Bagaimana Cara Daftar atau Registrasi Program Bantuan Pemerintah Kuliah S1 Tahun 2020 dari Kemendikbud ? Berdasarkan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal
8 yang berbunyi "Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi,
sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk
mewujudkan tujuan pendidikan nasional". Kemudian di pasal 9 menambahkan,
"Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui
pendidikan tinggi program sarjana (S1) atau program diploma empat (D4)"
sehingga dengan peraturan tersebut Pemerintah dibawah naungan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui program Bantuan Pemerintah
(Banpem) S1, menjaring para guru yang belum memiliki kualifikasi pendidikan S1,
dan diharapkan dengan Program Banpem S1 dapat menyetarakan kualitas pendidikan
yang ada di seluruh pelosok Negeri.
Pada program Bantuan Pemerintah atau Banpem S1 ini terdapat beberapa
fase yang harus dilalui oleh Guru yang ingin mengikuti Program Banpem S1.
Tahapan atau fase yang harus dilalui guru agar dapat memperoleh Bantuan Pemerintah atau Banpem Kuliah S1 dari Kemendikbud
adalah sebagai berikut
·
Fase 1 adalah fase bagi
Guru / Kandidat untuk proses melengkapi data diri dan berkas yang menjadi
persyaratan
·
Fase 2 merupakan tahap
penetapan Kandidat yang lolos program Banpem S1
·
Fase 3 merupakan tahap
penerimaan berkas dari Panitia Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) beserta informasi perihal status penerimaan bantuan
Berikut ini Cara Daftar atau Registrasi Program Bantuan Pemerintah Kuliah S1 Tahun 2020 dari Kemendikbud, silahkan dibaca secara terliti panduan tahap demi tahap berikut ini.
1. Panduan Kandidat Menjawab
Kuesioner
·
Berikut ini merupakan
langkah-langkah menjawab kuesioner untuk mengikuti Program Banpem S1 :
·
Silakan akses ke
https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih modul Studi Lanjut Guru -
Bantuan Pemerintah
·
Lakukan pengisian surel
dan password, kemudian klik MASUK.
Surel adalah akun SIMPKB berupa No.UKG@guruku.id contoh :
8000014xxx@guruku.id, atau menggunakan surel alternatif yang telah didaftarkan
di SIMPKB.
·
Atau jika Anda sudah
login ke laman dashboard SIMPKB sebagai PTK, Anda akan mendapatkan notifikasi
berisi kesempatan untuk mengikuti Bantuan Pemerintah S1, silakan klik tombol
SELENGKAPNYA
·
Selanjutnya akan muncul
konfirmasi Program Bantuan Pemerintah S1. Silakan klik pada tombol Saya Paham
untuk melanjutkan dan mulai menjawab kuesioner.
·
Silakan mulai menjawab
kuesioner yang tersedia dengan melakukan klik pada pilihan jawaban Anda.
·
Lanjutkan menjawab
kuesioner hingga seluruh pertanyaan terjawab dan muncul konfirmasi kesediaan
untuk mengikuti proses pengajuan Banpem S1 dan klik tombol Saya Berminat.
·
Setelah selesai maka
Anda akan diarahkan menuju laman Beranda untuk melanjutkan ke tahap
selanjutnya.
2. Panduan Melengkapi Identitas Diri
·
Berikut ini merupakan
langkah-langkah untuk melengkapi data identitas diri sebagai persyaratan untuk
mengajukan Banpem S1 :
·
Pilih/klik modul menu
Informasi Diri pada laman Beranda
·
Berikut adalah informasi
data-data apa saja yang wajib Anda lengkapi beserta status kelengkapannya.
·
Gulirkan ke bagian bawah
laman untuk melengkapi data. Pilih salah satu jenisnya kemudian klik ikon panah
bawah (V) pada bagian kanan.
·
Jika pada data SIMPKB
ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi data diri Anda melalui
"Profilku" pada SIMPKB.
·
Jika pada data DAPODIK
ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi/update data diri Anda di
DAPODIK
·
Selanjutnya silakan klik
tombol Ubah/Lengkapi untuk mulai mengisi/memperbaiki data.
·
Silakan Anda lengkapi
data-data yang tertera pada formulir pengisian data dan pastikan data yang Anda
isikan sesuai dengan berkas yang Anda unggah (KTP/NPWP). Jika sudah silakan
klik tombol SIMPAN pada bagian bawah formulir.
·
Pastikan
Status/Pemenuhan pada informasi kelengkapan data sudah berubah menjadi warna
hijau/sudah lengkap semua.
3. Panduan Unggah Berkas Persyaratan
Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melengkapi/mengunggah berkas
yang menjadi persyaratan untuk pengajuan Banpem S1 :
·
Pada laman Beranda
silakan pilih/klik modul menu Berkas Pendukung
·
Pada laman Berkas
Pendukung akan muncul informasi status kelengkapan berkas persyaratan. Jika
masih ada yang belum lengkap silakan untuk dapat dilengkapi.
·
Pada bagian Data Diri
silakan klik tombol UBAH/LENGKAPI
·
Selanjutnya klik pada
area kolom yang disediakan seperti pada gambar dibawah ini.
·
Pilih berkas / file
pakta integritas dalam bentuk PDF yang ingin Anda unggah dari penyimpanan
pribadi Anda.
·
Jika sudah silakan klik
tombol SIMPAN
·
Selanjutnya Anda akan
diarahkan kembali laman Berkas Pendukung dan akan muncul notifikasi bahwa
berkas yang Anda unggah telah berhasil disimpan, serta status kelengkapan
dokumen persyaratan telah berubah. Proses unggah berkas telah selesai.
3. Cek Data dan Ajuan Pendaftaran
Pada tahap ini Anda dapat melakukan pengecekan kelengkapan prasyarat
pengajuan pendaftaran Program Bantuan Pemerintah S1. Berikut hal-hal yang perlu
diperhatikan :
·
Pastikan seluruh data
yang menjadi prasyarat telah terpenuhi / warna ikon berubah menjadi hijau.
·
Jika pada data SIMPKB
ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi data diri Anda melalui
"Profilku" pada SIMPKB.
·
Jika pada data DAPODIK
ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi/update data diri Anda di
DAPODIK
·
Jika seluruh data yang
menjadi prasyarat telah terpenuhi, selanjutnya silakan klik tombol Ajukan
·
Konfirmasi pengajuan
mengikuti Program Bantuan Pemerintah S1 dengan klik "Ya"
·
Proses pengajuan
mengikuti Program Bantuan Pemerintah S1 telah selesai.
Demikian informasi tentang Cara Daftar atau Registrasi Program Bantuan
Pemerintah Kuliah S1 Tahun 2020 dari Kemendikbud. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Apakah program bantuan tersebut berlaku untuk yang sedang menjalankan program S1