CARA CEK DAFTAR NAMA SISWA PENERIMA PIP SD SMP SMA SMK TAHUN 2020/2021

  Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021

Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 saat ini sangat mudah. Namun sebelum admin membagikan link cek penerima PIP 2020/2020 berikut ini sedikit penjelasan tentang Bantuan Dana PIP (Program Indonesia Pintar). PIP atau Program Indonesia Pintar adalah bantuan dana yang bertujuan untuk mendapatkan layanan pendidikan. Saat ini terdapat dua jenis PIP Kemendikbud yakni PIP Dikdasmen dan PIP Pendidikan Tinggi.

Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah atau disebut PIP Dikdasmen adalah Program Indonesia Pintar yang diperuntukkan bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat satuan pendidikan dasar dan menengah. Sedangkan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi atau disebut PIP Pendidikan Tinggi adalah Program Indonesia Pintar yang diperuntukkan bagi Mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi.

Biasa penerima PIP memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau KIP Kuliah. Kartu Indonesia Pintar atau disingkat KIP adalah kartu yang diberikan kepada Peserta Didik pada satuan pendidikan formal atau nonformal sebagai penanda atau identitas untuk mendapatkan Program
Indonesia Pintar. Sedangkan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau Program KIP Kuliah adalah Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi yang diberikan kepada Mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Bagaimana Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 ? Penerima PIP Dikdasmen ditetapkan melalui surat keputusan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Puslapdik. Penetapan Penerima PIP Dikdasmen dilakukan berdasarkan data Peserta Didik hasil pemadanan terkini antara Dapodik dan DTKS; dan/atau data Peserta Didik hasil pengolahan data usulan dari dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota; dan/atau Pemangku Kepentingan. Khusus untuk Peserta Didik kelas akhir yang masih aktif di satuan pendidikan sebagai penerima PIP Dikdasmen yang memiliki KIP pada tahun anggaran sebelumnya, dapat ditetapkan sebagai penerima PIP Dikdasmen.


  Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 dan 2021/2022

Tanpa melakukan Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 sebenarnya Puslapdik akan menyampaikan Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 melalui surat keputusan penerima PIP Dikdasmen kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan/atau satuan pendidikan. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan/atau satuan pendidikan menyampaikan surat keputusan penerima PIP Dikdasmen kepada Peserta Didik penerima PIP Dikdasmen. Surat Keputusan dan data penerima PIP Dikdasmen dapat diakses di SIPINTAR.

Namun bagi yang penasaran ingin melakukan Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021, cara dapat dilakukan dengan mengakses laman PIP KEMDIKBUD. Sebelum melakukannya siapkan dulu NISN kamu, Nama Ibu kandung dan Tanggal Lahir. Lengkapnya berikut langkah-langkah Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021.


Kedua NISN pada kolom yang tersedia (Ingat ya NISN kamu harus valid)

Ketiga Nama Ibu Kandung (ingat juga ya Nama Ibu Kandung harus valid atau sesuai dengan nama ibu kandung kamu yang diinput di dapodik oleh sekolah)

Keempat Cek Data dan silahkan lihat hasilnya.

Demikian informasi tentang Cara Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


= Baca Juga =



12 comments:

  1. Anak saya masih dapat kis gak y

    ReplyDelete
  2. Kapan kis keluar lagi di bulan ini ya tungakan masih bangyak pula di man 1 kebumen

    ReplyDelete
  3. nurmaliati60@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Ank saya gk dapet pip kjp
    Padahal pb ny nganggur kna phk .
    Muda mudahan bs dibantu

    ReplyDelete
  5. Anak saya belum dapat,mohon dibantu pak

    ReplyDelete
  6. Mohon bantuan pip buat anak saya

    ReplyDelete
  7. Yogi Gusti pratama Jambi Sarolangun pak

    ReplyDelete
  8. kalau yang pernah dapat tabungan simpel apa dapat yaa..maaf tanya ..

    ReplyDelete
  9. Ank sya 3 nya gak pernah dpt padahal bpk nikah lgi dn tidak tanggung jwb

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem