Penelitian
LANGKAH-LANGKAH PERHITUNGAN ANOVA DUA JALAN 2x2 DENGAN SPSS
Buku program SPSS
Masukan
data di atas seperti contoh berikut ini
Caranya
input data pada lembaran/sheet data view,
Sedangkan nama variabel seperti Nilai,
FaktorA dan Faktor B pada lembaran/sheet variabel
view pada kolom name, kolom yang lain dibiarkan saja kecuali variabel
decimal boleh diganti sesuai dengan data yang kita inginkan, misalnya 2 atau 3
decimal dibelakang koma.
Selnjutnya
Klik ANALIS -> GENERAL LINEAR MODEL -> UNIVARIATE
Pada kotak
dialog isi
Kolom
dependen dengan variabel NILAI
Kolom Fixed
Factorial dengan FaktorA dan FaktorB
Lihat contoh:
Sumber Varian
|
SS
|
Dk
|
MS
|
F HITUNG
|
F TABEL
|
Faktor A
|
26.450
|
1
|
26.450
|
21.160
|
4.493
|
Faktor B
|
0.050
|
1
|
0.050
|
0.040
|
4.493
|
Faktor AB
|
0.050
|
1
|
0.050
|
0.040
|
4.493
|
Inter
|
20.000
|
16
|
1.250
|
||
Contoh
Analisis
Ho = Tidak
terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan
menggunakan metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode
diskusi dan media LKS.
Ha = Terdapat
perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan
metode diskusi dan media LKS dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi
dan media LKS.
Ketentuan
Uji : jika F hitung lebih kecil atau sama dengan F tabel maka H0 diterima
Berdasarkan
data tersebut di atas diketahui bahwa Fhitung = 0.040 sedangkan Ftabel=4.493
dengan demikian Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti
antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi dan media LKS
dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi dan media LKS.
Contoh 2
Ho = Tidak
terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan
menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Ha = Terdapat
perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang belajar dengan menggunakan
metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode diskusi.
Berdasarkan
data di atas F hitung = 21.160 dengan demikian Ho ditolak atau Ha diterima
dengan demikian terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang
belajar dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang tidak menggunakan metode
diskusi.
=============================================================