LATIHAN SOAL PAT (UKK) IPA KELAS 8 SMP/MTS KURIKULUM 2013

Latihan Soal dan Pembahasan PAT (UKK) IPA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) IPA SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) IPA Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 adalah Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Sistem Pernapasan Manusia, Sistem Ekskresi Manusia, Getaran dan Gelombang  dalam Kehidupan Sehari-hari, Cahaya dan Alat Optik.

Berikut ini kumpulan contoh latihan Soal dan Kunci Jawawan PAT (UKK) IPA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013, semoga bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses.

1.   Faktor-faktor yang memengaruhi besarnya tekanan adalah ….
A.  gaya tekan dan massa benda
B.   gaya tekan dan gaya gravitasi
C.   luas bidang tekan dan gaya tekan
D. luas bidang tekan dan gaya gravitasi
Jawaban : C

2.   Sebuah alat pengangkat mobil memiliki luas penampang pengisap kecil A1 sebesar 20 cm2 dan pengisap besar  A2 sebesar 50 cm2.


Gaya yang harus diberikan untuk mengangkat mobil 20.000 N adalah … N.
A.  2.000       
B.   4.000
C. 5.000
D. 8.000      
Jawaban : D

3.   Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah ….
A.  mengurangi gaya tekan dan memperbesar luas bidang
B.   mengurangi gaya tekan dan memperkecil luas bidang
C.   meningkatkan gaya tekan dan memperbesar luas bidang
D. meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang
Jawaban : D

4.   Seorang penyelam menyelam dengan kedalaman 3 m, massa jenis air 1.000 kg/m3, konstanta gravitasi pada tempat tersebut adalah 10 N/kg. Besar tekanan hidrostatisnya adalah … N/m2.
A.  3.000       
B.   30.000     
C. 40.000
D. 50.000  
Jawaban : B


5.   Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh….
A.  massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air
B.   massa jenis seluruh drum lebih besar daripada massa jenis air
C.   massa jenis bahan pembuat drum lebih kecil daripada massa  jenis air
D. massa jenis bahan pembuat drum lebih besar daripada massa jenis air
Jawaban : A

6.   Perhatikan tabel berikut!



Berdasarkan tabel tersebut pernyataan yang benar mengenai hubungan tekanan udara dengan ketinggian  adalah ….
A.  ketinggian tempat menghambat tekanan udara
B.   semakin rendah tempat maka tekanan udaranya terhambat
C.   semakin tinggi tempat maka tekanan udaranya semakin besar
D. semakin tinggi tempat maka tekanan udaranya semakin kecil
Jawaban : D

7.   Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip Archimedes adalah ….
A.  hidrometer
B.   jembatan ponton
C.   balon udara
D. dongkrak mobil
Jawaban : D

8.   Perhatikan gambar berikut!



Sebuah benda memiliki berat 50 N, ketika ditimbang di dalam air beratnya hanya 45 N, maka gaya ke atas yang menekan benda sebesar… N.
A. 5
B. 25
C. 45   
D. 50      
Jawaban : A

9.   Pada tumbuhan, air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang. Pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah ….
A.  di dalam sel-sel akar terjadi peristiwa osmosis sehingga menyebabkan daya kapilaritas batang meningkat
B.   jaringan xilem memiliki diameter yang sangat kecil sehingga memiliki tekanan yang besar untuk menaikkan air ke daun
C.  jaringan  floem  memiliki diameter yang sangat kecil sehingga memiliki tekanan yang besar untuk menaikkan air ke daun
D. air dari dalam tanah dapat naik karena daya isap daun yang rendah sehingga tekanan osmosis dalam sel meningkat
Jawaban : A

10.  Pada saat mengukur tekanan darah dengan tensimeter, berlaku hukum ….
A.Pascal
B. Archimedes
C. Boyle
D. Newton

Jawaban : A



11. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hidung dalam proses pernapasan adalah ....
A.  mengatur suhu udara yang masuk ke dalam paru-paru
B.  sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida
C.  mengatur kelembapan udara yang masuk ke dalam paru-paru
D. menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara
Jawaban : B

12.   Struktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel makanan atau minuman ke dalam laring dan trakea adalah ...
A. silia
B. tonsil
C. epiglotis
D. pita suara
Jawaban : C


13.   Jaringan dalam paru-paru yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida adalah ....
A.  alveolus
B.   bronkiolus
C.   bronkus
D. laring
Jawaban : A


14.   Struktur yang berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis adalah ....
A.  pleura
B.   alveolus
C.   diafragma
D. lobus paru-paru
Jawaban : A


15.   Berikut ini merupakan aktivitas yang menyebabkan terjadinya inspirasi adalah ....
A. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya diafragma
B. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya diafragma
C. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya diafragma
D. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya diafragma
Jawaban : D


16.   Berikut ini  yang bukan merupakan faktor yang memengaruhi frekuensi pernapasan adalah  ....
A.  umur
B.  jenis kelamin
C.  aktivitas tubuh
D. suhu lingkungan
Jawaban : D


17.   Berapakah volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru?
A.  500 mL
B.  1.000 mL
C.  1.500 mL
D. 2.000 Ml
Jawaban : B


18.   Apakah kelainan yang disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan dalam paru-paru, sehingga seseorang dapat mengalami kesulitan bernapas?
A.  asma
B.  asfiksi
C.  influenza
D.  bronchitis
Jawaban : A


19.   Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri  Streptococcus  pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit ....
A.   asma
B.   pneumonia
C.   tuberculosis
D.   kanker paru-paru
Jawaban : B


20.  Berikut ini merupakan upaya dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan manusia adalah ....
A.  tidak merokok
B.  berolahraga di malam hari
C.  duduk di dekat perokok aktif
D. saling bertukar masker yang sudah digunakan
Jawaban : A


21.   Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah ....
A.  hati
B.   kulit
C.   ginjal
D. usus besar
Jawaban : D

22.   Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia adalah ....
A.  ginjal menghasilkan urine
B.  kulit menghasilkan keringat
C.  pankreas menghasilkan enzim amilase
D. bagian kulit yang berperan sebagai alat ekskresi adalah kelenjar Keringat
Jawaban : C


23.   Perhatikan gambar di bawah ini!



Tempat untuk menampung urine sebelum dikeluarkan dari tubuh ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1    
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban : C


24.   Perhatikan gambar di bawah ini



Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah ....
A. 1   
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban : A


25.   Sisa  penyaringan  pada  proses  filtrasi  menghasilkan  urine  yang masih mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Berikut ini yang bukan merupakan zat yang terdapat pada urine hasil proses filtrasi adalah ....
A.  glukosa
B.   asam amino
C.   sel darah merah
D. garam-garam mineral
Jawaban : C


26.   Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah ....
A.  urea dan uap air
B.  garam dapur dan air
C.  asam amino dan amonia
D. karbon dioksida dan uap air
Jawaban : D


27.   Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah ....
A.  urea
B.  glukosa
C.  bilirubin
D. getah empedu
Jawaban : B


28.   Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena ....
A.  melindungi tubuh dari kuman
B.   mempunyai kelenjar keringat
C.   mempunyai ujung saraf reseptor
D. melindungi tubuh dari cahaya matahari
Jawaban : B


29.   Adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal dapat menimbulkan ....
A.  nefritis
B.   hematuria
C.   hidronefrosis
D. diabetes insipidus
Jawaban : B


30.  Bila kadar glukosa dalam urine 1,5%, kemungkinan orang tersebut menderita ....
A.  gagal ginjal
B.   penyakit diabetes mellitus
C.   penyakit diabetes insipidus
D. peradangan kandung kemih
Jawaban : B


31.Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf ....



A.  P, S, dan R
B.  P, R, dan T
C.  R, S, dan T
D.  P, S, dan T
Jawaban : C

32.Pada saat mendengar suara yang sangat keras, sebaiknya kita membuka mulut. Tujuan dari tindakan tersebut adalah ....
A.  dapat bernapas lega
B.  tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar
C.  suara dapat masuk ke rongga mulut
D.  gelombang suara keras terpecah masuk ke dalam tubuh
Jawaban : B

33.   Berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam telinga manusia:
(1) daun telinga
(2) saluran telinga
(3) gendang telinga
(4) tulang sanggurdi
(5) tulang landasan
(6) tulang martil
(7) koklea
(8) saraf pendengaran

Setelah gelombang bunyi sampai di telinga, agar bunyi dapat didengar, getaran berturut-turut melalui struktur bernomor ....
A.  (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)-(7)-(8)
B.  (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)-(8)
C.  (1)-(2)-(3)-(6)-(4)-(5)-(7)-(8)
D.  (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)-(8)
Jawaban : A

34. Sebuah bandul digetarkan selama 1 menit sehingga menghasilkan 40 getaran. Periode bandul tersebut adalah ... sekon.
A.  1,5
B.  0,33
C.  0,25
D.  0,15
Jawaban : A

35.Perbedaan yang mendasar antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal adalah ....
A.  frekuensinya
B.  amplitudonya
C.  arah rambatnya
D.  panjang gelombang
Jawaban : C

36. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, panjang gelombang dari gelombang tersebut adalah ... m.
A.  6,8
B.  6,7
C.  6,6
B.  6,5
Jawaban : A

37.   Perbedaan antara gema dan gaung terletak pada ....
A.  jarak sumber bunyi dengan pendengar
B.  jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul
C.  amplitudo dan frekuensinya
D.  kelengkapan kata yang terdengar
Jawaban : B

38.   Dari permukaan air laut, sinyal bunyi dikirim ke dasar laut. Sinyal tersebut diterima kembali setelah 12 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air adalah 1.800 m/s, maka kedalaman laut di tempat itu adalah ... m.
A.  5.400
B.  8.100
C.  10.800
D.  21.600
Jawaban : C

39.   Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi ... Hz.
A.  kurang dari 20
B.  lebih dari 20.000
C.  antara 20- 20.000
D.  lebih dari 200.000
Jawaban : C

40.  Sebuah kolom udara memiliki panjang 40 cm. Jika garpu tala mempunyai frekuensi 320 Hz, maka besarnya cepat rambat gelombang bunyi di udara pada saat terjadi resonansi pertama adalah ... m/s.
A.  511
B.  512
C.  513
D.  515
Jawaban : B


41. Fakta yang benar tentang hubungan antara cahaya dan kemampuan mata untuk melihat benda adalah ....
A. mata dapat melihat benda karena benda memiliki kemampuan menyerap cahaya yang diterima
B. mata dapat melihat benda karena benda memantulkan cahaya yang diterimanya, sehingga cahaya masuk ke mata
C. mata dapat melihat benda karena cahaya yang mengenai benda dibiaskan
D. mata  dapat  melihat  benda  karena  saraf-saraf  mata  memiliki kemampuan untuk melihat benda, sehingga kemampuan mata untuk melihat tidak ada hubungannya dengan cahaya
Jawaban : B

42.  Berikut ini proses perjalanan cahaya pada mata hingga terbentuk bayangan benda adalah ....
A. pupil – kornea – iris – lensa mata (cahaya membentuk bayangan)  – bayangan ditangkap retina
B. pupil – iris –kornea – lensa mata (cahaya membentuk bayangan)  – bayangan ditangkap retina
C. kornea – pupil – iris – lensa mata (cahaya membentuk bayangan)  – bayangan ditangkap retina
D. kornea – pupil – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) –  bayangan ditangkap retin
Jawaban : C

43.   Bagian mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata adalah ....
A. iris
B. pupil
C. kornea
D. saraf mata
Jawaban : A

44.   Edo menderita miopi sehingga dia tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak jauh dengan jelas. Jenis lensa untuk membantu penglihatan Edo adalah ....
A. lensa tipis
B. lensa ganda
C. lensa cekung
D. lensa cembung 
Jawaban : C

45.   Pelangi merupakan salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
A. cahaya tampak
B. cahaya merambat lurus
C. cahaya dipantulkan
D. cahaya dibiaskan
Jawaban : D

46.   Sifat  bayangan  yang  dibentuk  oleh  cermin  cekung  apabila  benda terletak pada jarak kurang dari titik fokus cermin adalah ....
A. nyata, terbalik, diperkecil, dan terletak antara M dan F
B. nyata, terbalik, diperbesar, dan terletak di depan  M
C. maya, tegak, diperbesar, dan terletak di belakang cermin
D. nyata, terbalik, sama besar dan terletak di titik M
Jawaban : C

47.   Pasangan yang tepat antara lensa  yang  terdapat  pada  mikroskop  dan bayangan yang dibentuk oleh lensa adalah ....
A. lensa objektif = bayangan maya dan diperbesar; lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar
B. lensa objektif = bayangan nyata dan diperbesar; lensa okuler = bayangan nyata dan diperbesar
C. lensa objektif = bayangan nyata dan diperkecil; lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar
D. lensa objektif = bayangan nyata dan diperbesar; lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar
Jawaban : D

48.   Alat optik yang memiliki lensa cembung sehingga dapat membantu mendekatkan objek ke mata serta membantu untuk melihat benda yang kecil adalah ....
A. lup
B. teleskop
C. teropong
D. mikroskop
Jawaban : A

49.   Sebuah benda yang tingginya 12 cm diletakkan 10 cm di depan cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 30 cm. Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut adalah ....
A. maya, tegak, dan diperkecil
B. maya, tegak, dan diperbesar
C. nyata, terbalik, dan diperkecil
D. nyata, tegak, dan diperbesar
Jawaban : A

50. Seseorang ingin melihat suatu benda yang berada di depan mata pada jarak 25 cm. Jika jarak kornea mata ke retina adalah 2,5 cm, maka panjang fokus sistem lensa-kornea agar benda terlihat paling jelas oleh mata orang tersebut adalah ... cm.
A. 2,26
B. 2,24
C. 3,52
D. 3,54
Jawaban : B


II. Essay

51. Sebuah balok memiliki panjang (p) 12 cm, lebar ( l) 8 cm, dan tinggi (t) 3 cm serta berat sebesar 30 N. Jika balok tersebut diletakkan dengan posisi seperti gambar a, b, dan c, tentukan besar tekanan pada masing-masing posisi tersebut!

Jawab:
Diketahui:
Balok dengan ukuran:
Panjang ( p)  = 12 cm = 0,12 m
Lebar (l)    = 8 cm = 0,08 m
Tinggi (t) = 3 cm  = 0,03 m
Gaya berat (w) sebesar = 30 N, sebagai F
Luas permukaan (Aa)=panjang (p) × tinggi ( t)=0,12 × 0,03= 0,0036 m2
Luas permukaan (Ab)=lebar ( l) × tinggi ( t)=0,08 × 0,03= 0,0024 m2
Luas permukaan (Ac)=panjang (p) × lebar (l)=0,12 × 0,08 = 0,0096 m2
Secara matematis, tekanan pada zat padat dapat dirumuskan:  p= F/A

Jadi, tekanan yang dihasilkan balok saat berada pada posisi (a) sebesar = 8333,3 N/m2
Jadi, tekanan yang dihasilkan balok saat berada pada posisi (b) sebesar = 12500 N/m2
Jadi, tekanan yang dihasilkan balok saat berada pada posisi (a) sebesar = 3125 N/m2

52.  Sebuah dongkrak hidrolik dapat mengangkat benda dengan massa 1 ton serta luas penampang piston pengisap besar 0,2 m2. Jika luas penampang piston pengisap kecil 0,02 m2. Serta besar percepatan gravitasi 9,8 N/m3. Berapakah gaya minimal yang harus diberikan agar dapat mengangkat benda tersebut?

Jawab:
Massa benda (m) = 1 ton = 1000 kg   maka, gaya berat (W) = m × g = 1000 kg × 9,8 m/s2 =9.800 N, gaya     berat benda dapat diasumsikan sebagai F2 Luas penampang piston besar ( A2) = 0,2 m2. Luas penampang piston kecil (A1) = 0,02 m2.
Pada pompa hidrolik, berlaku hukum Pascal:
Jadi, gaya minimal ( F1) yang diperlukan untuk mengangkat benda
sebesar 980 N


53.  Jelaskan peristiwa tekanan yang terjadi pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh!

Jawab: Saat jantung memompa darah, darah akan mendapatkan dorongan sehingga mengalir melalui pembuluh darah. Saat mengalir dalam pembuluh darah, darah memberikan dorongan pada dinding pembuluh darah.

54. Identifikasilah hubungan antara gaya       apung dan berat benda sebuah kapal selam ketika berada dalam keadaan a) terapung, b) melayang, dan c) tenggelam!

Jawab: Jika gaya apung maksimum lebih besar dari berat benda maka benda akan terapung, jika gaya apung maksimum sama dengan berat benda makan benda akan melayang, jika gaya apung maksimum lebih kecil dari berat benda maka benda akan tenggelam.

55.   Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun
Jawab: Air dapat diangkut naik dari akar ke bagian tumbuhan lain yang lebih tinggi dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas pembuluh xilem. Daya kapilaritas pembuluh xilem dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi dan adhesi. Kohesi merupakan kecenderungan suatu molekul untuk dapat berikatan dengan molekul lain yang sejenis. Melalui gaya kohesi akan terjadi ikatan antara satu molekul air molekul air lainnya. Hal ini akan menyebabkan terjadinya tarik-menarik antara molekul air yang satu molekul air lainnya di sepanjang pembuluh xilem. Air yang terdapat dalam daun akan mengalami penguapan (transpirasi). Dengan adanya kohesi, menguapnya air membuat molekul-molekul air yang berada di bagian bawah tertarik ke atas menuju daun


56. Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!
Jawaban :
Hidung
Untuk menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara, memerangkap benda asing (bakteri, virus, dst) yang masuk terhirup saat bernapas, menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.
Faring

Untuk jalur masuk udara dan makanan, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil (organ tubuh yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh).
Laring

Mencegah masuknya makanan atau benda asing lainnya ke dalam laring dan trakea
Trakea

Untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
Bronkus

Untuk menyalurkan udara dari trakea ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.
Bronkiolus

Untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus
Paru-paru

Untuk tempat pertukaran udara pernapasan, karena di dalamnya terdapat alveolus yang merupakan jaringan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara.


57.  Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!
Jawaban :
Mekanisme inspirasi: terjadi kontraksi otot dada dan diafragma sehingga menyebabkan rongga dada membesar, paru-paru mengembang, dan tekanan udara di dalam paru-paru mengecil sehingga udara dari luar masuk ke paru-paru. Mekanisme ekspirasi: terjadi relaksasi otot ada dan diafragma sehingga menyebabkan rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan tekanan udara di dalam paru-paru besar sehingga udara dari dalam paru-paru keluar.

58. Sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya!

Jawaban :
Beberapa contoh gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan dan penyebabnya.
Asma

Dapat dipicu oleh masuknya zat pemicu alergi (alergen) dalam tubuh, misalnya asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan, dan serbuk sari. Selain itu, asma juga dapat disebabkan karena perasaan kaget, terlalu lelah,dan suhu udara dingin.
Pneumonia

Disebabkan oleh bakteri  Streptococcus pneumoniae
TBC

Disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis
Influenza

Disebabkan Orthomyxovirus , misalnya  Influenza virus


59. Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat!
Jawaban :
Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem pernapasan diantaranya ialah dengan menggunakan masker jika berada di jalan raya atau ketika sedang bersih-bersih, tidak merokok, meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular bakteri atau virus penyebab penyakit sistem pernapasan dengan makan makanan bergizi, dan rajin berolahraga.


60. Beny adalah anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderita demam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya dalam bernyanyi. Struktur apa yang terganggu pada tubuh Beny? Bagaimana demam dapat memengaruhi struktur tersebut?
Jawaban :
Struktur yang terganggu pada tubuh Beny adalah pita suara. Tubuh Beny mengalami demam sehingga pita suara Beny membengkak dan Beny kesulitan bernyanyi.


61.  Sebutkan macam-macam organ yang berperan sebagai alat ekskresi pada manusia dan zat yang diekskresikan atau yang dikeluarkan!
Jawab:
Ginjal    = urine
Hati        = urea, empedu
Paru-paru    = CO2 dan H2O
Kulit     = keringat


62.   Pembentukan urine terjadi di dalam ginjal, isilah tabel di bawah ini untuk menjelaskan proses pembentukan urine yang terjadi di dalam ginjal!

Proses
Tempat
Bahan
Hasil
1



2



3




Jawab:
Proses
Tempat
Bahan
Hasil
Filtrasi

Terjadi di Glomerulus

Darah
Urine primer

Reabsorpsi

Terjadi di tubulus proksimal

Urine primer

Urine sekunder
Augmentasi

Terjadi di tubulus distal

Urine sekunder

Urine


63. Mengapa bila kita berada dalam kondisi yang panas tubuh mengeluarkan banyak keringat, sangat berbeda ketika kita berada pada tempat dengan suhu dingin?
Jawab:
Pada otak di bagian hipotalamus, akan mengatur jumlah air di dalam darah. Ketika otak mendeteksi bahwa di dalam darah terlalu banyak air, maka hipotalamus akan melepaskan sejumlah hormon yang mendorong ginjal untuk mengurangi jumlah air yang ada di dalam darah sehingga ginjal akan meningkatkan jumlah urine yang dikeluarkan.  Begitu pula ketika pada suhu udara panas di siang hari, ketika jumlah cairan di dalam darah tinggi, hipotalamus akan mengeluarkan hormon, dan memberikan sinyal pada kelenjar keringat yang ada di dalam kulit untuk memproduksi keringat yang lebih banyak.


64. Pada suatu pemeriksaan laboratorium, diuji urine seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator  Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator  Biuret  menunjukkan reaksi warna ungu, berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang terjangkit oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

Jawab:
Pasien menderita albuminuria (di dalam urine terdapat protein) kerusakan pada glomerulus dan menderita diabetes mellitus (di dalam urine terdapat glukosa) kerusakan pada tubulus proksimal. Tubulus proksimal merupakan bagian dari ginjal yang berfungsi dalam tahap reabsorbsi/penyerapan kembali. Artinya jika terjadi kerusakan pada organ ini akan menyebabkan gangguan-gangguan misalnya ditemukan adanya glukosa pada organ ini, karena tubulus proksimal tidak mampu mereabsorbsi urine primer, sehingga dalam urine masih mengandung glukosa.


65. Sebutkan 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi!’
Jawab:
Contoh pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi di antaranya adalah mengatur pola makan yang seimbang, meminum air mineral 2 liter per hari, olahraga teratur, dan tidak menunda jika akan buang air kecil.



66. Perhatikan gambar berikut!

a.   Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?
b.   Tentukan amplitudo gelombang
c.   Tentukan periode gelombang
d.   Tentukan panjang gelombang
e.   Tentukan cepat rambat gelombang
f.   Tentukan jumlah gelombang selama dua menit


Jawab
T = 1 menit = 60 sekon
n = 40 getaran
Periode  (T) = t/n    = 60/40 =1,5 sekon
a.   Panjang gelombang = 1,5 gelombang
b.   A = 2 cm = 0,02 m
c.   T = 1,5 sekon
d.   Î»  = 20 cm (dari A ke C)
e.   Cepat rambat gelombang= 13,3 cm/s
f.    80 gelombang

67.   Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut!
Jawab
s = v × t = 320 × 1,5 = 480 m

68.   Sekarang ini banyak teknologi baru yang memanfaatkan sistem sonar. Menurut kamu adakah dampak negatif penggunaan sistem sonar ini dalam perkembangan teknologi?
Jawab
Salah satu dampak negatif penggunaan sistem sonar di dalam laut adalah mengganggu aktivitas mamalia laut saat bermigrasi.


69.   Pernahkah kamu berdiri di trotoar jalan kemudian mendengar suara sirene mobil ambulans? Saat mobil berada di kejauhan bunyi sirene mobil terdengar pelan. Ketika mobil bergerak mendekati kamu, bunyi akan terdengar semakin keras kemudian bunyi sirene mobil akan terdengar melemah lagi setelah mobil menjauh. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa bunyi sirene mobil berubah-ubah ketika mobil bergerak mendekati/menjauhi kamu?
Jawab
Bunyi sirene ambulan yang terdengar berubah-ubah karena pengaruh kecepatan gerak ambulan yang berubah-ubah. Gejala ini dikenal dengan istilah efek Doppler. Karena itulah bunyi sirene ambulan ketika jauh dan dekat berbeda keras/lemahnya bunyi yang kita dengar.

70.   Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, akan terdengar bunyi.
a.   Menurut pendapatmu, apakah bunyi dapat dipantulkan?
b.   Bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!
c. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari? Berikan contohnya!
d.   Bagaimana cara kerja sonar?
Jawab
Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi.
a.    Pemantulan dapat terjadi karena benda yang bergerak memiliki energi. Ketika benda bergerak dan ada yang menghalangi, maka benda tersebut akan berbalik arah (memantul) dengan energi yang masih dimilikinya.
b.    Jika berteriak pada dinding tebing, maka beberapa saat kemudian akan terdengar suara yang sama persis dengan suara yang diteriakkan. Suara tersebut berasal dari suara yang dipantulkan kembali karena terkena dinding tebing. Bunyi pantul yang terdengar lengkap setelah bunyi asli disebut gema. Jika berteriak di dalam ruangan kosong, maka akan terdengar suara yang akan mengikuti suara asli, sehingga suara asli tidak terdengar jelas. Suara tersebut berasal dari suara asli yang dipantulkan oleh dinding ruangan. Bunyi pantulan yang hanya terdengar sebagian dan tiba bersamaan dengan suara asli sehingga bunyi asli tidak terdengar jelas disebut gaung atau kerdam.
c.    Sifat bunyi yang dapat dipantulkan dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman air, mencari reruntuhan kapal, mencari lokasi yang banyak ikannya, dan mengukur panjang lorong gua. Untuk mengukur kedalaman laut, dilakukan dengan cara memancarkan bunyi ke dasar laut. Di dasar kapal diberi detektor untuk mendeteksi bunyi pantul yang dipancarkan dari dasar laut. Dengan mengukur waktu yang diperlukan sejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap detektor, maka kedalaman laut dapat ditentukan. Untuk mengukur kedalaman suatu gua yang belum pernah dijamah manusia, dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang bunyi. Gelombang bunyi tersebut dipancarkan dari mulut gua kemudian gelombang tersebut akan dipantulkan jika mengenai dinding gua. Dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang kembali ke pengirim dapat ditentukan panjang gua tersebut.
d.    Untuk menentukan kedalaman laut dan menentukan letak benda menggunakan sifat pemantulan bunyi, digunakan alat yang disebut sonar. Sonar di kapal akan mengirimkan suara yang mengenai reruntuhan kapal atau dasar laut akan dipantulkan kembali. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari sumber bunyi ke suatu benda kemudian kembali ke sumber bunyi akan dicatat oleh alat tersebut. Semakin lama waktu yang diperlukan, maka semakin jauh jarak benda tersebut.

71. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat benda dengan jelas pada jarak yang dekat dan jauh. Mengapa mata kita memiliki kemampuan tersebut?
Jawab: 
Mata dapat melihat benda dengan jelas pada jarak dekat ataupun jauh karena lensa mata memiliki kemampuan untuk mengubah bentuknya. Pada saat mata melihat benda yang berada pada jarak jauh, otot siliar akan berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih datar atau mata melihat tanpa berakomodasi. Ketika kalian melihat benda yang berada pada jarak dekat, otot siliar akan relaksasi. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih cembung. Pada kondisi ini mata dikatakan berakomodasi maksimum.


72.   Beni memiliki penglihatan normal, kemudian dia mencoba kacamata Udin yang berlensa negatif. Ternyata, penglihatan Beni menjadi kabur. Mengapa hal ini terjadi?

Jawab: 
Lensa mata Beni yang berpenglihatan normal dapat membentuk bayangan tepat pada retina. Oleh karena itu, dia tidak membutuhkan kacamata agar dapat melihat benda dengan jelas. Berbeda dengan Udin, bayangan yang dibentuk oleh lensa mata Udin jatuh di depan retina karena dia menderita rabun dekat (hipermetropi). Dengan kondisi yang demikian Udin membutuhkan lensa mata negatif (cekung) agar bayangan yang dihasilkan dapat jatuh tepat pada retina sehingga dia dapat melihat benda dengan jelas. Penglihatan Beni menjadi kabur ketika memakai kacamata Udin karena dengan adanya lensa tambahan (kacamata) akan menyebabkan bayangan benda tidak dapat jatuh tepat pada retina

73.   Lukislah bayangan yang dibentuk oleh cermin datar untuk benda- benda di bawah ini!

Jawab: 


74. Lensa cembung sering disebut dengan lensa pengumpul (konvergen), sedangkan lensa cekung sering disebut lensa penyebar (divergen), mengapa demikian? Agar mudah menjelaskan, gunakan gambar hasil pembiasan cahaya pada lensa tersebut!

Jawab: 
Hal ini dikarenakan cahaya yang dibiaskan oleh lensa cembung adalah mengumpul, sedangkan cahaya yang dibiaskan oleh lensa cekung menyebar.

75.   Banyak peristiwa terjadinya orang tenggelam di kolam renang. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air kolam. Peristiwa apa yang terjadi pada kasus tersebut? Jelaskan jawaban kamu!

Jawab: 
Peristiwa yang terjadi adalah Pembiasan: Jika cahaya yang merambat pada suatu medium berpindah ke medium yang lain, maka pada batas kedua medium tersebut akan terjadi pembiasan atau pembelokan arah. Hal ini disebabkan karena kecepatan cahaya dalam kedua medium tersebut tidak sama. Semakin besar kerapatan suatu medium, makin kecil kecepatan cahaya yang melewatinya. Dasar kolam tampak dangkal karena sinar datang yang berasal dari dasar kolam dibiaskan menjauhi garis normal. Yang kita lihat sebagai dasar kolam adalah bayangan dari dasar kolam tersebut, bukan dasar kolam yang sebenarnya.

Baca Juga .

Latihan Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) PPKn (PKn) Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Penjasorkes Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 Semeter Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Demikian Contoh Latihan Soal dan Pembahasan PAT (UKK) IPA Kelas 8 Smp/Mts Kurikulum 2013





Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem



































Free site counter


































Free site counter