Berita
CARA MEMPEROLEH (MENDAPTKAN) KARTU TOL ATAU KARTU E-TOLL (e-Toll Card) DAN CARA ISI ULANG
CARA MEMPEROLEH KARTU TOL ATAU KARTU E-TOLL |
Apa
Manfaat Memiliki Kartu Tol atau Kartu e-Toll dan Bagaimana cara memproleh (mendapatkan) Kartu Tol atau Kartu
e-Toll?
Kartu Tol atau Kartu
e-toll adalah kartu prabayar pintar dan nirsentuh (contactless smartcard) yang
diterbitkan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2009 dan bekerja sama dengan Operator
Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta
Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta
(JLJ). e-Toll Card digunakan
untuk transaksi pemabayaran tol dan selanjutnya dapat digunakan untuk transaksi
di luar gerbang tol.
Info
Lengkap Tentang Kartu Tol atau Kartu e-Toll
Kartu Tol atau Kartu e-Toll adalah kartu prabayar contactless
smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan Operator Tol.
Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga
Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta
(JLJ).
Dengan
memiliki Kartu Tol atau Kartu e-Toll tentuanya anda tidak akan kerepotan ketika
akan membayar jalan toll yang telah anda lalui, e-Tool Card mulai dipasarkan
untuk umum sejak Januari 2009, Pada awal anda membeli kartu e-Toll masih Rp0;
maka anda harus mengisi dahulu (TopUp) minimal Rp100.000;
Saat
ini Kartu Tol atau Kartu e-Toll dapat digunakan di Pantura yaitu Jalan Tol
Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan dan Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan,
Pejagan-Pemalang, Untuk jalur
selatan Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Pada bulan Oktober 2017 yang akan datang Kartu Tol atau Kartu e-Toll akan dipegunakan pada seluruh ruas jalan toll
Saat
ini pembayaran tol menggunakan Kartu Tol atau Kartu e-Toll, kartu Bank BRI
Brizzi, Mandiri e-money, kartu BNI Tapcash, Kartu BTN Blink dapat digunakan di
Ruas Toll JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas
Tol Jakarta Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), serta akan
menyusul 14 Ruas Tol lainnya yang akan di implementasikan secara
bertahap.
Sementara
Kartu Flazz milik BCA saat ini telah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran
di ruas tol Cikopo-Palimanan.
Manfaat
Kartu Tol atau Kartu e-Toll
•
Kartu
e-Toll sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembayaran tol, kartu
dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo
maksimal Rp.1.000.000; dan saldo minimal Rp.10.000; manfaat Kartu Tol atau Kartu
e-Toll
bagi pemegang kartu antara lain;
•
Sebagai
pengganti uang tunai
•
Transaksi
pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
•
Dapat
digunakan untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa
mechant F&B, dsb)
Bagaimana Cara
Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu
E-Toll
Tempat
Pembelian Kartu Perdana Kartu
Tol atau Kartu e-Toll
1.
Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek (akan diperluas di seluruh kantor cabang)
2.
Outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek (akan diperluas diseluruh Outlet Indomaret
3.
Kantor Gerbang Operator Tol antara lain:
•
Kantor
gerbang Cililitan (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Halim (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Kapuk (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Sunter (CMNP)
•
Kantor
gerbang Serang Timur (MMS)
•
Kantor
gerbang Merak (MMS)
•
Kantor
gerbang Cilegon Timur (MMS)
•
Kantor
gerbang Cilegon Barat (MMS)
•
Ruas
Jalan Toll Yang Meneriama Transakasi kartu e-Toll
Cara Memperoleh Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll |
•
Cawang
- Tomang - Cengkareng, pengelola tol yaitu Jasa Marga.
•
Cawang
- Priok - Pluit, pengelola tol yaitu CMNP.
•
Cikupa
- Anyer pengelola tol yaitu MMS.
•
Jakarta
- Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat (PGB) dan Pondok Gede Timur (PGT),
pengelola tol Jasa Marga.
•
Rorotan
- Veteran (JORR), pengelola tol JLJ.
Masa
Berlaku Kartu Tol atau Kartu e-Toll
Kartu
Tol atau Kartu Tol atau Kartu e-Toll ini tidak ada kadalursanya selagi anda
pergunakan terus dan Tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan
e-Toll Card. namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu
tidak digunakan untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka
Pemegang Kartu akan dikenakan biaya administrasi Rp.10.000; (dapat berubah
sesuai ketentuan yang berlaku) pada saat pengaktifan kembali.
Info tambahan, saat ini Kartu Tol atau Kartu e-Toll sudah dapat digunakan di SPBU tertentu yang telah bekerjasama dan seluruh outlet Indomaret ataupun merchant lainnya yang bertanda mandiri prabayar. Isi ulang e-Toll Card atau mandiri prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).
Tempat
Isi Ulang (TopUp) Saldo Kartu
Tol atau Kartu e-Toll dapat diisi ulang
(top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000,
Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Pemegang Kartu dapat
melakukan isi ulang e-Toll Card di :
•
Seluruh
Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar
Jabodetabek
•
Seluruh
outlet Indomaret
•
Self
Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
•
Kantor
Gerbang Operator Tol yaitu :
•
Kantor
gerbang Cililitan (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Halim (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Kapuk (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
•
Kantor
gerbang Sunter (CMNP)
•
Kantor
gerbang Serang Timur (MMS)
•
Kantor
gerbang Merak (MMS)
•
Kantor
gerbang Cilegon Timur (MMS)
•
Kantor
gerbang Cilegon Barat (MMS)
Khusus
untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, Pemegang Kartu
harus melakukan proses Update Saldo di EDC mandiri prabayar, kecuali di ATM
Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu
(isi kartu langsung bertambah).
Tabel Daftar Lokasi Isi Ulang Kartu Tol atau Kartu
e-Toll
No
|
Lokasi
|
Alamat
|
1.
|
Kantor Pusat Jasa
Marga
|
Plaza Tol Taman Mini
Indonesia Indah Jakarta 13650; Kotak POS 4354, Jakarta 12043
|
2.
|
Cabang Cililitan Jasa
Marga
|
Plaza Tol Cililitan,
Jl. Cililitan Besar, Jakarta 13510
|
3.
|
Gerbang Tol Cengkareng
Jasa Marga
|
Kantor Gerbang Tol
Cengkareng (arah Bandara - Jakarta)
|
4.
|
Gerbang Tol Kapuk Jasa
Marga
|
Kantor Gerbang Tol
Kapuk
|
5.
|
Gerbang Tol Halim Jasa
Marga
|
Kantor Gerbang Tol
Halim
|
6.
|
Lobby Gedung CMNP
Sunter
|
CMNP Building, Jl. Yos
Sudarso Kav 28, Jakarta 14350
|
7.
|
Lobby Kantor MMS
Karawaci
|
Karawaci Office Park
Blok H No. 66-68 Lippo Karawaci - Tangerang
|
8.
|
Lobby Kantor Cabang
MMS Serang
|
Kantor Cabang Tol
Serang
|
9.
|
Ground Floor Kantor
Pusat Bank Mandiri
|
Jl. Jend Gatot Subroto
Kav 36-38, Jakarta Selatan 12190
|
10.
|
Kantor Cabang Bank
Mandiri
|
Jabodetabek
|
11.
|
Merchant Bank Mandiri
|
Indomaret dan SPBU
|
Demi kenyamanan Anda, di sediakan juga sarana isi ulang yang lengkap melalui
mandiri e-banking. Metode isi ulang dilakukan 2 tahap yaitu proses pembayaran
(pendebetan rekening) dan proses pengisian (memindahkan uang Anda ke fisik Kartu Tol atau Kartu
e-Toll)
sebagai berikut :
No
|
Sarana Isi Ulang
|
Lokasi
|
|
Pembayaran
|
Pengisian
|
||
1.
|
EDC
|
Cabang Bank Mandiri,
Operator tol, Indomaret, SPBU
|
|
2.
|
Mandiri Internet
|
Dimana saja
|
Cabang Bank Mandiri,
operator tol, indomaret, SPBU
|
3.
|
Mandiri SMS
|
Dimana saja
|
|
4.
|
Mandiri Call*)
|
Dimana saja
|
|
5.
|
Mandiri ATM*)
|
4.100 ATM
|
Melalui
layanan mandiri SMS:
Isi
ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
SMS
dikirimkan ke nomor 3355
- Anda akan menerima SMS PIN Challenge
dari 3355
- Apabila transaksi berhasil, Anda akan
mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
- Setelah transaksi berhasil, pemegang
kartu wajib melakukan update saldo di kartu mesin EDC kartu prabayar yang
tersedia di Merchant/Cabang
- Pengecekan perkiraan saldo mandiri prabayar, sedangkan untuk mendapat informasi saldo terkini pemegdang kartu dapat melakukan pengecekan saldo di mesin EDC kartu prabayar yang ada di cabang.
Cek Saldo
Untuk
transaksi cek saldo melalui mandiri SMS, Anda tidak perlu
menjadi nasabah Bank Mandiri atau tidak perlu menjadi user mandiri e-Banking.
Untuk
transaksi isi ulang (top up):
Anda
harus memiliki rekening tabungan/giro Mandiri.
Anda harus terdaftar sebagai user mandiri sms dengan kode layanan SMS01.
Anda harus terdaftar sebagai user mandiri sms dengan kode layanan SMS01.
Untuk
cek saldo di mesin EDC, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Pilih menu "Prepaid"
- Pilih menu "Update Saldo"
- Letakan kartu Mandiri Prabayar di
"mesin reader/dongle" dan secara otomatis sistem akan melakukan
penambahan saldo di kartu mandiri prabayar
Saat
ini cek saldo e-Toll Card sudah dapat dilakukan di lokasi-lokasi berikut:
- Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di
Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
- Self Service
Terminal (SST)
mandiri prabayar isi ulang
- Seluruh outlet Indomaret
- Outlet Alfamidi/Alfaexpress di wilayah
Jabodetabek
- SPBU Pertamina tertentu yang telah
bekerja sama
- Kantor operator tol tertentu
Lalu bagaimana jika Kartu Tol atau Kartu e-Toll hilang atau rusak sehingga tidak dapat digunakan? Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.
Jika
tidak dapat digunakan untuk membayar, Petugas tol melakukan pengecekan di EDC
yang tersedia di kantor gerbang. Apabila kartu memang tidak dapat dibaca
oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi
cabang Bank Mandiri terdekat.
Apabila e-Toll Card hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir
kartu ?
Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank
tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card
terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat
dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.
Bagaimana
jika saya melakukan isi ulang (top up) melalui mandiri
internet dan mandiri sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo
e-Toll Card tidak bertambah? Pemegang Kartu dapat menghubungi cabang terdekat
dan/atau menghubungi langsung mandiri call14000 atau 021-52997777 untuk
menyampaikan keluhannya.
Keluhan
pemegang kartu harus disertai dengan bukti histori tansaksi e-Toll Card.
Apa yang harus dilakukan apabila pengendara mengalami pendebetan
lebih dari satu kali di gerbang tol?
Apabila Pemegang Kartu melakukan komplain di gerbang tol, maka
petugas tol melakukan pencetakan histori transaksi, dengan melihat data tanggal
dan jam transaksi, apabila terdapat pendebetan dalam waktu tidak lama, maka
petugas dapat melakukan penggantian untuk kelebihan pendebetan tersebut
berdasarkan petty cash yang tersedia.
Petugas
tol kemudian mencatat keluhan ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Kantor
Cabang Operator Tol.
Apa yang harus dilakukan apabila kartu tidak dapat digunakan dan
pelanggan komplain di gerbang tol?
Petugas tol melakukan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor
gerbang. Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka
petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri
terdekat.
Apabila ada keluhan,
informasi, saran atau pengalaman, dapat disampaikan ke Call Center Bank Mandiri
di 14000 atau 021-52997777. Layanan ini merupakan
layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Sebelum mengisi, mohon
perhatikan hal-hal berikut:
- Setiap formulir yang dikirim
akan diberikan nomor Ticket ID, yang akan tampil setelah Anda menekan
tombol "Submit"
- Sesuai Peraturan Bank Indonesia
Nomor 7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah, setiap
pengaduan mohon dilengkapi dengan Foto Copy Identitas, silakan menggunakan
fasilitas attachment pada form dibawah atau kirimkan melalui fax di
+62-21-5299-7711 dan cantumkan nomor Ticket ID Anda
- Untuk mengetahui status keluhan
Anda, silakan mengirimkan e-mail kembali atau menghubungi Mandiri Call
melalui nomor 14000 atau +62-21-52997777 dengan menyebutkan nomor Ticket
ID Anda
- Jangan pernah menulis USER ID
dan PIN pada saat menyampaikan informasi, saran atau keluhan, Bank Mandiri
tidak akan pernah menanyakan USER ID dan PIN dalam kondisi apapun
- Untuk permasalahan lupa USER ID
& PIN Mandiri Internet mohon mencantumkan nomor rekening dan cabang
penerbit pada kolom "isi masalah", di
sini untuk penjelasan penanganan lupa USER ID &
PIN Mandiri Internet.
Demikian info copas tentang Cara
Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll Dan Cara Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu
E-Toll, semoga ada manfaatnya
==================================