CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH |
Kepala sekolah juga harus
mengikuti Kepala Sekolah (Guru) Pembelajar atau Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Sebelum mengikuti Kegiatan PKB Kepala
Sekolah di haruskan mengikuti Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Berikut ini Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
Berikut Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban!
1. Syarat perumusan visi, kecuali ………..
A. Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
B. Visi dapat memberikan arahan, mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang baik.
C. Visi dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan
D. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;
2. Rumusan Visi yang baik mempunyai kriteria (ciri-ciri)
A. Rumusannya singkat, padat dan mudah diingat;
B. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;
C. Rumusan Visi Satuan Organisasi merupakan kesepakatan
D. Rumusan visi mendapat dukungan dan komitmen seluruh anggota organisasi
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….
A. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi
B Merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi
C Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan supervisi
D Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut
4. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….
A. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru
B. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru
C. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru
D. Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru
5. Kepala sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ….
A. perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
B. perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
C. perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
D. perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
6. Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ….
A. supervisi akademik
B. supervisi klinis
C. supervisi pengajaran
D. supervisi praktek mengajar
7. Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ….
A. menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
B. memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
C. mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
D. mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar
8. Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ….
A. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
B. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
C. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
D. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
9. Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ….
A. kerjasama fungsional dan kerja sama peran
B. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
C. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
D. pengambilan keputusan yang aman
10. Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ….
A. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
B. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
C. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
D. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
11. Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ….
A. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
B. sistematis, percaya diri, tegas
C. agresif, kompetitif, egoistis
D. dinamis, inovatif, cerdas
12. Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ….
A. memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
B. peningkatan kualitas kehidupan beragama
C. memiliki target mutu yang tinggi
D. melakukan rapat evaluasi
13. Agar orang tua dan guru saling mengenal merupakan ….
A. salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
B. tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orang tua murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
C. cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
D. teknik dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
14. Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….
A. pembentukan karakter anak didik
B. mencari nilai tambah bagi masyarakat
C. menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat
D. mencari bantuan sekolah dari masyarakat
15. Berikut adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ….
A. mengoptimalkan usia pakai peralatan
B. pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
C. menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
D. menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
16. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
17. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktek produksi secara langsung bagi siswa
C. wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
18. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ….
A. memilih lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan rencana organisasi
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini
19. Administrasi keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ….
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
20. Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali ....
A. melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
B. memberikan reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
21. Penerapan prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
22. Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ….
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
B. membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari orang tua siswa
23. Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia adalah ....
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. pemeliharaan sarana dan prasarana
24. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkutpaut dengan masalah ….
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
25. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ….
A. iklim kerja yang kondusif dan profesional
B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C. profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
26. Sebuah SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ….
A. jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
27. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah memiliki makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
28. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....
A. satu,
B. dua
C. tiga
D. empat
29. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
A. Komitmen sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
30. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu ....
A. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan
C. menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. mengenali alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
31. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
32. Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ….
A. komputer
B. televisi
C. telepon
D. mikroskop
33. Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A. Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B. Visi harus memiliki keunikan
C. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
34. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi tidak ditafsirkan secara berbeda
B. tujuan dapat dicapai dengan mudah
C. misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
D. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
35. Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
A. mampu mencapai standar internasional
B. mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
36. Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan program sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
37. Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
A. cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
C. siswa sukses dalam bidang akademik
D. status sekolah mencapai taraf internasional
38. Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
A. Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
C. Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
D. Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
39. Visi adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
A. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
B. Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
C. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
D. Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
40. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ...
A. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
C. Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D. Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
41. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
A. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
B. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
C. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
42. Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukan.....
A. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
B. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,
D. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
43. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah .....
A. Satu nilai untuk satu mata pelajaran
B. Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
D. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
44. Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B. Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
C. Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah,
D. Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
45. Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
C. Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
D. Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
46. Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
A. Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B. Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
C. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
47. Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
A. Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
B. Segera mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
C. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
D. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
48. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsure pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
A. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
B. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
C. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
D. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
49. Dari hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......
A. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
C. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
D. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
50. Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
A. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
B. Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
51. SMPN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
A. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
B. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
C. Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
D. Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
52. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
A. RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C. RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
53. Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah
A. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/ Kota,
B. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
C. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
D. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
54. Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
B. Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
C. Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
D. Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
55. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
A. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervise harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
C. Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
D. Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
56. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
B. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
57. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
A. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
B. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
58. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
A. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
B. mampu beradaptasi dengan perkantoran.
C. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
59. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A. rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
B. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
C. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
60. Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
A. mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
B. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
C. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
D. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
61. Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak merasa betah di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
A. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B. Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
C. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
D. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
62. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
A. biar saja, asal tidak mengganggu.
B. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
D. mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
63. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
A. merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B. selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahiprosedur.
C. melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah,dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
D. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
64. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah.......
A. Pribadi
B. Sosial
C. Manajerial
D. Akademis
65. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Sektoral
66. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Moral
67. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. kewirausahaan
68. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Produktivitas
C. Manajerial
D. Kewirausahaan
69. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A. lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
B. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
C. sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D. prosedur kegiatan pembelajaran
70. Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A. Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B. berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
C. menguasai bidang yang diajarkan
D. memahami beberapa teori belajar
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
71. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
72. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa
C. wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
73. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ....
A. memilih lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan rencana organisasi
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini
74. Administrasi keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ....
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
75. Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali
A. melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
B. memberikan reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
76. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
77. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A. semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
B. meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
C. berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
D. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar
78. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh ........
A. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B. Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C. Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
79. SWOT ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C. Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
D. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
80. Analisis SWOT bertujuan untuk.........
A. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
C. Menghindari kelemahan dan ancaman agar sasaran dapat dicapai
D. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
81. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A. untuk menemukan teori yang baru
B. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. untuk melakukan eksperimen
D. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
82. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
B. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
83. Judul yang benar dari PTK ialah.......
A. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
B.Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C. Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
D. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
84. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?” Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
A. hepotesis tindakan
B. tujuan penelitian
C. rumusan masalah
D. judul penelitian
85. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:
A. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan
C. Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
86. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
87. Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....
A. Computer
B. Televisi
C. Telepon
D. Mikroskop
88. Sebuah SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ....
A. jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
89. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah memiliki makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
90. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
A. Satu,
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
91. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
A. Komitmen sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
92. Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
A. antivir
B. acrobat reader
C. yahoo/google
D. photoshop
93. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
A. program wajib belajar 9 tahun
B. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
C. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
D. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
94. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
A. folder
B. mail list
C. yahoo massanger
D. attachment
95. Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
A. penyimpanan data
B. pembukuan
C. presentasi
D. entri data
96. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
97. Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS / pemerintah
B. membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari orang tua siswa
98. Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia:
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. . pemeliharaan sarana dan prasarana
99. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
100. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....
A. iklim kerja yang kondusif dan professional
B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C..profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
Berikut bentuk Soal lain terkait Contoh Soal Pre Tes PKB (Pengembangan Keprofesian Berkejanjutan) Kepala Sekolah.
1
|
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran
kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan
tersebut
adalah ... |
a.
|
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual, |
b.
|
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
|
c.
|
Sekolah
mengadakan IHT ( In House Traning ) tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti
pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan
efisiensinya, |
d.
|
Meningkatkan
kegiatan KKG sekolah untuk semua mata pelajaran.
|
e.
|
Mewajibkan
setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP
|
2.
|
Agar
penerimaan siswa baru pada SDN 2 KAOTAN berjalan lancar dan terkendali,
seharusnya sekolah tersebut ...
|
a.
|
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk
pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di
laksanakan, |
b.
|
Menyusun
dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB dilaksanakan
|
c.
|
Mensosialisasikan
kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau mediaelektronika,
sebelum PSB di laksanakan
|
d.
|
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yangmerujuk
pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
|
e.
|
Menyusun
dan merencanakan dan mengedarkan melalui media
|
3.
|
Pada
saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa
lulus UjianNasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata
pelajaran ujian sekolah di bawah
kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a.
|
Menetapkan
3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
|
b.
|
Menghimbau
pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkutprestise
sekolah,
|
c.
|
Meluluskan
3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujiansekolah,
|
d.
|
Memerintahkan
guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilaiagar
siswa tersebut lulus sekolah.
|
e.
|
Mengundang
guru tersebut untuk meluluskan siswa
|
4.
|
Kepala
SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan
sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ... |
a.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan
kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
|
b.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan
kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota, |
c.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewanpendidik dan non
akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
|
d.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, DinasPendidikan Kabupaten/
Kota dalam bentuk laporan tertulis.
|
e.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yangberlaku
|
5.
|
Dewan
guru menghendaki pada SDN 2 KAOTAN pada hari sabtu tidak ada kegiatanpembelajaran
tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut
Kepala
Sekolah ..... |
a.
|
Tidak
menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
|
b.
|
Menyetujui
atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta
dilaksanakandengan baik dan akuntabel,
|
c.
|
Menyetujui
tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
|
d.
|
Tidak
menyetujui karena akan merugikan siswa.
|
e.
|
Menyetujui
dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik.
|
6.
|
Pada
kegiatan supervisi oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk
mengamatikhusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala
Sekolah selaku
supervisor ... |
a.
|
Memberikan
pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
|
b.
|
Menyarankan
bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihatsemua
aspek pada kegiatan pembelajaran,
|
c.
|
Menyetujui
permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga
dilihatsesuai aspek yang ada pada instrumen,
|
d.
|
Tidak
menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
|
e.
|
Memberi
nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki
|
7.
|
Sekolah
akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat
mengembangkandan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan
minat, serta dapat
mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan olehsekolah adalah ... |
a.
|
Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,sehingga
bakat siswa dapat berkembang secara optimal,
|
b.
|
Membentuk
kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal denganpelayanan
khusus yang telah dirancang,
|
c.
|
Menambah
mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehinggasemua
siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan
khusus,
|
d.
|
Menambah
jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapatdiberikan
secara optimal.
|
e.
|
Menambah
jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan
lokal.
|
8.
|
Untuk
meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusunpedoman operasional
sekolah.
Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ... |
a.
|
RKAS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
|
b.
|
KTSP,
Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata
Tertib
Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah, |
c.
|
RAPBS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
|
d.
|
KTSP,
Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata TertibSekolah,
Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
|
e.
|
RPP,
Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib.
|
9.
|
KTSP
SD NEGERI 2 KAOTAN telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat
Kabupaten.
Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:... |
a.
|
Memerintahkan
wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan
yang ada, |
b.
|
Membentuk
TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehinggadiperoleh
informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP
pada tahun berikutnya,
|
c.
|
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekuranganyang
ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna,
|
d.
|
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dansegera
dibenahi kekurangan yang ada.
|
e.
|
Merencanakan
penyusunan instrumen KTSP sebagai bahan monitoring untuk di evaluasi.
|
10.
|
Pada
ulangan harian pertama kelas IV ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang
belum tuntas.
Guru kelas tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudahmencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolahmelakukan….. |
a.
|
Mengingatkan
kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep
penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel, |
b.
|
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian konsep KTSP
|
c.
|
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan
dalam melakukan penilaian,
|
d.
|
Membiarkan
guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun
belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP |
e.
|
Menasehati
kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru
|
11.
|
Guna
pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada
sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
|
a.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola
pada bidangnya,
|
b.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya
sebagai pengelola pada bidangnya,
|
c.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
|
d.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya
sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
|
e.
|
Menetapkan
wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya
|
12.
|
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan
bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran
pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan...... |
a.
|
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan prosespembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
|
b.
|
Melaksanakan
workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan
pembinaan secara intensif,
|
c.
|
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
|
d.
|
Menugasi
wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut.
|
e.
|
Memberikan
edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007
|
13.
|
Untuk
meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan
akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik
di sekolah tersebut.
Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ... |
a.
|
Segera
memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan
secara lisan kepada seluruh siswa
|
b.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan
kepada seluruh siswa
|
c.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku
kepentingan di
sekolah tersebut. |
d.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak
pemangkukepentingan di sekolah tersebut.
|
e.
|
Segera
membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru
mapel/guru kelas |
14.
|
Bentuk
LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun
2007
adalah ..... |
a.
|
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran
|
b.
|
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
|
c.
|
Satu
nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
|
d.
|
Satu
nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi
kemajuan belajar,
|
e.
|
Satu
nilai untuk semua mata pelajaran
|
15.
|
Kegiatan
pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut
guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal
pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
|
a.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
|
b.
|
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
|
c.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam
tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
|
d.
|
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
|
e.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler.
|
16.
|
Permendiknas
No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan
Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah.
Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
|
a.
|
Menyusunan
program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh
pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
|
b.
|
Menyusun
program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
|
c.
|
Melaksanakan
kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
|
d.
|
Menyusun
jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya
didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
|
e.
|
Menyusun
program kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan.
|
17.
|
Sekolah
akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi
hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
|
a.
|
Setiap
proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber
belajar,
|
b.
|
Menambah
jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
|
c.
|
Diadakan
jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
|
d.
|
Setiap
proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan
budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
|
e.
|
Membentuk
tim dengan bekerjasama dengan guru mapel.
|
18.
|
Visi
SD NEGERI 2 KAOTAN adalah sebagai berikut: " Berprestasi, berbudaya, dan
ber IPTEK, serta dilandasi IMTAQ " dan salah satu misinya adalah
meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang
terkait dengan misi tersebut adalah...
|
a. |
Sebagian
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses |
b.
|
Guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun
2007 tentang Standar Proses
|
c.
|
Semua
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas
No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
|
d.
|
Sebagian
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas
No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
e.
|
Semua
guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No.
41
Tahun 2007 |
19.
|
Dari
hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SDN 2 KAOTAN akan meningkatkan
efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal
tersebut, kepala SDN 2 KAOTAN
melakukan....... |
a.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RKAS
yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
|
b.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan
oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari
institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah, |
c.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan
oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari
institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
d.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan
oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta
disosialisasikan
kepada semua warga sekolah |
e.
|
Membentuk
TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga
sekolah. |
20.
|
SDN
2 KAOTAN ROGOJAMPI akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen,
sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan
dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi
hal
tersebut di atas sekolah melakukan........ |
a.
|
Memerintahkan
wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan
mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
|
b.
|
Menugaskan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan
pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan
pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan
kepada Dinas Pendidikan
Kota, |
c.
|
Membentuk
TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses
melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah, |
d.
|
Memerintahkan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang
efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat
secara optimal.
|
e.
|
Memerintahkan
petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat
|
21. |
Untuk
memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan
lengkap
isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a.
|
Mengadakan
rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua
mata pelajaran,
|
b.
|
Memberikan
surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara
optimal,
|
c.
|
Mengadakan
rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua
mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang
media,
|
d.
|
Mengedarkan
surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga
guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
|
e.
|
Membuat
undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia.
|
22.
|
Kepala
sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki
kompetensi kepribadian, kecuali?
|
a.
|
tanggung
jawab dan komitmen terhadap tugas.
|
b.
|
mampu
beradaptasi dengan perkantoran.
|
c.
|
berkeinginan
antuk terus mengasah keterampilan diri.
|
d.
|
inovatif,
kreatif mengembangkan sekolah.
|
e.
|
educator,
manager, supervisior, leader, inovator.
|
23.
|
Di
awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan
kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang
karena tuntutannya terpenuhi, di tengah
perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah: |
a.
|
rnenghentikan
kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
|
b.
|
tetap
uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan
RAKS.
|
c.
|
pembayaran
uang transport pembayarannya ditunda.
|
d.
|
pinjam
uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
|
e.
|
menaikan
jumlah SPP
|
24.
|
Penempatan
Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
|
a.
|
mengingat
semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan
sendiri agar cepat selesai.
|
b.
|
semua
dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
|
c.
|
saya
memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM
mengikat.
|
d.
|
menyusun
struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama
sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
|
e.
|
menyusun
visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah
|
25.
|
Kepala
Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu,
sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah
tidak bersalah?
|
a.
|
Mempertahankan
tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
|
b.
|
Mengajukan
mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
|
c.
|
Menantang
siapa pun orangnya yang menekan.
|
d.
|
Wartawan
dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas.
|
e.
|
Memohon
pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
|
26.
|
Sebagai
pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan
tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan
tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
|
a.
|
biar
saja, asal tidak mengganggu.
|
b.
|
guru
tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di
sekolah.
|
c.
|
Kepala
Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
|
d.
|
mengabsen
guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
|
e.
|
memanggil
untuk dibina
|
27.
|
Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya
untuk melakukan perubahan...
|
a.
|
merasa
tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
|
b.
|
selalu
menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
|
c.
|
melakukan
keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan
dan pemerintah daerah/pusat.
|
d.
|
memerintahkan
untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
|
28.
|
Pengambilan
keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill,
attitude, style kepemimpinan.......
|
a.
|
Dalam
pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
|
b.
|
Dengan
senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
|
c.
|
Keputusan
didasarkan pada aturan saja.
|
d.
|
Memiliki
sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
|
e.
|
Sebagai
pemimpin memiliki kompetensi yang profesional.
|
29.
|
Seorang
guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan
mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
|
a.
|
Perilaku
guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu
ditantang.
|
b.
|
Guru
tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
|
c.
|
Biar
saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan
agar mengerti,
|
d.
|
Tidak
perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
|
e.
|
Guru
tersebut tidak memiliki etika birokrasi
|
30.
|
Kepala
Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari,
guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab
telepon....
|
a.
|
maaf,
guru tersebut tidak ada.
|
b.
|
sepertinya
guru tersebut tidak hadir.
|
c.
|
guru
tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
|
d.
|
guru
tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan
pesan...
|
e.
|
maaf,
apa yang bisa saya bantu
|
31.
|
Perkelahian
antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan
siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah
adalah........
|
a.
|
Mempersilahkan
masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
|
b.
|
Menghubungi
polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
|
c.
|
Mernbiarkan
segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
|
d.
|
Mernpersilahkan
masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi
siswanya sendiri.
|
e.
|
Diselesaikan
dengan BK
|
32.
|
Sekolah
memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan
kriteria........
|
a. |
Keuntungan
dan kerugian dari kerjasama
|
b.
|
Kemampuan
bekerjasama dengan berbagai pihak.
|
c.
|
Keluwesan
bekerjasama dengan berbagai pihak.
|
d.
|
Santun
dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
|
e.
|
Mengikuti
etika birokrasi yang berlaku
|
33.
|
Untuk
meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan
program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama,
dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
|
a.
|
selaku
pimpinan penentu kesuksesan
|
b.
|
sebagai
top leader terdepan dalam kegiatan
|
c.
|
melibatkan
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
|
d.
|
melibatkan
orang ahli agar juara
|
e.
|
memberikan
motivasi
|
34.
|
Sekolah
keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya,
social dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai
Kepala Sekolah.......
|
a.
|
terlibat
kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
|
b.
|
kegiatan
karang taruna sebagai wadah pemuda desa
|
c.
|
partisipasi
aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
|
d.
|
aktif
dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
|
e.
|
melibatkan
komite sekolah
|
35.
|
Jika
dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak
terprogram maka, kecuali......
|
a.
|
Kepala
Sekolah membuka amal bencana.
|
b.
|
Kepala
Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
|
c.
|
Kepala
Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
|
d.
|
Sumbangan
spontan bantuan bencana.
|
e.
|
Kepala
Sekolah membuat edaran
|
36.
|
Terlibatnya
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan
banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
|
a.
|
Pribadi
|
b.
|
Sosial
|
c.
|
Manajerial
|
d.
|
Akademis
|
e.
|
Profesional
|
37.
|
Partisipasi
aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi
Kepala Sekolah.........
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
Sektoral
|
e.
|
Akademik
|
38.
|
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi
kompetensi…....
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
Moral
|
e.
|
Profesional
|
39.
|
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk
sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....... |
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
kewirausahaan
|
e.
|
Akademis
|
40.
|
Membuka
perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan
jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi
kompetensi…....
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Produktivitas
|
c.
|
Manajerial
|
d.
|
Kewirausahaan
|
e.
|
Sosial
|
Ini
hanya sekedar Contoh Soal Pre Test
(Pretest) Kepala Sekolah Pembelajar, mudah-mudahan bermanfaat.
Tags:
Berita
ngak ada jawabannya mas?