GAYA BELAJAR SISWA

Posted by Aina Mulyana Jumat, 25 Januari 2013 0 komentar

Salah satu prinsip utama pembelajaran, misalnya menurut Quantum Learning, adalah membuat siswa nyaman belajar. Untuk itu, perlu diciptakan suasana lingkungan yang nyaman (comfort zone) siswa. Salah satu cara yang dapat ditempuh kenyamanan pada siswa adalah merancang proses belajar mengajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi antarpribadi.
Di beberapa sekolah dasar dan lanjutan di Amerika, para guru menyadari bahwa para siswa mempunyai cara yang optimal dalam mempelajari informasi baru. Mereka menyadari bahwa beebrapa murid perlu diajari dengan cara yang lain dan metode-metode standar. Jika diajari dengan metode standar, kemungkinan kecil murid-murid ini dapat berhasil. Pengetahuan tentang gaya belajar ini telah membantu banyak guru untuk mengantarkan siswanya mampu balajar.


Baca Selengkapnya ....

TEORI DAN MODEL MENGAJAR

Posted by Aina Mulyana 0 komentar


Mengenai teori mengajar, dapat disebutkan sedikitnya ada tiga teori, yaitu menurut Bruner, Ausabel dan Gagne. Berikut ini akan dikemukakan ketiga teori tersebut. Menurut Bruner, mengajar adalah menyajikan konsep dan masalah secara bertahap, yaitu enaktif (gerak), ekonik (deskripsi visual) dan simbolik (deskripsi verbal). Mengajar adalah upaya menguraikan (a) pengalaman belajar, (b) cara mengorganisasikan, (urutan hal pokok secara sistematis. dan (d) prosedur penggunaan penguatan. Tahap-tahapnya enaktif, ekonik dan simbolik.
Menurut Ausabel, mengajar adalah upaya membuat struktur sesuatu yang dipelajari agar mudah dipahami. Ada tiga konsep advance organizer, kebermaknaan, dan belajar bermakna Advance organizer adalah menguraikan garis besar materi baru yang dikaitkan dengan yang sudah diketahui atau mengawali uraian rinci materi baru. Jadi dengan advance organizer, siswa memperoleh gambaran yang bulat antara yang sudah diperoleh dengan yang akan diperoleh. Kemudian, guru menumbuhkan kebermaknaan logik dan psikologik. Belajar bermakna adalah dimilikinya kesiapan belajar karena telah memahami hakiki substansial dan hakiki kebutuhan individual yang sedang dan akan dipelajari.


Baca Selengkapnya ....

LANGKAH-LANGKAH PERHITUNGAN ANOVA DUA JALAN 2x2 DENGAN SPSS

Posted by Aina Mulyana Selasa, 22 Januari 2013 0 komentar


Contoh data:

Buku program SPSS                                                            
Masukan data di atas seperti contoh berikut ini


Caranya input data pada lembaran/sheet data view,  Sedangkan nama variabel seperti Nilai, FaktorA dan Faktor B pada lembaran/sheet variabel view pada kolom name, kolom yang lain dibiarkan saja kecuali variabel decimal boleh diganti sesuai dengan data yang kita inginkan, misalnya 2 atau 3 decimal dibelakang koma.
Selnjutnya Klik ANALIS -> GENERAL LINEAR MODEL -> UNIVARIATE
Pada kotak dialog isi
Kolom dependen dengan variabel NILAI
Kolom Fixed Factorial dengan FaktorA dan FaktorB
Lihat contoh:

Klik Oke. Silahkan Analisis Hasilnya
Sumber Varian
SS
Dk
MS
F HITUNG
F TABEL
Faktor A
26.450
1
26.450
21.160
4.493
Faktor B
0.050
1
0.050
0.040
4.493
Faktor AB
0.050
1
0.050
0.040
4.493
Inter
20.000
16
1.250









Contoh Analisis
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Ketentuan Uji : jika F hitung lebih kecil atau sama dengan F tabel maka H0 diterima
Berdasarkan data tersebut di atas diketahui bahwa Fhitung = 0.040 sedangkan Ftabel=4.493 dengan demikian Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Contoh 2
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Berdasarkan data di atas F hitung = 21.160 dengan demikian Ho ditolak atau Ha diterima dengan demikian terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.


Baca Selengkapnya ....

BEBERAPA REFERENSI HASIL PENELITIAN TENTANG GAYA BELAJAR, CARA BELAJAR, MINAT, MOTIVASI, PERSEPSI SISWA, DISIPLIN SISWA, SIKAP, PRESTASI DAN HASIL BELAJAR DALAM BENTUK ABSTRAK ATAU RANGKUMAN HASIL PENELITIAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

Posted by Aina Mulyana Jumat, 18 Januari 2013 0 komentar
1.  Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Siswa pada Bidang Studi Matematika. (Disertasi) oleh Dimyati Dimyati
ABSTRAK
Dimyati, 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Siswa pada Bidang Studi Matematika. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed, (II) Prof.Dr.I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (III) Dr.H. Sulton, M.Pd
Kata kunci: pembelajaran matematika realistik (PMR), motivasi berprestasi, prestasi belajar, sikap siswa.


Baca Selengkapnya ....

MENCARI LUAS DISTRIBUSI NORMAL STANDAR DENGAN EXCEL

Posted by Aina Mulyana 0 komentar


Menghitung atau menentukan  luas distribusi normal standar sampai saat ini masih belum ditemukan dalam program Excel, tidak seperti nilai kritis distribusi t yang dicari dengan menulis/mengetik =TINV(Probability,df), atau yang lainnya.
Untuk membantu rekan-rekan yang membutuhkan cara cepat untuk mengetahui nilai luas distribusi normal, terutama  bagi rekan-rekan yang mengadakan pengujian Normalitas Galat Taksir dengan Uji Liliefors atau lainnya saya berikan aplikasi cara cepat mengetahui nilai luas distribusi normal tanpa harus melihat tabel luas distribusi normal standar. Aplikasi tersebut dapat di DOWNLOAD DI SINI.


Baca Selengkapnya ....

MENGHITUNG PERSAMAAN REGRESI DENGAN SPSS

Posted by Aina Mulyana Kamis, 10 Januari 2013 0 komentar


Pertama-tama buka program SPSS. Kemudian masukkan semua data hasil penelitian pada  pada "data view". Lihat contoh berikut ini:


Baca Selengkapnya ....
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | Copyright of PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Link Info Publik

Arsip Blog