LATIHAN SOAL USBN MATEMATIKA SD (MI) TAHUN 2020

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Tuesday, March 27, 2018

Latihan Online Soal UASBN USBN MATEMATIKA SD (MI) Tahun 2020



Berikut Contoh Latihan Soal UASBN USBN MATEMATIKA SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal UASBN USBN MATEMATIKA SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020 ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  20 × ( 80 : 5 ) – ( 16 + 9 ) = n, n adalah .... 
A. 295
B. 313 
C. 327 
D. 345


2. Ani membeli 4 keranjang buah mangga. Tiap keranjang berisi 15 buah. Ternyata setelah dibuka ada 8 buah mangga yang busuk. Kemudian Ani membeli lagi 25 buah mangga. Jadi, buah mangga Ani yang masih segar sekarang ada ... buah.  
A. 52
B. 77
C. 85  
D. 93


3. Hasil pengerjaan 2.786 + 390 : 26 adalah…
A. 122
B.  2.801   
C.  3.202 
D.  3.378


4. Di Warung Serba Ada tersedia 17 karung gula pasir masing – masing berisi 95 kg. Hari ini  Warung Serba Ada menerima  kiriman  gula seberat  125  kg,  berat  gula  di  Warung Serba Ada sekarang adalah… 
A. 237
B. 1.615 
C. 1.740 
D. 2.145                  

5.  -35 X 5 + (-15) = .... 
A.  -180        
B.  -190  
C.  180 
D.  190 

Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020,  Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


6. Santi  membeli 2 ½  meter pita dan membeli lagi 1 ¾  meter. Kemudian ¾  meter dipakai untuk mengikat rambutnya. Sisa pita Santi sekarang adalah ... meter.
A. 3 ¼ 
B. 3 ½  
C. 4 ½ 
D. 4 ¼ 


7.  Hasil dari – 40 + [ 20 × ( - 12) ] : 4 adalah ....
A. – 180 
B. – 100   
C. – 70    
D. 100


8.  Ibu  mempunyai  persediaan 3¾  liter  minyak  goreng,  kemudian  membeli  lagi  1,25 liter.  Minyak  tersebut  digunakan  untuk  keperluan  memasak 13/5  liter.  Persediaan  minyak goreng ibu sekarang adalah…liter 
A.  3,4 
B.  5,0 
C.  6,6 
D.  8,4


9. Uang  Ella  :  Uang  Frita,  2  :  3  sedangkan Uang  Frita  :  Uang  Salma  4  :  5. Jika  selisih  uang  Ella  dan Salma Rp. 350.000,00, maka jumlah uang mereka adalah…. 
A. Rp 1.000.000,00
B. Rp 1.150.000,00  
C. Rp 1.350.000,00 
D. Rp 1.750.000,00


10. Jarak kota Solo dan kota Semarang 140 km. Kota tersebut digambar dengan skala 1 : 700.000, maka jarak kedua kota pada peta adalah .... 
A. 2 cm
B. 20 cm
C. 200 cm
D. 2000 cm


Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


11. Urutan pecahan yang benar dari yang terkecil adalah ... 
A. 50% ; ¾  ; 0,25 ; 1/5  ; 0,125 
B. 0,25 ; 0,125 ;   ¾; 1/5  ; 50% 
C. ¾ ; 0,25 ; 50% ; 1/5   ; 0,125 
D. 0,125 ; 1/5  ; 0,25 ; 50% ;  ¾ 

12.  Umur ayah 48 tahun dan umur ibu 40 tahun. Perbandingan umur ayah dan ibu adalah .... 
A. 6 : 5 
B. 5 : 6 
C. 8 : 4   
D. 4 : 8

13. KPK dari 28 dan 36 adalah .... 
A. 22
B. 22 × 32
C. 22 × 7   
D. 22 × 32 × 7


14. Faktor persekutuan terbesar (FPB) dalam bentuk Faktorisasi dari 60 dan 40 adalah…. 
A. 22  × 5 
B. 22  × 3 × 5   
C. 23  × 5 
D. 22  × 3 × 5 × 7


15. Kelipatan terkecil (KPK) dari 36, 60 dan 80 adalah…. 
A. 45
B. 90
C. 180
D. 720


Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020.  Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

16. Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 39 , 52 dan 78 adalah .... 
A. 2
B. 3
C. 13 
D. 15

17. Bu Yayan mempunyai tanaman tomat, cabai rawit, dan wortel di ladangnya. Ia memetik cabai rawit setiap 6 hari, tomat 5 hari, dan wortel 9 hari. Jika sekarang ia memetik bersamaan, ia akan memetik bersamaan lagi setelah ... bulan.  
A. 1
B. 2
C. 
D. 4

18. Pak Dian  mempunyai persediaan 60 bola lampu merah, 90 bola lampu hijau dan 210 bola lampu kuning. Bola lampu tersebut diletakkan dalam beberapa kotak. Jenis bola lampu dalam setiap kotak berjumlah sama banyak. Banyak bola lampu kuning dalam setaip kotak adalah .... 
A. 7
B. 9
C. 10
D. 30

19. Ibu Ida membagikan 60 buah apel, 45 buah jeruk, dan 30 buah pisang kepada anak yatim. Tiap anak menerima dengan jumlah dan jenis buah yang sama.Jumlah anak yang menerima buah dari Ibu Ida ada ... orang… . 
A. 15
B. 30
C. 45
D. 180



20. Hasil dari 162 – 82  adalah ...
A. 8
B. 64
C. 192
D. 320


Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

21. Hasil dari  3√27.000 adalah .... 
A. 3
B. 
C. 30
D. 90

22. Akuarium Pak Musa berbentuk kubus. Jika volume akuarium tersebut 6.859 cm3 , maka panjang rusuknya adalah ... cm. 
A. 13
B. 15
C. 17
D. 19

23. Hasil dari 212 + 172 adalah…. 
A. 76 
B. 152 
C. 730
D. 1.444

24. Kecepatan  rata – rata sepeda  motor  yang  dikendarai Yanto  adalah  72 km/jam.  Jika  Yanto harus menempuh jarak 216 km, maka lama perjalanan Yanto adalah…. 
A. 30 menit 
B. 60 menit 
C. 3 jam 
D. 30 jam 

25. Perhatikan gambar bangun ini!


Banyak sisi bangun tersebut adalah…. 
A. 6
B.  8
C. 10
D. 13
      
Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

26. Perhatikan gambar jajar genjang di bawah ini!


Pasangan  bangun  datar  yang  sama  dan  sebangun  pada  gambar  di  atas  ditunjukkan  oleh gambar …
A. P dan Q 
B. P dan R 
C. Q dan S 
D. R dan S

27.  Perhatikan gambar berikut : 
Jaring – jarring limas segi empat ditunjukkan oleh gambar….
A. 1
B. 2
C. 3 
D. 4

28. Perhatikan gambar berikut :


Gambar diatas merupakan jaring – jaring bangun .... 
A. Kerucut
B. Limas segitiga 
C. Prisma segitiga 
D. Limas segi empat 


29. Perhatikan gambar berikut

Luas bangun di atas adalah ... cm2
A. 180
B.  240 
C.  300
D.  480

30. Perhatikan gambar berikut !




Luas bangun tersebut adalah ... cm2
A. 108
B. 216
C. 600
D. 864

Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

31.  Perhatikan gambar berikut!


Luas bangun di atas adalah ... cm
A. 308
B. 616
C. 784
D. 1232


32. Umur Rudi 9 tahun 11 bulan 21 hari, sedangkan umur Andi 12 tahun 3 bulan 14 hari. Jumlah umur Rudi dan Andi adalah …
A. 21 tahun 3 bulan 5 hari
B. 22 tahun 3 bulan 5 hari
C. 22 tahun 2 bulan 5 hari
D. 21 tahun 2 bulan 5 hari

33.  Hasan bekerja di sebuah perusahaan memperoleh upah kotor dalam sebulan Rp. 800.000,00 dengan pajak penghasilan 18%. Upah bersih yang diterima Hasan dalam satu tahun adalah …
A. Rp. 11.200.000,00
B. Rp. 9.350.000,00
C. Rp. 7.872.000,00
D. Rp. 7.200.000,00
  
34. Bak  mandi  yang  volumenya  522  liter  dalam  keadaan  kosong akan  diisi  air  menggunakan pompa  hingga  penuh  dalam  waktu  18  menit.  Debit  air  yang  dihasilkan  pompa  air  … liter/menit. 
A. 29
B. 504 
C. 540 
D. 9.396

35. Agus mempunyai 12 kelereng merah, 16 kelereng hitam, dan 20 kelereng biru. Kelereng – kelereng  tersebut  akan  dimasukkan  ke  dalam  beberapa  kotak,  setiap jenis  kelereng  yang terdapat dalam kotak sama banyak. Agus memerlukan kotak sebanyak…. 
A.  4
B.  6
C. 16
D. 18

Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


36. Mia berenang setiap 5 hari sekali, Tiyas berenang setiap 6 hari sekali dan Salsabila 10 hari sekali.  Bila  mereka berenang  bersama  pada  tanggal  24  Januari  2017,  maka  ketiga  anak tersebut akan berenang secara bersama berikutnya pada tanggal…. 
A. 29 Januari 2017 
B. 30 Januari 2017 
C. 23 Februari 2017 
D. 24 Februari 2017 

37.  Sinta membeli 5½  kg gula, 17 ons tepung terigu dan 600 gram bumbu masak. Berat seluruh belanjaan Sinta adalah … ons.
A. 28,5
B. 45,5 
C. 78 
D. 132


38. Tati mempunyai telur yang disimpan di 5 keranjang. Setiap keranjang berisi 175 telur. Tati membagikan 550 telur kepada saudaranya. Sisa telur Tati adalah ... butir.
A. 225
B. 325
C.  375
D. 425 


39. Pak Jarwo mempunyai persediaan 60 bola lampu merah, 90 bola lampu hijau dan 210 bola lampu kuning. Bola lampu tersebut diletakkan dalam beberapa kotak. Jenis bola lampu dalam setiap kotak berjumlah sama banyak. Banyak bola lampu kuning dalam setaip kotak adalah .... 
A. 7
B. 9
C. 10
D. 30

Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


40.  Sebuah bak air berukuran panjang 3 m, lebar 2 m dan tinggi 1,2 m. Bak tersebut diisi air  2/3  bagian. Banyak air dalam bak tersebut ... m
A. 
B.  8
C. 9
D. 18


41. Sebuah kolam yang volumenya 6 m3  dalam keadaan kosong. Kolam tersebut diisi air menggunakan mesin disel dengan debit 250 liter/menit. Kolam tersebut terisi penuh air dalam waktu ... menit. 
adalah… 
A. 12
B. 24
C. 120
D. 240


42.  Pak Yana membeli 2 gulung kawat yang masing – masing panjangnya 42 m dan 44 m. Kawat tesebut digunakan untuk jemuran pakaian sepanjang 67.000 mm. Sisa kawat setelah digunakan adalah ... cm. 
A. 19
B. 190
C. 1.900
D. 19,00

43. Perhatikan diagram berikut !

Jumlah pengunjung dalam empat minggu ada 1200 orang. Jumlah pengunjung dalam minggu pertama adalah ... orang. 
A. 48
B. 120
C. 300
D. 400


44. Data pengunjung Taman Wisata pada bulan Oktober 2017 disajikan dalam diagram batang berikut.   

Selisih pengunjung pada minggu kedua dengan minggu kelima adalah ... orang. 
A. 20
B. 30
C. 40
D. 50

45.  Sebuah bak air  memiliki ukuran panjang 75 cm, lebar 48 cm dan tinggi 35 cm.  1/3  nya berisi air. Volume air tersebut adalah ... cm3
A. 42
B. 4200
C. 42000
D. 42800

Latihan Soal UASBN USBN Matematika SD (MI) Tahun 2020 atau Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


46. Rata – rata berat badan dari tabel di bawah ini adalah … kg.


A. 35,5
B. 35,6 
C. 36,5 
D. 36,6


47. Perhatikan diagram lingkaran di bawah ini!

Jika berat kedelai di gudang 3 ton, maka berat jagung … kg.
A. 1.800
B. 2.400
C. 4.800
D. 5.000


48. Data penjualan buah durian adalah sebagai berikut : 25   26   22   24   23   21   22   21   23
Median dari data tersebut adalah …. 
A. 23
B. 24
C. 25
D. 26


49. Berikut ini data berat badan siswa kelas VI SD Negeri Bandung.


Rata – rata berat badan siswa ... kg. 
A. 38
B. 37
C. 36
D. 35


50. Data berat badan 35 siswa kelas VI sebagai berikut : 
          8 siswa  memiliki berat badan 34 kg.
          6  siswa  memiliki berat badan 36 kg.
          9  siswa  memiliki berat badan 37 kg.
          5  siswa  memiliki berat badan 39 kg.
          Dan sisanya memiliki berat badan 40 kg
Modus berat badan siswa ... kg 
A. 34
B. 36
C. 37
D. 40



B. Soal Uraian
51. Doni membeli 15 kantong yang berisi kelerang di toko mainan. Setiap 1 kantong berisi 100 buah kelerang. Berapakah jumlah kelereng yang dibeli Doni?

52. Suatu kabupaten menerima bantuan berupa 63 rak buku dan 126 papan tulis dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut akan dibagikan kepada beberapa sekolah. Setiap sekolah memperoleh rak buku dan papan tulis sama banyak. Banyak sekolah yang memperoleh bantuan ada....

53. Kakak mempunyai uang sebanyak Rp80.000,00. 3/5 uang itu dibelikan buku dan sisanya ditabung. Berapakah banyak uang yang ditabung?

54. Paman pergi ke kota mengendarai sepeda motor. Ia berangkat dari rumah pukul 12.45 dan sampai di kota pukul 13.05. Jika ia melaju dengan kecepatan rata-rata 48 km/jam, jarak dari rumah paman ke kota adalah ... km.

55. Ani membawa kado ulang tahun untuk Winda. Kado tersebut berbentuk kubus. Panjang rusuk kado tersebut adalah 22 cm. Hitunglah volume kado tersebut.


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


UNTUK CONTOH JAWABAN / PEMBAHASAN SOAL URAIAN (DISINI)


Baca Juga
Latihan Online Soal US dan USBN Matematika SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Online Soal US dan USBN IPA SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Online Soal US dan USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN IPA SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN IPS SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN Matematika SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN PPKn SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN PAI SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN Penjaske SD/MI Tahun 2020 (disini)
Latihan Soal US dan USBN SBK SD/MI Tahun 2020 (disini)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020). Terima Kasih Semoga bermanfaat. Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020), Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2021 (Tahun Pelajaran 2020/2021), Soal USBN Matematika SD MI Tahun 2022 (Tahun Pelajaran 2021/2022)
=========================================




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 5:56:00 PM

45 komentar:

  1. Izin Print Pak..... Thank you very much Mr

    ReplyDelete
  2. situs ini memang membantu dengan situs ini kita bisa belajar untuk un tanpa buku karena hidup harus moderen setuju?

    ReplyDelete
  3. Nomor15 sama 40 gak ada jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaaa kamu kurang teliti

      15)720

      40)3x2x1,2 = 7,2 x 2/3 =4,8 jika dibulatkan jadi 5

      Delete
    2. Benar ding no 15 adalah 720, maap...thanks

      Delete
  4. Terima kasih pak, Latihan Soal USBN Matematika SD tahun 2018 ini sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh minta kunci Jawaban Latihan Soal USBN Matematika SD tahun 2018 ini Pak, kirim saja via email ke gagasvabaliotresna@yahoo.com.

    ReplyDelete
  6. maaf pak, saya buat latihan anak2 disekolah g bisa dicopy ke flasdisk ya?

    ReplyDelete
  7. wahh ternyata bisa buat latihan anak saya bisa di download gak nih ???

    ReplyDelete
  8. mohon maaf..izin bertanya..cara membuat latihan soal di blogspot seperti ini bagaimana ya??

    ReplyDelete
  9. Mantul maksih ya ainamulya sudah bikin soal try out

    ReplyDelete
  10. Pembahasan Caranya kok nggak ada

    ReplyDelete
  11. nomor 2. klo mangga busuk nya masih di keranjang ga dibuang ? kan jadi 85 kok jadi 77 kan bukan teka teki
    nomor 41 60m3 kan sama 60.000 liter dibagi 250 = 240 kok salah ?
    nomor 42 4,2m + 4,4m = 8,6 meter atau 860 cm dan 67.000 mm = 6700 cm .. gak cukup kawatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. No.41 60m3=6000 l:250=24 [B]
      No.42 42m=4200cm+ 44m=4400cm=8600-6700=1900[C]

      Delete
    2. Kan dibilang mangga yang tidak busuk dikasih ke .......

      Delete
  12. TErima kasih pak ,, sangat membantu sekali dan sangat bermamfaat

    ReplyDelete
  13. Kalau boleh saya minta kunci jwbnnya y pak...tolong kirim ke nayara.spt19@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Terima kasih, bisa jadi referensi soal...

    ReplyDelete
  15. Arigato, membantu banget buat hadapi UN.

    ReplyDelete
  16. Maaf cara mengerjakan soal nomor 9 gimana ya ?

    ReplyDelete
  17. Boleh minta kunci jawaban dan pembahasan soal ini

    ReplyDelete
  18. no.9 bukannya harus nya jwb nya 1.050.000 tapi disana tidak ada jwb nya. atau saya yg salah.mohon bantuan jwban yg tepatnya pak

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. Kamu kurang teliti untuk membaca soalnya, padahal soalnya bilang jumlah lampu _Kuning_

      Delete
  20. Semoga kelas 6 lulus dengan nilai bagus

    ReplyDelete
  21. Izin print ya pak buat belajar

    ReplyDelete
  22. Izin print ya pak buat belajar

    ReplyDelete
  23. izin print ya buat belajar dirumah

    ReplyDelete
  24. Tolong pembahasannya untuk Pilihan Berganda. Terima Kasih.

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

------------------------------------------

Popular Posts

------------------------------------------

CB