INSTRUMEN DAN PERANGKAT AKREDITASI JENJANG SD MI TAHUN 2022

Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 - 2023


Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 terdapat dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi atau Kepmendikbud Ristek Nomor 209/P/2021 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK).

 

Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 menggunakan IASP 2020 yang telah disempurnakan. Sebagaimana diketahui Pada tahun 2019, BAN-S/M telah menetapkan kebijakan prioritas untuk menyusun Perangkat Akreditasi yang baru, atau disebut Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP-2020). Penyusunan Instrumen Akreditasi baru merupakan sebuah kebutuhan mendesak mengingat dinamika pendidikan telah banyak mengalami perubahan. Di samping itu, perlunya penyusunan instrumen baru ini karena BAN -S/M akan menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari penilaian berbasis administrasi  (compliance)   menuju penilaian berbasis kinerja (perfor mance based)  atau dari  rules to principles . Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong  continous improvement,   yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif. 

 

IASP-2020 dikembangkan dengan menitikberatkan penilaian pada 4 (empat) komponen penilaiann yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah dan mencakup jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB. Pengembangan IASP -2020 yang memakan waktu selama 2 (dua) tahun ini telah dilakukan mengacu pada banyak  hasil penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional terkait sekolah/madrasah  efektif, akreditasi, dan riset-riset terkait penjaminan mutu pendidikan. Dalam penyusunannya, IASP-2020 juga dirancang dengan melibatkan banyak pakar dari berbagai lata rbelakang (termasuk pakar dari luar negeri), praktisi pendidikan, BAN -S/M Provinsi dan asesor yang selama ini konsen dengan program akreditasi sekolah/madrasah.

 

IASP-2020 telah diujicoba selama dua kali, ujicoba pada tahun 2019 dilaksanakan di 4 provinsi yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY dan Sulawesi Selatan, dan Ujicoba yang kedua dilaksanakan di 34 provinsi yang melibatkan 561 sekolah/madrasah sebagai sasaran uji coba pada tanggal 28 September sampai 3 Oktober 2020. 

 

Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 semula berdasarkan Keputusan Menteri ini, maka Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1005/P/2020 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah. Namun saat ini sudah diubah atau disempurnakan dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 109/P/2021 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Instrumen dan Perangkat Akreditasi Jenjang SD MI Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih (ainamulyana.blogspot.com)




= Baca Juga =



No comments

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Silahkan Berikan Saran

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts



































Free site counter


































Free site counter