alternatif pengadaan dana dengan belajar sejak dini bisnis kecil-kecilan. Coba kita tengok saudara2 kita yang jualan mi ayam, mi goreng, nasi ayam/bebek, siomay, batagor, dan banyak lagi. Mereka mandiri tak mengharapkan tunjangan yang .... aduuuuuhhhhh ..... kok sulit untuk diprediksi. Cari alternatif, bapak/ibu ..... Agaknya seorang guru juga sangat terbantu hidupnya jika punya jiwa enterpreneur.

Aina Mulyana mengatakan...

Trim Pak Wibowo, solusi yang bagus. Tapi Ingat Jangan Mengganggu Kewajiban sebagai PNS dan kewajiban sebagai guru. Jika kerja sampingan akhirnya mengganggu sebagai tugas kedinasan sebaiknya tentukan pilahan mau jadi PNS atau Wiraswasta.

taha malik mengatakan...

kami guru guru di kab Sukabumi Jabar, sampai detik ini masih belum menerima tunjangan propesi triwulan 2 ... guru non pns selalu dianak tirikan padahal kerjanya sama malah lebih rajin dari guru pns yang rata-rata suka keluyuran meski ada jadwal ngajar... mudah-mudahan rezeki bagi guru non pns segera cair. aamiinnnn

bambang sadtiyono mengatakan...

th kemaren aku lulus sertifikasi dan telah mendapatkan tunjangan sertifikasi s/d tahun 2013 dengan lancar tetapi tahun ini aku sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan sertifikasi salah satunya guru bk harus minimal 150 siswa/ aku malah mengampu 236 siswa. tetapi kok sampai sekarang blm menerima tunjangan sertifikasi mulai januari 2014 s/d Agustus 2014 padahal aturannya sudah turun seperti teman teman yang lain kenapa ya dan harus mengadu kemana.

suparman mengatakan...

Tunjangan sertifikasi guru PNS Triwulan 2 di Kab. Bekasi juga lum cair tuh..

dwi armindari mengatakan...

Pak aina, mohon solusinya, saya lulus sertifikasi th.2013, seharusnya saya terima tunjangan di awal th.2014.tapi triwulan 1&2 blm terima, setelah saya teliti lagi, ternyata ada kesalahan di no.rek saya, yaitu digit terakhir no.rek.bank. Setelah tahu ada kesalahan,segera saya urus ke dinas pendidikan setempat, bersamaan dg pemberkasan TPP triwulan 2 di blm mei 2014.pak aina, apa tunjangan saya di triwulan 1&2 masih bisa cair bersamaan di triwulan 3, mohon jawabanya,

Aina Mulyana mengatakan...

Setahu saya apabila transper dana ke rekening yang salah ditolak atau kembali ke kas negara kemungkinan uang ibu masih bisa dicairkan (melalui mekanisme carry over atau lainnya), namun jika uang tersebut telah masuk ke rekening orang lain dan dapat dicairkan oleh orang tsb bisa dianggap telah terjadi pencairan akibat kesalahan no rek tsb.

JUAN LOUIS mengatakan...

Tunjangan Sertifikasi Guru triwulan 2 belum cair bagi sebagian guru di Batam. Mengapa begitu ya Pak?

nurul adim mengatakan...

Malam pa..mau tanya kenapa tunjangan sertifikasi non PNS tangerang selatan, triwulan I,II belum juga cair..pada SK sudah turun..
apa ada permasalahan ...?
trima ksh

HILMAN SINA mengatakan...

Saya mau tanya..mengapa proses pencairan sertifikasi untuk wilayah sumut kab.asahan triwulan ke 1 dibayar bulan 6 dan triwulan,2 gelap pak..Apa masalahnya ya pak..usul saya bersama rekan sertifikasi..bagaimana kalau dana sertifikasi itu di cairkan langsung dari pusat tidak usah dari daerah seperti honorer....

gB-motoGP dot com mengatakan...

Thanks atas infonya

eti sumiati mengatakan...

kapan pencairan tunjangan sertivkasi tri wulan 3 cair?

conglieyan mengatakan...

PENCAIRAN TPP UNTUK KOTA PAMEKASAN KHUSUSNYA DAN MADURA UMUMNYA KAPAN PAK AINA MULYANA, TERIMA KASIH SENELUMNYA

Zia Fayzulhaq mengatakan...

Mau tanya pak, gimana Untuk kabupaten lebak sudah cair belum sertifikasi triwulan 3?tq

Ruslina Khairul mengatakan...

Kita sebagai guru harus meningkatkan kompetensi agar kita dapat diguguh dan ditiru, karena jerih payah kita telah di tingkatkan. mengenai dana sertifiksi yg blm cair lihat data anda di dapodik sekolah masing-masing ataau anda sendiri bisa mengeceknya melalui PADAMU.COM

Ruslina Khairul mengatakan...

Sabar aja pak, pasti cair

Poskan Komentar

Statistik Tayang

Jadwal Shalat Untuk Pandeglang dan Sekitarnya

Pendidikan Kewargegaraan | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

HALAMAN UTAMA ( BERANDA )

DAFTAR ISI BLOG