JADWAL PERTANYAAN DAN PANDUAN BDR TVRI MINGGU KENEMBELAS TANGGAL 28 JULI 2020, 29 JULI 2020, 30 JULI 2020

  Jadwal dan Panduan Belajar Di Rumah (BDR) Melalui TVRI Minggu Kenembelas Tanggal 28 29 30 Juli 2020 (SD/MI SMP/MTS SMA/MASMK)

Jadwal Pertanyaan dan Panduan Belajar Di Rumah (BDR) Melalui TVRI Minggu Kenembelas Tanggal 28 29 30 Juli 2020 (SD/MI SMP/MTS SMA/MASMK). Berdasarkan Jadwal, Pertanyaan Dan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020, berikut ini panduan untuk tingkat TK/ PAUD, yang meliputi panduan sebelum tayangan, panduan saat tayangan, dan panduan sesudah tayangan.

Sebelum tayangan
Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua dapat melakukan hal ini: Mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks.Menjelaskan sekilas tentang tayangan mengenai apa yang akan ditonton dan tokoh-tokoh inti nya. Menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.

Saat tayangan
Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut:
·          Gerak dan Lagu Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama.
·          Berdialog dengan AnakKembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama.
·          Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.

Sesudah tayangan
Orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut:
·          Membacakan Buku Cerita ke Anak. Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.
·          Menggambar. Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas.
·          Dokumentasikan gambar tersebut.
·          Membuat Kolase atau Mozaik. Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.
·          Berkebun. Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll.

Berdasarkan Jadwal, Pertanyaan aan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020 untuk TK/PAUD SD Kelas 1 - 3, SD Kelas 4 - 6 dan SMP SMA berikut ini panduan untuk tingkat SD/MI Kelas 1 – 3 yang meliputi Panduan membantu siswa meningkatan Kompetensi Literasi dan meliputi Panduan membantu siswa meningkatan Kompetensi Numerik.

Panduan meningkatankan Kompetensi Literasi Siswa Kelas 1 -3 SD/MI. Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya

Panduan meningkatankan Kompetensi Numerasi Siswa Kelas 1 -3 SD/MI. Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut

Berdasarkan Jadwal, Pertanyaan aan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020 untuk TK/PAUD SD Kelas 1 - 3, SD Kelas 4 - 6 dan SMP SMA berikut ini panduan untuk tingkat SD/MI Kelas 4 – 6 yang meliputi Panduan membantu siswa meningkatan Kompetensi Literasi dan meliputi Panduan membantu siswa meningkatan Kompetensi Numerik.

Kompetensi Literasi untuk Siswa Kelas 4 -6 SD/MI, Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi untuk Siswa Kelas 4 -6 SD/MI
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
4. Mintalah anak  membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Berdasarkan Jadwal, Pertanyaan aan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020 untuk TK/PAUD SD Kelas 1 - 3, SD Kelas 4 - 6 dan SMP SMA berikut ini panduan untuk tingkat SMP/MTS yang meliputi panduan untuk orang tua siswa SMP/MTS dan panduan untuk orang tua siswa itu sendiri.

Panduan untuk Orang Tua siswa SMP
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anakmenyimak tayangan dengan baik.
2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikantayangan program dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
3. Pandulah anak mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Berikanlah semangat dan bantuan kepada anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program.
5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan inspirasi dari kehidupan yang dapat menguatkan karakter anak.


Panduan untuk Siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangandengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat.
2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan.
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.
4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar.
5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.
6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta gunakan memperhatikan norma kesopanan


Berikut ini naskah lengkap Jadwal, Pertanyaan aan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020 untuk TK/PAUD SD Kelas 1 - 3, SD Kelas 4 - 6 dan SMP SMA.




Link donwload

Demikian informasi tentang Jadwal, Pertanyaan aan Panduan BDR TVRI Tanggal 28 Juli 2020, 29 Juli 2020, 30 Juli 2020 untuk TK/PAUD SD Kelas 1 - 3, SD Kelas 4 - 6 dan SMP SMA. Sempga ada manfaatnya, terima kasih



= Baca Juga =



1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts

AinaMulyana


































StatistiksFree site counter


































StatistiksFree site counter