MATERI KISI-KISI DAN CONTOH SOAL UJIAN DINAS TK I DAN TK II SERTA PEMBAHASANNYA

Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK I dan Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK II.


Pada kesempatan ini admin akan berbagi Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas Dan Pembahasan, Baik Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK 1 maupun Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK 1. Seperti diketahui Ujian Dinas TK I merupakan ujian dinas bagi ASN yang memiliki pangkat pengatur tingkat I (II/D) sekurang-kurangnya 2 Tahun dan Ujian Dinas TK II merupakan ujian dinas bagi ASN yang memiliki pangkat penata tingkat I (III/D) dan menduduki jabatan struktural eselon III.


Jadi Ujian Dinas merupakan syarat bagi PNS yang akan dipertimbangkan kenaikan pangkat ke golongan yang lebih tinggi. Ujian Dinas Tingkat I untuk kenaikan pangkat dari Pengatur Tingkat I (II/d) menjadi ke Penata Muda (III/a) dan Ujian Dinas Tingkat II untuk Penata Tingkat I (III/d) menjadi Pembina (IV/a).


Apa saja ketentuan Ujian Dinas ? Untuk Ujian Dinas Tingkat I harus memenuhi ketentuan memiliki pangkat Pengatur Tingkat I (II/d) minimal 2 tahun, persyaratan ini untuk memberikan kesempatan memenuhi salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat regular pads saatnya nanti (tahun ke 4). Sedangkan Ujian Dinas Tingkat II harus memenuhi ketentuan memiliki pangkat Penata Tingkat I (III/d) dan sudah menduduki jabatan eselon III, hal ini untuk memberikan kesempatan bagi eselon III untuk memenuhi salah satu persyaratan kenaikan pangkat pilihan kejenjang pangkat terendahnya (IV/a).


Adapun Prosedur Ujian Dinas adalah Telah memiliki pangkat Pengatur Tk. I (II/d) minimal 2 tahun untuk peserta Ujian Dinas Tingkat I dan telah memiliki pangkat Penata Tingkat I (III/d) dan sudah menduduki jabatan eselon III untuk peserta Ujian Dinas Tingkat II


Pada umumnya berkas persyaratan untuk mengikuti Ujian Dinas TK I maupun Ujian Dinas TK II adalah: 1) Surat Pengantar dari Dinas Instansi / Satuan Kerja; 2) Biodata Peserta; 3) Fotocopy SK. Pangkat Terakhir (dilegalisir); 4) Fotocopy SK. Jabatan (bagi yang memangku jabatan); 5) Fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh lembaga (Sekolah/PT); Khusus untuk peserta UJian Persamaam Ijazah Tk. SLTA, melampirkan Fotocopy Ijazah SLTP dan SLTA; 6) Pasphoto Warna (3 x 4 cm) (latar belakang merah + baju dinas); 4) Foto copy Surat Izin Belajar (S1 & S2) / Surat Ket. Memilik iIjazah (Paket B & C) yang dilegis BKD; 7) Asli & Fotocopy Surat Pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi; 8) Asli&Fotocopy Surat Ket. Dari Satuan Kerja (S1 & S2) &Uraian Tugas.


Adapun maksud dari tujuan diselenggarakan ujian dinas ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap ASN yang akan naik pangkat/golongan yang lebih tinggi yang telah ditentukan oleh peraturan perundang undangan dan agar seluruh ASN yang telah memenuhi syarat naik pangkat/golongan yang lebih tinggi dapat mengembangkan diri melalui peningkatan kualitas.


Apa saja Materi Ujian Dinas ? Untuk Ujian Dinas TK. I meteri yang diujikan mencakup Pancasila , UUD 1945 dan GBHN; Kepegawaian dan KORPRI; Pengetahuan perkantoran dan adminstrasi; Tupoksi dan instansi; Bahasa dan sejarah Indonesia. Sedangkan Untuk Ujian Dinas TK. II meteri yang diujikan mencakup: Pancasila , UUD 1945 dan GBHN; Kepegawaian dan KORPRI; Teori kepemimpinan dan manajemen; Tupoksi dan instansi; Bahasa dan sejarah Indonesia; Politik Dalam Negeri dan Luar Negeri serta Karya Tulis.


Tidak semua pegawai harus mengikuti ujian dinas. Adapun Pegawai Negeri Sipil yang dikecualikan/dibebaskan dari Ujian Dinas, adalah mereka yang : 1) Akan diberikan kenaikan pangkat karena telah menunjukkan prestasi yang luar biasa baiknya; 2) Akan diberikan kenaikan pangkat karena menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi Negara; 3) Telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan sebagai berikut: Sepada/Adum/Sepala/Diklatpim IV untuk Ujian Dinas Tingkat I atau Sepada/Spama/Diklatpim III untuk Ujian Dinas Tingkat II; 4) Telah memperoleh : Ijazah Sarjana (S1) atau Diploma IV untuk Ujian Dinas Tingkat I, Ijazah Dokter/Dokter Gigi, dan Apoteker, Magister (S2) dan Ijazah lain yang setara atau Doktor (S3), untuk Ujian Dinas Tingkat I atau Ujian Dinas Tingkat II; 5) Menduduki jabatan fungsional tertentu / khusus


Bagi yang akan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Dinas TK I maupun Ujian Dinas TK II Berikut ini admin sharekan kumpualn Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK I dan Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK II. Mudah-mudahan dengan membaca kumpulan materi, contoh soal dan pembahasan para pesera ujian dinas dapat lulus dalam mengikuti pelaksanaan ujian dinas.


Link download kumpualn Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK I dan Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK II (disini)


Demikian informasi tentang Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK I dan Materi Kisi-Kisi dan Contoh Soal Ujian Dinas TK II. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih atras kunjungan Anda. 



= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.