Juknis Pencairan
(Penyaluran) Program Indonesia Pintar (PIP) SD SMP SMA SMK Tahun
2020/2021 diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal (Persekjen)
Kemdikbud Nomor 8 Tahun
2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP). Terdapat 2 lampiran Persekjen Kemdikbud Nomor 8 Tahun
2020, yakni lampiran 1 tentang Juknis
Pencairan (Penyaluran) Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020/2021 untuk SD SMP SMA
SMK (dikdasmen) serta Lampiran 2 tentang Juknis Pencairan (Penyaluran) Program Indonesia Pintar
(PIP) Tahun 2020/2021 untuk Perguruan Tinggi.
Berdasarkan Lampiran 1 Persekjen Kemdikbud Nomor 8 Tahun
2020, Juknis Pencairan
(Penyaluran) Program Indonesia Pintar (PIP) SD SMP SMA SMK Tahun
2020/2021 diatur secara rinci sebagai berikut.
A. Penyaluran Dana PIP Dikdasmen
1. Dana PIP Dikdasmen disalurkan langsung kepada Peserta Didik
melalui rekening SimPel di bank penyalur.
2. Penyaluran dana PIP Dikdasmen sebagaimana dimaksud angka
1 dilakukan melalui mekanisme sebagai berikut:
a. Puslapdik melakukan perjanjian kerja sama dengan bank
penyalur;
b. Puslapdik membuka rekening penyalur untuk keperluan
menyalurkan dana PIP Dikdasmen sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan;
c. Puslapdik menyampaikan surat keputusan penetapan
penerima PIP Dikdasmen kepada bank penyalur untuk dibuatkan rekening SimPel
atas nama Peserta Didik penerima PIP Dikdasmen;
d. Puslapdik menerbitkan Surat Permintaan Pembayaran
(SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) berdasarkan surat keputusan penetapan Peserta
Didik penerima PIP Dikdasmen kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara
(KPPN) untuk menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D);
e. KPPN menyalurkan dana sesuai SP2D ke rekening penyalur
atas nama Puslapdik di bank penyalur;
f. Puslapdik menyampaikan Surat Perintah Penyaluran Dana
(SPPn) kepada bank penyalur untuk menyalurkan/ memindahbukukan dana dari rekening
penyalur ke rekening penerima PIP Dikdasmen;
g. bank penyalur melakukan penyaluran dana ke rekening
SimPel penerima PIP Dikdasmen dengan tepat waktu sesuai dengan perjanjian
kerjasama antara bank penyalur dan Puslapdik;
h. bank penyalur melaporkan perkembangan penyaluran dana PIP
Dikdasmen kepada Puslapdik.
B. Penyampaian Surat Keputusan
Penerima PIP Dikdasmen
Daftar Nama Siswa SD SMP
SMA SMK Penerima Dana PIP tahun 2020/2021 tertuang dalam Surat Keputusan Penerima PIP Dikdasmen. Mekanisme
penyampaian SK tersebut adalah sebagai berikut
1. Puslapdik menyampaikan surat keputusan penerima PIP
Dikdasmen kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan/atau satuan
pendidikan.
2. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan/atau satuan
pendidikan menyampaikan surat keputusan penerima PIP Dikdasmen kepada Peserta
Didik penerima PIP Dikdasmen.
3. Surat Keputusan dan data penerima PIP Dikdasmen dapat
diakses di SIPINTAR.
C. Aktivasi Rekening SimPel PIP
Dikdasmen
1. Sebelum melakukan penarikan dana, Penerima PIP
Dikdasmen harus melakukan aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen.
2. Aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen dilakukan
dengan cara sebagai berikut:
a. aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen langsung oleh
Peserta Didik; atau
b. aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen oleh kuasa
Peserta Didik.
3. Aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen langsung oleh
Peserta Didik dilakukan dengan persyaratan sebagai berikut:
a. Surat Keterangan Aktivasi Rekening SimPel PIP
Dikdasmen.
1) Surat keterangan aktivasi rekening SimPel PIP
Dikdasmen dikeluarkan oleh kepala satuan pendidikan.
2) Dalam hal Peserta Didik telah pindah satuan pendidikan
dalam satu jenjang pendidikan yang sama, maka surat keterangan aktivasi
rekening dapat dikeluarkan oleh kepala satuan pendidikan asal atau satuan
pendidikan yang baru.
3) Dalam hal kepala satuan pendidikan masih berstatus
tidak definitif maka kepala satuan pendidikan tersebut dapat mengeluarkan surat
keterangan aktivasi rekening SimPel.
b. Identitas Pengenal Penerima.
1) Salah satu identitas pengenal untuk penerima PIP
Dikdasmen Peserta Didik SMA, SMALB, SMK, dan Paket C sebagai berikut:
a) KIP;
b) Kartu Pelajar;
c) Kartu Tanda Penduduk (KTP);
d) Kartu Keluarga (KK); atau
e) surat keterangan domisili dari kepala desa/lurah.
2) Identitas pengenal untuk penerima PIP Dikdasmen Peserta
Didik SD, SDLB, Paket A, SMP, SMPLB, dan Paket B sebagai berikut:
a) KTP orang tua/wali; dan
b) KK.
3) Dalam hal orang tua/wali Peserta Didik SD, SDLB, Paket
A, SMP, SMPLB, dan Paket B penerima PIP Dikdasmen belum memiliki atau
kehilangan KTP dan/atau KK, maka identitas pengenal dibuktikan dengan surat keterangan
dari aparat pemerintah setempat sesuai domisili penerima dana.
4) Peserta Didik SD, SDLB, Paket A, SMP, SMPLB, dan Paket
B penerima PIP Dikdasmen didampingi oleh orang tua/wali.
5) Apabila orang tua/wali sebagaimana dimaksud angka 4
tidak dapat mendampingi Peserta Didik pada saat aktivasi, maka dapat dikuasakan
kepada kepala/bendahara/guru satuan pendidikan dengan membawa KTP dan SK
pengangkatan yang masih berlaku.
c. Formulir pembukaan/aktivasi rekening SimPel yang disediakan
oleh bank penyalur.
4. Aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen oleh kuasa
Peserta Didik dilakukan apabila Peserta Didik memenuhi salah satu kondisi
sebagai berikut:
a. penerima PIP Dikdasmen bertempat tinggal di daerah yang
kondisinya sulit untuk mengakses ke bank penyalur, seperti:
1) tidak ada bank penyalur di kecamatan satuan
pendidikan/tempat tinggal Peserta Didik;
2) kondisi geografis yang menyulitkan seperti daerah
kepulauan, pegunungan, atau pedalaman; dan/atau
3) jarak dan waktu tempuh relatif jauh;
b. penerima PIP Dikdasmen bertempat tinggal di daerah yang
kondisi transportasinya sulit, seperti:
1) biaya transportasi relatif besar; dan/atau
2) armada transportasi terbatas;
c. penerima PIP Dikdasmen tidak memungkinkan untuk
mengambil dana/mengaktivasi rekening secara langsung, seperti:
1) sedang sakit yang menyebabkan Peserta Didik tidak dapat
melakukan aktivitas normal;
2) penyandang disabilitas;
3) sedang praktik kerja lapangan;
4) berada di pondok pesantren/asrama/satuan pendidikan
dengan izin keluar yang sangat terbatas; dan/atau
5) sedang mengalami bencana alam/non alam/sosial yang
mengakibatkan aktivitas tidak dapat berjalan dengan normal;
d. penerima PIP Dikdasmen pada SD, SDLB, Paket A, SMP,
SMPLB, dan Paket B yang tidak dapat didampingi oleh orang tua/wali antara lain
karena orang tua/wali berada di daerah/negara lain; dan/atau
e. penerima PIP Dikdasmen diundang dalam acara kunjungan
kerja pemerintah.
5. Aktivasi rekening SimPel PIP Dikdasmen oleh kuasa
Peserta Didik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. surat kuasa Peserta Didik dengan ketentuan sebagai
berikut:
1) surat kuasa Peserta Didik pada satuan pendidikan SD,
SDLB, Paket A, SMP, SMPLB, dan Paket B diberikan dari orang tua/wali Peserta Didik
penerima PIP Dikdasmen kepada kepala/bendahara/guru satuan pendidikan yang
bersangkutan;
2) surat kuasa Peserta Didik pada satuan pendidikan SMA,
SMALB, SMK, dan Paket C diberikan dari Peserta Didik penerima PIP Dikdasmen
kepada kepala/bendahara satuan pendidikan dan dapat diberikan hak substitusi
kepada guru di satuan pendidikan yang bersangkutan;
3) surat kuasa disertai dengan lampiran identitas Peserta
Didik khusus untuk SMA, SMALB, SMK, dan Paket C seperti KIP, Kartu Pelajar,
KTP, KK; atau surat keterangan domisili dari kepala desa/lurah; dan
4) surat kuasa Peserta Didik dapat diberikan secara individu
atau kolektif;
b. Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) bermaterai cukup
yang ditandatangani kuasa Peserta Didik (format terlampir);
c. surat keterangan aktivasi rekening PIP Dikdasmen dari kepala
satuan pendidikan (format terlampir);
d. fotokopi KTP kuasa Peserta Didik dan menunjukkan
aslinya; dan
e. fotokopi surat pengangkatan jabatan kuasa Peserta Didik
yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya; dan
f. identitas pengenal Peserta Didik bagi Peserta Didik SMA,
SMALB, SMK, dan Paket C sesuai dengan ketentuan huruf D angka 3 huruf b.
6. Setelah Peserta
Didik melakukan aktivasi rekening, bank penyalur wajib memberikan dokumen
sebagai berikut:
a. buku SimPel PIP Dikdasmen atas nama Peserta Didik
penerima bersangkutan; dan
b. kartu debit KIP (KIP ATM) atas nama Peserta Didik
penerima bersangkutan.
7. Buku SimPel dan/atau KIP ATM yang sudah diaktivasi
oleh kuasa Peserta Didik harus segera diberikan kepada Peserta Didik penerima
yang bersangkutan.
8. Dalam hal Peserta Didik penerima PIP Dikdasmen sudah pernah
melakukan aktivasi rekening, maka tidak perlu melakukan aktivasi rekening
kembali pada penarikan dana berikutnya.
D. Aktivasi KIP ATM
1. KIP ATM diberikan kepada penerima PIP Dikdasmen yang berasal
dari keluarga miskin/rentan miskin yang terdata dalam DTKS.
2. Aktivasi KIP ATM dilakukan di unit kerja bank penyalur
yang menerbitkan buku rekening SimPel.
3. Aktivasi KIP ATM dilakukan secara bersamaan dengan aktivasi
rekening SimPel PIP Dikdasmen.
4. Dalam hal aktivasi KIP ATM tidak dapat dilakukan secara
bersamaan, maka bank penyalur memberikan informasi waktu aktivasi KIP ATM
kepada Peserta Didik, orang tua/wali, atau kuasa Peserta Didik.
5. Aktivasi KIP ATM dilakukan dengan persyaratan:
a. identitas pengenal Peserta Didik sesuai dengan
ketentuan huruf D angka 3 huruf b; dan
b. buku rekening SimPel PIP Dikdasmen;
6. Peserta Didik, orang tua/wali, atau kuasa Peserta Didik
menjaga kerahasiaan nomor identifikasi personal KIP ATM.
7. Bank penyalur menyerahkan KIP ATM kepada Peserta Didik
dan/atau orang tua/wali yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada
angka 5.
E. Penarikan Dana PIP Dikdasmen
Bagaimana Cara penarikan atau
pencairan Dana PIP SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021, berikut ini Juknis Pencairan (Penyaluran) Program Indonesia Pintar
(PIP) SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 terkait tata cara penarikan Dana PIP Dikdasmen.
1. Penarikan dana PIP Dikdasmen dapat langsung dilakukan setelah
aktivasi rekening SimPel.
2. Penarikan dana PIP Dikdasmen dapat dilakukan dengan
menggunakan:
a. buku SimPel; dan/atau
b. KIP ATM.
3. Penarikan Dana PIP Dikdasmen dengan menggunakan buku SimPel
dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Penarikan Dana PIP Dikdasmen dengan menggunakan buku
SimPel oleh Peserta Didik langsung dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Penarikan Dana PIP Dikdasmen oleh Peserta Didik
langsung dilakukan dengan pesyaratan sebagai berikut:
a) identitas pengenal Peserta Didik sesuai dengan
ketentuan huruf D angka 3 huruf b; dan
b) buku rekening SimPel PIP Dikdasmen.
2) Dalam hal penarikan Dana PIP Dikdasmen oleh Peserta
Didik SD, SDLB, Paket A, SMP, SMPLB, dan Paket B, secara langsung, maka harus
didampingi oleh orang tua/wali yang dibuktikan dengan KTP orang tua/wali dan
KK.
b. Penarikan Dana PIP Dikdasmen dengan menggunakan buku
SimPel oleh kuasa Peserta Didik dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Penarikan Dana PIP Dikdasmen dilakukan langsung oleh
kuasa Peserta Didik.
2) Penarikan Dana PIP Dikdasmen sebagaimana dimaksud pada
angka 1) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a) surat kuasa Peserta Didik sesuai dengan ketentuan
huruf D angka 5 huruf a;
b) SPTJM bermaterai cukup yang ditandatangani kuasa
Peserta Didik (format terlampir):
c) surat keterangan aktivasi rekening PIP Dikdasmen dari
kepala satuan pendidikan (format terlampir);
d) fotokopi KTP kuasa Peserta Didik dan menunjukkan
aslinya;
e) fotokopi surat pengangkatan jabatan kuasa Peserta
Didik yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya;
f) fotokopi identitas Peserta Didik khusus SMA, SMALB,
SMK, dan Paket C sesuai dengan ketentuan huruf D angka 3 huruf b; dan
g) buku rekening SimPel PIP Dikdasmen.
4. Dalam hal penarikan dana PIP Dikdasmen dilakukan pada waktu
bersamaan dengan pelaksanaan aktivasi buku rekening SimPel, maka persyaratan pada
aktivasi buku rekening SimPel dapat digunakan sekaligus sebagai persyaratan penarikan
dana PIP Dikdasmen.
5. Penarikan Dana PIP Dikdasmen menggunakan KIP ATM dilakukan
dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Penarikan Dana PIP Dikdasmen menggunakan KIP ATM hanya
dapat dilakukan oleh Peserta Didik.
b. Dalam hal penarikan Dana PIP Dikdasmen menggunakan KIP
ATM dilakukan oleh Peserta Didik SD, SDLB, Paket A, SMP, SMPLB, dan Paket B,
maka penarikan harus didampingi oleh orang tua/wali.
Selengkapnya silahkan download dan
baca Peraturan
Sekretaris Jenderal (Persekjen - Persesjen) Kemdikbud Nomor 8 Tahun
2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Juknis - Juklak Program Indonesia
Pintar (PIP) Tahun 2020/2021
Demikian informasi tentang Juknis Pencairan (Penyaluran) dan/atau Penarikan Dana Program Indonesia Pintar
(PIP) SD SMP SMA SMK Tahun 2020/2021 beradasarkan Persekjen - Persesjen
Kemdikbud Nomor 8 Tahun
2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.