Post Popular

DOKUMEN 1 KTSP TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (CONTOH DOKUMEN 1 KTSP ERA PANDEMI COVID-19)

 Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021 atau Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19

Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021). Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.


KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Sedangkan yang dimaksud silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

Sesuai panduan, penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) harus mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Model KTSP ini hanyalah salah satu contoh pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP.

Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021) sebagaimana diketahui saat ini bangsa indonesia sedang menghadapi Pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran pun agak terkendala. Bahkan Kemendikbud telah menerbitkan Kurikulum pada Kondisi Khusus. Pelaksanaan Kurikulum pada Kondisi Khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi Satuan Pendidikan untuk menentukan Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Peserta Didik.
Untuk sekedar contoh Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021 atau Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19, berikut admin berikan link downloadnya. Dokumen ini hasil modifikasi bapak A. Yani (Pengawas SMP Kabupaten Pandeglang).

Link download contoh Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021 atau Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (disini)

Demikian informasi tentang Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



7 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Powered by Blogger.

Online In Blog

Online In Blog